cover
Contact Name
safriana
Contact Email
safriana@unimal.ac.id
Phone
+628116813047
Journal Mail Official
safriana@unimal.ac.id
Editorial Address
Kampus Utama Cot Tengku Nie Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia Telp : +62.645.41373, Fax : +62.645.44450 Email : relativitasjurnal@gmail.com | safriana@unimal.ac.id Hp/WA: +628116813047 atau +62852 6088 0453
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
ISSN : 26544172     EISSN : 26558793     DOI : 10.29103/relativitas.v2i1.1790
Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of Professionalism of physics teachers ICT-based physics learning, and other issues in the field of physics education
Articles 107 Documents
KESALAHAN YANG DILAKUKAN SISWA PADA PENGGUNAAN BENTUK PAST TENSE DALAM MENULIS RECOUNT TEXT Rahmati, Rahmati
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan jenis kesalahan dalam penggunaan tense(bentuk waktu) past tense yang dibuat oleh siswa kelas satu SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Dalam menulis kalimat, para siswa diminta untuk menulis bebas tentang pengalaman mereka ketika liburan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan identifikasi dan penjelasan dari jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Lhokseumawe dengan jumlah siswa sebanyak 32. Dalam penelitian ini penulis menerapkan teori error analysis dari beberapa buku dan referensi yang berhubungan dengan analisis kesalahan dan tata bahasa dan juga memberikan tes untuk mengumpulkan data penelitian. Kemudian data dianalisa untuk menentukan kesalahan tata bahasa dari kalimat yang menandainya, merekonstruksi kalimat tersebut, menganalis kalimat yang memiliki kesalahan, mengelompokkan jenis kesalahan, dan menghitung setiap jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan mana yang paling sering dibuat oleh siswa. Data menunjukkan bahwa siswa yang melakukan kesalahan pada Omission sebanyak 64 kesalahan, Addition 29 kesalahan, misformation sebanyak 83 kesalahan.dengan persentase kesalahan pada bagian orientation sebanyak 61 (35%), pada bagian Events sebanyak 82(46%), dan pada bagian reorientation sebanyak 23(19%). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan bahwa siswa harus lebih fokus dalam memahami penggunaan past tense khususnya pada perubahan bentuk kata kerja baik dalam bentuk kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan , dan juga dalam penggunaan kata kerja bantu (Auxiliaries). Selain itu, guru juga perlu mengetahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam hal perubahan kata kerja pada bentuk past tense, dan dapat menerapkan metode baru.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA Sakdiah, Halimatus
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i1.1192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 4 Sungai Penuh yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas isi dan ramalan dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis  uji-t dua pihak diperoleh thitung = 5,51 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar fisika siswa..  Kata Kunci: Learning Cycle, Hasil Belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR Nasution, Juni; Hadiya, Izkar; Faradhillah, Faradhillah
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v2i2.2537

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Proses pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, penilaian afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan Independent sample Test. Hasil penelitian diperoleh signifikansi = 0,000 yang berarti nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penilaian afektif  pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata sebesar 82, pertemuan kedua sebesar 83, dan rata-rata pertemuan ketiga sebesar 84. Hasil penilaian psikomotorik pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata sebesar 81, pertemuan kedua sebesar 86, dan rata-rata pertemuan ketiga sebesar 89. Hasil analisis respon siswa terhadap Problem Based Learning diperoleh persentase sangat setuju (SS) sebesar 59%, setuju (S) 30%, tidak setuju (TS) 8%, dan sangat tidak setuju (STS) sebesar 3%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKTAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 MATARAN TAHUN AJARAN 2018/2019 Susanti, Yuyun; Zohdi, Ahmad; Meiliyadi, Ahmad Didik
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v2i1.1791

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian  yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 52,39 dan kelas control sebesar 47,91. Hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas ekperimen sebesar 81,93 dan kelas kontrol 71,34. Data tes akhir peserta didik kelas sampel dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung  sebesar 3,78 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,000, maka thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KINETIKA KIMIA Rahmi, Ayu
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i1.1197

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kinetika Kimia” ini mengangkat masalah apakah dengan penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada materi kinetika kimia. Penelitian dilakukan di FKIP Universitas Malikussaleh. Penelitian ini dilaksanakan pada 5-28 Febuari 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia semester II  tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari  4 laki-laki dan 18 perempuan. Untuk mengetahui aktivitas mahasiswa, dilakukan observasi dengan menggunakan lembar pengamatan. Dari hasil pengamatan diketahui aktivitas mahasiswa mengalami perubahan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II.  Disamping itu, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model CTL, diberikan tes tulis dan diperoleh bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase hasil belajar pada pertemuan pertama sebesar 56,67% menjadi 70,00% pada pertemuan kedua. Setelah siklus II dilaksanakan, persentase hasil belajar lebih meningkat dari76,00% menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada materi kinetika kimia. Kata Kunci: model pembelajran, CTL, hasil belajar   
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG Andrianis, Andrianis
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v3i1.3345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi gelombang peserta didik kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk kepada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020 dalam kurun waktu 3 bulan. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik Kelas XI IPA-2 berjumlah 30 orang data PTK ini dari peserta didik, hasil belajar peserta didik ,observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatitif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan peserta didik setiap tatap muka. Analisis dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Hasil temuan penelitian menununjukan peningkatan hasil belajar peserta didik dari 75.66 % pada Siklus 1 meningkat menjadi 22% pada pertemuan 2, dan pada siklus 2 juga terjadi peningkatan yakni 64% pada pertemuan 1 meningkat menjadi 86,66 % pada siklus kedua dikatagorikan baik melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Peserta didik Kelas XI IPA -2 SMA Negeri 1 Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI SIMULASI PHET PADA MATERI ELASTISITAS DI SMA 2 BIREUEN Ardiannisa, Siti; Fonna, Mutia; Fatmi, Nuraini
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v2i2.2535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui Simulasi Phet dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model Inkuiri Terbimbing melalui Simulasi Phet. Jenis penelitian ini adalah Pre experimental Design, rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan penentuan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Ekaperimen. Berdasarkan hasil analisis pemahaman konsep siswa memperoleh nilai rata-rata Pretest 54.82 % dan Posttest 81,58 %. Hasil uji N-Gain Score memperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 54.82 % dalam katagori (Sedang), dan mendapatkan hasil respon siswa yang menjawab setuju sebesar 50,51%. Hal ini membuktikan bahwa model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada kelas XI MIA 2 dan mendapatkan respon positif pada materi Elastisitas di SMA Negeri 2 Bireuen.
STUDI EKSPERIMENTAL PERANCANGAN TURBIN ANGIN MULTI-BLADE SEDERHANA SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF Usmaniar, Cut Yana; Ayu, Desi; Razak, Zuryatina
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1462

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, sebagaian besar pusat pembangkitan untuk memproduksi energi listrik berasal dari energi fosil seperti batu bara yang sumber energinya sewaktu-waktu bisa habis. Salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik adalah angin. Energi angin merupakan sumber energi yang melimpah dan sangat potensial dimanfaatkan oleh masyarakat yang hingga kini masih sulit dalam pengadaan listrik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan turbin angin sederhana jenis multi-blade sebagai penghasil energi listrik alternatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimental (experimental research) yang dilakukan di desa Reulet kabupaten Aceh Utara. Objek dalam penelitian ini menggunakan turbin angin horizontal tipe multi bladed yang terdiri dari sebuah sudu dan dinamo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa turbin angin sederhana jenis multi blade dapat digunakan sebagai penghasil listrik alternatif di desa Reulet. Tegangan listrik yang dihasilkan melalui rancangan turbin angin sederhana jenis multi-blade adalah 2,8 Volt dengan kecepatan rata-rata angin 5 m/s.
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MERANGKAI RANGKAIAN ELEKTRONIKA SEDERHANA Hadiya, Izkar
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i1.1193

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) yang merupakan  keterampilan penting dalam praktikum pada materi sains. KPS yang tinggi menunjukkan bahwa mahasiswa telah mencapai tujuan pembelajaran yaitu penguasaan konsep yaitu materi elektonika dasar. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study yaitu menerapkan project base learning (PBL) dalam merangkai rangkaian elektronika sederhana. Selanjutnya mengukur KPS mahasiswa berdasarkan soal KPS yang diberikan pada akhir pembelajaran. Purposive sample digunakan adalah mahasiswa fisika yang mengambil Mata kuliah elektronika dasar sebanyak 30 orang. KPS mahasiswa yang diukur meliputi mengidentifikasi variabel, mengungkapkan pengertian variabel, menginterpretasi data, mengklasifikasi data, menghubungkan antar data, memformulasikan model, menarik kesimpulan, dan menyatakan praduga sementara. Hasil penelitian menujukkan bahwa KPS mahasiswa secara keseluruhan 80.0 ± SD 7.886 atau berada dalam kategori baik. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Rangkaian elektronika, Project Base Learning
PENERAPAN MODEL TGT MELALUI SIMULASI PhET TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA ALAT-ALAT OPTIK Ginting, Fajrul Wahdi; Novita, Nanda; Rahmadhani, Yeni
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v3i1.3341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa menggunakan media simulasi PhET melalui model Teams Games Tournament . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MAN 3 Aceh Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design. Pengumpulan data pemahaman siswa dilakukan menggunakan instrument test yang telah divalidasi dan di uji reabilitas. Rata- rata kemampuan pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran Direct Introuction adalah 72,75, sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT melalui simulasi PhET adalah 86,75. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann Whitney Test pada posttest kelas kontrol dan eksperimen diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka terdapat peningkatan pemahaman siswa yang signifikan. Kesimpulannya adalah pembelajaran menggunakan model TGT melalui simulasi PhET dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi alat-alat optik di MAN 3 Aceh Utara.

Page 1 of 11 | Total Record : 107