cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TEMBANG DOLANAN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA Nurohman, Hadi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i1.17040

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan karakter melalui tembang dolanan di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini mengacu pada konsep implementasi dari Edward III yang menekankan pada empat aspek pokok implementasi, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, serta staf TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan kebenaran data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Implementasi kebijakan di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa didukung oleh: a) Komunikasi yang dilakukan melalui sosialisasi pada saat rapat bersama guru dan mengadakan workshop bernama parenting dengan orang tua, (b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM, sarana prasarana, serta dukungan dana yang berasal dari Yayasan, (c) Komitmen sekolah terlihat dari karakteristik sekolah dan kecakapan pelaksana, (d) Struktur birokrasi melekat dalam tugas dan fungsi guru. Kata kunci:  Implementasi Kebijakan, Pendidikan Karakter, TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Abstract This study aims to describe the implementation of character education policy through dolanan song at Taman Indria Kindergarden Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. This research refers to implementation theory of Edward IIIwhich emphasizes four main aspects of implmentation, there are communication, resources, disposition, and bureucratic structure. This study uses a qualitative descriptive approach. The study was conducted at Taman Indria Kindergarten Ibu Pawiyatan Tamansiswa. The subjects of this study were the principal, class teachers, and TU staf. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation studies. Data analysis techniques using interactive model of Miles and Huberman namely, data collection, data condensation, data presentation, drawing conclusions. The validity of the researchers' data uses source triangulation methods and techniques to ensure the correctness of the data. The results of the study are as follows: Implementation of the policy in Taman Indria Kindergarten Ibu Pawiyatan Tamansiswa supported by: (a) Communication is carried out by socializing at meetings with teachers and holding workshops called parenting to parents,(b) Resources are supported by the availability of human resources, infrastructure, and financial support from the Foundation, (c) School commitment can be seen from one of the characteristics of the school and the ability of the executive, (d) Bureaucratic structure is inherent in the duties and functions of the teacher. Keyword: Policy implementation, character education, TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa
IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH (JPD) DI SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA Latifah, Luluk
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i1.17035

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program jaminan pendidikan daerah (JPD) di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pengelola JPD dan siswa di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam implementasi program jaminan pendidikan daerah di SMP Negeri 10 Yogyakarta terdapat mekanisme diantaranya : mengumpulkan data siswa yang mempunyai identitas Kartu Menuju Sejahtera (KMS), merekap data, dan mengumpulkan data ke dinas pendidikan. (2) Implementasi program jaminan pendidikan daerah di SMP Negeri 10 Yogyakarta terdapat pelaksanaan yang meliputi empat aspek yang diantaranya : komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. (3) Pelaksanaan program JPD didukung dengan komunikasi melalui sosialisasi dengan orangtua siswa, sumberdaya manusia yang didukung dengan fasilitas, anggaran, kewenangan, serta disposisi kinerja yang maksimal, struktur birokrasi yang sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan program JPD dan kerja sama antar sekolah, dinas pendidikan dan orangtua. Kata Kunci : Implementasi dan Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) Abstract This study aims to describe the implementation regional education guarantee in SMP Negeri 10 Yogyakarta.This research is a descriptive qualitative. Subjects in this study were students, teacher (school managers in the JPD) and headmaster SMP Negeri 10 Yogyakarta. Data were collected through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used is qualitative descriptive from Miles, Huberman, and Saldana model (data condensation, data display, and verifying conclusions). Validity measured in this research using triangulation. The result of the research show that : (1) The mechanism for implementation regional education guarantee (JPD) in SMP Negeri 10 Yogyakarta : collecting data from students who have  KMS cards, recapitulating data, and collecting data to the education office. (2) Implementation regional education guarantee (JPD) in SMP Negeri 10 Yogyakarta covering four aspects of communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. (3) The implementation of the JPD has been supported with communication through socialization with parents, human resources, facilities, budget, authority, and maximum performance, in accordance with technical guidelines implementation of JPD cooperation between school, education office and parents. Keywords : Implementation and regional education guarantee (JPD)
PERAN MODAL SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA Lestari, Puji
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i1.17036

Abstract

AbstrakModal sosial belum dimanfaatkan untuk pendidikan karakter. Modal sosial masih menjadi suatu hal yang perlu dikaji di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan pendidikan karakter yang dikembangkan di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta, 2). Memetakan modal sosial yang dimiliki SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta 3). Mendeskripsikan peran modal sosial dalam membentuk karakter siswa di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian di analisis dengan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah, pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1). Pendidikan karakter di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta terintegrasi melalui pembiasaan, program sekolah, keteladanan dan mata pelajaran. Pengembangan dimensi olah hati diintegrasikan  melalui pembiasaan, program kegiatan dan keteladanan. Pengembangan dimensi olah pikir diintegrasikan melalui mata pelajaran dan program kegiatan. Pengembangan dimensi olah rasa, diintegrasikan melalui program kegiatan, pembiasaan, keteladanan dan mata pelajaran, sedangkan pengembangan dimensi olahraga diintegrasikan melalui keteladanan dan pembiasaan. 2). Modal sosial di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta terdiri dari kepercayaan, nilai dan norma, jaringan, kerjasama dan partisipasi. 3). Kelima bentuk modal sosial tersebut, masing-masing dimanfaatkan dalam pembentukan karakter kecerdasan, keimanan, ketakwaan, hormat, percaya, taat aturan, bertanggungjawab, sopan, santun, senyum, sapa, salam, kebersamaan, persaudaraan, saling membantu, saling menolong, peduli, empati, dan juga perhatian.Kata kunci : modal sosial,pendidikan karakterAbstract             Social capital has not been implemented for character education. Social capital is still a matter that needs to be studied in schools. This research aims: 1) describe the character education developed at SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta, 2) mapping the social capital of the school and 3) describing the role of social capital in forming the students’ characters at SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta. This research is a qualitative research approach using a case study method. The subjects of this study were the principal, teachers and students. The techniques for collecting data were interviews, observation and documentation study. The data then analyzed with interactive model from Miles and Huberman; collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The validity of the data is tested using sources and technique triangulation. The results of the study are as follows: 1) character education at SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta is integrated through habituation or culture, school programs, role models, and the course. The development of the heart dimension is integrated through habituation, program activities and role models. The development of the thought dimension is integrated through subjects and program activities. Development of the dimensions of taste, integrated through program activities, habituation, exemplary and subjects. While the development of the sports dimension is integrated through example and habituation. 2) Social capital at SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta consists of beliefs, values and norms, networks, cooperation and participation. 3) Those five social capital forms then used in order to shaping the character faith, piety, respect, trust, obey the rules, responsible, polite, smiling, greetings, togetherness, brotherhood, mutual help, care, empathy and attention.Keywords : social capital, character education
KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN KEGIATAN SENI MUSIK ANGKLUNG DI SD ISLAM TERPADU AL – KHAIRAAT Fatmawati, Erna
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i1.17039

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kebijakan sekolah dalam pendidikan karakter dengan kegiatan seni musik angklung di SD Islam Terpadu Al–Khairaat, yang meliputi 1) kebijakan sekolah dalam pendidikan karakter dengan kegiatan seni musik angklung 2) nilai-nilai karakter yang dihasilkan dalam kegiatan seni musik angklung 3) dampak kebijakan sekolah dalam pendidikan karakter dengan kegiatan seni musik angklung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Kebijakan sekolah dalam pendidikan karakter dengan kegiatan seni musik angklung diimplementasikan merujuk empat aspek yaitu: komunikasi, sumberdaya, sikap dan struktur birokrasi, (2) Nilai – nilai karakter yang dihasilkan dalam kegiatan seni musik  angklung ada lima nilai yaitu disiplin, bersahabat, tanggungjawab, peduli sosial, dan cinta tanah air (3) Dampak kebijakan sekolah dalam pendidikan karakter dengan kegiatan seni musik angklung yaitu berdampak pada perubahan perilaku positif pada siswa. Kata kunci: kebijakan sekolah, pendidikan karakter, seni musik, dan angklung AbstractThis research aims to describe and understand the school's policy in character education with angklung music art in the SD Islam Terpadu Al – Khairaat, which includes 1) school policies in character education with art activities angklung music 2) character values are produced in the activity of angklung music art 3) The impact of school policy in character education with angklung music art activities. This research is a qualitative study with a case study approach. Data analysis techniques using the Miles and Huberman models are data reduction steps, data presentation, verification and conclusion confirmation. Test the legality of data on this study using triangulation techniques and triangulation resources. The results showed that. (1) The policy of school in character education with the activities of Angklung music is implemented to refer to four aspects namely: communication, resources, attitudes and bureaucracy structure, (2) value-the value of the character produced in the art of music activities  angklung There are five values that are discipline, friendly, responsibility, social care, and love of Homeland (3) Impact of school policy in character education with the activities of Angklung music art that affects the change of positive behaviour in students.Keywords: school policy, character education, music art, and angklung
KEBIJAKAN SEKOLAH BUDAYA DI SD NEGERI 1 TRIRENGGO BANTUL Ramadhan, Rai Asmara
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i1.17034

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan latar belakang dan implementasi kebijakan sekolah budaya di SD Negeri 1 Trirenggo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Trirenggo pada bulan Maret sampai April. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latar belakang kebijakan sekolah budaya karena ingin melestarikan nilai budaya luhur dan kearifan lokal. Proses perumusan kebijakan sekolah budaya didominasi kepala sekolah dengan merumuskan tujuan dan perencanaan lalu disosialisasikan kepada guru, bersama-sama menyusun silabus dan RPP, dijabarkan programnya dan terlihat respon dari siswa; (2) implementasi kebijakan sekolah budaya yaitu adanya rapat, seminar, menunjuk koordinator program, guru paham mengintegrasikan RPP, program pengintegrasian, kegiatan sekolah dan pembiasaan. Faktor pendukung yaitu, guru, wali murid, pihak ketiga, fasilitas, dan kejelasan program. Sedangkan faktor penghambatnya seperti, SDM kurang terlatih, banyaknya kegiatan, ekonomi wali murid, dan lingkungan. Kata kunci: Kebijakan, Sekolah Budaya, Sekolah Dasar AbstractThis study aims to describe the background and implementation of cultural school policy in Public Elementary School 1 Trirenggo. The type of this research is qualitative descriptive. The research was conducted in 1 Trirenggo State Elementary School from March to April. The subject of this study is the Principal, teachers, and students. The results showed that: (1) the background of cultural school policy because they want to preserve noble cultural values and local wisdom. The formulation process of cultural school policy dominated by the Principal from formulating goals and planning then socialized to the teachers, together arranged syllabus and lesson plans, spelled out the program, and responses appear from students; (2) the implementation of cultural school policy is briefings, seminars and appoints a program coordinator, the teacher interprets lesson plan, integrative programs, school activities and habituation. Supporting factors such as teachers, parents, third parties support, facilities, and detailed program. While the inhibiting factors such as, human resources, to many activities, economic parents, and the environment. Keywords: Policy, Culture School, Elementary School.
KULTUR SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA Murti, Elsa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i1.17037

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembudayaan kultur sekolah di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta adalah sebagai berikut. (1) Artifak fisik yang dimiliki SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta telah menggambarkan kultur positif dan dapat memberikan suasana sejuk, sehat dan nyaman bagi seluruh warga sekolah. (2) Artifak non fisik yang dimiliki SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta berupa interaksi warga sekolah yang baik, dan kegiatan rutin sekolah seperti upacara bendera setiap hari senin, salam pagi yang dilakukan setiap hari sebelum pembe lajaran, serta menyanyikan lagu nasional. (3) Nilai-nilai yang dibudayakan di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta adalah nilai kebersihan, berprestasi, kedisiplinan, religius, kejujuran dan sopan santun. (4) Program-program yang dilakukan dalam membangun kultur sekolah di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta adalah program TPA, sholat Jumat, Jumat bersih, senam pagi setiap hari Jumat, ekstrakurikuler di bidang olahraga dan kesenian serta pembentukan 8 tim inti yaitu tim lomba, Ujian Nasional, adiwiyata, ramah Anak, literasi, pembelajaran, sarana dan prasarana, dan ekstrakurikuler. Kata kunci: Kultur Sekolah, SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta AbstractThis research aims at describing school culture in Elementary School of Pujokusuman 1 Yogyakarta.  This method of research uses a qualiti approach, The type of research is a qualitative descriptive. The results showed that the cultural culture of schools in Elementary School of  Pujokusuman 1 Yogyakarta is as follows. (1) Physical artifacts owned by Elementary School of  Pujokusuman 1 Yogyakarta has described a positive culture and can provide an atmosphere Cool, healthy and comfortable for all the school citizens. (2) Non-physical artifacts owned by Elementary School of  Pujokusuman 1 Yogyakarta form the interaction of good school citizens, and routine school activities such as the flag ceremony every Monday, greetings morning done every day before the study, and sing Anthem. (3) The values that are cultivated in Elementary School of  Pujokusuman 1 Yogyakarta is the value of cleanliness, achievement, discipline, religious, honesty and courtesy. (4) programs conducted in building school culture in Elementary School of  Pujokusuman 1 Yogyakarta is TPA Program, Friday prayers, SEMUTLIS,  clean Friday, morning gymnastics every Friday, extracurricular in the field of Sports and artistry and the establishment of 8 core teams, namely race teams, national examinations, adiwiyata, child-friendly, literacy, learning, facilities and infrastructure, and extracurricular. Keywords: School culture, Elementary School of  Pujokusuman 1 Yogyakarta

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue