cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 7 Documents clear
PENDIDIKAN ANAK DI MASYARAKAT MARGINAL KAMPUNG PAJEKSAN KOTA YOGYAKARTA Setyowati, Rizki Nisa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i1.8826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak di masyarakat marginal Kampung Pajeksan, Kelurahan Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta yang mencakup gambaran tentang pendidikan formal anak, peran orangtua dalam proses pendidikan anak dalam keluarga, dan pengaruh lingkungan masyarakat terhadap pendidikan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Orangtua memiliki pemahaman yang beragam terhadap pendidikan anak yang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orangtua. Harapan orangtua terhadap pendidikan formal anak yaitu agar anak-anaknya mampu menempuh pendidikan formal di sekolah yang layak hingga setinggi mungkin, menjadi pintar dan berprestasi. Bentuk-bentuk bantuan yang dapat diberikan oleh orangtua berupa memenuhi kebutuhan anak, memberikan motivasi, serta menyediakan fasilitas dan hadiah. Hambatan-hambatan yang dialami orangtua dalam memberikan pendidikan formal kepada anaknya yaitu kondisi lingkungan, kondisi ekonomi keluarga, dan motivasi anak. Peran orangtua dalam pendidikan anak dalam kelurga adalah menanamkan nilai dalam keluarga sperti nilai moral, nilai kesopanan, nilai agama, dan nilai berprestasi. Penanaman nilai dilakukan dengan memberi anak nasihat, teladan, pengawasan dan aturan, serta hukuman yang terjadi dalam interaksi antar anggota keluarga. Nilai-nilai di dalam masyarakat Kampung Pajeksan terdiri dari nilai positif dan negatif namun pengaruh nilai negatif lebih dominan di dalam masyarakat.
INTERNALISASI NILAI NASIOALISME MELALUI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI “AL LATIF” DI SD NEGERI SURYODININGRATAN 2 YOGYAKARTA Prastika, Aldila Ana
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i1.8821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai nasionalisme dalamMadrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi “Al Latif” melalui kegiatan pembelajaran keagamaan yangdiselenggarakan di SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penellitian ini adalah MadrasahDiniyah Takmiliyah Terintegrasi “Al Latif”. Objek dalam penelitian ini adalah internalisasi nilainasionalisme. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta.Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisisdata meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahandilakukan dengan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa MadrasahDiniyah Takmiliyah Terintegrasi Al Latif telah menginternalisasikan nilai nasionalisme pada pesertadidik dengan membina akhlak peserta didik. Adapun contoh internalisasi nilai nasionalisme adalahmembiasakan peserta didik untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan, menghormati orang tuadan menyayangi sesama, serta membiasakan tolong menolong terhadap sesama. Internalisasi nilainasionalisme dalam kegiatan pembelajaran keagamaan di dalam kelas guna mewujudkan akhlakulkarimah pada peserta didik sejak dini.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 SEWON Sukardi, Alfiriani Rusmita
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i1.8827

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi kebijakan kelas olahraga di SMA Negeri 1Sewon, yang isinya tentang tujuan Kelas Bakat Istimewa Olahraga (K-BIO), program K-BIO, Faktor pendukungK-BIO dan Faktor penghambat K-BIO. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif denganpendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa (atlit), pelatih dan kepala sekolah. Setting penelitian inidilakukan di SMA Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dandokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif atau berkaitan satu sama lain hingga data yangdiperoleh jenuh, yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan datamenggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kebijakan KelasOlahraga diamanatkan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Propinsi DIY . 2) Implementasi kebijakan kelasolahraga sebagai berikut; a) Jam pelajaran olahraga K-BIO dimulai pada jam pertama hingga jam ketiga pada hariselasa dan kamis. b) Penerimaan siswa K-BIO SMA Negeri 1 Sewon selain Nilai UN, dilakukan tes khusustentang cabang olahraga yang dikuasai siswa; tes kesehatan dan tes kebugaran; tes fisik; tes wawancara.
POLA ASUH ANAK PADA KELUARGA MISKIN DI DESA GOYUDAN Husada, Luthfan Purwa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i1.8829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pengasuhan pada keluarga miskin diDesa Goyudan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatifdeskriptif dengan subjek penelitianya adalahanak danorang tua darikeluarga miskin. Teknikpengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setting penelitian inibertempat di Desa Goyudan Magelang. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitianini menunjukan bahwa (1) Pola asuh orang tua yang diterapkan pada keluarga miskin di DesaGoyudan berbeda-beda, namun ada yang lebih dominan yaitu pola asuh permisif dan pola asuhotoriter. Disebutkan sebagai pola asuh permisif dikarenakan orang tua pada keluarga miskin di DesaGoyudan tidak terlalu membatasi anak dalam melakukan sesuatu. Sedangkan pada pola asuh otoriterditandai dengan pemaksakaan kehendak seperti pendidikan anak, tanpa memperhatikan kemauan danperasaan anak (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh orang tua khususnya dalam menerapkanpola asuh diantaranya yaitu pendapatan keluarga yang kurang mencukupi kebutuhan. Pendidikanrendah orang tua juga mempengaruhi cara berfikir dalam mendidik anak-anaknya. Selain hal tersebut,lingkungan juga berpengaruh pada pembetukan karakteristik pola asuh.
KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI BUDAYA JAWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA Puspitasari, Chandra
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i1.8824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebijakan sekolah, (2) memahami kebijakan sekolah, (3) memahami faktor penghambat dan pendukung kebijakan sekolah, dan (4) memahami strategi yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menanggulangi hambatan yang ditemui saat menerapkan nilai-nilai budaya Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan beberapa peserta didik di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, disajikan, dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk nilai-nilai budaya jawa yang diterapkan meliputi penggunaan bahasa Jawa dalam berkomunikasi, penerapan sikap sopan santun dan menghormati terhadap semua warga sekolah, berbaris sebelum masuk kelas dan salim kepada Kepala sekolah dan guru setiap pagi dan pulang sekolah, serta wajib menyanyikan tembang dan lagu nasional; 2) cara menanamkan nilai-nilai budaya jawa meliputi menyanyikan tembang jawa sebelum memulai pelajaran dan melalui kegiatan ekstrakurikuler tari, gamelan, karawitan, pramuka, membatik, dolanan anak, dan nembang Jawa; 3) faktor pendukung adalah pemerintah, sekolah, guru, orangtua, siswa dan seluruh komunitas sekolah. Sedangkan, faktor penghambat adalah kebiasaan sehari-hari siswa di rumah yang sering menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa jawa, keterbatasan dana sekolah, keterbatasan alat, kurangnya pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan sehingga sekolah menggunakan pelatih dari luar dengan menggunakan pendanaan dari sekolah, sekolah belum memiliki sanksi yang tegas, kurangnya kontrol dan pengawasan pada saat program dilaksanakan; dan 4) upaya pihak sekolah dalam mengatasi setiap hambatan berupa melakukan kerjasama dengan seluruh komunitas sekolah dan orangtua, dalam hal pendanaan sekolah bekerjasama dengan pemerintah dan orangtua, sekolah berupaya mengumpulkan dana untuk pembelian alat musik, sekolah mendatangkan pelatih dari luar, sekolah memberikan tanggung jawab kepada guru kelas untuk bertanggung jawab kepada masing-masing kelas dan memberikan sanksi tegas bagi siswa yang melanggar.
PEDAGOGI KRITIS PAULO FREIRE DI QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA Fitriana, Devi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i1.8825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pedagogi kritis Paulo Freire diQaryah Thayyibah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif naturalistik. Tempatpenelitian ini adalah di Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Peneliti menggunakan ujitriangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model Miles danHubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tujuan Qaryah Thayyibah menerapkan PedagogiKritis Paulo Freire adalah untuk mengembangkan kesadaran kritis. 2) Alasan Qaryah Thayyibahmenerapkan pedagogi kritis Paulo Freire karena adanya rasa keprihatinan pendiri Qaryah Thayyibahmelihat pendidikan di sekolah lain yang tidak sesuai dengan yang seharusnya. 3) Prosespembelajaran yang dilakukan di Qaryah Thayyibah dilihat dari kurikulum yang dijalankan dibuat dandirencanakan oleh pendamping dan warga belajar. Metode yang digunakan dalam prosespembelajaran menggunakan metode dialog dan hadap masalah. 4) Hasil pembelajaran di QaryahThayyibah berupa hasil karya nyata dan pembentukan kepribadian.
KEBIJAKAN SEKOLAH TENTANG KEGIATAN EKSTRAKULIKULER OLAHRAGA DI SMPN 1 KEBONAGUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN Agung Pradana, Septian Indra
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i1.8820

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar hukum, perencanaan dan faktor pendukungdan penghambat kebijakan sekolah tentang kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMPN 1Kebonagung,Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptifkualitatifmenggunakan metode survei. Pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi danteknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik keabsahan data dengan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) kebijakan ekstrakurikuler di SMP N 1 Kebonagung, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan telah dilaksanakan sesuai dengan visi misi sekolah,dengan dasar hukum UU No 20 Tahun 2003 dan PP No 19 Tahun 2005; (2) Perencanaan kegiatanekstrakulikuler olahraga sepak bola, basket dan bola voli, dilakukan dengan melibatkan stake holder sekolah;(3) Faktor pendukung: darisekolah berupa sarana prasaraan, pelatih dan dukungan dana, dan dari orangtua siswa berupa motivasi dan finansial. Faktor penghambat yang ada: jarak rumah siswa, padatnya kegiatan ulangan dan ujian, geografis, dan cuaca.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue