cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 7 Documents clear
KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI TRANSISI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KE KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 YOGYAKARTA MARCHELIN, WINTA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1357

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  dan  kesiapan sekolah  dalam  menghadapi  transisi  dari  implementasi  Kurikulum  Tingkat  Satuan Pendidikan  (KTSP)  ke  Kurikulum  2013  di  SMP  Negeri  3  Yogyakarta.  Penelitian  ini merupakan  penelitian  kualitatif-deskriptif.  Subjek  penelitian  ini  adalah  warga  sekolah SMP Negeri 3 Yogyakarta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, dan Siswa. Setting  penelitian  di  SMP  Negeri  3  Yogyakarta.  Objek  kajian  terkait  dengan kebijakan  kurikulum  tingkat  satuan  pendidikan.  Teknik  pengumpulan  data  dalam penelitian  ini  wawancara,  observasi,  dan  dokumentasi.    Penelitian  ini  menggunakan analisis  data  interaktif  menurut  Miles  dan  Huberman  yang  meliputi  langkah-langkah sebagai  berikut:  (1)  pengumpulan  data,  (2)  reduksi  data,  (3)  display  data,  dan  (4) kesimpulan. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa:  (1)  secara  keseluruhan  implementasi Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP)  belum  dapat  dilaksanakan  secara sempurna.  Akan    tetapi,  sudah  terlaksana  dengan  cukup  baik.  Pengembangan  KTSP  di SMP  Negeri  3  Yogyakarta  dapat  dilihat  dari  potensi  yang  dimiliki  dari  setiap  peserta didik dan pengajar (personal) mulai dari bentuk pengajaran yang dilakukan sesuai dengan kurikulum  yang  dikembangkan  di  SMP  Negeri  3  Yogyakarta.  (2)  Kesiapan  sekolah, secara umum  guru  di SMP Negeri 3  Yogyakarta telah siap  dalam penerapan Kurikulum 2013  sesuai  dengan  silabus  yang  disediakan  pemerintah.  Begitu  juga  dengan  kesiapan SMP  Negeri  3  Yogyakarta  tentang  sarana  dan  prasarana  sekolah  sebagai  pendukung terlaksananya Kurikulum 2013 sudah memadai. Secara garis besar, kesiapan SMP Negeri 3  Yogyakarta  dalam    menghadapi  transisi  KTSP  ke  Kurikulum  2013  sudah  siap,  dan tinggal menerapkannya di lapangan.Kata Kunci Kesiapan Sekolah, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013
PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DI SMA TAMAN MADYA SE-KOTA YOGYAKARTA TOMY, ALI SURYA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa terhadap pemikiran pendidikan Ki Hajar  Dewantara  di  SMA  Taman  Madya  se-Kota  Yogyakarta  yang  terkait  dengan  profil  Ki  Hajar  dan  Taman Siswa,  tri  pusat  pendidikan,  teori  trikon,  sistem  among,  dan  trilogi  kepemimpinan.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  metode deskriptif. Subjek penelitian ini  yaitu peserta didik kelas X  dan XI dengan jumlah  101  responden.  Objek  penelitian  ini  adalah  pemahaman  siswa  terhadap  pemikiran  pendidikan  Ki  Hajar Dewantara.  Instrumen  penelitian  menggunakan  tes.  Uji  coba  instrumen  menggunakan  uji  validasi  dan  uji reliabilitas.  Analisis  data  menggunakan  kategori  skor  komponen.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  tingkat pemahaman  siswa  terhadap  pemikiran  pendidikan  Ki  Hajar  Dewantara  di  SMA  Taman  Madya  se-kota Yogyakarta  berada  pada  kategori  tinggi  dengan  nilai  sebesar  69,31%.  Dari  101  siswa,  sebanyak  70  siswa (69,31%) memliki tingkat pemahaman tinggi, 30 siswa (29,70%) memiliki tingkat pemahaman sedang dan 1 siswa (0,99%)  memiliki  tingkat  pemahaman  rendah.  Ada  lima  pokok  bahasan  yang  digunakan  untuk  mengukur  tingkat pemahaman  tersebut,  yaitu  (1)  Pemahaman  siswa  terhadap  profil  Ki  Hajar  Dewantara  dan  Taman  Siswa  berada pada  kategori  sedang  dengan  nilai    sebesar    68,32%    responden    (69    siswa).    (2)    Pemahaman    siswa    terhadap  tripusat    pendidikan    berada    pada  kategori  tinggi  dengan  nilai  sebesar  83,17%  responden  (84  siswa).  (3) Pemahaman  siswa  terhadap  teori  trikon berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 59,41% responden (60 siswa). (4) Pemahaman siswa terhadap sistem among berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 88,12% (89 siswa),  dan  (5)  Pemahaman  siswa  terhadap  trilogi  pendidikan  berada  pada  kategori  tinggi  dengan  nilai  sebesar 78,22% (79 siswa).  Kata Kunci pemahaman siswa, pendidikan, Ki Hajar Dewantara
KULTUR SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Faozi, Ali
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1348

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kultur  sekolah  di  SMK  Negeri  2  Kasihan  Bantul DIY  yang  meliputi:  nilai,  artifak,  tenaga  pendidik,  interaksi  dan  simbol  yang  berkaitan  dengan pembentukan kultur sekolah serta penerapan pendidikan seni musik.Pendekatan  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  pendekatan  penelitian  kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, dan siswa, dengan pertimbangan individu yang terlibat  secara langsung dalam proses terbentuknya kultur. Data dikumpulkan melalui metode observasi,  wawancara  dan  dokumentasi.  Data  dianalisis  dengan  cara  deskriptif  kualitatif,  penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa; (1)  Nilai-nilai  (values),  yang  menjadi  landasan  warga sekolah berperilaku, berinteraksi, dan berkomunikasi adalah terumuskan dalam visi dan misi sekolah (terkandung). Dalam menjalankan misi dan memperjuangkan visi, seluruh warga SMK N 2 kasihan menjunjung tinggi nilai – nilai; (a) Agama, Sikap melaksanakan dan menghormati nilai agama dalam pelaksanaan  tugas  sehari-hari.  (b)  Berbudaya,  Menjunjung  budaya  adiluhung  daerah  sebagai  warga Negara  Republik  Indonesia  yang  sopan  dan  santun  dalam  bermasyarakat,  berbangsa  dan  bernegara. (c)  Musyawarah  dan  mufakat,  Musyawarah  dan mufakat  dalam  memutuskan  semua  permasalahan serta  mengedepankan  rasa  kebersamaan  seluruh  warga  sekolah.  (d)  Tanggap,  Memiliki kecenderungan  berfikir  dan  bertindak  ke  arah  membangun.  (e)  Prinsip  Koordinasi,  Integrasi  dan Harmonis,  Dalam  pelaksanaan  tugas  sehari – hari  pada  unit  masing-masing  senantiasa  ada koordinasi,  integrasi  dan  sinkronisasi  baik  kedalam  maupun  keluar  lingkungan  sekolah  untuk kelancaran  tugas-tugasnya. (2) Artifak  dan  simbol-simbol;  alat  musik  klasik  komplit  dan  bangunan sekolah dihias, didekorasi, dan dirawat. (3) Keyakinan agama secara tidak disadari dan alami dimiliki oleh  setiap  warga  sekolah.  Singkronisasi  antara  artifak,  nilai-nilai,  dan  keyakinan  tersebut membentuk kultur sekolah  yang ideal dikembangkan dan diperhatikan dalam disiplin ilmu sehingga menghasilkan kultur sekolah yang posisitif serta menghasilkan output berprestasi.Kata Kunci Kultur Sekolah, SMK, Bantul, DIY
PERAN EDUKATIF ORANGTUA DALAM KEBERHASILAN PENDIDIDKAN ANAK Trisnawati, Dwi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1359

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  peran  edukatif  orangtua  dalam keberhasilan  pendidikan  anak  dan  untuk  mendeskripsikan  faktor  pendukung  serta penghambat orangtua dalam melakukan peran edukatif untuk meningkatkan keberhasilan pendidikan anak.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan  di  SD  Muhammadiyah  Demangan.  Subjek  penelitian  ini  adalah  orangtua yang ditentukan dengan teknik purposive. Informan penelitian ini adalah 5 guru kelas, 5 orangtua anak berprestasi dan 5 orangtua anak kurang berprestasi. Teknik pengumpulan data  dengan  wawancara  mendalam  dan  dokumentasi.  Pengabsahan  data  penelitian  ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/ verifying.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keberhasilan pendidikan anak di SD Muhammadiyah  Demangan  dicirikan  dengan  prestasi,  menjadi  juara  kelas,  mengikuti lomba  olimpiade  dan  berkarakter  baik;  2)  Peran  edukatif  orangtua  dalam  keberhasilan pendidikan anak, yaitu memberi contoh dan menyuruh mencontoh, membiasakan belajar, memberi penjelasan, memberi dorongan, menyuruh  dan melarang,  mengajak berdiskusi, memberi bimbingan dan penyuluhan, mengajak anak untuk berbuat, memberi kesempatan mencoba,  menciptakan  situasi  yang  baik,  mengadakan  pengawasan  dan  pengecekan, menerapkan  pendidikan  karakter,  serta  menerapkan  model  pola  asuh  demokratis;  3) Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan anak dapat dilihat dari keadaan jasmani dan  psikologis.  Anak  yang  berhasil  cenderung  tidak  memiliki  hambatan  karena  jasmani dan  psikologisnya  baik,  sedangkan  anak  yang  belum  berhasil  memiliki  hambatan psikologis,  yaitu  masih  ada  rasa  malas,  kurang  termotivasi,  kurang  disiplin  dan  kurang percaya diri; 4) Faktor pendukung dan penghambat orangtua dalam melaksanakan peran edukatif  untuk  keberhasilan  pendidikan  anak  yaitu:  (a)  Faktor  pendukung:  orangtua memiliki  pendidikan  baik,  memiliki  pekerjaan  atau  penghasilan  baik,    memiliki  waktu untuk  mendampingi  dan  membimbing  anak  belajar,  serta  orangtua  semakin  mudah mengakses  informasi  dan  komunikasi;  (b)  Faktor  penghambat:  orangtua  memiliki pendidikan  rendah,  adanya  lingkungan  dan  media  massa  yang  kurang  bersahabat, kurangnya waktu luang untuk mendampingi dan membimbing anak secara langsung. Kata Kunci peran edukatif orangtua, keberhasilan pendidikan anak
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KEBHINNEKAAN) DI SD MODEL KABUPATEN SLEMAN Widiya Astuti, Desi Ristiya
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan multikultural dalam aspek pemahaman, interaksi dan strategi pembelajaran di SD Model Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Hubberman dan Milles yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pendidikan multikultural dilihat dari aspek; (a) Pemahaman pendidikan multikultural sudah dimiliki kepala sekolah dan guru; (b) Interaksi yang terjadi sangat komunikatif antara kepala sekolah, guru, dan siswa; (c) Nilai-nilai pendidikan multikultural ditanamkan melalui kegiatan baik di dalam ksedelas maupun di luar kelas; (d) Strategi pembelajaran melalui pembiasaan rutin dan pembiasaan terprogram serta pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, (2) Faktor pendukung meliputi sikap saling menghormati dan menghargai yang timbul dari dalam siswa, komunikasi yang baik, sarana dan prasarana, latar belakang budaya siswa yang beragam, sosialisasi, serta dukungan dari lembaga pemerintah. Faktor penghambat meliputi guru kesulitan mengintegrasikan nilai multikultural pada mata pelajaran tertentu, motivasi siswa masih kurang, kurangnya dukungan orang tua; (3) Solusi dalam mengatasi faktor penghambat yaitu diskusi dengan guru lainnya, pemberian teguran dan diberi solusi serta diadakan open house.Kata Kunci: implementasi, pendidikan multikultural 
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI KELURAHAN GIRITIRTO, KECAMATAN WONOGIRI, KABUPATEN WONOGIRI SIWI, PRADHITYA IKA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1417

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bentuk partisipasi  masyarakat  dalam  implementasi Kebijakan  Rintisan  Sekolah  Bertaraf  Internasional  (RSBI),  faktor  pendukung  dan  penghambat  yang mempengaruhi  partisipasi  masyarakat,  serta  dampak  yang  dirasakan  masyarakat  pasca  pembubaran kebijakan  RSBI.  Penelitian ini  merupakan  penelitian  kualitatif  deskriptif.  Setting  penelitian  di Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Subjek penelitian ini adalah keluarga lapisan  sosial  atas,  menengah,  dan  bawah,  serta  didukung  data  dari  siswa  RSBI  dan  Bapak  Lurah. Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi,  wawancara  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan  penarikan  kesimpulan.  Teknik  keabsahan  data  yang  digunakan  adalah  trianggulasi  data.  Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa:  1) bentuk partisipasi  masyarakat Kelurahan  Giritirto,  Kecamatan Wonogiri,  Kabupaten  Wonogiri dalam  implementasi Kebijakan  RSBI meliputi  partisipasi  dalam pemilihan  sekolah,  partisipasi  dalam  program  sekolah,  partisipasi  dalam  pembiayaan  sekolah,  dan partisipasi  dalam  mengatasi  masalah  anak. Dalam  setiap bentuk partisipasi  masyarakat  diwujudkan dalam  bentuk  partisipasi  fisik  dan  non  fisik.  Bentuk  partisipasi  fisik  masyarakat  yaitu  berupa sumbangan  tenaga,  dana,  fasilitas,  dan  jasa.  Bentuk  partisipasi  non  fisik  masyarakat  yaitu  berupa sumbangan ide pemikiran, baik berupa masukan, saran, kritik maupun penolakan terhadap keputusan program  kegiatan  sekolah; 2)  Faktor  Pendukung  yaitu  adanya  keinginan  anak  untuk  belajar  dan bersekolah di sekolah RSBI, adanya pemberian bantuan bagi keluarga tidak mampu dan kemudahan dalam  mengangsur biaya,  adanya  harapan  yang  besar  orangtua  terhadap  anak,  adanya  kemampuan orangtua untuk memenuhi fasilitas yang dibutuhkan anak, adanya komunikasi yang baik dengan orang tua  sehingga  ada  waktu  pendampingan  belajar.  Faktor  Penghambat  khususnya  bagi  masyarakat lapisan atas berupa keterbatasan waktu bersama anak maupun dalam kegiatan rapat komite. Hambatan bagi keluarga lapisan bawah berupa keterbatasan biaya; 3) Dampak yang dirasakan masyarakat pasca pembubaran  kebijakan  RSBI  yaitu  masyarakat  tidak  merasakan  dampak  yang  ditimbulkan  pasca pembubaran Kebijakan RSBI. Masyarakat tetap menaruh kepercayaan pada sekolah eks-RSBI. Hal ini dapat  dibuktikan  masih  banyaknya  masyarakat  yang  mendaftarkan  anaknya  di  sekolah-sekolah  eks- RSBI.Kata kunci : partisipasi, masyarakat, implementasi Kebijakan RSBI
KESIAPAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI SERAYU YOGYAKARTA Fitriana, Ferisya Nur
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1354

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  kesiapan  Kepala  Sekolah,  Guru  serta  dukungan  Komite Sekolah yang dilakukan SD Serayu Yogyakarta dalam mempersiapkan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Serayu Yogyakarta.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif.  Teknik  pengumpulan  data  melalui  observasi, wawancara,  dan  kajian  dokumen.  Subjek  penelitian  adalah  kepala  sekolah,  guru,  komite,  dan  pengawas  di  SD Negeri  Serayu. Analisis  data  dalam  penelitian  ini  melalui  tiga  tahap  yaitu  reduksi  data,  penyajian  data,  dan penarikan  kesimpulan.  Uji  keabsahan  data  menggunakan  triangulasi  dengan  teknik  yaitu  hasil  penelitian  yang diperoleh dari wawancara lalu dicek dengan observasi dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan sekolah dilihat dari 3 aspek: 1) Kesiapan Kepala Sekolah, yaitu: (a) memotivasi guru baik fisik maupun mental;  (b)  melaksanakan  diklat;  (c)  memfasilitasi  pendistribusian  buku  dan  pendanaan  melalui  APBS,  BOSDA, dan BOSNAS; (d) melakukan supervisi dari penyiapan perangkat, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian. 2) Kesiapan  Guru,  yaitu:  (a)  guru  siap  merancang  pembelajaran  yang  dikembangkan  dengan  pendekatan  scientific melalui  kerjasama  atau  pembagian  tugas  dengan  guru  lain  untuk  menyusun  RPP  dengan  penilaian  autentik;  (b) melaksanakan  proses  pembelajaran;  (c)  menyiapkan  sumber  belajar.  3)  Dukungan  Komite  Sekolah,  yaitu:  (a) memberikan masukan dan dukungan tentang implementasi Kurikulum 2013; (b) melakukan mediasi; c) mendukung dan  mengontrol  pendanaan.  Kendala  yang  dihadapi,  yaitu  keluhan  guru  tentang  proses  penilaian  dan  kurangnya partisipasi Komite Sekolah dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013.Kata Kunci kesiapan, kurikulum 2013

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue