cover
Contact Name
Dian Pratiwi
Contact Email
dian.pratiwi@umpri.ac.id
Phone
+6282375697195
Journal Mail Official
jiem.febumpri@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIEM/about/editorialTeam
Location
Kab. pringsewu,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen : Jurnal Ilmiah Multi Science
ISSN : 20870434     EISSN : 25990810     DOI : -
Jurnal Ilmiah Multi Science received manuscripts which contains scientific on the results of critical thinking or research in various topics include of management, accounting, economic development, and social science.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen" : 6 Documents clear
TYPE OF GENDER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEUANGAN pada UMKM Arum Arupi Kusnindar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i02.1214

Abstract

Laki laki dan perempuan memang mempunyai ciri ciri yang berbeda dari segi biologis, sosial dan psikologis, Perbedaan tersebut merupakan sumber dari perbedaan peran antara laki laki dan perempuan termasuk perbedaan perilaku yang akan membawa perbedaand alam pengambilan keputusan di dalam pekerjaan mereka. Berdasarkan hal ini, penulis ingin melakukan penelitian lebih lanjut mengenai peran gender dalam pengambilan keputusan keuangan serta faktor-faktor dominan yang mempengaruhi mereka dalam pengambilan keputusan keuangan. Penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi dalam penelitian dan kajian mengenai peran serta perempuan dalam akitivitas ekonomi dan mampu memberi motivasi dan mendorong perempuan lain untuk berkontribusi pada bidang ekonomi. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 UMKM yang di kelola/dimiliki oleh perempuan dan 5 UMKM yang dikelola/dimiliki oleh laki laki. Hasil pengujian dengan t test menunjukan nilai sig sebesar (0.702) α (0.05) pada variabel Debt to Equity Ratio (DER) sehingga dapat dikatakan tidak ada varian atau perbedaan nilai Debt to Equity ratio antara perusahaan yang dikelola laki laki dan perusahaan yang dikelola perempuan. Sedangkan pada variabel Current Asset ratio (CAR) nilai sig sebesar (0.165) α (0.05) sehingga dapat dikatakan tidak ada varian atau perbedaan nilai Current Asset Ratio antara perusahaan yang dikelola laki laki dan perusahaan yang dikelola perempuan. Pada variabel ketiga Return on Asset (ROA) nilai sig sebesar (0.261) α (0.05) sehingga dapat dikatakan tidak ada varian atau perbedaan nilai Return on Asset Ratio antara perusahaan yang dikelola laki laki dan perusahaan yang dikelola perempuan.
Faktor Penentu Keberhasilan Implementasi Enterprise Resource Planning Pada Perusahaan Manufaktur Era 4.0 Miswan Gumanti; Bernadhita H. S. Utami
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i02.1215

Abstract

Perusahaan di era revolusi industri 4.0 saat ini menghadapi tantangan untuk meningkatkan persaingan, memperluas pasar, dan meningkatkan harapan pelanggan. Hal ini meningkatkan tekanan pada perusahaan untuk menurunkan total biaya di seluruh rantai pasokan, mempersingkat waktu proses, secara drastis mengurangi persediaan, memperluas pilihan produk, memberikan tanggal pengiriman yang lebih andal dan layanan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan kualitas, dan mengoordinasikan permintaan global, pasokan secara efisien , dan produksi.   Perencanaan sumber daya perusahaan atau biasa disebut Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang sangat kompleks dan berbiaya tinggi yang menempatkan tuntutan luar biasa pada waktu dan sumber daya perusahaan. Banyak implementasi ERP telah diklasifikasikan sebagai kegagalan karena perusahaan tidak mencapai tujuan yang telah ditentukan. Artikel ini mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan, langkah-langkah pemilihan perangkat lunak, dan prosedur implementasi yang penting bagi keberhasilan implementasi pada perusahaan manufaktur. 
ANALISIS PENGGUNAAN PROYEKTOR LCD SEBAGAI ALAT BANTU PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN 2015 – 2019 Wagiyo Wagiyo; Dhel Juni Pasya
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 10, No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i02.1211

Abstract

Proyektor LCD, merupakan alat untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu   permukaan datar seperti infocus atau dinding, guna membantu  mempermudah dosen dalam mentransfer pengetehuan  kepada Mahasiswa, disamping alat bantu lainnya berupa White board, spidol dan lainnya, yang berada pada setiap ruangan.  Untuk menjaga hasil penampilan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar, perlu dilakukan perawatan yang intensif, serta mengetahui kapan peralatan tersebut harus dilakukan penggantiannya.Penelitian ini dilakukan khusus untuk mengetahui, tingkat efektifitas penggunaan LCD, diperoleh hasil bahwa secara berurutan dari Ruang 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dengan membandingkan antara kapasitas Jam dengan lamanya jam penggunaan adalah ruang I, 2th , 2bl , 3hr , ruang II; 2th , 0bl , 7 hr, ruang III; 2th , 1bl , 17hr , ruang IV; 2th ,4bl , 9 hr, ruang V;  4th , 3bl , 3 hr, dan ruang VI; 4th ,0bl , 0hr .Dan dari table LCD yang tercatat dari tahun 2015 hingga 2019, bahwa telah dilakukan penggatian LCD ruang 1 secara berurutan dari ruang 1 s/d ruang 6 adalah; ruang 1=2x ditahun 2019, ruang 2=2x ditahum 2019, ruang 3=2x terakhir th 2019, ruang 4=2x pada tahun 2019, sedangkan LCD yang berada pada ruang kuliah 5 dan 6; Penggantian dari tahun 2017  hingga akhir  2019 sudah berjalan 3 tahun, sehingga sebelum akhir tahun 2020 diharapkan harus sudah dilakukan penggantian
THE INFLUENCE OF TEACHER MANAGEMENT AND MOTIVATION ON TEACHER PERFORMANCE IN IMPROVING STUDENT QUALITY IN MADRASAH ALIYAH STATE 1 PRINGSEWU Sudewi Sudewi; Muhammad Junaidi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i02.1216

Abstract

Madiahah Aliah Negeri 1 Peingsewu is one of the programs supporting the government, participating in the intellectual life of the nation, so that is also the reason for the purpose of Madrasah Aliah Negeri 1 Pringsewu. Management is a process of using organizational resources to achieve organizational goals through management functions. The school management that has been carried out so far has been maximized, that is, there are still management functions that have not been maximally implemented in school activities. Existing motivation within teachers will be heterogeneous in joining kapada organizations, this can be influenced by factors of education, personality and needs of each, with the provision of incentives will be able to narrow the differences in teacher goals as educators, so as to motivate teachers themselves so that eager to give high dedication to the Pringsewu 1 State Aliah Madrasah to support this goal all of course there are many indicators that influence it, while we highlighted in this study that is the influence of management and motivation that can affect teacher performance in improving the quality of students in the Pringsewu 1 State Islamic Senior High School. The purpose of this study is to find out (1) The effect of management on teacher performance in improving student quality (2) The influence of motivation on teacher performance in improving student quality (3) the effect of management and motivation on teacher performance in improving student quality. The results of the analysis and hypothesis testing provide conclusions that together management (X1) and motivation (X2) have a significant effect on teacher performance (Y) in improving the quality of student learning in Madrasah Aliah Negeri 1 Pringsewu. This is seen from the calculated Fcount value of 8.744 which is greater than the F value of 4.255. Partially, it is known that management (X1) and motivation (X2) significantly influence teacher performance (Y) in improving the quality of student learning at Pringsewu State Aliah Madrasa. This is shown from the tcount of the management variable (X1) = 3.696 and the tcount of the motivational variable (X2) = 4.073 which is greater than the t table value. Based on data and analysis qualitatively and quantitatively in this study, a conclusion can be drawn as follows: (1) There is a significant influence of management on the spirit of teacher performance in improving the quality of students in Pringsewu 1 State Islamic Senior High School. (2) There is a significant influence of motivation on teacher performance in improving the quality of student learning in Pringsewu's Aliah Negeri 1 Madrasah. (3) There is a significant influence of management and motivation together on the perf 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH Arohman Arohman; Kohar Kohar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i02.1212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen di pasar tradisional Desa Sendang Agung kecamatan Sendang Agung kabupaten Lampung Tengah. Objek dari penelitian ini adalah masyarakat yang berbelanja di pasar tradisional Desa Sendang Agung. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu yang telah ditentukan terlebih dahulu oleh peneliti, Sampel yang diambil sebanyak 26 responden. Uji analisis data menggunakan uji F, uji T, dan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di pasar tradisional Desa Sendang Agung kecamatan Sendang Agung kabupaten Lampung Tengah, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen untuk berbelanja dipasar tradisional Desa Sendang Agung kecamatan Sendang Agung kabupaten Lampung Tengah , dan (3) lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional Desa Sendang Agung kecamatan Sendang Agung kabupaten Lampung Tengah . 
Analisis Segmentasi Pasar Dan Strategi Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2018 Indri Puspitasari; juliono Juliono
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i02.1213

Abstract

Segmentasi pasar merupakan usaha untuk mengelompok-kelompokan pasar dari pasar yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat homogen. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Masalah utama dala penelitian ini yaitu karena persaingan lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten Pringsewu semakin ketat. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah segmentasi pasar yang dilakaukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammdiyah Pringsewu Dalam Strategi Pemasaran Dan Apakah Strategi Pemasaran Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammdiyah Pringsewu Sudah Tepat Sasaran?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh perguruan tinggi STIE Muhammadiyah Pringsewu sudah tepat sasaran dan mengetahui segmentasi pasar yang digunakan dalam strategi pemasaran pada STIE Muhammadiiyah Pringsewu.Dalam penellitian ini mengggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 441 mahasiswa, dengan sampling purposive didapat sampel 220 mahasiswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Berdasarkan analisis data didapat hasil bahwa segmentasi pasar di STIE Muhammadiyah Pringsewu didominasi dengan umur 21-23 tahun sebanyak 112 orang atau (50.2%), jenis kelamin perempuan yaitu 124 mahasiswa (56%), pendidikan orang tua SMA yaitu 134 orang (62%), pekerjaan orang tua petani yaitu 147 orang (66%), penghasilan orang tua 4-6 juta/bulan yaitu 137 orang (62%), mahasisawa yang tinggal diluar Kecamatan Pringsewu dalam Kabupaten Pringsewu yaitu 108 orang (49%), keseharian dengan motor yaitu 172 orang (78%), dan karena kebutuha pendidikan 134 orang (61%). Strategi pemasaran pada  mahasiswa STIE Muhammadiyah pringsewu didapatkan hasil mahasiswa memilih karena banyak konsentrasi jurusan yang dapat dipilih 89 orang (40%), karena biaya kuliah dapat diangsur 134 orang (61%), dan karena nyaman dalam belajar 65 orang (30%).

Page 1 of 1 | Total Record : 6