cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 KERTEK KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO Wicaksana, Zulfikar Adi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i3.13089

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo dan (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler pramukadi SD Negeri 1 Kertek Kabupaten WonosoboPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina pramuka, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo terlaksana dengan baik. (2) Faktor pendukung meliputi: Sekolah mewajibkan siswa kelas 3,4 dan 5 mengikuti kegiatan Pramuka, sarana dan prasarana yang mendukung, dukungan dari pihak orang tua dan siswa antusias mengikuti kegiatan pramuka. Faktor penghambat meliputi sering diliburkannya kegiatan pramuka karena fasilitas sekolah digunakan untuk kepentingan perlombaan pelajar tingkat kecamatan dan pembina pramuka hanya satu orang. Implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 1 Kertek menjadikan siswa mencintai tanah air dan peduli terhadap sesama sehingga dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.Kata Kunci: implementasi pendidikan karakter, kehidupan berbangsa dan bernegara, kegiatan ekstrakurikuler pramukaAbstractThis research aims to finding : (1) the implementation of character education in the life of nation and state through scout extracurricular in SD N 1 Kertek Wonobo. (2) Supporting factors and the obstacles of character education implementation in the life of nation and state through scout extracurricular in SD N 1 Kertek Wonosobo.This research is conducted qualitative descriptive. This research’s subjects are the headmaster, the scoutmaster, and the students. The techniques of data collections are observations, interviews and study literature. Meanwhile, the techniques of data analysis are data reduction, data display and conclusion. Ttiangulation of sources and triangulation techniques are used to validity of data.The results of this research are: (1) the implementations of character education in the life of nation and state through scout extracurricular in SD N 1 Kertek Wonosobo were well done. (2) The supporting factors are, there is a policy that all of students grade 3,4 and 5 must follow the scout extracurricular. There are supporting facilities and infrastuctures. There are supporting from the parents dan also enthuiastic students. But, the obstacles are the scout extracurricular is often closed because of the facilities and infrastructures are used for district competition. The last, there is only one the scoutmaster. The implementation of character education in SD N 1 Kertek Wonosobo make students love the home country and also care to each other, so it can be make better socially life.Keywords: character education, implementation, extracurricular scout activities
PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI TK NEGERI SEMIN Widyastiti, Meilahasfi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i3.13083

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi orang tua dalam pengembangan PAUD Holistik Integratif di TK Negeri Semin serta faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam program tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di TK Negeri Semin. Subjek penelitian adalah orang tua, kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PAUD Holistik Integratif di TK Semin diberikan melalui layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan dan olahraga; 2) Partisipasi orang tua dalam pengembangan PAUD Holistik Integratif sudah cukup baik dilihat dari perngambilan keputusan, orang tua aktif menghadiri rapat dan memberikan sumbangan ide. Partisipasi orang tua dalam pelaksanaan seperti partisipasi tenaga dalam keterlibatan disetiap kegiatan sekolah. Partisipasi dalam pengambilan manfaat menambah keakraban antar wali murid dan suasana kekeluargaan disekolah . Pada partisipasi dalam evaluasi, orang tua menghadiri rapat rutin akhir semester serta memberikan sumbangan gagasan; 3) Faktor pendukung partisipasi orang tua yaitu kesediaan orang tua, komunikasi dan dorongan dari sekolah. Faktor penghambat yaitu kesibukan orang tua dalam bekerja serta belum semua orang tua sadar pentingnya keterlibatan dalam kegiatan anak disekolah.Kata kunci: partisipasi, orang tua, PAUD Holistik IntegratifAbstractThis study aims to investigate the forms of parents’ participation in the development of Integrative Holistic Early Childhood Education at TK Negeri Semin and the facilitating and inhibiting factors of their participation in the program. This was a descriptive study using the qualitative approach. The research setting was TK Negeri Semin. The research subjects were parents, the principal, and teachers. The data were collected through observations, documentation, and interviews. The data analysis technique consisted of data reduction, data display, and conclusion drawing. The data trustworthiness was enhanced by source and technique triangulations. The results of the study are as follows. 1) Integrative Holistic Early Childhood Education at TK Negeri Semin is implemented through education, health and nutrition, protection, nurturing, and sports services. 2) Parents’ participation in the development of Integrative Holistic Early Childhood Education is good enough in terms of the decision-making and their activeness in attending meetings and contributing ideas. Their participation in the implementation includes their contribution and involvement in every school activity. Their participation in taking benefits adds to the closeness among students and the family atmosphere at school. Regarding the participation in the evaluation, parents attend regular end-of-semester meetings and contribute ideas. 3) The facilitating factors of parents’ participation include their willingness, communication, and encouragement from the school. The inhibiting factors include their busyness at work and not all of them are aware of the importance of involvement in children’s activities at school.Key words: participation, parents, Integrative Holistic Early Childhood Education
PETA MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KARANGREJA PETA MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA Tri Laksono, Zaky Yulian
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i3.13090

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk memetakan Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga.Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi. Subyek penelitian yaitu Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangreja, Kepala Tata Usaha UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangreja, Staff Tata Usaha UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangreja, Pengawas Sekolah Dasar Kecamatan Karangreja. Fokus penelitian ini mengenai jarak sekolah dengan pemukiman, kondisi tenaga pendidik, kondisi peserta didik, dan kondisi prasarana sekolah. Data diperoleh dengan cara studi dokumen, dan wawancara. Instrumen penelitian adalah peneliti. Analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung rata-rata (mean) dan persentase. Analisis kualitatif digunakan untuk membuktikan, memperdalam, memperluas dan melengkapi gambaran yang diperoleh dari analisis data kuantitatif yaitu dengan menguraikan kata-kata dalam kalimat secara sistematik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) jarak sekolah dengan pemukiman pada semua sekolah dasar di Kecamatan Karangreja sudah bisa dikatakan “sesuai”. (2) Tidak ada hasil yang ditemukan (3) hanya terdapat satu sekolah yang sudah masuk dalam kategori “Memenuhi” sehingga kondisi tenaga pendidik di Kecamatan Karangreja dikatakan “Tidak Memenuhi”. (4) Terdapat 14 sekolah dasar yang masuk dalam kategori “Belum Sesuai”, sehingga kondisi peserta didik di Kecamatan Karangreja dikatakan “Tidak Sesuai”. (5) presentase prasarana pendidikan yang dimiliki oleh sekolah; lengkap 0%, belum lengkap 13%, kurang lengkap 35%, tidak lengkap 52%, sangat kurang lengkap 0%. Sehingga kondisi prasarana di Kecamatan Karangreja dikatakan “Tidak Lengkap”Kata Kunci: Peta Pendidikan, Pemetaan PendidikanAbstractThis study aims to map the elementary schools in the Karangreja, Purbalingga.This study uses a combination approach. The research subject is Head of Unit Karangreja the District Education Office, Head of Administration Karangreja Umit the District Education Office, Staff Administration Karangreja Unit the District Education Office, the District Elementary School Supervisor Karangreja. The focus of this study about the distance of the residential schools, educators conditions, conditions of learners, and the condition of school infrastructure. Data obtained by the study of documents, and interviews. The research instrument was a researcher. Quantitative analysis is used to calculate the average (mean) and percentage. Qualitative analysis is used to prove, deepen, broaden and complete the picture obtained from the analysis of quantitative data is to spell out the words in a sentence in a systematic way.The results showed that: (1) distance to the residential school at all elementary schools in the district have said related to rule Karangreja. (2)there is no results founded (3) there is a school that is already included in the category of "Compliance", so the condition of educators in Karangreja claimed “Not Compliance”. (4) There are 14 primary schools that fall into the category of "Not Related" to the rule, so the condition of educator participants in Karangreja claimed “Not Related”Mutu Sekolah Dasar…( Zaky Yulian Tri Laksono) 323to the rule. (4) the percentage of education infrastructure owned by the school; completed 0%, not completed 13%, less completed 35%, 52% not completed, very less completed 0%. So the condition of infrastructure in Karangreja claimed “not completed”.Keywords: Map Education, Education Mapping
PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASI PERDA NO 5 TAHUN 2011 DI SD N WARUNGBOTO YOGYAKARTA Belasuni, Berlian
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i3.13088

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Perda No 5 Tahun 2011 di SD N Warungboto Yogyakarta. Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain tentang nilai karakter yang ditanamkan pada peserta didik melalui pendidikan berbasis budaya, peran pendidik kaitannya dengan pendidikan karakter, program sekolah yang berkaitan dengan pendidikan karakter, metode penanaman pendidikan karakter, evaluasi pendidikan karakter, hasil pendidikan karakter melalui pendidikan berbasis budaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala sekolah. Seting penelitian ini dilakukan di SD Negeri Warungboto Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pendidikan Karakter di SD N Warungboto Yogyakarta mengembangkan nilai target berupa kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kegamaan, peduli lingkungan, dan kreativitas. Dari nilai target diatas diimplementasikan ke dalam program sekolah dan didukung dengan kegiatan-kegiatan sekolah. Sekolah menggunakan 4 metode penanaman pendidikan karakter yaitu inkulkasi nilai, keteladanan, fasilitasi, dan pengembangan ketrampilan. Dalam mengevaluasi pendidikan karakter melalui pendidikan berbasis budaya dilakukan dengan monitoring dan pencatatan pelanggaran siswa oleh guru. Adapun Kepala Sekolah memiliki peran terhadap proses monitoring melalui fungsi controlling terhadap pelaksanaan program.Kata Kunci: pendidikan karakter, implementasi, perda no 5 tahun 2011.AbstractThis research aims to describe about character education through the implementation of Perda No. 5 years 2011 in SD N Warungboto Yogyakarta. As will be discussed in this study, among others, about the value of a character that is instilled in students through education-based culture, the role of educators in relation to character education,This research uses qualitative descriptive study types. The subject of this research is the students, teachers and the principal. This research was conducted in settings for SD Negeri Warungboto Yogyakarta. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. With the stages of data collection, data reduction, and presentation of data.The research results showed that: character education in SD N Warungboto Yogyakarta developed target values be honesty, discipline, responsibility, kegamaan, care for the environment, and creativity. From the above target values implemented into schools and programs supported by the activities of the school. The school uses 4 methods of cultivation of the character education i.e. inkulkasi value, example, facilitation, and development skills.Keywords: character education, implementation, local regulation no 5 year 2011
STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI RELIGIUS DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Sativa, Oriza
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i3.13084

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi pendidikan karakter berbasis nilai religius, dan (2) faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pendidikan berbasis nilai religius di SMAN 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pendidikan karakter berbasis nilai religius pada strategi program pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan rutin, pengkondisian, keteladanan, dan kegiatan spontan. Pada strategi pengintregasian mata pelajaran dilakukan melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mata pelajaran Kristen/Katolik yang didasarkan RPP dan Silabus. Pada strategi budaya sekolah dilakukan dengan cara menerapkan program-program sekolah; dan (2) faktor pendukung strategi pendidikan berbasis nilai religius di SMA Negeri 5 Yogyakarta ada dua yakni aspek sarana dan prasarana melalui fasilitas dari sekolah dan aspek personalia mulai dari tenaga kependidikan hingga partisipasi warga dalam mendukung pelaksanaan pendidikan. Faktor penghambat strategi pendidikan berbasis nilai religius di SMA Negeri 5 Yogyakarta yakni kurangnya pengawasan dari pihak sekolah ketika siswa berada di rumah karena pihak sekolah belum bekerja sama dengan orangtua untuk melakukan penilaian terkait kekonsistenan keberhasilan program ketika dirumah.Kata Kunci: strategi, pendidikan karakter, nilai religiusAbstractThis study aims to describe: (1) character education strategy based on religious values, and (2) supporting and inhibiting factors in religious values-based education strategy at SMAN 5 Yogyakarta. This research is a qualitative research using case study method. Subjects were principals, teachers and students. Methods of data collection using in-depth interviews and observation. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data display, and conclusions. The technique of data validity using source triangulation techniques and methods. The results showed that: (1) religious values-based education strategy on self-development program strategy is done through routine activities, conditioning, exemplary, and spontaneous activities. In the strategy of integrating subjects done through subjects of Islamic education and Christian / Catholic subjects based on the RPP and Syllabus. In school culture strategy is done by applying school programs reflected through the morning sympathy, tadarus Al-Quran, praying in congregation, Catholic / Christian and Buddhist coaching in their respective places of worship, the installation of banners on honest culture, applying 5s, conditioning the vast and magnificent place of worship with many ablutions; and (2) factors supporting religious values-based education strategies in SMA Negeri 5 Yogyakarta are two aspects of facilities and infrastructure through facilities from schools and personnel aspects ranging from educational personnel to citizen participation in supporting the implementation of education. Factors inhibiting religious values-based education strategy in SMA Negeri 5 Yogyakarta namely the lack of supervision from the school when students are at home because the school has not worked with parents to do the assessment related to the success of the program when at home.Keywords: strategy, character education, religious values
PENDIDIKAN KARAKTER DI KAWASAN BERESIKO PROSTITUSI PASAR KEMBANG : STUDI KASUS DI TK PKK SOSROWIJAYAN YOGYAKARTA Fauzi, Yulia
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i3.13092

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan, 2) mengidentifikasi karakter yang terbentuk dalam pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan, dan 3) mendeskripsikan tantangan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan.Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa, guru, kepala sekolah, dan orangtua siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kajian dokumen. Keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi data, perpanjangan penelitian dan diskusi teman sejawat.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pelaksanaan pendidikan karakter di TKK PKK Sosrowijayan menggunakan metode belajar sambil bermain dan karyawisata. Guru menggunakan metode pembiasaan, dan teladan pada siswa, yang juga diberikan reward bagi siswa, 2) Karakter yang terbentuk yakni religius, kesopanan, cinta kebersihan dan keberanian, 3) tantangan dalam pelaksanaannya yakni lingkungan prostitusi yang tidak mendukung, rasa ingin tahu anak yank tinggi, dan mencari guru honorer untuk pelajaran seni lukis, seni tari dan marching band.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Taman Kanak-kanak, Kawasan ProstitusiAbstractThis study aims to 1) describe the implementation of character education in TK PKK Sosrowijayan,2) to identify the character formed in character education in TK PKK Sosrowijayan, and 3) to describe the challenge in the implementation of character education in TK PKK Sosrowijayan.This research is a case study research using qualitative approach. Subjects in this study ie students, teachers, principals, and parents. Data were collected using interview method, observation and document review. The validity of the data used is data triangulation, research extension and peer discussion.The results showed that 1) the implementation of character education in TKK PKK Sosrowijayan using learning methods while playing and field trip. The teacher uses the method of habituation, and the example on the students, which is also given rewards for students, 2) the character that is formed that is religious, politeness, love cleanliness and courage, 3) the challenge in the implementation of the environment prostitution is not supportive, , and looking for honorary teachers for painting, dance and marching band lessons.Keywords: Character Education, Kindergarten, Prostitution Area

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue