cover
Contact Name
Muhammad Fahmi
Contact Email
jurnalsostech@gmail.com
Phone
+62895352497063
Journal Mail Official
jurnalsostech@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence Blok H No. 1, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Published by Green Publisher
ISSN : 27745147     EISSN : 27745155     DOI : 10.36418
Journal of Social Technology is a journal published once a month by CV. Syntax Corporation Indonesia. The Journal of Social Technology will publish scientific articles in the broad scope of social sciences and broad technological sciences such as information systems, information technology, and engineering sciences (mechanical, civil, industrial, electrical and others). Published articles are articles from research, studies, lectures or critical and comprehensive scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)" : 20 Documents clear
Pembuatan Program Data Kontrak Kerja Berbasis Web pada Bank Kalteng Cabang Sampit Meilani, Tiara
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.196

Abstract

Latar belakang: PT. Bank Kalteng Cabang Sampit sebagai salah satu pilihan bank utama, kuat, terpercaya, unggulan bersaing, kontributif dan kebanggaan Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi berbasis web yang dapat memberikan informasi data kontrak kerja tenaga administrasi/non administrasi di PT. Bank Kalteng Sampit dan mampu mengimplementasikan aplikasi berbasis web data kontrak kerja tenaga administrasi /non administrasi  di PT. Bank Kalteng Sampit. Metode penelitian: Metode pengumpulan data dengan dua metode, wawancara dan studi pustaka. Tahap-tahap yang dilakukan dalam pembuatan penelitian idi adalah analisa kebutuhan data dan analisa sistem, perancangan, implementasi dan pengujian. Hasil penelitian: Aplikasi web data kontrak kerja tenaga administrasi /non administrasi dapat di implementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP, CSS, Bootstrap, Javascript dan dapat di implementasikan. Disarankan untuk memperbanyak data untuk di prosess didalam sistem, supaya dapat melihat sistem mampu atau tidak mengelola data yang banyak dan sistem ini dapat dikembangkan kembali untuk proses yang lebih kompleks lagi. Bukan hanya untuk mengelola data tenaga kontrak kerja saja tetapi bisa ditambah kan data pegawai yang lain atau data yang berhubungan tentang PT. Bank Kalteng Cabang Sampit. Kesimpulan: Aplikasi web data kontrak kerja tenaga administrasi/non administrasi yang dibuat dapat memberikan informasi data kontrak kerja tenaga administrasi/non administrasi di PT. Bank Kalteng Sampit.
Definisi Sejarah Teori Intelegensi Uyun, Nur; Magdalena, Ina; Maulida, Zahra
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.209

Abstract

Latar belakang: Intelegensi merupakan kemampuan yang bersifat umum dan potensial. Para ahli tidak mecapai kesepakatan dalam banyak hal mengenai intelegensi. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah seseorang anak sudah cukup matang untuk diterima di kelas 1 Sekolah Dasar atau belum, untuk mengetahui mengetahui dan memahami intelegensi peserta didik yang berbeda-beda, untuk mengadakan seleksi terhadap calon siswa atau mahasiswa dan sebagai salah satu informasi dalam mengadakan diagnosis kesulitan belajar. Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan informasi adalah dengan menggunakan metode observasi dengan mendatangi salah satu sekolah. Hasil penelitian: Para ahli juga berbeda dalam melihat komponen-komponen yang terdapat dalam intelegensi. Hal itu tampak dalam teori-teori yang mereka ajukan. Beberapa ahli yang mengajukan teorinya mengenai intelegensi, diantaranya adalah Terman, Spearman, Strenborg, Thurstone, Guildford dan Gardner. Intelegensi di ukur menggunakan tes intelegensi dan di skala menggunakan ukuran yang di kenal dengan IQ. Kesimpulan: Kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (problem solved) dan dengan demikian pengetahuan pun bertambah.
Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kohesivitas Kelompok dengan Motivasi Berprestasi pada Atlet Sepak Bola Saifuddiin, Muhammad Rizqi; Budi Setyawan, Nur Fachmi
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.210

Abstract

Latar belakang: Manusia pada dasarnya membutuhkan olahraga demi menjaga kesehatan tubuhnya. Masyarakat di dunia khususnya Indonesia pasti menyukai olahraga, khususnya olahrga sepak bola. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet sepak bola. Metode penelitian: Metode yang digunakan yaitu Purposive Random Sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan 33 item dan skala motivasi berprestasi dengan 30 item. Metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson. Cara pengambilan subjek dengan menggunakan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,787 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (P < 0.050). Hasil penelitian: Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,619 yang artinya persepsi terhadap kohesivitas kelompok memiliki kontribusi sebesar 61,9% terhadap motivasi berprestasi dan sisanya 38,1% dipengaruhi faktor lain yaitu kemungkinan untuk sukses, ketakutan akan kegagalan, value, self-efficacy, usia, pengalaman, jenis kelamin, lingkungan, sosial dan hubungan individual. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet sepak bola.
Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Kesepian pada Mahasiswa yang Merantau di Yogyakarta Pramitha, Raissa; Dwi Astuti, Yulianti
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.211

Abstract

Latar belakang: Mahasiswa adalah peserta didik yang menjalani pendidikan di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesejahteraan psikologis dan kesepian. Metode penelitian: Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, yaitu untuk mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dengan kesepian pada mahasiswa yang merantau di Yogyakarta. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS version 22 for Windows. Hasil penelitian: Terdapat  hubungan negatif antara kesejahteraan psikologis dengan kesepian pada mahasiswa yang merantau di Yogyakarta. (r = -0.655 dan p < 0.05) sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan: Hipotesis yang diajukan oleh peneliti tentang adanya hubungan yang negatif antara kesejahteraan psikologis dan kesepian pada mahasiswa yang merantau diterima. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang memiliki kesejahteraan psikologis yang baik akan terhindar dari perasaan kesepian dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kesejahteraan psikologis yang rendah.
Game Online dan Produktivitas pada Remaja Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo Rahmi, Nadia; Syahril; Adlin
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.213

Abstract

Latar belakang: Seiring perkembangannya zaman saat ini dunia sudah mulai memasuki era revolusi industri 4.0 membuat teknologi semakin lebih canggih. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh game online terhadap produktivitas belajar pada remaja yang ada di Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian: Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer bersumber dari 50 responden yang di jadikan sampel pada remaja yang memainkan game online di Desa Gunong Kleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data langsung. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket/kuesioner yang berisi pertanyaan dengan permasalahan. Angket akan ditujukan kepada para pemain game online yang ada di Desa Gunong Kleng. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game online yang berlebihan akan menimbulkan sikap ketergantungan terhadap game online tersebut. Sikap ketergantungan ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap produktivitas belajar remaja. Dimana, remaja lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online dari pada harus belajar yang seharusnya dilakukan sebanyak 8 sampai 10 jam perhari pada remaja. penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman atau gambaran motivasi bagi pelajar maupun remaja yang membaca untuk tidak terlalu ketergantungan aktivitas game online dan agar selalu melakukan hal-hal yang berdampak positif maupun berpotensi bagi kalangan remaja maupun pelajar. Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman atau motivasi bagi pelajar maupun remaja yang membaca untuk tidak terlalu ketergantungan aktivitas game online dan agar melakukan hal-hal yang berdampak positif maupun berpotensi bagi kalangan remaja maupun pelajar.
Analisis Pengaruh Beban Kerja dan Corporate University Training Terhadap Kinerja Karyawan Hendy Saifuddin, Muhammad; Claudia, Meiske
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.214

Abstract

Latar belakang: PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Tengah memiliki target kinerja semesteran dengan susunan penyelesaian projek sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL). Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari beban kerja dan penerapan corporate university training terhadap kinerja karyawan pada Bidang Operasi Konstruksi dan Unit Pelaksana Projek PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Tengah. Hal yang mendasari penelitian ini adalah tidak tercapainya target penyelesaian projek tahun 2019 yang disinyalir disebabkan oleh tingginya beban kerja yang menghambat kinerja karyawan, namun disisi lain perusahaan telah mengoptimalkan pelatihan melalui corporate university untuk meningkatkan kompetensi seluruh karyawan. Metode penelitian: Jenis penelitian bersifat asosiatif dengan mencari hubungan antar variabel. Sampel penelitian berjumlah 70 orang yang merupakan seluruh karyawan non-manajerial dari objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang berisi penilaian tentang besarnya beban kerja (X1) dan dampak dari corporate university training (X2) dari seluruh karyawan. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, sedangkan corporate university training berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Secara simultan, beban kerja dan corporate university training dinyatakan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kesimpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa PT. PLN (Persero) telah menerapkan corporate university training yang optimal sehingga kompetensi karyawan mampu mengimbangi tingginya beban kerja yang dimiliki oleh perusahaan.
Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Variabel Mediasi Beban Kerja Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kota Batu Judanto, Radityo
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.215

Abstract

Latar belakang: Pengembangan sumber daya manusia menjadi kebutuhan dan langkah strategis bagi setiap pemerintah daerah, substansi penting pengembangan sumber daya manusia dalam era otonomi daerah dan good governance adalah perubahan paradigma, sikap, nilai dan kinerja aparatur pemerintah. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan terhadap beban kerja pegawai, pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai, pengaruh motivasi terhadap beban kerja pegawai, pengaruh tidak langsung motivasi terhadap kinerja pegawai, pengaruh tidak langsung beban kerja terhadap kinerja pegawai, pengaruh tidak langsung pelatihan terhadap kinerja pegawai dengan variabel mediasi beban kerja, pengaruh tidak langsung motivasi terhadap kinerja pegawai dengan variabel mediasi beban kerja. Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan (diangkakan). Berdasarkan analisis dari jawaban responden sebanyak 54 pegawai Dinas Penanaman Hasil penelitian: Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Batu menunjukkan bahwa (1) Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Beban Kerja (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Beban Kerja (3)Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (4) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja (5) Beban Kerja mampu memediasi hubungan antara Pelatihan dan Motivasi. Kesimpulan: Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Beban kerja. Semakin tinggi pelatihan akan meningkatkan beban kerja Aparatur Sipil Negara DPMPTSP Kota Batu
Perancangan Sistem Business Intelligence Menggunakan Olap Sebagai Decision Financial Support Berbasis Web dengan Metode Waterfall Anis , Muhammad
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.217

Abstract

Latar belakang: Beberapa perusahaan yang belum memanfaatkan sistem business intelligence berbasis web, karena adanya masalah perencanaan sistem penunjang keputusan. Tujuan penelitian: Peneltian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengakomodir kebutuhan sistem pelaporan yang ada pada divisi finansial PT. Tirta Marta, membantu merancang sistem pelaporan business intelligence berbasis web yang efektif pada divisi finansial PT. Tirta Marta dan mengetahui tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan dalam merancang sistem business intelligence yang baik dan tepat sasaran di PT. Tirta Marta. Metode penelitian: Metode yang digunakan adalah waterfall, untuk mengukur indeks kepuasan user digunakan skala Likert. Adapun responden yang mengisi kuesioner adalah pihak top management, mid management dan low management yang ada di PT. Tirta Marta. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil yang diperoleh maka didapat 82% menyatakan setuju dengan pendapat informasi yang dihasilkan dari sistem business intelligence tersebut akurat dan efektif 82% menyatakan setuju dengan pendapat informasi yang dihasilkan dari sistem business intelligence tersebut bisa dipakai pertimbangan membuat keputusan, 72% menyatakan kurang setuju dengan informasi yang dihasilkan sistem business intelligence memiliki ketepatan waktu yang baik, 83,5% menyatakan setuju dengan kepuasan akurasi laporan yang dihasilkan di dalam web business intelligence PT. Tirta Marta dan 79% menyatakan setuju dengan format laporan yang ada di dalam web business intelligence PT. Tirta Marta sesuai dengan yang dibutuhkan. Kesimpulan: Pembuatan  sebuah rencana strategis yang sangat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
Deskripsi Keterampilan, Lingkungan Kerja Sosial dan Kinerja Pekerja Husin, Amir; Mardhiah
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.218

Abstract

Latar belakang: Berkembangnya zaman menyebabkan berkembangnya pula segi teknologi dan pengetahuan. Oleh karena itu, akan terjadinya suatu persaingan atau kompetisi antar institusi. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan, lingkungan kerja sosial dan kinerja. Metode penelitian: Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode explanatory survey. Unit analisis karyawan sebanyak 103 kuesioner. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif ditemukan bahwa kemampuan kerja dinilai sangat baik, lingkungan kerja sosial sangat mendukung, dan produktivitas sangat tinggi. Perbedaan dalam penelitian ini adalah subjek penelitian, waktu penelitian, alat ukur, literatur yang digunakan, teori yang digunakan dan hasil tes. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Dapat diambil kesimpulan yaitu bahwa kemampuan berada pada kategori sangat baik dapat dilihat dari kemampuan karyawan dalam bekerja untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Lingkungan kerja sosial termasuk dalam kategori sangat mendukung, terlihat dari hubungan kerja yang harmonis antara atasan dan rekan kerja selama bekerja. Produktivitas merupakan kategori sangat tinggi yang dirasakan oleh karyawan dalam melakukan pekerjaannya, menghasilkan kualitas dan kuantitas yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan.
Analisis Pengaruh BOPO, NPL dan LDR Terhadap Return Saham Melalui ROA pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020 Aisyah Ningrum, Siti
Jurnal Sosial dan Teknologi Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/jurnalsostech.v1i10.219

Abstract

Latar belakang: Pasar modal merupakan salah satu instrumen investasi yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh BOPO, NPL, LDR terhadap ROA dan Return Saham. Sampel pada penelitian ini adalah semua perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Metode penelitian: Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan path analisis. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan terdapat 20 perusahaan perbankan yang dapat dijadikan sampel.   Hasil penelitian: Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel BOPO berpengaruh signifikan terhadap ROA dan return saham, sedangkan variabel NPL berpengaruh signifikan terhadap ROA tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham dan variabel LDR berpengaruh signifikan terhadap return saham tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Variabel ROA berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan pada pengaruh tidak langsung, ROA tidak dapat memediasi pengaruh BOPO NPL LDR terhadap return saham. Kesimpulan: Penulisan ini dapat disimpulkan yaitu variabel biaya operasional dan pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return on Asset (ROA) pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020.

Page 1 of 2 | Total Record : 20