cover
Contact Name
Muhamad Fuat Asnawi
Contact Email
fuatasnawi@fastikom-unsiq.ac.id
Phone
+6285292912229
Journal Mail Official
device@fastikom-unsiq.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo Jl. KH. Hasyim Asy’ari Km. 03, Kalibeber, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56351
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
DEVICE
ISSN : 27468984     EISSN : 02169185     DOI : https://doi.org/10.32699/device.v10i2
DEVICE merupakan media komunikasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu komputer, arsitektur, teknik sipil dan teknik mesin. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo secara berkala dua kali dalam satu tahun pada bulan Mei dan November.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2022): Mei" : 7 Documents clear
SPK PPDB SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA SMK BINTANG NUSANTARA KARANGANYAR Moh Muhtarom Muhtarom
Device Vol 12 No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/device.v12i1.2344

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Bintang Nusantara Karanganyar (SMK BINUS) adalah salah satu sekolah Kesehatan swasta unggulan di Kabupaten Karanganyar. Prestasi yang pernah dicapai pihak sekolah adalah memperoleh akreditasi A. SMK Bintang Nusantara Karanganyar memiliki program keahlian yaitu Keperawatan dan Farmasi. SMK Bintang Nusantara Karanganyar selama ini masih melakukan pedaftaran secara langsung, calon siswa yang mendaftar harus langsung membawa berkas persyaratan. Apabila calon siswa tidak membawa salah satu persyaratan harus ngambilnya dan kembali lagi kesekolah. Setelah data calon siswa baru sudah masuk, sekolah baru menjadwalkan untuk dilakukan berbagai tes. Kemudian para calon siswa melakukan tes dengan sesuai jadwal masing-masing. Sekolah melakukan pengolahan data calon siswa, baik dari data administrasi, hasil semua tes. Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengambilan data dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype, terdapat analisa kebutuhan dengan menggunakan analisa pieces,dimana terdapat workflow sistem, use case diagram, activity diagram,Sequence diagramdan terakhir adalah testing yang menggunkan teknik black box dan user acceptance test . Hasil penelitian yaitu sebuah sistem pendukung keputusan PPDB berbasis web. Sistem dibuat dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan peserta didik baru yang diterima disekolah. Pada data uji yang menghasilkan Alternatif PDB 001 dengan kriteria (2,625 dan 1,667) dan PDB 003 dengan kriteria (2,625 dan 1,667) mempunyai nilai tertinggi, dan merupakan solusi terbaik untuk memilih peserta didik baru terbaik dengan nilai 1.
PEMANFAATAN ARDUINO UNO DALAM TONG SAMPAH PINTAR DAN PENDETEKSI ASAP BERBASIS IR SENSOR Vitri Roma Sari; Suhada Suhada; Anjar Wanto; Dedy Hartama; Irawan Irawan
Device Vol 12 No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/device.v12i1.2569

Abstract

Garbage is unwanted material after the end of a process. Good waste management can create a clean environment and avoid various diseases. understanding of waste management to this day is still widely ignored by the community, many people forget the function of trash cans and prefer to litter. Not only in the community and in the school environment, in the lecture environment there are still many people who are lazy to dispose of garbage in their place because they are lazy to open the lid of the garbage can because it is smelly and dirty. If a small piece of garbage is dumped into a place that is not where it is and is carried out every day by the community then that garbage will eventually accumulate everywhere and will invite disease and even flooding. Therefore, the authors designed an automatic open-lid trash can based on Arduino and IR Sensor in order to make it easier for everyone to dispose of waste. This smart trash can is also equipped with sensors that will detect fires around the trash can. By utilizing Arduino Uno, MG90S Micro Servo, Infrared Sensor, Mq2 sensor and buzzer. Micro Servo MG90S will be used in opening and closing trash cans, Mq2 sensors are used to detect gas leaks or smoke, and Buzzer will be used as a notification if the mq2 sensors detect the presence of smoke and gas leaks in the room. Then enter into making computer programs and describe the code and diagrams. The results obtained from the system test are that the trash can, can open and close automatically and can detect any fire symptoms around it.
ANALISA DATA DAN MASALAH DALAM PERANCANGAN INTERFACE e-LOCATION kAFE ANISYA ANISYA; Dede Wira Trise Putra
Device Vol 12 No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/device.v12i1.2647

Abstract

Payakumbuh has a population of 78,702 people with teenagers and adults, which makes many internet cafe businesses appear with a very attractive and comfortable internet cafe display design and good facilities. This makes people hesitate in choosing which cafe they want to visit because cafes with a nice and comfortable appearance must have expensive menu prices. And there are people who get information about the internet cafe from the information circulating in the surrounding environment with the appropriate appearance and the right price for themselves but do not know where the internet cafe is. So the purpose of this research is to design a web site-based interface for the map page of the spread of internet cafes and important information pages for internet cafes in the city of Payakumbuh. The method used is a system life cycle with a focus on problem analysis and data obtained from the results of literature studies, interviews, and observations. The results obtained from this study are in the form of an e-location cafe system interface design.
EVALUASI UI/UX PADA GAME VALORANT MENGGUNAKAN METODE ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH Bagas Kusumawardana; Fahrobby Adnan; Tio Dharmawan
Device Vol 12 No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/device.v12i1.2709

Abstract

Permainan ialah sebuah kegiatan hiburan yang bertujuan mengisi waktu luang. Salah satu publisher dan developer di industri games, yakni Riot Games mempunyai salah satu permainan yang dinamai Valorant. Valorant merupakan game kompetitif 5 vs 5. Game ini berjenis First-Person Shooter, berjenis game-game shooter kompetitif. Dibalik kesuksesan itu ada satu hal penting yang mendasari sebuah game bisa menjadi terkenal dan sukses dipasaran, yakni user experience dan User Interface. User experience ialah ilmu yang mempelajari tentang kenyamanan sebuah produk di mata penggunanya. Salah satu metode untuk evaluasi Interface yakni Metode Enhanced Cognitive Walkthrough, metode ini merupakan metode evaluasi sebuah aplikasi dengan cara memberikan skenario tugas dan beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan kepada pengguna untuk mengetahui adanya permasalahan atau tidak dalam menggunakan aplikasi. Penggunaan metode ini bisa menilai seberapa mudah aplikasi tersebut saat dioperasikan langsung oleh pengguna. Partisipan pengujian yang dipilih dalam penelitian ini yakni pengguna game Valorant yang sudah memainkan game Valorant dan pengguna yang belum pernah memainkan game Valorant. Jumlah partisipan pengujian yang akan digunakan berjumlah 20 yang dibagi 10 pengguna game Valorant yang sudah memainkan game Valorant dan 10 pengguna yang belum pernah memainkan game Valorant. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan saran perbaikan sebagai bahan pertimbangan bagi publisher dan developer untuk melakukan perbaikan.
RANCANG BANGUN SISTEM NOMOR ANTRIAN ONLINE PADA PELAYANAN RUMAH SAKIT Rina Mahmudati; Nur Hasanah; Intan Oktaviani
Device Vol 12 No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/device.v12i1.2715

Abstract

Mengantri dengan cara konvensional yaitu mengambil nomor antrian kertas dengan cara datang langsung ke tempat tujuan dan menunggu untuk mendapatkan giliran pelayanan adalah suatu hal yang tidak efektif baik dari segi tenaga maupun waktu karena membutuhkan proses yang lama. Terlebih jika terjadi pada instansi kesehatan seperti rumah sakit, dimana pasien diharuskan mengantri maka dapat berpengaruh pada kondisi pasien. Pada penelitian ini membahas tentang perancangan system nomor antrian pelayanan rumah sakit online, yang dapat dikoneksikan di tiap ponsel pintar, jadi pengguna dapat mengakses, mengecek system antrian kapanpun dimanapun. Sistem yang ditawarkan memiliki kelebihan pada pilihan variasi jadwal, dan pemberian informasi antrian yang sedang berjalan. Cara baru ini mendukung gaya hidup kekinian pasca pandemi covid-19 yang mengharuskan tidak ada suatu kerumunan di tempat umum sehingga dapat mengurangi resiko penularan virus, mempermudah dan mempersingkat waktu, turut serta mendukung program go green dengan mengurangi penggunaan kertas. Sistem perancangan ini dirancang menggunakan pemograman C++ dan telah dilakukan pengujian dengan hasil bahwa program sistem dapat diimplementasikan dengan baik, sehingga sistem dapat berjalan sesuai kebutuhan.
USABILITY TESTING PADA WEB PORTAL KECAMATAN LEKSONO MENGGUNAKAN NIELSEN MODEL Kurniaty Meiliani Gunawan; Muhamad Fuat Asnawi
Device Vol 12 No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/device.v12i1.2798

Abstract

Kecamatan Leksono yang beralamat di Jalan Manggis No. 1 Leksono, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo adalah perangkat daerah Kabupaten Wonosobo sekaligus penyelenggara pemerintahan umum. Kecamatan Leksono sendiri memiliki web portal. Web portal Kecamatan Leksono adalah website milik lembaga pemerintah yang bertugas memberikan informasi terkait Kecamatan Leksono. Informasi yang ada di website tersebut ditujukan untuk masyarakat. Pengukuran website dengan metode usability testing Nielsen Model, adalah untuk mengukur sebagaimana mudah dan seberapa manfaatkah informasi yang terkandung dalam website tersebut, dengan acuan bagaimana pengguna dapat mempelajari web dengan mudah, seberapa efisiennya web tersebut, apakah pengguna menemukan eror pada web tersebut, seberapa ingatkah pengguna setelah sekian lama tidak membuka website tersebut dan yang terakhir apakah pengguna nyaman dengan desain web tersebut. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam pengujian ini yang dilakukan ialah pengisian kuesioner yang beracuan pada karakteristik learnability, efficiency, error, memorability, dan satisfaction, yang diisi oleh responden. Berdasarkan analisis tersebut didapatkan hasil untuk aspek learnability 83,06%, aspek efficiency 83,13%, aspek error 79,99%, aspek memorability 81,32%, dan aspek satisfaction 87,42%, dan untuk rekapan keseluruhan memperoleh nilai 82,87%. Maka dari itu hasil dari analisis usability testing Nielsen Model berapa pada kriteria sangat setuju/sangat baik. Dari hasil penilian ini nantinya, diharapkan bisa menjadi masukan untuk pengembangan kedepan web portal Kecamatan Leksono.
PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM KEDU BERBASIS WEB Alan Yudha Aditama; Nahar Mardiyantoro; Hidayatus Sibyan; Muslim Hidayat
Device Vol 12 No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/device.v12i1.2799

Abstract

Penelitian ini berisi rancangan untuk menerapkan metode certainy factor pada sebuah sistem pakar yang merupakan program cerdas komputer yang bisa meniru sitem kerja dan pengetahuan dari seorang ahli atau pakar dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu. Ayam kedu merupakan salah satu suberdaya genetik hewan lokal asli dari kabupaten Temanggung, dan telah dibudidayakan secara turun temurun di wilayah Temanggung Akan tetapi dalam upaya pemerintah bersama masyarakat khususnya peternak ayam kedu untuk menjaga dan melestarikan ayam kedu ini tidak mempunyai kendala, penyakit merupakan masalah utama bagi para peternak ayam kedu ini karena banyak peternak ayam kedu kesulitan dalam mengidentifikasi penyakit yang menyerang ayam kedu dikarenakan kurangnya informasi mengenai penyakit dan gejala ayam kedu. Certainy factor merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang selalu terjadi ketidakpastian, dengan langsung mendefenisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan, untuk menggambarkan tingkat keyakinan dari seorang pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7