cover
Contact Name
WIDYA HANDINI
Contact Email
widyahandini@stisipolp12.ac.id
Phone
+6285839665892
Journal Mail Official
journal@stisipolp12.ac.id
Editorial Address
Jl. Diponegoro No.16, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33215
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
JURNAL STUDIA ADMINISTRASI
ISSN : 27468372     EISSN : 27468372     DOI : https://doi.org/10.47995/jian.v3i1
Core Subject : Social,
Jurnal Studia Administrasi is a peer-review journal published by Department of Public Administration STISIPOL Pahlawan 12, Bangka Belitung. We welcome all contributions on the following topics: Governance, Public organization, Public policy, Public service, Management, Bureaucratic ethics, Administrative / governance law, Management of Regional Owned Enterprises / State Owned Enterprises, Management of State Apparatus Resources.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Studia Adminstrasi" : 5 Documents clear
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BANGKA TENGAH Abdul Sani
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Studia Adminstrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v3i2.61

Abstract

Pemerintah didalam menyelenggarakan pelayanan publik masih banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas belum seperti yang diharapkan masyarakat. Masih ditemukannya berbagai keluhan masyarakat mengenai pelayanan langsung yang diberikan pemerintah. Keluhan ini dapat dirasakan dan dilihat langsung ketika berada ditempat pelayanan maupun keluhan dan tanggapan masyarakat melalui media. Kualitas pelayanan pemerintah secara umum masih jauh dari memenuhi harapan masyarakat, tidak terkecuali di Poliklinik Gigi RSUD Bangka Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik di Poliklinik tersebut. Pisau Analisis yang digunakan adalah Teori ServQual dari Parasuraman, Berry dan Zethitamal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh di lokasi penelitian dengan informan yang berasal baik dari internal maupun eksternal RSUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Assurance (jaminan) dinilai cukup berkualitas, dimensi Responsivenes (ketanggapan) dinilai berkualitas dan Emphaty (empati) dinilai cukup berkualitas.
ANALISIS BELANJA PEGAWAI DALAM APBD PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN ANGGARAN 2019-2020 (Studi Kasus Anggaran Belanja Pegawai di Masa Pandemic Covid-19) Yan Megawandi; Mulya ningsih
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Studia Adminstrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v3i2.63

Abstract

Pandemi Covid-19 berakibat pada berkurangnya jumlah APBD padahal di saat yang sama untuk mengatasi pandemi maka belanja publik justru harus ditingkatkan baik untuk mengurangi penyebaran dan antisipasi dampaknya. Penelitian ini ingin melihat bagaimana dampak Covid-19 pada anggaran belanja pegawai di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan melalui observasi pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa belanja pegawai pada belanja tidak langsung mengalami penurunan sebesar 6,66 persen. Sedangkan belanja pegawai pada pos belanja langsung mengalami kenaikan sangat tinggi yaitu mencapai 200,73 persen. Hal tersebut terjadi karena adanya kenaikan pada belanja honor PNS sebesar 954,81 persen dan kenaikan belanja pegawai non PNS 221,97 persen, serta belanja pegawai BOS sebesar 19,31 persen. Meningkatnya belanja pegawai tersebut membuat persentase belanja pegawai terhadap belanja daerah secara total Tahun 2020 merupakan yang tertinggi dalam lima Tahun terakhir yaitu 35,38 persen.
PENGARUH KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA KELURAHAN SAKO KOTA PALEMBANG Timbuan Timbuan
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Studia Adminstrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v3i2.64

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kinerja terhadap efektivitas pelayanan pada Kelurahan Sako Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu pengumpulan data yang diperoleh dalam bentuk data primer dan sekunder,data diperoleh secara langsung dari narasumber (sampel) dengan fokus penelitian pada kinerja dalam memberikan pelayanan dan berkenaan dengan efektivitas pelayanan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kinerja mempengaruhi efektivitas pelayanan pada Kantor Lurah Sako Kota Palembang, sehingga dalam kegiatan rutin pegawai diperlukan suatu metode kerja yang baik sehingga pelayanan dapat diberikan secara maksimal pada Kantor Lurah Sako Kota Palembang.
ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI TANGERANG LIVE DI KOTA TANGERANG Wahyu Hidayat
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Studia Adminstrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v3i2.65

Abstract

Kondisi pelayanan publik di Indonesia masih sangat rendah. Begitu juga dengan kondisi pelayanan publik khususnya di Kota Tangerang masih belum optimal beberapa permasalahan yang muncul seperti, Sistem dan prosedur pelayanan yang berbelit-belit, dan sumber daya manusia yang lamban dalam memberikan pelayanan, mahal, tertutup, dan diskriminatif. Dengan permasalahan seperti itu mendorong Pemerintah Kota Tangerang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan sebuah inovasi layanan Aplikasi Tangerang Live. Penelitian ini berjudul Analisis Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Tangerang Live. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan dan faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Tangerang Live. Penelitian ini menggunakan Teori Roger, dengan 5 atribut inovasi yaitu: Relative Advantage (keuntungan relative), Compability (kesesuaian), Complexity (kerumitan), Triability (kemungkinan dicoba) dan Observability (kemudahan diamati). Penelitian menggunakan Pendekatan Kualitatif dan Metode Deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang. Waktu penelitian sejak Maret sampai November 2017. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik Pemilihan Informan Menggunakan Purposive. Uji keabsahan data menurut Moleong ada empat keabsahan data yaitu kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Langkah yang digunakan dengan Triangulasi. Hasil penelitian pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik Kota Tangerang sudah berjalan dengan baik kerena telah mejawab kebutuhan masyarakat dan banyak memberikan keuntungan baik dari segi waktu, kepraktisan dan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan. Meskipun masih perlu adanya sosialisasi secara persuasive guna memastikan bahwa masyarakat benar-benar dapat menggunakan menggunakan pelayanan berbasis teknologi Aplikasi Tangerang Live.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TERNATE Zainal Muksin
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Studia Adminstrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v3i2.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik dalam pembuatan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendiskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat. Pegumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini Penulis menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat komponen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik dalam pembuatan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ternate diukur dari lima indikator berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Zeithalm (1990), diantaranya adalah dimensi tangible, realibility, responsiviness, assurance¬ł dan emphaty, maka kualitas pelayanan e-KTP dikatakan masih buruk. Hal ini ditandai terdapat banyak kendala terhadap pelayanan e-KTP yang diberikan kepada masyarakat sebagai pengguna layanan. diantaranya adalah kondisi infrastruktur bangunan yang tidak layak, kurangnya fasilitas penunjang dalam pelayanan e-KTP, kurangnya perawatan terhadap fasilitas penunjang, ketidak nyamanan tempat pelayanan, penampilan petugas yang tidak seragam, rendahnya kedisiplinan petugas layanan, adanya praktek diskriminasi dalam pelayanan, dan kurangnya sumber daya manusia (petugas layanan).

Page 1 of 1 | Total Record : 5