cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 6 Documents clear
PELAKSANAAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SDIT ANAK SHOLEH SEDAYU KABUPATEN BANTUL Utami, Tri Hidayati
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i6.13166

Abstract

AbstrakTujuan peneliti adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi program full day school di SDIT Anak Sholeh Sedayu. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program full day school di SDIT Anak Sholeh Sedayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, orang guru, dan siswa SDIT Anak Sholeh Sedayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanan program full day school di SDIT Anak Sholeh mencakup: (a) Penempatan mata pelajaran sulit di awal dan ringan di sore hari. (b) Sekolah melakukan strategi seperti jembatan keledai, reward and punishment dan pembiasaan. (c) Sarpras untuk menunjang pelaksanaan full day school. (d) Sekolah memberikan pendalaman materi kepada siswa agar bisa lebih memahami dan dapat membentuk karakter. Faktor yang mendukung pelaksanaan full day school di SDIT Anak Sholeh terdapat penambahan kurikulum yang berbasis agama Islam dan kurikulum muatan khusus. Faktor penghambat di SDIT Anak Sholeh yaitu mengenai sarana prasarana.Kata kunci : pelaksanan, full day schoolAbstrakThe aim of the researchers is: (1) Describe the implementation of a full day school program in SDIT Anak Sholeh Sedayu. (2) Describe the supporting factors and inhibiting factors in the implementation of a full day school program at SDIT Anak Sholeh Sedayu. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Subjects in this study included principals, vice principals, teachers, and students of SDIT Anak Sholeh Sedayu. The results showed that: (1) The implementation of a full day school program in SDIT Anak Sholeh includes: (a) Placement of subjects is difficult at the beginning and light in the afternoon. (b) Schools conduct strategies such as donkey bridges, reward and punishment and habituation. (c) Sarpras to support the implementation of full day school. (d) Schools provide deepening of material to students so that they can better understand and shape characters. Factors that support the implementation of full day school in SDIT Anak Sholeh are the addition of Islamic-based curriculum and special content curriculum. The inhibiting factor in SDIT Anak Sholeh is about infrastructure.Keywords : implementation, full day school
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL) DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO Listyoningtyas, Restu Candra
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i6.13161

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang wujud implementasi kebijakan SBL serta mengidentifikasi proses implementasi kebijakan SBL ditinjau dari beberapa aspek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Purworejo. Subjek penelitian ini kepala sekolah, tim Green School, guru, karyawan, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Wujud implementasi kebijakan SBL, meliputi: (a) Kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan: dengan mengembangkan konsep Green School. (b) Kurikulum berbasis LH: Menyisipkan PLH disetiap mapel. (c) Pengembangan kegiatan partisipatif melalui program Busalimi, pengelolaan sampah dan tanaman, gelar inovasi, jurnalistik, KIR dan perikanan. (d) Pengembangan sarana pendukung: melakukan penghematan listrik dengan panel surya. 2) Proses Implementasi Kebijakan SBL, meliputi: a) Komunikasi, dilakukan melalui sosialisasi rutin dari kepala sekolah kepada tim dan warga sekolah. b) SDM yang tersedia berkompeten, sumber anggaran mencukupi, sumber daya peralatan, sarpras yang dimiliki sudah memadai, sumber daya kewenangan sepenuhnya ada pada sekolah. c) Disposisi, kebijakan SBL mendapatkan respon dan dukungan yang positif dari seluruh warga sekolah. d) Struktur birokrasi, tim bekerja sesuai dengan SK yang diberikan Kepala Sekolah.Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan , SBL, Green SchoolAbstractThis research aims to describe about the existence of implementation the policy implementation process and identify policy SBL. This research is qualitative research. The subject of this research Team principal, Green School, teachers, employees, and students. This research was carried out in SMA Negeri 10 Purworejo. Data collection techniques used interviews, observation and study of documentation. Data analysis techniques, namely the reduction of the data, the presentation of the data and the withdrawal of the conclusion. The validity of the data is done by triangulation of sources and techniques. The research results showed that: 1) Existed, including the SBL Policy implementation: (a) the policy of SBL; by developing the concept of a Green School. (b) Curriculum-based environment; Insert PLH every Maple. (c) the development of participatory-based Activities; through the Busalimi program, waste management and plant, degree of innovation, journalism, and fisheries (d) the development of means of supporting; do the savings of electricity with solar panels. 2 Implementation Process), SBL Policy include: a), Communications made through routine socialization from the principal to the team and the school. b) HR available competent, sufficient budget resources, resource tools, sarpras owned already adequate authority, resources, fully existed at the school. c) Disposition, SBL policy get a positive response and support from the rest of the citizens of the school. d) bureaucratic structure, the team is working in accordance with the DECISION LETTER of the given principal.Keywords: Implementation, Policy, SBL, Green School
KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH DALAM MENOPTIMALKAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN WONOGIRI Anggita, Dhanu
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i6.13165

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk megetehui kebijakan otonomi daerah dalam mengembangkan pembiayaan pendidikan, serta faktor pendorong dan penghambat dalam meningkatkan pembiayaan pendidikan di Kabupaten Wonogiri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif. Subyek penelitian adalah pegawai Dinas Pendidikan, pegawai DPPKAD, dan pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan, kantor DPPKAD, dan Dewan Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian ini menunjukan bawah di Kabupaten Wonogiri masih tergantung pada dana perimbangan dari pusat. Setiap tahunnya mengalami peningkatan pendapatan, namun diikuti juga peningkatan belanja untuk anggaran pendidikan. Pemerintah Kabupaten Wonogiri selalu mengupayakan cara untuk selalu meningkatkan anggaran pendidikan di setiap tahunnya. Karena di Kabupaten Wonogiri, pendidikan menjadi prioritas utama dalam rencana pembangunan strategis. Semua instansi sudah mendukung renstra tersebut, namun banyaknya kendala yang dihadapi, membuat rencana tersebut sedikit terhambat. Sepertihalnya lemahnya perkembangan PAD kabupaten Wonogiri, menjadi salah satu faktor penghambat. Namun Pemerintah Kabupaten Wonogiri selalu berusaha mengoptimalkan supaya PAD di setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini dilakukan dengan merenovasi tempat wisata, mengoptimalkan Sumber Daya Alam yang dimiliki, dan memberi pelayanan yang mudah dalam penarikan pajak.Kata kunci: otonomi daerah, pembiayaan pendidikan, Kabupaten WonogiriAbstractThis study aims to identify the regional autonomy obligation in optimizing the education funding, and also the influencing and inhibiting factors in optimizing the education funding in Wonogiri Regency.This study used descriptive qualitative approach and was conducted in Office for Management of Regional Revenue, Finance, and Assets (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Aset Daerah/DPPKAD), and Education Board of Wonogiri Regency. The research subjects are the employees of Education Office, employees of Office for Management of Regional Revenue, Finance, and Assets (DPPKAD), and the administrators of Education Board of Wonogiri Regency. In this research, data collecting techniques used were observation, interview, and study documentation. Meanwhile, the data validity was tested by using source and technique triangulation. Furthermore, from the data obtained, the researcher also conducted data reduction, data display, and conclusion drawing.The research result shows that the budget in Wonogiri Regency still depends on the fiscal balance fund from the central government. From the local regulation of the local government678 Jurnal Kebijakan Pendidikan Vol. 7 Nomor 6 Tahun 2018budget (Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah/Perda APBD) of Wonogiri Regency, each year it has increase in the revenue, but also followed by the increase in the expenditure of education budget. Wonogiri Regency government also always strives the attempts for increasing the education budget in each year. Education sector becomes the main priority in both long term and short term strategic development plan in Wonogiri Regency. All of the institutions support that strategic development plan, despite several numbers of obstacle faced by the government that makes the plan is a bit obstructed. The low rate of the Local Own-source Revenue in Wonogiri Regency becomes one of the inhibiting factors; however, Wonogiri Regency government always attempts to make the Local Own-source Revenue increases in each year. One of the attempts realized is by renovating the tourism places and optimizing the natural resources in Wonogiri Regency, and also by facilitating the ease in the service of tax collection.Keywords: regional autonomy, education funding, Wonogiri Regency.
PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PROGRAM SEKOLAH BERBASIS BUDAYA DI SD NEGERI MENDIRO Pratiwi, Mifta Rizki
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i6.13160

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya di SD N Mendiro Kabupaten Kulon Progo. Hal-hal yang dikaji dalam penelitian ini meliputi: (1) konteks program sekolah berbasis budaya (visi,misi, tujuan, manfaat dan sasaran program); (2) input program sekolah berbasis budaya (sumber daya manusia, sarana dan prasarana, prosedur dalam pelaksanaan program); (3) proses program sekolah berbasis budaya (jadwal dan materi kegiatan ekstrakurikuler membatik dan karawitan); (4) produk program sekolah berbasis budaya (hasil dari program). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner, sementara itu uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek konteks termasuk kategori sangat baik; (2) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek input termasuk kategori sangat baik; (3) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek proses termasuk kategori baik; (4) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek produk termasuk kategori baik.Kata kunci: persepsi, CIPP, sekolah berbasis budayaAbstractThis study aims to known the the perceptions of teachers and students on school program based on culture in SD N Mendiro Kulon Progo Regency. Things that were examined in the research include: (1) the context-based school culture program (vision, mission, objectives, benefits and objectives of the program); (2) input-based cultural school program (human resources and infrastructure, procedures in the execution of the program); (3) process of the program of the school-based cultural (material and extracurricular activities schedule here and musicians); (4) product’s program of the school-based culture (the result of a program). This research is quantitative. Engineering data collection method using question form/questionnaire, while the validity of test data using the test validity and reliability. Technique of data analysis using descriptive quantitative. The results showed that: (1) perceptions of teachers and students context-based school culture programme include in very well catgeory;(2) perceptions of teachers and students input-based school culture programme include in very well catgeory; (3) perceptions of teachers and studentsof the process of cultural-based school programs include inwell catgeory;; (4) perceptions of teachers and students product’s program of the school-based culture include in very well catgeory. Keywords: perceptions, CIPP, school-based culture.
KARAKTER DI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN Khoiriyyah, Inaayatul
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i6.13162

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tenaga kependidikan di SMK Ma’arif 1 Kebumen dalam pendidikan karakter dan mendeskripsikan nilai-nilai yang ditanamkan oleh tenaga kependidikan kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data melalui: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang dilaksanakan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Peran tenaga kependidikan dalam pendidikan karakter: peneladanan kepada peserta didik, penyelenggaraan berbagai program dan kegiatan sekolah, penegakan peraturan/tata tertib sekolah, pelayanan prima kepada seluruh warga sekolah, serta pembudayaan nilai-nilai di internal tenaga kependidikan dan pendidik. Nilai-nilai yang ditanamkan tenaga kependidikan dalam pendidikan karakter: religius, kedisiplinan, kerja keras, kreativitas, gemar membaca, menghargai prestasi, komunikatif, kepedulian lingkungan, dan kepedulian sosial. Tenaga kependidikan turut berperan dalam pengembangan dan penguatan karakter peserta didik melalui pengamalan nilai, peneladanan, komunikasi verbal, serta pengkondisian lingkungan akademis dan agamis.Kata kunci: peran, tenaga kependidikan, pendidikan karakter.AbstrackThis research aims to describe the role of educational staff in SMK Ma’arif 1 Kebumen in character education and what values the educational staff intends to socialize to the student in SMK Ma’arif 1 Kebumen. This research used descriptive qualitative approach. Data retrieval are done through: observation, interviews, and documentation. Data analysis was performed using the Miles and Huberman model, that is: data reduction, data presentation, and verification. The role of educational staff in character education are: modelling of students, procurement of various program and school activities, enforcement of school rules, excellent service to all school residents, and internal culture of values amongst educational staff and teachers. The values that intends to socialize by educational staff in character education are: religious, discipline, hard work, creativity, excitement of read, achievement, communicative, environmental awareness, and social awareness. Educational staff play an important role in the development and strengthening the character of student through the practice of values, exemplary, verbal communication, as well as conditioning the academic and religious environment.Keywords: role, educational staff, character education.
KEBIJAKAN PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM PENDIDIKAN KLASIKALKEBIJAKAN PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM PENDIDIKAN KLASIKAL Latifah, Atik
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i6.13157

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dalam mengembangkan sistem Pendidikan klasikal.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek warga Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dengan objek sistem pengembangan pendidikan klasikal. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Peneliti menggunakan uji triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Hubberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Sunan Pandanaran merupakan Pondok Pesantren modern yang mengaplikasikan sistem pendidikan klasikal yang berupa kitab kuning dan tahfidz kedalam kurikulum pada pembelajarannya, hal ini dimaksudkan agar para santri atau peserta didik dalam menambah khasanah pengetahuan mereka. Adapun pembagian kelas untuk kelas diniyyah ini telah disesuaikan dengan kemampuan dari para peserta didik, untuk tingkatan diniyyah sendiri dimulai dari kelas I’dadiyah, Ula/Awaliyyah, Wustho, Ulya, dan yang tertinggi yaitu kelas Takhassus, dengan begitu harapan untuk para peserta didik dapat terpenuhi yaitu dapat memahami ilmu dari kitab-kitab kuning tersebut.Kata kunci: kebijakan pendidikan, pondok pesantren, pendidikan klasikalAbstractThis study aims to describe the policy of Sunan Pandanaran Islamic Boarding School’s in developing a system of classical education.This research includes qualitative descriptive research with the subject of Sunan Pandanaran Islamic Boarding School’s with the object of classical education development system. Data analysis technique used in this study are observation, in-depth interview and document studies. Researchers used triangulation test sources and technique. This study uses data analysis techniques with Miles and Hubberman models.The results show that Sunan Pandanaran Islamic Boarding School’s is a modern boarding school that apply the system of classical education in the from of yellow book and tahfidz into curriculum in learning, it is intended that the students or learners in adding to their knowledge khasanah. The class division for this diniyyah class has been adjusted to the ability of the learners, to the level of diniyyah itself starting from class I’dadiyah, Ula/Awaliyyah, Wustho, Ulya and the highest is Takhassus class, so hope for the learners can fulfilled that can understand the science of the yellow books.Keywords: education policy, Islamic boarding school, classical education

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue