cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan" : 5 Documents clear
KETERCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GEDONGTENGEN Herlambang, Agung Feby
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i3.17206

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat ketercapaian Standar Nasional Pendidikan yang ada pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Gedongtengen, Yogyakarta. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta. Jumlah populasi sebanyak enam SD yang ada di Kecamatan Gedongtengen, yaitu; SD Negeri Gedongtengen, SD Negeri Sosrowijayan, SD Kanisius Notoyudan, SD Muhammadiyah Pringgokusuman, SD Netral C dan SD Netral D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket instrumen baku akreditasi dari BAN-SM Tahun 2019. Teknik analisa data menggunakan statistik diskriptif dengan metode penyajian grafik dan tabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor capaian rerata seluruh standar pada semua sekolah sebesar 95,76 maka telah mencapai kriteria unggul. Namun masih ditemukan permasalahan dalam beberapa komponen standar, maka dari itu masih memerlukan upaya akselerasi serta inisiatif dari sekolah dan semua pihak yang terkait dengan berbagai bentuk kegiatan dan program evaluatif untuk meningkatkan capaian Standar Nasional Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Gedongtengen.Kata Kunci : Ketercapaian, Standar Nasional Pendidikan, SD se-Kecamatan Gedongtengen YogyakartaAbstractThis research aims to describe the level of attainment of the National Education Standards in Elementary Schools in Gedongtengen District, Yogyakarta. The type of research used is descriptive quantitative research. The research site was conducted in Gedongtengen District, Yogyakarta. The total population is six elementary schools in Gedongtengen District, namely; Gedongtengen Elementary School, Elementary School Sosrowijayan, SD Canisius Notoyudan, SD Muhammadiyah Pringgokusuman, SD SD Neutral Neutral C and D. The data collection technique using questionnaires raw instrument accreditation from BAN-SM Year 2019. Data analysis using descriptive statistical methods and presentation graphics table. The results of this study indicate that the average achievement score of all standards in all schools is 95.76, so it has reached the superior criteria. However, problems are still found in several standard components, therefore it still requiresefforts accelerationand initiatives from schools and all parties related to various forms of activities and evaluative programs to improve the achievement of National Elementary Schools Education Standards in Gedongtengen District.Keywords: Achievement, National Education Standards, Elementary Schools in Gedongtengen Yogyakarta District
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KAMPUNG RAMAH ANAK DI KELURAHAN GUNUNGKETUR KOTA YOGYAKARTA Yudhistira, Muhammad Arya Daffa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i3.17201

Abstract

Abstrak Penelitian implementasi kebijakan kampung ramah anak di Kelurahan Gunungketur Kota Yogyakarta bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan kampung ramah anak di Kelurahan Gunungketur Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles, Huberman, dan Saldana Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi kebijakan kampung ramah anak di Kelurahan Gunungketur Kota Yogyakarta dilakukan melalui pembentukan komitmen masyarakat serta kebermitraan dengan lembaga terkait. Aktor yang berperan yakni kelurahan, rt dan rw, Gugus tugas KRA, masyarakat serta lembaga mitra KRA. (2) Program dari kebijakan kampung ramah anak mencakup kegiatan pemanfaatan waktu luang yaitu pendidikan kesenian kebudayaan, serta program dari lembaga pusat kreatifitas anak di masing-masing rw. (3) Faktor pendukung yaitu dukungan orangtua terhadap kegitan anak, peran serta aktif pengelola menjalankan program. Faktor penghambatnya adalah kurangnya partisipasi orangtua, serta kurangnya pendanaan terhadap program.Kata Kunci: Kampung Ramah Anak, Implementasi, Penerapan Program  AbstractThe study about the implementation of child-friendly village in gunungketur urban village yogyakarta aims to describe the implementation fo child-friendly village in gunungketur urban village yogyakarta. This research use qualitative descriptive. The subject in this study were the headman of urban village, the policy task force,the management of related institution as well as public. The data obtained with interviews, observation and documentation. Data analysis techniques use Miles, Huberman, and Saldana model. The results of the study are : (1) The implementation of child-friendly village in gunungketur urban village yogyakarta done by forming public commitments and partnership with related institutions. The actor who plays a role in the policy were the urban village administrator, the officer, the policy task force, the public as well as policies related institutions. (2) The child-friendly village programs include leisure time utilization activities such cultural arts education and the program by the central agency of children’s creativity institution in each region. (3) The supporting factors in children-friendly village policy implementation is the support form parents for their children activities, and the active role of the manager in carrying out the programs. The obstacle factors is lack of participation from the parents in the activities, as well as lack of funding for the programs. Keywords : Child-friendly village, Implementation, program aplication.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (MPK) JOGONALAN Handayani, Siti Nur
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i3.17207

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan dilaksanakan dengan (1) Komunikasi yang tersampaikan melalui visi dan misi sekolah yang diwujudkan dalam program-program yang ada  sekolah dan pembaharuan ide pada proses belajar mengajar yang berlangsung kondusif serta rapat yang diadakan untuk pengambilan keputusan (2) Sumberdaya  yang berkualitas, sarana prasarana yang cukup memadai, dukungan yang diberikan kepala sekolah dan warga sekolah bagi siswa yang berprestasi, sumber dana yang berasal dari SPP dan BOS serta adanya inovasi dalam pemberian pembelajaran (3) Disposisi yang terlihat dari kerjasama yang terjalin, memiliki semangat gotong royong, komitmen yang baik dari implementor, tanggung jawab akan fasilitas sekolah, serta bentuk kepedulian yang tinggi dari pemimpin pada saat pelaksanaan kebijakan (4) Struktur Birokrasi yang berjalan sesuai dengan struktur yang ada dan setiap bidang memiliki hubungan koordinasi dan intruksi sesuai dengan Tupoksi bidang masing masing, namun belum ada tim khusus dalam peningkatan mutu pendidikan serta belum ada standar baku untuk pengadaan infrastruktur sekolah.Kata kunci: Implementasi, Mutu Pendidikan, SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan Abstract            This study aims to describe the Implementation of Education Quality Improvement Policy at  Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan Elementary School.             This research is a qualitative descriptive research. This research was conducted at SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan. The subjects of this study were the principal, teachers and students. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews and documentation study. The data analysis technique used the theory of Miles, Huberman and Saldana. The data validity of the researchers used the triangulation method of sources and techniques.            The results showed that the implementation of the Education Quality Improvement Policy at SD Muhammadiyah Jogonalan Special Program (MPK) was carried out by (1) Communication conveyed through the vision and mission of the school which is manifested in existing programs in schools and renewing ideas in the ongoing teaching and learning process. conducive and meetings held for decision making (2) Quality resources, adequate infrastructure, support provided by school principals and school members for high-achieving students, sources of funds from SPP and BOS and innovation in the provision of learning (3) ) The disposition that can be seen from the existing cooperation, has a spirit of mutual cooperation, good commitment from the implementor, responsibility for school facilities, and a form of high concern from the leader during policy implementation (4) Bureaucratic structure that runs in accordance with existing structures and every field has the relationship between coordination and instructions is in accordance with the main duties and functions of each field, but there is no special team in improving the quality of education and there is no standard standard for the procurement of school infrastructure.Keywords : Implementation, Quality Education, Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan Elementary School.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN ANTI BULLYING DI SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN Utami, Anindita Ayu Nisa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i3.17202

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program anti bullying di SMA N 1 Depok Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek intinya adalah masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan program anti- bullying di sekolah yaitu kepolisian, orangtua dan alumni. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program anti bullying di sekolah ini dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan masing-masing masyarakat. Bentuk partisipasi yang dilakukan masyarakat adalah sosialisasi, pembinaan, dan pelaporan. Manfaat yang dirasakan oleh beberapa pihak diantaranya adalah adanya preventif bullying pada siswa. Partisipasi masyarakat di sekolah ini berada pada puncak tangga partisipasi karena sekolah telah mampu menumbuhkan kontrol sosial dalam pelaksanaan programnya dan memberdayakan masyarakat dalam bentuk dukungan dan mengembangkan program anti bullying ke dalam beberapa strategi penanganan dan antisipasi bullying. Kata kunci: Partisipasi, Masyarakat, Program Anti Bullying AbstractThe aim of the research is to describe the community participation in the implementation of anti-bullying program in 1 Depok Sleman State Senior High School. This research used a qualitative approach and descriptive method. The key subjects of the research were society which was involved to the anti-bullying program in this school that was the police, parents, and alumni. Data collection with interview, observation and documentation. Data analysis in this research used an interactive model by Miles and Huberman that was data reduction, data presentation, and conclusion. The result of this research indicated that community participation in the implementation of anti-bullying program in this school did by many methods suitable with the capability of each community. The type of participations were socialization, founding, and report. The benefit of community participation in the implementation of anti-bullying program was student bullying prevention. This school have reached to top level community participation Ladder because the school abled to cultivate social control in this program implementation and this school have been empowered the community, in this case, community empowerment that built by school was support and the school have developed an anti-bullying program into several strategies to handle and anticipate bullying. Keywords: Participation, Community, Anti-Bullying Program
TREN ANGKA PUTUS SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SELAMA 10 TAHUN KE DEPAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Hati, Malisa Bunga
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i3.17205

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui tren angka putus sekolah jenjang SMK selama 10 tahun ke depan di DIY; 2. Mengetahui kebijakan dan program yang diupayakan pemerintah untuk mengurangi angka putus sekolah di DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis data sekunder dan wawancara. Data sekunder berasal dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. Analisis data menggunakan Analisis Tren dengan persamaan Ẏ = 𝑎 + 𝑏𝑥. Hasil penelitian adalah: 1. Tren APtS jenjang SMK selama 10 tahun ke depan di DIY pada anak laki-laki mengalami kecenderungan menurun dengan persentase mencapai 0,92% dan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan, sedangkan pada anak perempuan mengalami kecenderungan meningkat dengan persentase mencapai 2,12% dan belum mampu memenuhi Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan; dan 2. Kebijakan dan program untuk mengurangi APtS jenjang SMK di DIY yaitu kebijakan pembiayaan pendidikan melalui program BOS dan kebijakan serta program dengan inovasi di masing-masing daerah. Kata Kunci: Tren, Angka Putus Sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan, DIY. AbstractThis study aims to: 1. Determine the trend of vocational school dropout rates for the next 10 years in DIY; 2. Knowing the policies and programs being pursued by the government to reduce the number of dropouts in DIY. This research uses a descriptive quantitative approach with secondary data analysis and interview methods. Secondary data came from the Department of Youth Education and Sports DIY. Data analysis uses Trend Analysis with the equation Ẏ = 𝑎 + 𝑏𝑥. The results of the study are: 1. The trend of APtS Vocational School for the next 10 years in DIY in boys has a downward trend with a percentage reaching 0,92% and has met the Minimum Service Standards in Education, while girls have a tendency to increase with a percentage reached 2,12% and have not been able to meet the Minimum Service Standards in Education; and 2. Policies and programs to reduce the APtS of SMK levels in DIY, namely the education financing policy through the BOS program and policies and programs with innovation in the region. Keywords: Trends, Dropout Rates, Vocational High Schools, DIY.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue