cover
Contact Name
safriana
Contact Email
safriana@unimal.ac.id
Phone
+628116813047
Journal Mail Official
safriana@unimal.ac.id
Editorial Address
Kampus Utama Cot Tengku Nie Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia Telp : +62.645.41373, Fax : +62.645.44450 Email : relativitasjurnal@gmail.com | safriana@unimal.ac.id Hp/WA: +628116813047 atau +62852 6088 0453
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
ISSN : 26544172     EISSN : 26558793     DOI : 10.29103/relativitas.v2i1.1790
Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of Professionalism of physics teachers ICT-based physics learning, and other issues in the field of physics education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika" : 7 Documents clear
ANALISIS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR (METODE DEMONSTRASI, METODE EKSPERIMEN, METODE INQUIRY, DAN METODE DISCOVERY DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI) Feliza Paramitha Sinaga; Jurhana Jurhana; Yusrita Yusrita; M. Hidayat M. Hidayat
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i2.7830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan prinsip-prinsip dan prosedur penggunaan metode mengajar setra jenis-jenis metode mengajar, kelebihan-kekurangan dalam penggunaan metode dalam proses pembelajaran, serta capaian yang tepat sasaran. Metode yang digunakan adalah metode kualtitatif jenis penelitian yang dipakai adalah study kasus yang diperoleh melalui wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah Guru fisika SMAN 11 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa jenis metode mengajar di kelas seperti metode demonstrasi, metode eksperimen, metode inquiry, dan metode discovery. Di mana guru selalu membuat RPP untuk setiap satu semester. Menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, mengelola literatur, sumber belajar dari buku , dan media lainnya yang sesuai dengan materi pembelajaran. Serta memiliki keterampilan guru dalam mengelola kelas melalui metode mengajar.
PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS Izzatus Sholiha; Faradhillah Faradhillah; Muliani Muliani
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i2.7320

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis Android terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Gerak Lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mix Method) dengan desain Sequential Exploratory yang menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Dengan menggunakan metode pre-experimental desain One Group Pretest-Posttest dan metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Adapun kelayakan media Mobile Learning sebesar 87,6%, kemenarikan dan kemudahan Mobile Learning oleh guru sebesar 90,9%, serta kemenarikan dan kemudahan Mobile Learning oleh siswa sebesar 92,7%. Secara keseluruhan produk Mobile Learning berbasis Android pada materi Gerak Lurus layak, menarik, memudahkan, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Mobile Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kinematika gerak lurus.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI GERAK LURUS KELAS VIII SMP/MTS Siti Maulidya Salsabila; Rozanna Dewi; Halimatus Sakdiah
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i2.5677

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk, respon peserta didik, serta untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas VIII SMP N 2 Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan telah dinyatakan layak berdasarkan penilaian: 1) Tingkat kelayakan media video animasi oleh ahli media diperoleh persentase skor sebesar 82% dan ahli materi diperoleh persentase skor sebesar 80% dengan kriteria penilaian “sangat layak”; 2) Tingkat penilaiankepraktisan oleh guru IPA di sekolah dengan memperoleh persentase skor sebesar 86,65% dengan kriteria “sangat praktis”; 3) Hasil respon peserta didik “sangat baik” dengan tingkat penilaian keefektifan media dari peserta didik melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase skor sebesar 80,16% dan uji coba pemakaian pada kelompok besar diperoleh persentase skor sebesar 86,73% dengan kriteria penilaian “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis powtoon pada materi gerak lurus yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelebihan dari produk ini yaitu penggunaannya praktis dan desain tampilan yang menarik. Serta kekurangannya yaitu memerlukan jaringan internet stabil dan kapasitas memori yang besar untuk menyimpannya. 
ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA SEDERHANA FISIKA DI KELAS XI IPA MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA Mai Ratih Kumalasari; Salihatun Wahdina; Hadma Yuliani; Nadia Azizah
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i2.7952

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kendala guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika. 2) Mengetahui media pembelajaran yang digunakan di kelas menurut guru dan siswa di kelas XI IPA MA Darul Ulum Palangka Raya. 3) Menganalisis kebutuhan  media pembelajaran berupa alat peraga fisika menurut guru dan siswa kelas XI di MA Darul Ulum. Metode pada penelitian ini adalah  mix method yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara untuk kualitatif ke guru fisika dan angket untuk kuantitatif ke siswa. Hasil dari wawancara dan angket yang diperoleh adalah 1)  Kendala yang dialami oleh guru berupa kurangnya media dan kendala siswa selama belajar fisika di kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya yaitu, pada mata pelajaran fisika terlalu banyak rumus (54,50%) dan berhitung dan kurangnya media pembelajaran pada saat proses pembelajaran fisika (41%); 2) Media pembelajaran yang digunakan dikelas menurut guru berupa modul, sedangkan menurut siswa berupa modul (86%) dan terkadang menggunakan PPT pada saat proses pembelajaran fisika (14%). 3) guru dan siswa merasa sangat membutuhkan pengembangan media pembelajaran fisika berupa alat peraga  (95,50%). Kata Kunci:Analisis Kebutuhan, media pembelajaran, alat peraga sederhana, Fisika ANALYSIS OF THE NEED FOR SIMPLE PHYSICS TEACHING AIDS IN CLASS XI IPA MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA Abstract: This study aims to 1) Knowing the constraints of teachers and students in the process of learning physics. 2) Knowing the learning media used in class according to teachers and students in class XI IPA MA Darul Ulum Palangka Raya. 3) Analyzing the needs of learning media in the form of teaching aids according to teachers and students of class XI at MA Darul Ulum. The method in this study is a  mix method , namely quantitatively and qualitatively. Data collection techniques in the form of qualitative interviews to physics teachers and quantitative questionnaires to students. The results of the interviews and questionnaires obtained are 1) Obstacles experienced by teachers in the form of lack of media and students' obstacles while studying physics in class XI MA Darul Ulum Palangka Raya, namely, in physics subjects there are too many formulas (54.50%) and arithmetic and lack of learning media during the physics learning process (41%); 2) The learning media used in the classroom according to the teacher is in the form of a module, while according to students it is in the form of a module (86%) and sometimes using PPT during the physics learning process (14%). 3) teachers and students feel that they really need the development of physics learning media in the form of teaching aids (95.50%). Keywords:Physics, Learning Media, Simple Teaching Aid
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X MAS DARUL ULUM Nuraini Fatmi; Ainul Mardhiah; Nanda Novita
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i2.7387

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab  apakah ada pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa  pada materi gerak lurus di kelas X MAS Darul Ulum. Penelitian  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Design penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Darul Ulum. Adapun pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas Xc sebagai kelas eksperimen dan Xd sebagai kelas control.  Untuk mendapatkan data hasil penelitian  digunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah siswa berupa soal uraian sebanyak 10 butir. Pengolahan data hasil rata-rata pretes kontrol diperoleh 24,57 dan rata-rata pretest eksperimen diperoleh 25,7. Untuk hasil rata-rata postest kontrol diperoleh 59,86 sedangkan rata-rata postest eksperimen diperoleh 85,15. Uji hipotesis independent sample t-test menggunakan aplikasi SPSS  dengan perolehan nilai signifikan post tes sebesar 0,000. Nilai 0,000 lebih kecil daripada 0,05 (0,00 > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran  Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PLATFORM SIGUM BERBANTUKAN MEDIA ZOOM DENGAN PLATFORM SIGUM BERBANTUKAN MEDIA GOOGLE MEET PADA MATERI FLUIDA STATIS Greifhya Amanda; Syafrizal Syafrizal; Halimatus Sakdiah; Juniati Juniati
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i2.7116

Abstract

SIGUM (Sistem Informasi Guru Mengajar) ini merupakan aplikasi belajar daring yang berguna sebagai evaluasi proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan platform SIGUM berbantukan media zoom dengan platform SIGUM berbantukan media google meet pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah kelas kelas XI semester ganjil 2021/2022 SMA Negeri 2 Binjai. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel yang diambil adalah kelas XI PMS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMS 6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari Pretest dan Posttest. Rata-rata nilai Pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 40,00 dan 38,83, sedangkan nilai rata-rata Posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76,33 dan 66,67. Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan taraf signifikan α = 0,05 pada hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikan (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,000 dan dikarenakan nilai dari probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka  = ditolak dan  = diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran zoom lebih tinggi dibandingkan menggunakan media pembelajaran google meet. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbandingan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan platform SIGUM berbantukan media zoom dan google meet pada materi fluida statis.
PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Muttakin Muttakin; Ucia Mahya Dewi; Arlin Maya Sari; Riza Andriani; Tulus Setiawan
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i2.9941

Abstract

Pembelajaran dikelas dapat berjalan dengan baik jika proses pembelajaran juga berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap penerapan media Word Square dalam pembelajaran kimia pada materi struktur atom, mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media Word Square pada materi struktur atom dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan media Word Square dalam pembelajaran kimia pada materi struktur atom. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes berupa pre-test dan post-test dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran word square pada materi struktur atom sangat baik, berturut-turut sebesar 79,17 dan 83,00. (2) Hasil belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran word square pada materi struktur atom yaitu sebesar 92,59. (3) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran word square pada materi struktur atom sangat positif, yaitu sebesar 91,66 dan respon negatif yaitu sebesar 8,33.

Page 1 of 1 | Total Record : 7