cover
Contact Name
Dian Pratiwi
Contact Email
dian.pratiwi@umpri.ac.id
Phone
+6282375697195
Journal Mail Official
jiem.febumpri@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIEM/about/editorialTeam
Location
Kab. pringsewu,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen : Jurnal Ilmiah Multi Science
ISSN : 20870434     EISSN : 25990810     DOI : -
Jurnal Ilmiah Multi Science received manuscripts which contains scientific on the results of critical thinking or research in various topics include of management, accounting, economic development, and social science.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 02 (2016): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen" : 5 Documents clear
PENGARUH PERSONAL SELLING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA MINI MARKET ALFAMART TALANG PADANG Rachman Basri
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 7, No 02 (2016): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v7i02.1205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal kerja, upah, dan lama usaha terhadap produksi dan pendapatan usaha meubel di Kabupaten Pringsewu. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait.Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari modal kerja dan upah dan lama usaha secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pemilik usaha meubel di Kabupaten Pruingsewu, melalui variabel produksi pada tingkat signifikansi 5 persen.Modal kerja dan upah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pemilik usahai meubel di kabupaten Pringsewu, sedangkan lama usaha berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan pemilik usaha meubel di kabupatenb Pringsewyu. Sebesar 44,2 persen variasi dalam variabel independen dijelaskan oleh variasi dalam variabel produksi dan pendapatan usaha meubel yang digunakan dalam model ini, sisanya sebesar 55,8 persen dijelaskan oleh variabel-variabel lain.Kata Kunci: Personal selling, service quality.
ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PADA JASA KEUANGAN BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SEPAKAT BANGUNREJO Wagiyo Wagiyo
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 7, No 02 (2016): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v7i02.1201

Abstract

Dapat diketahui terhadap jasa Keuangan syariah Baitul Maalwa Tamwil (BMT) Sepakat Bangunrejo; bahwa komposisi pembiayaan didominasi oleh pembiayaan jenis akad murabahah. Sejak tahun 2013, 2014, dan 2015 rasio piutangnya berturut-turut 0,861; 0,872; dan 0,826 menunjukkan resiko kredit yang cukup besar pula. Tahun 2013, sebesar 86,1% pembiayaannya yang bersumber dari dana pihak ketiga, tahun 2014, sebesar 87,2%; tahun 2015 sebesar 82,6% dan Rata-rata sebesar 85,3%. Kualitas penyediaan dana terhadap pembiayaan yang diberikan pada pihak ketiga pada tahun 2013 sebesar 1,012 menunjukkan tingkat risiko yang sangat tinggi dimana 101,2% pembiayaan menggunakan seluruh dana masyarakat yang tersedia, untuk tahun 2014 dan 2015 secara berturut-turut 0,997 dan 0,987 yang artinya masing-masing sebesar 99,7% dan 98,7% yang mengidentifikasi bahwa risiko pembiayaan yang berasal dari dana pihak masyarakat oleh BMT Sepakat Bangunrejo sangat besar. Tingkat Kualitas pengembalian atas pembiayaan yang diberikan di tahun 2013, Lancar/Golongan 1/2 sebesar 98,67% dan Macet/Golongan 3,4 5 sebesar 1,33%, pada tahun 2014, dan tahun 2015 masing-masing pembiayaan lancar/golongan 1/2 sebesar 80,71% dan 83,15%; sehingga pembiayaan yang macet/golongan 3, 4 5 sebesar 19,29 dan 16,85, di mana kondisi pembiayaan yang diberikan oleh BMT Sepakat Bangunrejo kualitas pembiayaan sangat buruk. Kata Kunci: BMT, risiko kredit, risiko pembiayaan
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK ELEKTRONIK PADA TOKO SINAR MUTIARA GORONTALO Zainal Abidin Umar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 7, No 02 (2016): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v7i02.1202

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect on product quality buying interest on electronic products in store Sinar Mutiara Gorontalo. This research was conducted 4 months is February to May 2014. The sampling method is non probabilty the technique performed by accidental sampling.Test results show the validity of the instrument rhitung rtabel means a valid and reliability is above 0.6 means reliable. The research results showed that multiple regression analysis, Y = α + βX + ɛ = 1.831 + 0,519X. The results of t test showed positive influence product quality variables significant to buy consumer interests. The results showed that the F test of F F table with a significance of 0.000 means that ditawakan Fit models or models that can be used to predict problems in this study. The correlation coefficient product quality has a strong correlation with the dependent variable. The coefficient of determination (R2) shows the contribution of 0.387 or 38.7% of the quality of the product to the consumer buying interest, while the remaining 0.613 or 61.3% in the form of the contribution of other factors not examined as brand image, quality of service, location effort, mix price, promotion and others. Keywords: quality products and interests buy
PENGARUH KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI DAN PENGHARGAAN TERHADAP PRESTASI KERJA DOSEN DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH PRINGSEWU Atmi Saptarini; Purwanto Purwanto; Arifin Arifin
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 7, No 02 (2016): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v7i02.1203

Abstract

Pemenuhan kebutuhan akan aktualisasi diri merupakan tingkat kebutuhan yang tertinggi dari teori Maslow. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Kebutuhan aktualisasi diri berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja guru, penghargaan untuk guru berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja guru,dan penghargaan dan aktualisasi guru berpengaruh secara simultan terhadap prestasi kerja guru. Uji pertama yaitu uji syarat yaitu menggunakan statistik parametris. Kemudian uji normalitas data menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan SPSS dapat diperoleh hasil hipotesis kerja yang pertama yaitu kebutuhan aktualisasi diri berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja guru.Hal ini dibuktikan dari hasil t hitung bahwa  (3,941)  (2,845) maka menolak , yang artinya hipotesis kerja tersebut di atas adalah “diterima”. Untuk hipotesis kerja yang kedua yaitu penghargaan  untuk  guru  berpengaruh  secara  parsial  terhadap  prestasi  kerja  guru.  Hal  inidibuktikan dari hasil t hitung bahwa  (10,11)  (2,845) maka menolak , yang artinya hipotesis kerja tersebut di atas adalah “diterima”. Untuk hipotesis kerja yang ketiga yaitu penghargaan dan aktualisasi guru berpengaruh secara simultan terhadap prestasi kerja guru. Halini dibuktikan  dari  hasil  F hitung bahwa    (52,375 5,93) maka dapat dinyatakan hipotesis inti untuk penelitian ini adalah “diterima”.Kata Kunci: aktualisasi diri, prestasi kerja
PENGARUH KOMUKASI ORGANISASI DAN JOB INSECURITY TERHADAP INTENSI TURNOVER Arohman Arohman
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 7, No 02 (2016): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v7i02.1204

Abstract

Turnover Intentions adalah keinginan berpindah karyawan dari suatu perusahaan menuju perusahaan lainnya. Turnover intentions adalah perasaan yang timbul dari diri seorang karyawan karena kondisi yang saling bertentangan dengan keinginan karyawan untuk tetap tinggal di perusahaan tempat ia bekerja. Dalam kondisi yang serba global seperti saat ini, turnover intentions harus bisa dihindari oleh oleh karyawan maupun perusahaan untuk menjaga harmonisasi hubungan antara keduanya. Oleh karena itu, diperlukan berbagai cara untuk menghindari hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menimbulkan karyawan terdorong untuk melakukan niat berpindah ke perusahaan lainnya, yaitu dengan cara menelaah lebih jauh tentang akibat dari variabel komitmen organisasi dan job insecurity untuk mempengaruhi keinginan berpindah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai suatu bentuk pengolahan dan mengendalikan tingkat turnover dan turnover intentions yang tepat agar kondisi di dalam perusahaan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.Penelitian ini dilaksanakan di Bintang Balongkuring Hotel dengan menyebarkan kuisioner pada 60 orang responden dengan pertanyaan yang diajukan terkait dengan variabel komitmen organisasi dan job insecurity yang diduga akan mempengaruhi turnover intentions karyawan di Hotel Kabupaten Pringsewu Lampung . Variabel Komitmen organisasi terbagi menjadi tiga indikator, yakni: 1) a sense of belonging to the organization (Rasa ikut memiliki terhadap organisasi); 2) a sense of excitement in the job (Perasaan bergairah / gembira terhadap pekerjaan) dan 3) keyakinan Terhadap Manajemen. Sedangkan variabel job insecurity dibagi menjadi dua indikator, yakni: 1) the threat of job loss itself (ancaman akankehilangan pekerjaan itu sendiri) dan 2) the threat of losing certain dimensions of the job (ancaman akan hilangnya dimensi dari pekerjaan itu). Dari kedua variabel dan beberapa indikatornya tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat untuk meneliti seberapa jauh turnover intentions yang ada pada perusahaan jasa hotel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap turnover intentions begitu juga dengan job insecurity yang secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap turnover intentions. Kemudian dengan diuji secara simultan menghasilkan bahwa kedua variabel yakni komitmen organisasi dan job insecurity terbukti bahwa keduanya tidak memiliki pengaruh terhadap turnover intentions. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa variabel lain seperti indikator dari kepuasan, jenjang karir, kenaikan gaji dan lain sebagainya yang membuat variabel komitmen organisasi dan job insecurity tidak dapat mempengaruhi turnover intentions yang ada pada karyawan di Hotel Kabupaten Pringsewu Lampung .Kata Kunci: Job insecurity, turnover intentions.

Page 1 of 1 | Total Record : 5