cover
Contact Name
WIDYA HANDINI
Contact Email
widyahandini@stisipolp12.ac.id
Phone
+6285839665892
Journal Mail Official
journal@stisipolp12.ac.id
Editorial Address
Jl. Diponegoro No.16, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33215
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
JURNAL STUDIA ADMINISTRASI
ISSN : 27468372     EISSN : 27468372     DOI : https://doi.org/10.47995/jian.v3i1
Core Subject : Social,
Jurnal Studia Administrasi is a peer-review journal published by Department of Public Administration STISIPOL Pahlawan 12, Bangka Belitung. We welcome all contributions on the following topics: Governance, Public organization, Public policy, Public service, Management, Bureaucratic ethics, Administrative / governance law, Management of Regional Owned Enterprises / State Owned Enterprises, Management of State Apparatus Resources.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Studia Administrasi" : 5 Documents clear
Evaluasi Kinerja Pegawai Rekam Medis dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Medika Stania Nuryani Nuryani; Wahyu Hidayat
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v4i1.67

Abstract

Pegawai rekam medis merupakan seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan formal rekam medis dan informasi kesehatan sehingga memiliki kompetensi yang diakui oleh pemerintah dan profesi serta mempunyai tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melakukan kegiatan pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan pada unit pelayanan kesehatan. Pegawai Rekam Medis RS. Medika Stannia memiliki pekerjaan memberikan pelayanan pendaftaran pada pasien saat ingin berobat. Sedangka Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja Pegawai Rekam Medis RS. Medika Stannia dalam memberikan pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, catatan lapangan atau observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Rekam Medis Rumah Sakit Medika Stannia termasuk kategori baik dalam memberikan pelayanan pendaftaran rekam medis rawat jalan. Kualitas kerja Pegawai atau karyawan sudah cukup baik, dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan Standar Pelayanan Operasional ( SPO ) yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Medika Stannia. Ketepatan waktu pegawai dalam kehadiran pegawai dan penyelesaian pekerjaan sudah cukup baik. Pegawai selalu tepat waktu dalam masuk kerja dan menyelesaikan pekerjaan yang ada. Inisiatif pegawai rekam medis sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dalam memberikan pelayanan pendaftaran kepada pasien dengan penuh insiatif dan tanggung jawab. Kemampuan pegawai sudah cukup baik dalam melaksanakan pekerjaan yang ada, dan selalu membangun komunikasi yang baik kepada pasien dan sesama unit kerja yang lainnya. Namun dalam melakukan pekerjaan, sarana dan prasarana pendukung di Unit rekam medis RS. Medika Stannia ketersediaannya masih kurang. Sehingga menghambat pelayanan pendaftaran pasien yang datang ke rumah sakit. Kesimpulan pegawai unit Rekam Medis RS. Medika Stannia sudah memiliki kinerja yang cukup baik. Saran RS. Medika Stannia bisa menyiapkan kekurangan sarana dan prasarana penunjang pekerjaan rekam medis dan memberikan reward kepada karyawan yang berkinerja baik.
Implementasi Sistem Online Single Submission dalam Pelayanan Perizinan Berusaha secara Elektronik di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bangka: Indonesia Ade Hikmah
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v4i1.68

Abstract

Pada dasarnya sistem OSS dapat membantu mempermudah proses pelayanan perizinan berusaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada saat sistem OSS ini berjalan. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif deskriptif metode penelitian dengan cara menganalisis dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Dalam implementasi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi implementasi yaitu : (1) Komunikasi (2) Sumber daya (3) Disposisi (4) Struktur Birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Implementasi sistem online single submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bangka memiliki faktor penghambat dari penerapan OSS yaitu masyarakat kurang paham mengenai penggunaan OSS dan faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sistem online single submission (OSS) dalam pelayanan perizinan berusaha secara elektronik di DINPMP2KUKM Kabupaten Bangka dapat diimplementasikan dengan cukup baik dari meningkatnya proses perizinan setiap tahunnya dan dari pelayanannya yang baik. DINPMP2KUKM Kabupaten Bangka disarankan memberikan sosialisasi yang lebih merata sehingga masyarakat mendapatkan kejelasan informasi tentang OSS khususnya para pelaku usaha.
Pengawasan Melekat Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Sako Kota Palembang: Indonesia Anggun Badriyansyah
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v4i1.69

Abstract

Pengawasan merupakan fungsi manajemen yang penting, karena menentukan apakah ada penyimpangan dalam pelaksanaan kegiatan yang dilangsungkan pada suatu instansi / organisasi. Penyimpangan-penyimpangan yang merugikan akan dapat ditekan sekecil mungkin jika pengawasan yang dilakukan pihak manajemen telah terlaksana dengan baik. Pengawasan sangat diperlukan karena pada dasarnya manusia akan melakukan tindakan yang negatif bila dirinya tidak diawasi oleh pimpinan saat bekerja, seperti : menunda waktu, bekerja tidak sepenuh hati, serta melakukan kecurangan-kecurangan, sehingga akan berdampak kepada pencapaian tujuan yang tidak efisien dan efektif. Pelaksanaan pengawasan dalam suatu instansi / organisasi adalah seorang pimpinan. Gaya seorang pemimpin dalam menggerakkan dan memotivasi para pegawai akan sangat berperan penting terhadap kinerja pegawai.
Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Manajemen Bencana (Studi Di BPBD Kabupaten Bangka): Indonesia Fuji Ayu; Widya Handini
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v4i1.70

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan sumber daya manusia dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Bangka. Menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif yaitu memecahkan masalah secara akurat berdasarkan data-data yang ada. Peneliti menggunakan data yang di kumpulkan dari wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pengembangan informal dengan membaca buku tentang pencegahan terjadinya banjir dan membaca modul dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang bertema Kesiapsiagaan menuju zero victim melalui informasi cuaca berbasis dampak dan harus meningkatkan membaca tentang manajemen kedaduratan, manajemen logistik, manajemen rehabilitasi dan manajemen rekonstruksi. Pengembangan formal dengan melakukan bimtek bersama Basarnas Pangkal Pinang tentang melakukan kedaruratan membantu korban tenggelam dan bimtek tentang membantu korban henti detak jantung dan harus meningkatkan diksar dan bimtek tentang manajemen pencegahan, manajemen kesiapsiagaan, manajemen kedaruratan, manajemen rehabilitasi dan manajemen rekonstruksi.
Peran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu dalam Mengatasi Permasalahan Air Bersih dan Sampah (Studi Kasus Pulau Tidung): Indonesia Ummi Zakiyah
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Studia Administrasi
Publisher : STISIPOL Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47995/jian.v4i1.71

Abstract

Kepulauan Seribu merupakan pulau terluar bagian dari Provinsi DKI Jakarta terdiri dari 2 kecamatam yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulaun Seribu adalah Pulau Tidung yang terletak di kecamatan kepulauan seribu selatan. Permasalahan yang sering dialami masyarakat yang tinggal didaerah dekat pantai adalah masalah air bersih dan sampah, hal ini pun di rasakan oleh masyarakat yang tinggal di Pulau Tidung. Permasalahan yang dialami masyarakat tentu nya membuat pemerintah setempat harus memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih dan masalah sampah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan solusi yang dilakukan Pemerintah Pulau Tidung dalam mengatasi permasalahan air bersih dan sampah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara pada narasumber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapati bahwa masyarakat yang ada dipulau tersebut dalam memenuhi kebutuhan air sehari hari masih memanfaatkan air sumur. Masalah lainnya adalah sampah yang berasal dari wisatawan dan masyarakat setempat karena Pulau Tidung merupakan destinasi wisata dikawasan Pulau Seribu. Untuk itu dibutuhkan peran pemerintah untuk membuat regulasi yang tepat agar masyarakat pulau terpenuhi segala kebutuhan nya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5