cover
Contact Name
Rangga Prayitno
Contact Email
ranggaprayitno0@gmail.com
Phone
+6282287504359
Journal Mail Official
lppm@ejurnal-unespadang.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran No.26B, Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25115
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian (EJPP)
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : 27467538     EISSN : 27470369     DOI : https://doi.org/10.31933/ejpp
Core Subject : Health, Science,
Jurnal akademik yang mematuhi standar ulasan sejawat tertinggi. Jurnal ini fokus pada Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal ini memiliki "karakter" terbuka dan berkontribusi dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan menjelaskan dalam membimbing karakteristik masyarakat, bangsa, dan ideologi. Ethos Journal adalah jurnal ilmiah yang dikhususkan sebagai media studi ilmiah yang dihasilkan dari penelitian dan studi analisis kritis tentang masalah perkembangan kontemporer. Jurnal ini dikelola dan di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ekasakti, Padang (UNES).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian " : 15 Documents clear
PERHITUNGAN NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG DENGAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA PADA RUAS JALAN THAMRIN KOTA PADANG Maha Putri Handayani AS; Al Azhar; Vicky Chandra Gunawan Hura
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.545

Abstract

Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) merupakan faktor yang menunjukkan berbagai tipe kendaraan sehubungan dengan pengaruhnya terhadap kecepatan kendaraan ringan dalam arus lalu lintas. Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang berfungsi untuk menyetarakan satuan berbagai jenis kendaraan menjadi satuan mobil penumpang. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 telah menetapkan nilai EMP untuk masing-masing jenis kendaraan. Penetapan nilai EMP didasarkan pada jumlah arus dan komposisi lalu lintas. Akan tetapi, seiring bertambahnya arus dan komposisi lalu lintas pada saat ini menyebabkan terjadinya perubahan pada nilai ekivalensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perhitungan nilai EMP berdasarkan keadaan jalan yang sebenarnya dan kemudian membandingkannya dengan nilai EMP menurut MKJI 1997. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Thamrin, Kota Padang, Sumatera Barat dengan menghitung jumlah arus kendaraan selama jam puncak. Arus kendaraan yang dihitung meliputi jumlah kendaraan ringan, sepeda motor, serta kendaraan berat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda yang dianalisis dengan alat bantu statik Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Metode ini digunakan karena masing-masing kendaraan mempunyai pengaruh terhadap kendaraan lainnya. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, didapatkan nilai EMP untuk sepeda motor adalah 0,234 dan nilai EMP untuk kendaraan berat adalah 5,556. Deviasi perbandingan antara nilai EMP hasil analisis regresi linier dengan nilai EMP menurut MKJI 1997 untuk sepeda motor adalah 0,166, sedangkan deviasi perbandingan antara nilai EMP hasil analisis regresi linier dengan nilai EMP menurut MKJI 1997 untuk kendaraan berat adalah 4,256.
PELATIHAN KOMPETENSI LITERASI INFORAMASI GURU SMK SUMATERA BARAT Susi Yuliastanti; Hazlif Nazif; Erpidawati
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.625

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sumatera Barat masih belum optimal, penggunaan sarana dan media pembelajaran yang ada belum maksimal, meskiput disekolah sudah tersedia beberapa fasilitas wifi namun belum dapat dimanfaatkan dalam rangka mencari informasi yang berkaitan dengan informasi mata pelajaran yang diampu, selama masa pandemi diminta kesiapan guru dalam literasi informasi masih kurang. Keatifan siswa didalam pembelajaran masa pendemi covid-19 masih rendah, hal ini dapat ditinjau dari sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran di platform google dan classroom dan whatsap. Pelatihan yang diberikan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan literasi informasi berbasis big model. Hasil pelatihan mengambarkan bahwa ada perubahan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan literasi informasi tertama di dalam proses pembelajaran, hasil pengabdian mengambarkan pemanfaat literasi informasi penguatan literasi informasi sebesar 81.30% dan menggunakan google clasroom sebesar 80.1%, dan pemahaman materi pengembangan kuat di dalam pembelajaran daring.
PELATIHAN TEKNIK PENGUSULAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN DENGAN APLIKASI PAK ONLINE PADA UNIVERSITAS TAMANSISWA PADANG Febriani Febriani; Sapta Eka Putra
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.626

Abstract

Penilaian Angka Kredit (PAK) dosen merupakan bentuk evaluasi terhadap kinerja dosen dalam pelaksanakan tridharma perguruan tinggi. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi memiliki nilai angka kredit (kum) bagi dosen sehingga dalam perhitungan keseluruhan nilai yang dikumpulkan oleh dosen dapat diajukan untuk kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen yang merupakan jabatan keahlian seorang dosen. Sistem dan mekanisme pengusulan kenaikan pangkat/jabatan dosen dilakukan secara online bagi dosen-dosen Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang yang berada dilingkungan LLDIKTI Wilayah X. Untuk memastikan dosen-dosen Unitas dapat mengoperasikan sistem PAK Online dan pegusulan kenaikan pangkat/jabatan dosen terutama bagi dosen-dosen baru yang berasal dari prodi-prodi baru dilingkungan Unitas Padang dapat berjalan dengan baik, maka dilaksanakanlah kegiatan pelatihan Pengusulan jabatan fungsional melalui aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Online. Dari hasil evaluasi yang dilakukan pada kegiatan pelatihan dimaksud, teridentifikasi adanya perkembangan yang positif dan signifikan dari peserta terkait dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi PAK online ini sehingga dosen-dosen tersebut rata-rata sudah mengusulkan jabatan fungsional dan saat ini tidak ada lagi dosen Universitas Tamansiswa Padang yang tidak memiliki jabatan fungsional.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 19 PANINJAUAN Daswati Daswati
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di UPT. SD Negeri 19 Paninjauan melalui metode pembelajaran Quantum Writing, Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V UPT. SD Negeri 19 Paninjauan yang berjumlah 16 siswa, yakni 9 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V UPT. SD Negeri 19 Paninjauan melalui metode Quantum Writing. Hal ini ditunjukan dengan pencapaian nilai rata-rata kelas saat menulis karangan narasi meningkat dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata menulis karangan narasi pada pra tindakan sebesar 69,25 menjadi 74,38 pada siklus I dan mencapai 83,19 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam menulis karangan narasi meningkat dari kondisi awal 43,75% menjadi 62,50% pada siklus I dan menjadi 93,75% pada siklus II. Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan metode Quantum Writing dilakukan dengan tahap-tahap pembelajaran seperti: penyampaian materi oleh guru, persiapan menulis, membuat draft/kerangka karangan, berbagi hasil tulisan dengan teman, memperbaiki kesalahan penulisan, menyunting hasil tulisan, menulis kembali karangan, serta guru bersama siswa melakukan evaluasi pada karangan narasi yang telah dihasilkan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING Ben Harnis
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Dilihat dari tes pra siklus diperoleh nilai rata – rata 63,81 dengan ketuntasan belajar 42,86%, sedangkan pada siklus I diperoleh nilai rata – rata 74,76 dengan ketuntasan 61,90% dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata 84,76 dengan ketuntasan belajar 90,48%. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.
ANALISIS RISIKO PRODUKSI DAN PERILAKU PETANI MENGHADAPI RISIKO USAHATANI BAWANG MERAH DI NAGARI PANINGGAHAN KECAMATAN JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK Helmayuni; Mardianto; Fauziah Agustin
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur risiko produksi dan mengetahui perilaku petani terhadap risiko usaha tani serikat pekerja di Nagari Paninggahan. Metode penelitian yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dimana sampel yang diambil adalah 44 sampel petani bawang merah di Nagari Paninggahan, dan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis risiko produksi menggunakan koefisien variasi (CV) dan perilaku petani terhadap risiko menggunakan metode Moscardi dan de Janvry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani Bawang Merah di Nagari Paninggahan memiliki risiko tinggi karena koefisien variasi (CV) yang diperoleh adalah 0,76 (CV> 0,5) dan nilai batas bawah produksi (L = -876,98 <0). Sebanyak 97,7% petani bawang merah di Nagari Paninggahan memiliki perilaku menghindari risiko (risk averter). Sebanyak 2,3% petani bawang merah memiliki perilaku netral terhadap risiko (risk-neutral). Secara keseluruhan, petani bawang merah di Nagari Paninggahan cenderung menghindari risiko. Keengganan petani bawang merah dalam menghadapi risiko dilatarbelakangi oleh risiko gagal panen yang relatif tinggi.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM Hamidar Hamidar
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.647

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan dari guru, banyak siswa yang sibuk sendiri ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu pada saat proses pembelajaran siswa kurang berperan aktif dan dominan guru yang berperan aktif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV UPT. SD 21 Limo Kaum?. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2020 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2022. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 17 laki- laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Peningkatan hasil belajar IPA materi gaya diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa materi gaya pada kondisi awal (pra-siklus) 59,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44% (11 siswa) dari 23 siswa yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Siklus I sebesar 73,48 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,22% (15 siswa) yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Siklus II sebesar 83,91 dengan ketuntasan klasikal 91,30% (21 siswa) yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM).
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI PADA SISWA KELAS 1 UPT. SD NEGERI 17 SARUASO Misdar Misdar
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 17 Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar UPT. SD Negeri 17 Saruaso. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di UPT. SD Negeri 17 Saruaso, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes membaca dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan II dengan nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50% dan siklus II sebesar 83,13%. Sedangkan hasil tes peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat diukur dari setiap siklusnya, keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 73,63 (belum mencapai KKM), keterampilan membaca pada siklus II sebesar 86,20 (sudah mencapai KKM).
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I UPT. SD NEGERI 04 BARINGIN Ernineng Siswati
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I UPT SD Negeri 04 Baringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 04 Baringin yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pegumpulan data pada penelitain ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes keterampilan membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dekskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas dari 67,33 meningkat menjadi 74,75 dan 84,94. Persentase pencapaia nilai rata-rata keterampilan membaca mengalami peningkatan pada pratindakan sebesar 44,44% pada siklus I 61,11%, dan pada siklus II yaitu 91,67%.. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan menggunakan media Big Book 1) siswa mengamati media Big Book yang disiapkan oleh guru, 2) siswa memprediksi isi cerita dalam Big Book, 3) siswa diberi contoh membaca Big Book dengan lafal dan intonasi yang jelas, 4) mencocokan prediksi siswa dengan cerita yang telah dibaca, 5) siswa memperhatikan cotoh membaca guru membacakan dengan menunjuk kata per kata, 6) siswa berkomentar dan bertanya terkait cerita dalam Big Book, 7) siswa mengikuti yang dibaca oleh guru dengan menunjuk kata yang dibaca, 8) siswa secara berkelompok dan individu membaca cerita dalam Big Book.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK SISWA KELAS VI UPT. SD NEGERI 01 KOTO LAWEH Marnita Marnita
Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 2 No. 2 (2022): (EJPP) Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2022 - Oktober 2022)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/ejpp.v2i2.650

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai pada mata pelajaran matematika di kelas VI UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh Tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan pembelajaran Kerja Kelompok . Penelitian ini berbentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 2 ( dua ) siklus. Setelah dilakukan siklus I, kemudian dilakukan refleksi. Hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I memberikan kesimpulan bahwa perlu dilaksanakan siklus II untuk memperbaiki (1) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: media pembelajaran, peran aktif peneliti dalam membantu siswa, motivasi terhadap siswa, membangun kerjasama antar siswa dan (2) hasil pemahaman terhadap pelajaran matematika Setelah dilaksanakan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Kerja Kelompok sudah memperlihatkan hasil yang sangat memuaskan,. Setelah dilaksanakan pembelajaran siklus II,maka pembelajaran dengan pendekatan Kerja Kelompok sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran matematika bagi siswa kelas VI UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh. Berdasarkan hasil analisis data, maka dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai rata – rata 70 dengan persentase daya serap 58,33%. Sedangkan pada tindakan siklus II, siswa yang memperoleh nilai rata – rata 83,33 dengan persentase daya serap mencapai 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kerja Kelompok, pada pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 15