cover
Contact Name
Aditya Halim Perdana Kusuma Putra
Contact Email
adityatrojhan@gmail.com
Phone
+6282292222243
Journal Mail Official
adityatrojhan@gmail.com
Editorial Address
Jalan Bung KM. 09 Tamalanrea Makassar - Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomika
ISSN : 20889003     EISSN : 26856891     DOI : https://doi.org/10.37541/ekonomika
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekonomika, memiliki ISSN 20889003 (media cetak) yang dipublikasi oleh Lembaga Layanan LLDIKTI-IX Sulawesi. Jurnal Ekonomika diproses melalui blind review dan diterbitkan sebanyak 2 kali (Februari dan Agustus). Jurnal ekonomika menghimpun beberapa topik manuskrip dalam lingkup ilmu ekonomi baik yang bersifat Applied Research maupun Basic Research, dan juga beberapa lingkup dibidang sub ekonomi seperti manajemen pemasaran, manajemen sumberdaya manusia dan studi pembangunan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS" : 6 Documents clear
Motivasi belajar Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Desi Patulak Desi Patulak
Jurnal Ekonomika Vol 3 No 2 (2019): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX - Sulawesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37541/ekonomika.v3i2.219

Abstract

This study aims to analyze the effect of achievement motivation on student achievement in economic subjects at SMK Imannuel Smart Rantepao, Toraja Utara Regency. In this study, the population was all 147 students of Imannuel Smart Rantepao, Toraja Utara Regency. Sampling in this study was taken by simple random sampling from each class that is 50% of the total population of 74 people. Analysis of the data in this study is multiple linear regression. The results of this study indicate that achievement motivation has a positive and significant effect of 0.217 on student achievement in economic subjects at SMK Imannuel Smart Rantepao, Toraja Utara Regency
Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Garuda Indonesia Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar Fitri Devi lestari Izaak
Jurnal Ekonomika Vol 3 No 2 (2019): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX - Sulawesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37541/ekonomika.v3i2.247

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Garuda Indonesia Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassa yang terdiri dari Kepemimpinana, Lingkungan Kerja dan Motivasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Garuda Indonesia Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier. Berdasarkan uji F variabel bebas (kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat(kinerja karyawan). Melalui pengujian koefisien korelasi (R) diperoleh bahwa korelasi atau hubungan antara kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan sebesar 64.3% dan lingkungan kerja merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. Garuda Indonesia Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.
Pengelolaan Modal Kerja Dan Profitabilitas Pada Percetakan Siola Digital Printing Kabupaten Majene Lina Mariana
Jurnal Ekonomika Vol 3 No 2 (2019): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX - Sulawesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37541/ekonomika.v3i2.251

Abstract

Modal kerja merupakan suatu indikator penting bagi perusahaan untuk menilai kemampuan dalam menghasilkan laba. Kemampuan perusahaan untuk mencapai laba selama periode tertentu disebut dengan istilah profitabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan modal kerja dan profitabilitas pada Percetakan Siola digital printing Kabupaten Majene. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dengan menggunakan Teknik analisis data rasio perputaran modal dan rasio profitabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perputaran modal kerja pada Percetakan Siola Digital Printing Kabupaten Majene mengalami penurunan pada tahun 2016-2018, sedangkan dari profitabilitas mengalami peningkatan.
Strategi Pengembangan Usaha Pada Komoditas Buah Naga Di Kabupaten Sinjai Shofiana Syam
Jurnal Ekonomika Vol 3 No 2 (2019): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX - Sulawesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37541/ekonomika.v3i2.252

Abstract

This study aims to determine how the Potential of Business Development in Dragon Fruit Commodities in Sinjai Regency, Market Opportunities and Business Development Strategies in Dragon Fruit Commodities in Sinjai District. The results of the study show that, the potential development of the dragon fruit commodity business is quite promising and supported by the large amount of unused vacant land, market opportunities for dragon fruit commodities are very wide open is marked by the large market demand for dragon fruit and business development strategies used there are four namely: Market Penetration, Market Expansion, Product Development and Product Diversification. The four strategies have been used and are running well so as to increase sales turnover, although there are few obstacles, but the four strategies are believed to be very effective
Strategi Pemasaran Produk TJ Ice Cream dalam meningkatkan penjualan pada CV ARAFAH JAYA ABADI Shofiana Syam
Jurnal Ekonomika Vol 3 No 2 (2019): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX - Sulawesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37541/ekonomika.v3i2.253

Abstract

Strategi pemasaran adalah pemilihan channel distribution (saluran distribusi) yang tepat, karena sebaik apapun produk es krim yang dihasilkan, bila produk tersebut tidak sampai ketangan konsumen akan menjadi sia-sia dan produk tersebut tidak akan memiliki nilai apapun bagi perusahaan, sebaliknya dengan semakin cepatnya suatu produk sampai ketangan konsumen akan segera dapat diketahui, apakah produk tersebut diterima atau ditolak oleh konsumen, sehingga perusahaan dapat segera melakukan langkah-langkah strategi untuk melakukan diversifikasi ataupun pengembangan produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Prodak TJ Ice Cream dalam meningkatkan penjualan pada CV Arafah Jaya Abadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Adapun hasil setelah melakukan analisa dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa Strategi Pemasaran Produk TJ Ice Cream dalam meningkatkan penjualan CV Arafah Jaya Abadi sudah efektif untuk digunakan dalam mencapai target pasar dan bersaing dengan perusahaan industri Ice Cream lainnya. Adapun strategi yang diterapkan CV Arafah Jaya Abadi yaitu menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Diantaranya mengutamakan kualitas produk, kepuasaan pelanggan, inovasi, eksistensi di media sosial, luncurkan promo di hari tertentu, memberi makanan produk gratis kepada anak yatim setiap hari jumat dan membuat website.
Pengaruh Modal Intelektual Dan Risiko Perbankan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Corporate Perform Pada Industri Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Muhammad Faisal AR Pelu
Jurnal Ekonomika Vol 3 No 2 (2019): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX - Sulawesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37541/ekonomika.v3i2.419

Abstract

This study aims to know and analyze and influence of intellectual capital on corporate performance, analyze the influence of intellectual capital through corporate performance to company value, analyze the influence of intellectual capital to company value, analyze the influence of banking risk through corporate, analyze the influence of banking risk through corporate performance to company value, analyze the influence of banking risk to company value, and analyze influence of corporate performance the value of company. This research is in the form of explonatory research, used data by pooling. This research was conducted on banking sector companies in Indonesia. Observation were made for 4 consecutive years ie : 2012-2016. Method of analysis data used model of structural equation modeling (SEM). Result of this study shown: 1) Intelectual capital has positive and significant effent to corporate performance, 2) Intelectual capital has no significant effect on firm value through corporate performance, 3) Intellectual capital has positive and significant effent to company value, 4) Banking risk positive and significant impact on corporate performance 5), banking risk has a positive and significant impact on corporate value through corporate performance, 6). Banking risk has a positive and significant impact on corporate value, 7) Corporate performance has a positive and significant impact on firm value

Page 1 of 1 | Total Record : 6