cover
Contact Name
Ibnu Rusydi
Contact Email
ibnurusydi@dharmawangsa.ac.id
Phone
+6282362606572
Journal Mail Official
admin_syntax@dharmawangsa.ac.id
Editorial Address
Kampus I, Universitas Dharmawangsa, Jl. K.L Yos Sudarso No. 244 Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
ISSN : 27767027     EISSN : 27230538     DOI : DOI: https://doi.org/10.46576/syntax
Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology adalah Jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Dharmawangsa, Medan, Indonesia. Jurnal ini membahas tentang topik-topik yang berkenaan dengan bidang rekayasa perangkat lunak, ilmu komputer, sistem informasi, teknologi informasi dan komunikasi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023" : 10 Documents clear
ANALISIS PENINGKAT KINERJA MURNI WEDDING ORGANIZER MENGGUNAKAN DATA SCIENCE DAN SEO Sania Pratiwi; Yulia Agustina Dalimunthe; Halim Maulana
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2882

Abstract

Weding Organizer merupakan salah satu jasa yang menyediakan pelayanan dan informasi mengenai pernikahan  untuk membantu calon pengantin yang akan menikah dari mulai tahap perencanaan yang akan di digunakan sampai tahap pelaksanaan acara pernikahanMurni Weding Organizer merupakan suatu pelayanan jasa Weding Organizer yang ada di Medan dan pada usaha jasa pelayanan pernikahan ini mereka kurang dalam hal promosi karna hanya dari perorangan saja dan media sosial hal ini mengakibatkan penurunan pemesanan pada usaha Murni Weding Organizer Untuk meningkat kan kualitas dan juga agar usaha Murni Weding Organizer diketahui calon pengantin perlu dilakukan suatu analisis data yang baik dan juga benar sehingga dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna untuk usaha mereka dan juga calon pengantin. Analisis data yang akan di gunakan menggunakan Data Science. Data Science adalah interdisiplin yang mengeksplorasi metode ilmiah dan bagaimana mengekstrak pengetahuan dan wawasan dari klan data dari berbagai sumber tidak hanya yang struktur tetapi juga unstrukstur 2. Dengan adanya website diGoogle Bisnis Murni Wedding Organizer  yang dibuat oleh penulis, penulis dapat membantu pemilik usaha jasa Murni Wedding Organizer untuk lebih baik lagi dalam menyebar luaskan informasi jasa pernikahan pada usaha Murni Wedding Organizer Kata Kunci : Wedding Organizer, Data Science, Seo
SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI JENIS KULIT WAJAH MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB Titi Khofifah Nasution; Edy Rahman Syahputra; Yulia Agustina Dalimunthe
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2885

Abstract

Berbagai produk perawatan kulit (skincare) seperti krim, sabun, serum dan produk perawatan kulit lainnya mengkhususkan penggunaan tergantung pada tipe kulit masing-masing. Jenis kulit wajah terbagi 5 yaitu normal, berminyak (oily), kering (dry), dan kombinasi. Mengetahui jenis kulit wajah sangat penting untuk memilih produk perawatan kulit yang cocok. Kebanyakan orang sering menggunakan produk perawatan kulit namun tidak terikat dengan pengetahuan dan pemahaman atas tipe kulit yang dimiliki sehingga produk yang digunakan tidak sesuai dan tidak jarang menimbulkan masalah kulit yang akhirnya merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, sebelum menentukan produk yang akan digunakan hal yang paling utama adalah mengetahui tipe kulit wajah kita masing-masing. Sistem pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan dari seorang pakar dan dapat berperan layaknya pakar dalam menangani proses konsultasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem pakar penentu tipe kulit wajah dengan menerapkan metode Forward Chaining. Sistem Pakar ini akan diimplementasikan ke dalam aplikasi berbasis web dengan metode waterfall, apabila bagian premis terpenuhi maka bagian kesimpulan akan bernilai benar dan apabila sebaliknya maka melompat ke bagian premis lain di bawahnya. Dengan demikian, sistem pakar dapat menjadi salah satu solusi dalam menentukan tipe kulit wajah berdasarkan ciri kulit yang dialami. Sistem Pakar ini akan diimplementasikan ke dalam aplikasi berbasis web dengan metode waterfall, apabila bagian premis terpenuhi maka bagian kesimpulan akan bernilai benar dan apabila sebaliknya maka melompat ke bagian premis lain di bawahnya. Dengan demikian, sistem pakar dapat menjadi salah satu solusi dalam menentukan tipe kulit wajah berdasarkan ciri kulit yang dialami. Sistem Pakar ini akan diimplementasikan ke dalam aplikasi berbasis web dengan metode waterfall, apabila bagian premis terpenuhi maka bagian kesimpulan akan bernilai benar dan apabila sebaliknya maka melompat ke bagian premis lain di bawahnya. Dengan demikian, sistem pakar dapat menjadi salah satu solusi dalam menentukan tipe kulit wajah berdasarkan ciri kulit yang dialami. Kata kunci: jenis kulit wajah, sistem pakar, forward chaining, web, waterfall 
RANCANG BANGUNG SISTEM INFORMASI BOOKING TEMPAT PADA SALON LELY GUNA MEMUDAHKAN KONSUMEN BERBASIS WEB Jopandi Syahputra Lubis; Irvan Irvan; Dedy Irwan
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2891

Abstract

Salon Lely merupakan salah satu toko kecantikan yang berlokasi di Jl.AR.Hakim, Gg. Rahayu II No.1 B Medan. Salon Lely ini menyediakan jasa perawatan rambut dan kecantikan seperti potong rambut, creambath, smoothing, rebonding, hair toning, hair colouring, catok, keriting, facial dan layanan salon lainnya. Permasalahan sering terjadi di salon lely sering terjadinya antrian panjang saat customer datang ke lokasi yang mengakibatkan harus mengantri terlebih dahulu, para customer juga tidak bisa melakukan pemesanan online tanpa datang langsung ke lokasi salon. Berangkat dari permasalahan diatas penulis coba membuat aplikasi sistem informasi pemesanan tempat guna meningkatkan pelayanan kepada customer tujuan dilakukannnya penelitian ini yaitu untuk menyediakan fasilitas pelayanan konsumen berupa pemesanan yang dapat dilakukan secara online dan dari penelitian menghasilkan Aplikasi sistem informasi pemesanan salon Lely dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan secara online Kata Kunci : Salon Lely, Sistem Informasi, Pemesanan Online, Konsumen
E-MARKETING DENGAN MENERAPKAN METODE MARKETING MIX (STUDI KASUS : CV. ARJUNA ADVERTISING/DIGITAL PRINTING) Nurhamidah Lubis; Edy Rahman Syahputra; Halim Maulana
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2886

Abstract

Teknologi informasi pada zaman sekarang yang semakin maju dan berkembang dapat dimanfaatkan dalam mempermudah melakukan pekerjaan salah satunya adalah CV. Arjuna Advertising/Digital Printing. CV. Arjuna Advertising/Digital Printing merupakan usaha yang bergerak di bidang percetakan pada proses pemasaran yang berjalan telah menggunakan media sosial, seperti whatsapp dan instagram, walau sudah cukup baik, tetapi media ini tidak dapat menampilkan informasi produk-produk yang ada secara detail. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi pemasaran produk printing dan spanduk berbasis android. Metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype dan diimplementasikan menggunakan javascript dan MySQL dan perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Sistem ini akan diuji menggunakan metode black box. Hasil penelitian adalah aplikasi e-marketing produk printing dan spanduk menggunakan metode marketing mix yang dapat memberikan output dari desain e-marketing yang user friendly, seperti memudahkan pelanggan sesuai dengan kebutuhan pengguna serta mempermudah pelanggan untuk mengetahui informasi seputar produk-produk yang ada pada CV. Arjuna Advertising/Digital Printing dengan cepat.   Kata Kunci : Pemasaran, Prototype, Javascript, Marketing mix dan Black box
PERANCANGAN SISTEM E-MARKETING PRODUK CONTENT CREATOR MENGGUNAKAN METODE SOSTAC Muhammad Risky Juliandi; Yanty Faradillah Siahaan; Nurjamiyah -
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2887

Abstract

Teknologi informasi telah berkembang salah satunya pada kegiatan content creator. Pada saat ini banyak content creator telah menggunakan media sosial sebagai pemasaran yang mereka lakukan tetapi terdapat kendala yaitu kurang lengkap informasi yang diberikan oleh content creator dan masyarakat harus mencari satu per satu media sosial yang dimiliki content creator, serta lamanya proses pencarian content creator. Strategi proses model untuk perancangan E-Marketing menggunakan pengembangan SOSTAC dan perbedaan tahapan yang akan terlibat dalam strategi pemasaran dari pengembangan strategi untuk implementasi. Sistem diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Teknik analisis yang digunakan adalah metode SOSTAC. Pengembangan sistem menggunakan extream programming dan perancancagan menggunakan UML. Hasil penelitiian ini adalah sistem E-Marketing content creator menggunakan metode SOSTAC. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem E-Marketing content creator berbasis web. Sistem ini akan diuji menggunakan metode Black Box. Penerapan  sistem E-Marketing content creator menggunakan metode SOSTAC yang dapat memberikan output dari desain E-Marketing yang sangat membantu memudahkan pencarian content creator di Indonesia dan membantu mempromosikan nya dalam www.contentcreatorindonesia.com. Kata Kunci : E-Marketing, Content Creator, Extreme Programming ¸PHP, SOSTAC, dan Black Box 
IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MENENTUKAN POLA ELEMEN FILM FAVORIT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI Indra Sani Syahputra; Hasdiana -; Arie Rafika Dewi
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2888

Abstract

Film merupakan salah satu pilihan bagi kebanyakan orang dalam memilih atau mengisi waktu luangnya. Industri perfilman saat ini tidak ada matinya mengingat dalam beberapa waktu belakangan ini, penggemar film di Indonesia khususnya telah naik dengan pesat. Walau semakin banyaknya peminat dalam menyaksikan sebuah film tentu saja setiap orang memiliki pola elemen yang disukai dalam film tersebut. Baik itu alur cerita, genre, plot atau elemen-elemen lainnya tentu menjadi salah satu dasar mengapa orang tersebut menyukai film tersebut. Hal itu menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi produser film untuk mengetahui bagaimana pola dari elemen yang disukai agar dapat membuat film sesuai dengan elemen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola elemen apa yang disukai oleh orang dalam menyukai salah satu film yang telah banyak diproduksi. Algoritma apriori dipilih dalam penelitian ini sangat bagus digunakan untuk mencari suatu pola dan pembentukan Itemset dan dengan algoritma ini akan dapat menentukan pola pemilihan elemen film terfavorit pada film yang telah diproduksi. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan algoritma apriori menghasilkan 8 rule  pola elemen film yang terfavorit berdasarkan nilai support dan Confidence yang telah ditentukan. Dengan hasil berikut maka akan dapat memudahkan para produsen film dalam mempersiapkan dan membuat film terbaik dengan informasi pola yang telah didapatkan. Kata Kunci : Film, Algoritma Apriori, Data Mining, Aturan Asosiasi.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BUS MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA BUS PANORAMA Togar Renaldi Siregar; Yulia Agustina Dalimunthe; Edrian Hadinata
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2884

Abstract

Bus panorama merupakan perusahaan bus yang khusus digunakan dalam perjalanan wisata sesuai dengan jumlah kebutuhan penumpang. Seiring perkembangan waktu sering terjadi berbagai masalah dalam hal manajemen di perusahaan tersebut, dikarenakan semua pekerjaan di catat secara manual menggunakan microsoft excel. Mulai dari pendataan bus yang kurang lengkap seperti pencatatan plat nomor kendaraan dalam surat jalan yang masih salah, pencatat booking bus yang sering terjadi kesalahan pemesanan , hingga pencatatan gaji karyawan yang masih sering salah dalam pelaporan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memperoleh gambaran proses pengolahaan manajemen pada perusahaan bus panorama dengan hasil aplikasi sistem informasi manajemen bus panorama berhasil dibangun dan berjalan normal dan siap dipakai pada perusahaan bus panorama.Kata Kunci : Panorama Bus, Sistem Informasi Manajemen, Sistem, Bus
PENERAPAN API IPAYMU SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN JASA PENYEWAAN SEWA MOBIL PADA LARIS MOBIL Muhammad Nawawi; Husni Lubis; Septiana Dewi Andriana
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2890

Abstract

Film merupakan salah satu pilihan bagi kebanyakan orang dalam memilih atau mengisi waktu luangnya. Industri perfilman saat ini tidak ada matinya mengingat dalam beberapa waktu belakangan ini, penggemar film di Indonesia khususnya telah naik dengan pesat. Walau semakin banyaknya peminat dalam menyaksikan sebuah film tentu saja setiap orang memiliki pola elemen yang disukai dalam film tersebut. Baik itu alur cerita, genre, plot atau elemen-elemen lainnya tentu menjadi salah satu dasar mengapa orang tersebut menyukai film tersebut. Hal itu menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi produser film untuk mengetahui bagaimana pola dari elemen yang disukai agar dapat membuat film sesuai dengan elemen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola elemen apa yang disukai oleh orang dalam menyukai salah satu film yang telah banyak diproduksi. Algoritma apriori dipilih dalam penelitian ini sangat bagus digunakan untuk mencari suatu pola dan pembentukan Itemset dan dengan algoritma ini akan dapat menentukan pola pemilihan elemen film terfavorit pada film yang telah diproduksi. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan algoritma apriori menghasilkan 8 rule  pola elemen film yang terfavorit berdasarkan nilai support dan Confidence yang telah ditentukan. Dengan hasil berikut maka akan dapat memudahkan para produsen film dalam mempersiapkan dan membuat film terbaik dengan informasi pola yang telah didapatkan. Kata Kunci : Film, Algoritma Apriori, Data Mining, Aturan Asosiasi. 
APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN ANGGOTA POLRI TERBAIK BAGIAN SDM POLRESTABES MEDAN MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP) Fina Maulidina Alfian; Boni Oktaviani Sembiring; Halim Maulana
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2883

Abstract

Sistem informasi dan teknologi komputer berkembang sangat pesat. Semakin banyak aplikasi sistem pendukung keputusan yang dimanfaatkan untuk mempermudah dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan aplikasi. Pengambilan keputusan anggota polri terbaik di Polrestabes Medan khususnya bagian sumber daya manusia (SDM) saat ini masih dilakukan secara manual. Perlu adanya Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu pihak Polrestabes Medan dalam menentukan anggota Polri terbaik bagian SDM. Pada Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan anggota Polri terbaik SDM Polrestabes Medan terdapat lima kriteria yaitu Mental, Rohani, Kesehatan, Pendidikan, dan Jenjang Jabatan. Metode algoritma Multifactor Evaluation Process (MFEP) dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan. Dengan menggunakan metode MFEP setiap kriteria yang telah ditentukan diberikan bobot (weighting), Kemudian setiap alternatif dievaluasi berdasarkan faktor-faktor pertimbangan tersebut. Faktor penilaian dilakukan dengan Kepala Bagian SDM Polrestabes Medan. Alternatif dengan nilai tertinggi layak untuk ditentukan sebagai anggota polri SDM terbaik Polrestabes Medan. Aplikasi sistem pendukung keputusan ini dikembangkan menggunakan metode waterfall yaitu dengan melakukan analisis, selanjutnya melakukan perhitungan algoritma metode MFEP, kemudian melakukan perancangan sistem, lalu diimplementasikan ke sistem setelah itu dilakukan uji coba menggunakan blackbox. Dari peneilitian ini mendapatkan hasil anggota terbaik SDM yaitu Bripka Eko Wirahman yang memiliki total bobot evaluasi sebanyak 4.25 dengan menggunakan aplikasi pendukung keputusan metode MFEP berbasis web. Dengan adanya aplikasi ini telah membantu pihak Polrestabes Medan khususnya bagian SDM dalam menerima informasi dan mengambil keputusan dalam penentuan anggota terbaik bagian SDM. Diharapkan aplikasi ini dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penentuan anggota polri SDM di Polrestabes Medan. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, MFEP, Polri SDM
RANCANG BANGUN APLIKASI POINT OF SALE PENJUALAN KOPI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER BERBASIS WEB Muhammad Yasir Saan; Yulia Agustina Dalimunthe; Dedy Irwan
Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/syntax.v4i1.2892

Abstract

ABSTRAKWarung Jus Kuphi 7 merupakan warung yang bergerak di bidang kuliner yang beralamat di Jalan A. H. Nasution Komp. Metrolink D 1. Selama ini warung halim memiliki beberapa kendala seperti menyimpan data transaksi sehari – hari masih menggunakan buku, sehingga kemungkinan besar data yang di catat bisa saja hilang dikarenakan tidak dijaga dengan baik sehingga catatan tersebut tidak dapat digunakan sebagai informasi jika warung tersebut membutuhkannya. Selain itu terdapat kendala lainya seperti pencatatan stok barang kurang lengkap, mengakibatkan data yang ada stok di warung dengan catatan stock di buku sering mengalami perbedaan data. Berangkat dari permasalahan diatas penulis coba membuat aplikasi point of sale  untuk digunakan oleh warkop halim. Point of sale sendiri memiliki arti memproses data seperti pembelian, penjualan , transaksi hutang, retur penjualan, dan pelaporan transaksi yang diperlukan pebisnis membuat keputusan hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu aplikasi point of sale untuk digunakan sebagai penjualan warung kopi. Kata Kunci : Point Of Sale, Penjualan, Warung Kopi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10