cover
Contact Name
Firdaus Ahmadi
Contact Email
daus.ahmadi@gmail.com
Phone
+62217327646
Journal Mail Official
daus.ahmadi@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/Joee Jalan Ciruas - Walantaka KM 1 Citerep, Kiara, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42183 dan Jurnal Ilmiah JoEE Taman Surya Buana B11 Cipadu, Tangerang, Banten
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
ISSN : 28074343     EISSN : 27757870     DOI : 10.54438
Core Subject : Education,
JoEE: Journal of Earlychildhood Education merupakan Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten yang bertujuan untuk mempermudah dosen, praktisi dan mahasiswa dalam mempublikasikan Jurnal ilmiahnya. JoEE: Journal of Earlychildhood Education dapat mempermudah bagi dosen, praktisi, dan mahasiswa dalam halnya menulis dan mempublikasikan hasil tulisannya di jurnal yang aksesnya sudah disiapkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal ini mempunyai nomor E-ISSN 2775-7870, bersifat Open Acces dan dapat diunduh secara gratis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KOGNITIF (BERHITUNG) PADA ANAK USIA DINI Tubaus Rahman
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 1 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i1.116

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil perkembangan kognitif (berhitung) pada anak usia dini setelah dilakukanpenerapan permainan kartu angka. Adapun Peneltian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), Jadi dari hasil penelitian literatur dengan pendekatan pembelajaran pengguna media kartu angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif (Berhitung) Anak usia dini meningkat dengan selisih 26%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan menggunakan media Penggunaan Media Kartu Angka terhadap Kognitif (Berhitung) Pada Anak Usia Dini.
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 4-5 Nia Kurniasih
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 1 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i1.117

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka setelah diterapkan model pembelajaran make a match,objek penelitian ini adalah jurnal nasional, artikel dan buku-buku terkait, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriftif. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menggunakan model pembelajaran make a match, rata-rata persentase perkembangan kognitif mengenal angka melalui model make a match peneliti mendapatkan hasil peningkatan dari tiga sumber jurnal setelah diakumulasi yaitu dari sebelumnya 44,45% sesudah menggunakan model pembelajaran make a match menjadi 85,37%, dengan nilai rata-rata peningkatan 35, 25 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a macth dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA Larasati Nur Indah Prawesti
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 1 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i1.118

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola. Penelitian yang peneliti lakukan ini berupa penelitian studi literature atau studi kepustakaan yang terdiri sumber primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti berupa sumber yang relevan sumbernya melihat dari sumber primer yang terdiri dari buku skripsi dan jurnal berupa buku, skripsi dan jurnal yang mengacu pada permainan lempar tangkap bola. pernyataan ini didukung oleh peneliti terdahulu yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui bermain lempar tangkap bola.
PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM Nia Kurniasih
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 2 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i2.121

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi manusia. Manusia yang mampu mengadakan intraksi dengan lingkungan sekitarnya. Proses tersebut dilaksanakan secara sistematis dan terencana yang akan di kembangkan secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan membaca iqra pada anak usia dini sebelum menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah dan untuk mengetahui kemampuan membaca iqra anak usia dini sesudah menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah. Peneltian ini adalah penelitian kepustakaan ( Library Research ), Pengumpulan data peneliti menggunakan paper dan journal ilmiah, tesis dan disertasi, skripsi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil persentase yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, terlihat dalam kode data artikel A1 skor pretes menunjukan data dari 40% ketuntasan klasikal menjadi 53% sehingga peningkatannya 13%, kode data A2 menunjukan dari 22,08 %menjadi 79,58 % dengan peningkatan mencapai 57,5 %, kode data A3 dari 25% menjadi 66,7%. dengan peningkatan mencapai 41,7%. Adapun rata-rata hasil pretes sebelum menggunakam model pembelajaran permainan kartu huruf hijaiyah yaitu 29,02% dan sesudah menggunakan model permainan kartu huruf hijaiyah meningkat menjadi 66,42% dengan rata-rata peningkatan 27,4%.
STUDI LITERATUR TENTANG KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI JAIPONG MELALUI STRATEGI BELAJAR SAMBIL BERMAIN Tubaus Rahman
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 2 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i2.122

Abstract

Kreativitas anak adalah sebagai kemampuan yang mencerminkan suatu gagasan sedangkan Seni tari Jaipong adalah seni tari yang berasal dari Jawa Barat yang yang menggerakkan seluruh anggota tubuh dengan bentuk yang indah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui cara meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran seni tari jaipong dengan strategi belajar sambil bermain. Metodologi penelitan ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian Studi Literatur. Hasil dari pembahasan adanya pengaruh kelenturan tubuh dan gerak tubuh dalam seni tari jaipong melalui strategi belajar sambil bermain, tanpa kelenturan atau keluwesan tubuh tidak akan sempurna seni tari jaipong karena saling berhubungan antara kelenturan tubuh dan seni tari. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran seni tari dengan strategi belajar sambil bermain pada anak usia dini dengan gerak motorik baik gerak motorik kasar maupun gerak motorik halus.
PENGGUNAAN MEDIA KERTAS LIPAT MELALUI KEGIATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI Alvan Hazhari
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 2 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i2.123

Abstract

Bermain sangat penting bagi anak usia dini karena melalaui bermain dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan, salah satunya aspek perkembangan motorik halus dengan menggunakn media kertas lipat. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan motorik halus melalui kegiatan bermain dengan media kertas lipat pada anak usia dini. Peneltian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), Pengumpulan data peneliti menggunakan paper dan journal ilmiah, tesis dan disertasi, skripsi, dan dokumentasi. Rata-rata hasil pretes sebelum menggunakam model pembelajaran media lipat kertas yaitu 33,02%dan sesudah menggunakan media lipat kertas meningkat menjadi 64,43% dengan rata-rata peningkatan 31,41%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah trdapat peningkatan motorik halus pada anak uisa dini dengan menggunakan media kertas lipat.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN TARI KREASI “YAMKO RAMBE YAMKO” DI KELOMPOK B PAUD AN-NAZWA KECAMATAN CIKEUSAL Larasati Nur Indah Prawesti
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 2 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i2.124

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi. Penelitian ini menggunakan desain PTK Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan 2 kali pertemuan. Jika pada siklus ke 2 penelitian belum mencapai keberhasilan maka akan dilakukan penelitian lanutan pada siklus selanutnya. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B. Jumlah anak yang diteliti sebanyak 15 anak. Lokasi penelitian dilaksanakan ditempat tugas peneliti yaitu PAUD An-Nazwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Alat-alat yang digunakan untuk mendapatkan data lengkap adalah pedoman observasi, arsip-arsip dan kamera foto. Analisis data dilakukan untuk mengolah dan menginterpretasi data dengan tujuan memperoleh informasi yang sesuai untuk tujuan penelitian. Analisis data yang menggunakan teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menentukan peningkatan proses belajar melalui tindakan yang diberikan. Pada penelitian ini triangulasi atau membandingkan dengan bantuan teman sejawat yang samasama melakukan penelitian, guru kolabolator dan dosen pembimbing sebagai pihak ahli dalam hal penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan menari anak usia dini di kelompok B PAUD An Nazwa dari siklus 1 sebesar 33% naik menjadi 100% pada siklus 2 dengan dengan jumlah anak 15 orang yang memiliki perkembangan Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Persentase pada pertemuan 2 sudah mencapai keberhasilan maka keputusannya adalah penelitian dihentikan.. Keberhasilan penelitian ini didukung oleh peningkaan kemampuan guru dalam menerapkan metode demonstransi pada penerapan tindakan penelitian dengan nilai 100 di siklus 2.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B PAUD TUNAS MAWAR KECAMATAN PETIR Heni Herlina
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 2 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i2.126

Abstract

Kegiatan coret mencoret ini adalah bagian dari perkembangan motorik anak, sehingga dengan dorongan guru dan kesempatan yang diberikan, anak akan termotivasi membuat gambar. Salah satu kegiatan fisik motorik bagi anak khususnya motorik halus yaitu mewarnai. Mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Tujuan penelitian dalam skripsi ini ialah untuk mengetahui dan memperoleh data serta informasi tentang peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mewarnai di kelompok B PAUD Tunas Mawar Kecamatan Petir. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Jumlah siklus penelitian yang akan digunakan sebanyak 2 siklus dengan masingmasing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi pada guru dan pada murid dalam catatan anekdot serta dokumentasi berupa foto, video dan LKA. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penilaian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Pengecekan teman sejawat merupakan teknik pengujiian keabsahan data melalui cara mengekspos hasil penelitian kepada teman sejawat dalam bentuk diskusi untuk menghasilkan pemahaman yang lebih luas, komprehensif, dan menyeluruh. Hasil penelitian dan pembahasan membuktikan bahwa terdapat persentase keberhasilannya hanya sebesar 73% pada siklus 1 naik pada siklus 2 menjadi sebesar 100% dengan 3 orang anak yang mendapat nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan 12 orang anak mendapat nilai BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun tindakan guru pada siklus ini dengan mengajarkan cara mewarnai menggunakan pensil warna mendapatkan nilai 100 sehingga kemampuan motorik halus anak pada siklus ini pada perkembangan sangat meningkat dan meningkat. Persentase peningkatan perkembangan motorik halus tersebut didukung oleh tindakan guru pada siklus 2 yang mengajarkan cara mewarnai menggunakan pensil warna mendapatkan nilai 100 sehingga kemampuan motorik halus anak pada siklus ini pada perkembangan sangat meningkat dan meningkat.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TENTANG NAMA-NAMA BINATANG TERNAK DALAM DUA BAHASA (INGGRIS-INDONESIA) MELALUI METODE BERNYANYI Heni Herlina
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 1 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i1.189

Abstract

Kognitif yaitu kemampuan anak dalam mengenal, memahami, mengingat, menyebutkan, menyusun dan mengelompokkan serta membedakan benda sesuai bentuk, warna, ukuran, ciri dan fungsinya. Sedangkan metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair atau melantunkan kata/ kalimat yang dinyanyikan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui proses pembelajaran dalam peningkatan kemampuan Kognitif anak tentang nama-nama binatang ternak dalam dua bahasa (Inggris-Indonesia) melalui metode bernyanyi. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak tentang nama-nama binatang ternak dalam dua bahasa (Inggris-Indonesia) melalui metode bernyanyi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi literatur (Library Reseach). Hasil dari penelitian yang di dapat adalah: Anak mampu mengingat nama-nama binatang ternak dalam dua bahasa 79%, anak dapat melafalkan/ menyebutkan kembali nama-nama binatang ternak dalam dua bahasa dengan fasih 85%, dan anak mampu membedakan dan mengelompokkan nama-nama binatang ternak sesuai ciri dan fungsinya 87% signifikan. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa capaian perkembangan kognitif anak tentang nama-nama bintang ternak dengan dua bahasa dengan menerapkan metode bernyanyi dinyatakan berhasil sesuai harapan. Saran untuk penelitian lebih tingkatkan lagi dalam pencarian sumber dari teori-teori yang relevan supaya dapat dijadikan referensi bagi peneliti lainnya.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU “BERNYANYI DENGAN RIANG” Alvan Hazhari
Journal of Earlychildhood Education (JoEE) Vol. 1 No. 1 (2020): Journal of Earlychildhood Education (JoEE)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54438/joee.v1i1.190

Abstract

Pendidikan diperlukan bagai anak usia dini untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak melalui desain pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi dasar pendidikan, yang memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan dasar dan meningkatkan potensi kecerdasan anak yang akan mempengaruhi pendidikan di tingkat selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui gerak dan lagu “Bernyanyi dengan Riang”. Peneltian ini adalah penelitian kepustakaan ( Library Research), Pengumpulan data peneliti menggunakan paper dan journal ilmiah, skripsi dan buku. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti baik jurnal maupun skripsi menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar dengan menggunakan gerak dan lagu, artinya terdapat peningkatan motorik kasar pada anak usia dini dengan menggunakan gerak dan lagu “bernyanyi dengan riang”. Karena dengan gerak dan lagu peserta didik merasa senang dan bahagia serta dapat mengingat pesan moral, pesan agama, dan gerakan-gerakan yang diajarkan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20