cover
Contact Name
Pramita Yakub
Contact Email
pramitayakub@unesa.ac.id
Phone
+6285606773711
Journal Mail Official
pramitayakub@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung C3 Lantai 2, Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa - Kampus Ketintang
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
ISSN : -     EISSN : 27210308     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi 3. Pengembangan Media/IT Pembelajaran Biologi 4. Pengembangan Asesmen Pembelajaran Biologi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023)" : 5 Documents clear
Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekosistem Berbasis Masalah Jadsna Rohma Hanida; Fida Rachmadiarti; Endang Susantini
Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jipb.v4n1.p23-38

Abstract

Implementasi pendidikan belum sepenuhnya fokus untuk membimbing siswa dalam menelaah permasalahan ekosistem serta konsekuensinya, ditandai dengan rendahnya daya serap materi ekosistem dalam UN dan keterampilan berpikir kritis menurut survei OECD. Maka, dibutuhkan bahan ajar yang mampu memfasilitasi kegiatan berpikir secara mandiri dalam bentuk e-modul yang memuat kegiatan penyelesaian masalah dengan mengikuti sintaks problem-based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul ekosistem berbasis PBL untuk melatih keterampilan berpikir kritis mengikuti prosedur pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen lembar validitas oleh pakar pendidikan, pakar materi, dan guru biologi, serta menggunakan lembar angket untuk mengetahui kepraktisan e-modul berdasarkan penilaian dari siswa. Data yang diperoleh lalu dianalisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala Likert dan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan e-modul dikategorikan sangat valid berdasarkan tinjauan konten, presentasi, dan kebahasaan dengan rata-rata skor 3.78, serta dinyatakan sangat praktis dengan skor 96.94%. Dengan demikian, e-modul ekosistem berbasis PBL dinyatakan layak untuk melatih keterampilan berpikir kritis, serta berpotensi diterapkan oleh satuan pendidikan untuk membentuk siswa yang kritis akan permasalahan ekosistem.
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Kuliah Kultur Jaringan Desvia Ispratiwi Tiwi; Mellisa Mellisa
Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jipb.v4n1.p39-45

Abstract

Penggunaan media belajar, sebenarnya dapat memperlancar proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan media video pembelajaran adalah sebagai..berikut: untuk mengetahui validitas video kultur jaringan tanaman anggrek (Dendrobium oharano) penggunaan eksplan daun dengan pengaruh respon penyinaran dan hormon NAA (Naphthalene Acetic Acid) yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan formulir validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis video kultur jaringan termasuk dalam kriteria sangat valid. Persentase hasil validasi ahli materi, ahli media serta dosen masing-masing sebesar 100%, 96,25% dan 84,58%. Ini juga didukung respons positif siswa, sehingga media ini sangat baik (86,5%).
Pengembangan Aplikasi Keanekaragaman Tanaman Obat Merapi Farma Herbal Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA Anggiyani Fabilah Parwati; Triatmanto Triatmanto
Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jipb.v4n1.p10-21

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis – jenis tanaman obat Merapi Farma Herbal yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran, mengetahui kelayakan prototipe aplikasi keanekaragaman obat Merapi Farma Herbal oleh ahli materi, ahli media, praktisi (guru biologi) dan uji keterbacaan prototipe aplikasi oleh peserta didik. Penelitian ini terdiri dari penelitian biologi dan penelitian pendidikan biologi. Penelitian biologi menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Penelitian pendidikan biologi menggunakan jenis penelitian RnD dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai Develop saja. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lebih dari 200 spesies tanaman obat, namun dalam penelitian ini hanya digunakan sebanyak 21 spesies tanaman obat yang sudah mewakili seluruh tanaman. Data tersebut kemudian dikembangkan sebagai aplikasi pembelajaran yang disusun untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Aplikasi pembelajaran yang disusun dinilai layak oleh ahli materi, ahli media, praktisi (guru biologi) dari segi kebenaran konsep, aspek isi, tampilan, kegrafisan, pemrograman, bahasa, dan berpikir analitis. Aplikasi pembelajaran yang disusun dinilai menarik dan user-friendly (mudah digunakan) oleh peserta didik pada aspek isi, tampilan, pemrograman, bahasa, dan berpikir analitis.
Kualitas LKPD-E Pada Subkonsep Kelas Pisces untuk Memingkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kinerja Siswa SMA Muhammad Syifa Habli Sholihin; Muhammad Zaini; Sri Amintarti
Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jipb.v4n1.p1-9

Abstract

Keterampilan pada abad ke-21 mengharuskan peserta didik untuk memiliki keterampilan kognitif. Keterampilan berpikir kritis adalah bagian dari keterampilan kognitif yang perlu ditunjang dengan perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diperlukan agar dapat meningkatkan keterampilan peserta didik melalui Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (LKPD-e). LKPD-e adalah bahan ajar elektronik yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kinerja peserta didik dalam melaksanakan kegiatan berpraktikum. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kinerja siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; 3) small group evaluation. Penelitian ini dibatasi pada uji kelompok kecil small group evaluation dengan subjek penelitian yaitu 4 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Alalak. Data diperoleh dari instrumen kepraktisan harapan dan keefektifan harapan. Hasil penelitian menunjukkan kepraktisan harapan mendapatkan 94,05% dengan kategori sangat baik dan keefektifan harapan LKPD-e keterampilan berpikir kritis diperoleh hasil 87,53% dengan kategori sangat baik dan keterampilan kinerja peserta didik diperoleh 91,41% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, LKPD-e yang dikembangkan mudah digunakan peserta didik pada saat pembelajaran dan dinyatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kinerja peserta didik berdasarkan aspek keterampilan berpikir kritis dan rincian tugas kinerja.
Pengembangan E-Atlas Vertebrata pada Materi Animalia untuk Siswa Kelas X SMA/MA Rinata Ardiana; Rosita Fitrah Dewi
Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi Vol 4 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jipb.v4n1.p46-56

Abstract

Siswa dapat mempelajari konten dengan lebih mudah dengan menggunakan sumber belajar yang tepat. Sebanyak 71,4% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi animalia, sesuai dengan temuan angket analisis kebutuhan kelas X IPA 3 SMA Panca Marga 1 Lamongan, dan sebanyak 92,8% siswa membutuhkan materi pembelajaran yang praktis dan ringkas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-Atlas Vertebrata sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas X IPA SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Berdasarkan temuan validasi ahli materi rata-rata persentase 90,9% dinyatakan sangat valid, sedangkan  validasi ahli media rata-rata 96%. Perhitungan hasil posttest dan pretest menggunakan uji t didapatkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat distingsi yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5