cover
Contact Name
Restu Hayati
Contact Email
restuhayati@eco.uir.ac.id
Phone
+6281277692023
Journal Mail Official
kiat@jurnal.uir.ac.id
Editorial Address
Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau JL. Kaharuddin Nasution Km 11. Marpoyan Damai - Pekanbaru Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ekonomi KIAT
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 14103834     EISSN : 25977393     DOI : 10.25299
Journal Ekonomi KIAT is a scientific journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Islam Riau. The purpose of Jurnal Ekonomi Kiat is to disseminate the results of research, study, and development in the fields of economics and finance, in particular in the fields of accounting, management, capital markets, business law, taxation, information systems, and other fields of economics and finance. The focus and scope of this journal are subjected to the area of economics and finance in particular in the fields of accounting, management, capital markets, business law, taxation, information systems, and other fields of economics and finance. Jurnal Ekonomi KIAT invites papers on a wide range of topics, including the following (but not limited on these topics area) : Accounting Business Management Capital market Business Law Taxation Information System
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 26 No. 1 (2015): Juni 2015" : 6 Documents clear
Pengaruh Pengendalian Intern, Kepatuhan, dan Kompensasi Manajemen terhadap Perilaku Etis Manajer pada PT. Swastisiddhi Amagra Dina Hidayat; Aisyah Aulia
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 26 No. 1 (2015): Juni 2015
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2015.vol24(1).2883

Abstract

Penelitian dilakukan di PT Swastisiddhi Amagra. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengendalian internal, kepatuhan, dan kompensasi manajemen terhadap etika manajerial. Data dikumpulkan dari kuesioner yang dikirimkan kepada manajer dan staf keuangan di PT Swastisiddhi Amara. Data dianalisis menggunakan analisis regresi dengan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal, kepatuhan, dan kompensasi manajemen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap etika manajerial. Secara parsial, pengendalian internal dan kepatuhan berpengaruh signifikan terhadap etika manajerial. Kompensasi manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap etika manajerial. The research was conducted in PT Swastisiddhi Amagra. The objective of this study is to analyze the effect of internal control, compliance, and management compensation on managerial ethics. Data were collected from questionnaires sent to the manager and financial staff in PT Swastisiddhi Amara. Data were analyzed using regression analysis with SPSS version 17. The results showed that internal control, compliance, and management compensation simultaneously have a significant effect on managerial ethics. Partially, Internal control and compliance partially have a significant effect on managerial ethics. Management compensation has no significant effect on managerial ethics.
Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Badan Usaha Milik Daerah: Studi Kasus pada PT Permodalan Ekonomi Rakyat Raja Ade Fitrasari
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 26 No. 1 (2015): Juni 2015
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2015.vol24(1).2884

Abstract

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) merupakan salah satu instansi pemerintah yang menerima dana dari APBD, wajib menjalankan operasionalnya dalam kehangatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PT PER) salah satu Badan Usaha Milik Daerah yang ada di Provinsi Riau masih memiliki beberapa permasalahan yang sering terjadi pada Badan Usaha Milik Daerah yang ada di Indonesia yaitu kurangnya sumber daya manusia pengelola baik dari segi kualitas maupun kuantitas, rendahnya produktivitas perusahaan sehingga tidak dapat bersaing dengan pesaing bisnis lainnya dan adanya Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia) tahun 2011 yang memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian intern PT PER berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) 60 tahun 2008 tentang SPIP. Dalam penjelasan PP tersebut, ada lima komponen yang harus dipatuhi; lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta aktivitas pemantauan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan, bahwa perancangan SPIP yang ada di PT PER sudah sangat memadai serta fungsi dan pengoperasian SPIP di PT PER sudah berjalan sangat efektif walaupun masih ditemukan beberapa kelemahan, namun perusahaan telah melakukan upaya perbaikan. serta peningkatan kualitas layanan operasional seperti penerapan sistem Test Key dan Centralized Management Cost pada pertengahan tahun 2013. Regional Owned Enterprises (BUMD) is one of the government agencies that receive funding from APBD, shall conduct its operations in the warmth of the Government Internal Control System (SPIP). PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PT PER) one of the Regional Owned Enterprises that exist in Riau Province is still having some problems that commonly occur in existing Regional Owned Enterprises in Indonesia, namely the lack of human resource managers in terms of both quality and quantity, the low productivity of the company and therefore can not compete with other business competitors and the presence of Examination Report BPK-RI (Audit Board of The Republic of Indonesia) in 2011 which gave opinion is Normal With Exception (WDP). This research was intended to evaluate the internal control system PT PER guided by the Government Regulation (PP) 60 the year 2008 regarding the SPIP. An explanation of the PP, there are five components that must be complied with; controlling environment, risk assessment, controlling activity, information and communication, and monitoring activity. The conclusion of this research indicates, that the design of the existing SPIP in PT PER was very adequate as well as the function and operation of the SPIP in PT PER have gone very effective although still found some weaknesses, but the company has made efforts fixes and improvements quality of service in operations such as the implementation of Test Key system and Centralized Management Cost in mid- 2013.
Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan Dewi Andini; Yusrawati
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 26 No. 1 (2015): Juni 2015
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2015.vol26(1).2887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kompetensi SDM, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah pada Dinas yang berada di Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. Penelitian ini di lakukan di 14 Dinas dari 27 SKPD yang berada di Kabupaten Empat Lawang. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi SDM dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah pada SKPD Kabupaten Empat Lawang. This study aims to empirically prove the influence of HR competence, the application of regional financial accounting systems on the quality of regional financial reports at the Dinas in Empat Lawang Regency, South Sumatra. This research was conducted in 14 of the 27 SKPD offices in Empat Lawang Regency. The data analysis method used is Multiple Regression. The results of this study indicate that the competence of human resources and the application of regional financial accounting systems affect the quality of regional financial reports at the SKPD of Empat Lawang Regency.
Pengaruh Audit Tenure, Disclosure, Ukuran KAP, Debt Default, Opinion Shopping dan Kondsisi Keuangan terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Index Syariah BEI Siska; Fini Rizki Nanda
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 26 No. 1 (2015): Juni 2015
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2015.vol26(1).2888

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh audit tenur, pengungkapan, ukuran KAP, debt default, opinion shopping, dan kondisi keuangan terhadap penerimaan opini audit going concern. Objek penelitian ini adalah 60 perusahaan yang terdaftar di indeks syariah Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel opinion shopping dan kondisi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan variabel lain yaitu audit tenure, disclosure, KAP size, dan debt default tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Dan pada pengujian simultan, masa audit, pengungkapan, ukuran, default utang, belanja opini, dan kondisi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. This research study was aimed to examine empirically the effect of audit tenure, disclosure, KAP size, debt default, opinion shopping, and financial condition on the acceptance of going concern audit opinion. The object of this study was 60 companies listed on the Syariah index of Indonesia Exchange Stock on the period 2011 -2013. The analytical tool used in this study was logistic regression analytical. The results of this study showed that partially Opinion Shopping variable and financial condition had a significant effect on acceptance of going concern audit opinion. While other variables namely audit tenure, disclosure, KAP size, and debt default had no significant effect on acceptance of going concern audit opinion. And in simultaneous tests, audit tenure, disclosure, size, debt default, opinion shopping, and financial condition had a significant effect on the acceptance of going concern audit opinion.
Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Tujuan Anggaran dan Evaluasi Anggaran terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis Astari Kalsum; Eny Wahyuningsih
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 26 No. 1 (2015): Juni 2015
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2015.vol26(1).2889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi anggaran, kejelasan tujuan anggaran dan evaluasi anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bengkalis. Populasi dalam penelitian ini adalah Aparat Pemerintah Daerah SKPD Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 34 SKPD yaitu kepala SKPD atau kepala dinas dan kepala-kepala bagian yang ada disetiap SKPD. Yang menjadi Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kepala bagian yang terlibat dalam penyusunan dan pelaksanaan anggaran di setiap SKPD Kabupaten Bengkalis yang diambil secara acak. Sehingga total keseluruhan sampel yang di ambil adalah sebanyak 68 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan 68 kuesioner pada 34 SKPD di Kabupaten Bengkalis. Penentuan sampel dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, kejelasan tujuan anggaran dan evaluasi anggaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis. This study aims to examine the effect of budget participation, clarity of budget objectives, and budget evaluation on the performance of local government officials. This research was conducted in Bengkalis Regency. The population in this study is the Bengkalis Regency SKPD Regional Government Apparatus, totaling 34 SKPD, namely the head of the SKPD or the head of the service and the heads of sections in each SKPD. The samples in this study were 2 heads of sections involved in the preparation and implementation of the budget in each SKPD of Bengkalis Regency which was taken randomly. So that the total sample taken is 68 people. Data was collected by distributing 68 questionnaires to 34 SKPD in Bengkalis Regency. Determination of the sample using the random sampling method. This study uses multiple linear regression analysis models with SPSS 17.0 software. The results of this study indicate that budget participation, clarity of budget objectives and budget evaluation simultaneously have a significant effect on the performance of local government officials in the Bengkalis Regency.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Hengki Junius Sihombing; Eka Nuraini Rachmawati
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 26 No. 1 (2015): Juni 2015
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2015.vol26(1).2890

Abstract

Tujuan penelitian inim menguji pengaruh Ukuran Perusahaan (SIZE), Pertumbuhan Perusahaan (GROWTH), Leverage (DER), dan Profitabilitas (ROA) terhadap Peringkat Obligasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi Logistik Ordinal. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ukuran (SIZE) secara signifikan berpengaruh terhadap Peringkat obligasi pada level of significance kurang dari 5%, namun, Pertumbuhan (GROWTH), Leverage (DER) dan Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6