cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 9 Documents clear
POTRET LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK) PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DENGAN DUNIA KERJA DI SMK NEGERI 1 NGAWI Ningsih, Desy Ria
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5318

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) daya serap dan tingkat relevansi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan SMK khususnya program keahlian Akuntansi dengan dunia kerjanya, 2) bagaimana strategi yang dimiliki oleh pihak sekolah guna menjaga dan meningkatkan daya serap dan relevansi lulusan, dan 3) faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi di SMK Negeri 1 Ngawi. Subjek dari penelitian ini adalah beberapa Wakil Kepala Sekolah, pengelola BKK, pihak jurusan Akuntansi dan Guru BK SMK Negeri 1 Ngawi. Objek dari penelitian ini adalah data penelusuran lulusan SMK Negeri 1 Ngawi dari tahun 2011-2015 dan data penunjang lainnya. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan penelitian di atas, penelitian ini    menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan bahwa daya serap lulusan SMK Negeri 1 Ngawi program keahlian akuntansi cukup tinggi yaitu berada di angka 69,90% per tahun, sedangkan tingkat relevansi program keahlian akuntansi berada pada angka 27,12% jika dibandingkan dengan jumlah lulusan yang bekerja, atau 19,19% jika dibandingkan dengan lulusan secara keseluruhan. Strategi yang digunakan sekolah antara lain pengembangan kultur yang mendukung, pelaksanaan praktek kerja Industri Prakerin, Kunjungan Industri, Bimbingan karir, BKK, Teaching Factory, dan LSP. Faktor pendukung relevansi lulusan dengan dunia kerjanya antara lain, 1 adanya sarana dan prasarana yang mendukung, 2) tenaga pendidik yang berkualitas, 3 adanya BKK, dan lain sebagainya. Faktor penghambatnya adalah terbatasnya lapangan pekerjaan dan banyaknya pesaing untuk memperoleh pekerjaan.Kata Kunci : Lulusan SMK, Program Keahlian Akuntansi, Dunia kerja
KEMITRAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Kinanti, Yunida Cahya
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5313

Abstract

Penelitian mendeskripsikan mengenai pelaksanaan kemitraan sekolah, manfaat kemitraan sekolah, serta faktor pendukung dan penghambat yang dikaitkan dengan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah,Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Kesiswaan, Sarana dan Prasarana, guru pendamping, serta siswa. Objek penelitian adalah data mengenai kemitraan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Data diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti yang dibantu dengan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa; (1) Proses kemitraan sekolah dapat dilihat dari adanya partisipasi aktif dari siswa untuk mengikuti kemitraan, adanya kerjasama antar guru seperti menengok saat pembelajaran dikelas. Strategi pelaksanaannya, sekolah berusaha menjaga komunikasi dengan mitra, selalu meng-update kerjasama, memiliki modal kepercayaan yang besar, dan sekolah selalu mengadakan evaluasi saat kegiatan selesai. Bentuk kemitraannya adalah Mutualism Partnership. (2) manfaat kemitraan sekolah ialah menambah wawasan untuk guru dan siswa, serta meningkatkan kompetensi sekolah; (3)faktor pendukungnya adalah kemajuan teknologi, partisipasi orang tua siswa, kemauan dari dalam diri siswa, sekolah memiliki modal kepercayaan, fasilitas yang diberikan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas, pembiayaan dan waktu.Kata kunci : Kemitraan Sekolah, Mutu Pendidikan
IMPLEMENTASI PROGRAM LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI PENDUKUNG KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 1 SEWON Wulandari, Andriani Tri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses perencanaan program lesson study berbasis sekolah di SMP N 1 Sewon; (2) Implementasi program lesson study berbasis sekolah di SMP N 1 Sewon; dan  (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP N 1 Sewon selama bulan Februari-Mei 2016. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, koordinator program, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles and Huberman yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan dengan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan program lesson study dilakukan oleh warga sekolah secara mandiri; (2) Implementasi program lesson study dimulai dengan tahap plan, yaitu merencanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kemudian dilanjutkan dengan tahap do, yaitu menerapkan rancanagan pembelajaran yang secara langsung diamati oleh kepala sekolah dan guru serumpun. Hasil observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi pada tahap see, yaitu mendiskusikan bagaimana aktivitas belajar siswa bukan pada bagaimana guru model dalam mengajar; dan (3) Faktor pendukung implementasi program LSBS di SMP N 1 Sewon, antara lain: kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak yang berpartisipasi, anggaran dana, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta komitmen dari semua pihak yang berpartisipasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh masing-masing guru.Kata kunci: Lesson Study Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan
PENDIDIKAN KARAKTER DI TK KUNCUP KUSUMA III CANDIBINANGUN PAKEM SLEMAN Aryana, Irka
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan materi, metode, pendidik dan evaluasi pendidikan karakter di TK Kuncup Kusuma III Candibinangun Pakem Sleman. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik  observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan kegiatan analisis data dalam   penelitian ini meliputi reduksi, penyajian dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; 1) Materi pendidikan karakter di TK Kuncup Kusuma III meliputi nilai utama yang dikembangkan berupa nilai kreatif, mandiri dan ketuhanan, disertai dengan pengembangan nilai lain yang berkaitan dengan nilai ketuhanan meliputi kesabaran, ketangkasan, toleransi, tolong-menolong, tanggungjawab, kejujuran dan kerendahan hati 2) Metode pendidikan karakter di TK Kuncup Kusuma III menggunakan metode keteladanan, inkulkasi nilai, fasilitasi nilai dan keterampilan 3) Pendidik karakter di TK Kuncup Kusuma III adalah guru kelas dan kepala sekolah, tidak ada warga sekolah lain yang menjadi pendidik karakter 4) Evaluasi pendidikan karakter di TK Kuncup Kusuma III dilakukan dengan menggunakan evaluasi perilaku.Kata kunci: pendidikan, karakter, nilai, TK Kuncup Kusuma III
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA Palipung, Nuhraini
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5320

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya mengatasi hambatan dalam implementasi pendidikan multikultural di sekolah inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Metode penelitian menggunakan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan multikultural di sekolah melalui, (1) integrasi kedalam kegiatan pengembangan diri secara terprogram dan tidak terprogram. (2) integrasi kedalam mata pelajaran PKn, IPS dan Ketamansiswaan. Faktor pendukung yaitu iklim sekolah, kurikulum, sarana dan prasarana, peran guru, program dan kegiatan sekolah, serta peserta didik. Faktor penghambat yaitu sikap individu, kurangnya media dan poster-poster tentang keberagaman dan nilai-nilai multikultural, kurangnya sosialisasi. Upaya untuk mengatasi hambatan dengan menekankan tentang nilai-nilai menghargai, menghormati dan toleransi. Didukung dengan kebijakan sekolah yang melaksanakan pendidikan budi pekerti luhur, menambah poster-poster keberagaman, sosialisasi.Kata kunci : implementasi, pendidikan, multikultural 
MAKNA PENDIDIKAN ANAK BAGI MASYARAKAT PETANI DI DESA MUNGGU KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN Salma, Nurul
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna pendidikan anak bagi masyarakat petani di Desa Munggu Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Pada penelitian ini berfokuskan pada (1) makna pendidikan anak bagi masyarakat petani dan (2) peranan orang tua dalam pendidikan anak.       Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Desa, Petani Sejati, Petani Buruh, Ibu Rumah Tangga, Anak Usia Sekolah yang masih menempuh pendidikan dan Anak Usia Sekolah yang sudah tidak menempuh pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.       Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) masyarakat petani di Desa Munggu memaknai pendidikan secara umum adalah sesuatu yang penting dan wajib dilakukan. Masyarakat petani di Desa     Munggu memaknai pendidikan anak sebagai hal yang pentinge pol (artinya pendidikan untuk anak sebagai sesuatu yang sangat penting). Pendidikan yang wajib ditempuh anak-anak masyarakat petani di Desa Munggu adalah pendidikan formal dan pendidikan agama. Pondok Pesantren dijadikan sebagai pendidikan alternatif pilihan masyarakat petani di Desa Munggu ketika orang tua sudah tidak mampu memberikan pendidikan formal yang lebih tinggi kepada anak-anak mereka. 2) orang tua memiliki peranan yang penting dalam pendidikan anak di Desa Munggu. Peranan orang tua dalam pendidikan anak berupa dorongan moral, pembentuk kepribadian, dan fasilitator.Kata Kunci: pendidikan anak, masyarakat petani, orang tua
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSTRAKURIKULER KLUB FILATELI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA Shifaq, Abdullah
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5317

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan ekstrakurikuler Klub Filateli, hambatan-hambatan,    faktor pendukung dan strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting Penelitian  di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Keabsahan data menggunakan  triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kebijakan ekstrakurikuler Klub Filateli: a) standar dan tujuan kebijakan memiliki dasar hukum yang kuat; b) sumber daya informasi sudah mencukupi; c) komunikasi berlangsung berjenjang; d) interorganisasi dan aktivitas pengukuhan terjalin baik; e) karakteristik agen pelaksana berkompetensi sesuai bidang; f) kondisi sosial, ekonomi dan politik, serta karakter pelaksana cukup  baik; 2) Hambatan-hambatan: kemampuan anggota mengatur waktu, ketersediaan ruangan, minimnya informasi terbaru  dari Divisi Filateli Kantor Pos Indonesia; 3) Faktor pendukung: dukungan pihak sekolah, dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia; 4) Strategi: memberikan kesempatan kepada siswa  untuk mengatur waktu sebaik-baiknya, mewajibkan pertemuan rutin, dan sekretaris bidang 5.Kata kunci: implementasi, kebijakan ekstrakurikuler, Klub Filateli, dan SMA Negeri 1 Yogyakarta
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) PADA KALANGAN PELAJAR di BNNP DIY Wulandari, Tri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) pada kalangan pelajar di BNN Provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala bidang dan seksi pencegahan pemberdayaan masyarakat staf BNNP DIY, perwakilan Dikpora DIY, dan siswa peserta sosialisasi ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan pencermatan dokumen. Analisis data menggunakan teknis analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu : Implementasi kebijakan P4GN di BNNP DIY meliputi tahap interpretasi, pengorganisasian dan aplikasi. Hal ini ditunjukkan dengan BNNP DIY menyusun rencana strategis dan rencana kerja anggaran. Hasil interpretasi, program dengan sasaran kalangan pelajar adalah diseminasi informasi, advokasi, pembentukan kader anti narkoba, dan pemberdayaan kader anti narkoba. Pada pengorganisasian, menentukan sumberdaya manusia sebagai pelaksana, penentuan anggaran dan sarana prasarana serta pihak yang terlibat dengan menyusun proposal. Pada aplikasi, dilakukan kegiatan dengan melibatkan pelajar, kepala sekolah maupun guru yaitu sosialisasi atau FGD, pelatihan pembentukan kader, lomba pemberdayaan sekolah bebas narkoba. Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan P4GN
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL)DI SMK NEGERI 1 TRUCUK KLATEN Syafiq, Athfin Risqi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i5.5316

Abstract

Penelitian yang berjudul Implementasi Kebijakan Pendidikan Kecakapan Hidup Di SMK Negeri 1 Trucuk, dilatar belakangi karena permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan yang digunkan di SMK Negeri 1 Trucuk dalam pelaksanakan pendidikan kecakapan hidup. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup serta sejauh mana peran SMK Negeri 1 Trucuk dalam mengembangkan pendidikan kecakapan hidup.Penelitian ini menggunkan jenis penelitian dengan pendekatan diskriptif yang bersifat eksploratif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang diambil sempelnya. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data Deskriptif dengan langkah-langkah berupa reduksi data, kategorisasi data, dan sintesisasi data.Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi pendidikan kecakpan hidup di SMK Negeri 1 Trucuk, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) kebijakan sekolah terhadap pendidikan life skil dipergunakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional Indonseia. Maka dari itu, sekolahan menerapkan pendidikan life skil. 2) Usaha yang dilakukan sekolah dalam upaya menerapkan pendidikan kecakapan  hidup  di SMK Negeri  1  Trucuk adalah dengan  menyesuaikan kurikulum yang digunakan dengan pendidikan kecakapan hidup. Penyesuian yang dilakuakn adalah dengan menerapkan ”life skill educations”. 3) Dukungan yang diberikan sekolah bersifat pengembangan dari kurikulum yang ada.Kata kunci: pendidikan life skill, implementasi, kebijakan

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue