cover
Contact Name
Restu Hayati
Contact Email
restuhayati@eco.uir.ac.id
Phone
+6281277692023
Journal Mail Official
kiat@jurnal.uir.ac.id
Editorial Address
Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau JL. Kaharuddin Nasution Km 11. Marpoyan Damai - Pekanbaru Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ekonomi KIAT
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 14103834     EISSN : 25977393     DOI : 10.25299
Journal Ekonomi KIAT is a scientific journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Islam Riau. The purpose of Jurnal Ekonomi Kiat is to disseminate the results of research, study, and development in the fields of economics and finance, in particular in the fields of accounting, management, capital markets, business law, taxation, information systems, and other fields of economics and finance. The focus and scope of this journal are subjected to the area of economics and finance in particular in the fields of accounting, management, capital markets, business law, taxation, information systems, and other fields of economics and finance. Jurnal Ekonomi KIAT invites papers on a wide range of topics, including the following (but not limited on these topics area) : Accounting Business Management Capital market Business Law Taxation Information System
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017" : 7 Documents clear
Analisa Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Jambi Permata Tour dan Travel Gampo Haryono
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2017.vol28(2).2893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan di PT. Jambi Permata Tour dan Travel. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian berulang-ulang pada PT. Jambi Permata Tour dan Travel. Pengambilan sampel berdasarkan simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisa jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, karyawan, dan proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, promosi dan sarana fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Jambi Permata Tour dan Travel. This study aims to analyze the effect of the marketing mix on customer loyalty at PT. Jambi Permata Tour and Travel. The population of this study were all customers who made repeated purchases at PT. Jambi Permata Tour and Travel. Sampling was based on simple random sampling. Analysis of the data used is path analysis. The results showed that product, price, employee, and process had a significant effect on customer loyalty, place had no significant effect on customer loyalty, promotion and physical facilities had no significant effect on customer loyalty at PT Jambi Permata Tour and Travel.
ANALISIS LITERASI KEUANGAN PELAKU USAHA MIKRO DI KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU Susie Suryani; Azmansyah Azmansyah; Surya Ramadhan
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2017.vol28(2).2894

Abstract

Dalam kondisi perekonomian saat ini peran literasi keuangan menjadi sangat penting apalagi bagi para pelaku usaha. Para pelaku usaha harus melek finansial jika ingin meraih sukses dan kompetitif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota Pekanbaru dan menganalisis apakah pengaruh perbedaan gender, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi keuangan para pelaku usaha. Fokus jenis usaha yang diteliti adalah usaha perdagangan, dengan jumlah sampel 84 pelaku usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan cara memperoleh data melalui kuesioner. Sedangkan untuk melihat pengaruh perbedaan gender, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan terhadap tingkat literasi keuangan pelaku usaha adalah dengan menggunakan analisis Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan pelaku usaha terkategori cukup tinggi adalah sebesar 58,33%. Variabel yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan pelaku usaha adalah perbedaan gender dan tingkat pendidikan, sedangkan perbedaan tingkat pendapatan tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan para pelaku usaha.
ISLAMISASI KOPERASI SIMPAN PINJAM Nurhadi Hadi
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2017.vol28(2).2895

Abstract

Abstrak Perekonomian di Negara kita Indonesia mempunyai filosofis khusus yang berbeda dengan Negara lainya. UUD 1945, Bab XIV Pasal 33 ayat (1) yang memuat bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan (koperasi)”. Keberadaan umat muslim yang mayoritas tidak serta merta praktek perekonomian dalam masyarakat mengikuti kebanyakan idiologi keagamaan tersebut, tentu hal ini sangat miris, seolah-olah agama hanya tinggal nama tanpa perlu aplikasi walaupun hanya dalam kegiatan muamalah. Sebagai contoh koperasi sendiri yang di dirikan oleh umat muslim masih cenderung konvensional, yaitu adanya nilai-nilai ribawi yang masih terkandung dalam transaksi koperasi, karenanya penelitian ini mencoba mentransformasi dan merekontruksi ulang prinsip koperasi simpan pinjam, sehingga kegiatan transaksi simpan pinjam di koperasi mendapatkan keberkahan, sebab kehalalannya hasil transaski tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian library risert dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data mengenunakan deskriptif analisis serta anaisisnya memakai metode content analisis. Koperasi simpan pinjam pada umumnya menggunakan kontrak baku persentasi bunga (riba) untuk keuntungan dalam pijaman (kredit). Maka Islamisasi koperasi simpan pinjam adalah dengan mentransformasi dan merekontruksi ulang dengan cara menjelaskan secara jelas dan rinci dalam kontrak (akad) atau AD/ART, antara anggota dengan koperasi prinsip yang digunakan, yaitu prinsip mudharabah atau wadiah, untuk simpanan atau tabungan dan prinsip qardh al-hasan, mudharabah, murabahah (murabahah bil wakalah) dan ijarah (wakalah bil ujroh) untuk pinjman atau pembiayaan
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Zulhelmy M. Hatta; Lidia Zareva
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2017.vol28(2).2896

Abstract

This study aims to determine the effect of financial performance on corporate value which in this case is measured using the disclosure of corporate social responsibility, dependent commissioner, and institutional ownership as a moderating variable. Population in this research is Consumer Goods Industry company listed in Indonesia Stock Exchange during observation period year 2010-2012. Sample selection is done based on purposive sampling method with the aim to get the samples according to the purpose of research. Samples were taken as many as 21 companies with 63 samples from 2010 to 2012. The result of the research is ROA has significant effect to Tobins'Q with a significant probability of 0.000. While the analysis of moderating variables with MRA method known that CSR Disclosure is able to influence the relationship between ROA with Tobins'Q, Independent Commissioner is also able to influence the relationship between ROA with Tobins'Q and Institutional Ownership able to influence the relationship between ROA with Tobins'Q.
ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MEMILIH SUMBER FINANSIAL DI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU RIAU: Preferensi, Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Keuangan Konvensional Emkhad Arif
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2017.vol28(2).2897

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur preferensi masyarakat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dalam memilih sumber finansial. Sumber finansial yang dimaksud meliputi pembiayaan syariah dan konvensional, namun demikian kajian ini lebih menitik beratkan terhadap preferensi masyarakat kepada institusi keuangan syariah. Responden berjumlah 100 orang orang yang dipilih secara purposive yaitu masyarakat yang memiliki usaha di lingkungan Kecamatan Marpoyan Damai. Analisis data yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis deskriptif dan regresi logistik binary. Berdasarkan hasil analisis di atas maka didapati sebuah kesimpulan bahwasannya faktor yang mempengaruhi tingkat preferensi masyarakat di dalam memilih sumber finansial adalah faktor budaya masyarakat.
Peran Pengawasan Kerja dan Pengaruhnya Terhdap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Sri Indrastuti
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2017.vol28(2).2898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengawasan kerja dan pengaruhnya terhadap Disiplin Kerja Pegawai pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau. Alat analisis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif dan menggunakan SPSS Versi 20.0, populasi dalam penelitian ini berjumlah 137 orang dan sampel 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari analisis data yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan yaitu berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan responden tentang peran Pengawasan Kerja dan Disiplin Kerja pegawai pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau dalam kategori sangat baik. Dari hasil perhitungan Uji Hipotesis (Uji t) bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel independen dan variabel dependen dengan nil;ai signifikan 0,000 < 0,05. Dan diperoleh nilai R2 sebesar 0,611 atau 61,1 % (besarnya pengaruh pengawasan kerja terhadap disiplin kerja pegawai)
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Universitas Islam Riau Sebagai Tempat Belajar Syahdanur Amirsyah; Nicky Cholila
Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 28 No. 2 (2017): Desember 2017
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/kiat.2017.vol28(2).2899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh factor akreditasi, physical evidence, aktifitas mahasiswa, reputasi, referensi, lokasi dan alumni dalam memilih Universitas Islam Riau sebagai Tempat Belajar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan IBM SPSS 20.0 sebagai alat analisis penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F-statistikdan uji t-statistik dengan level of significance 5%. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa akreditasi, lokasi, alumni, physical evidence, referensi, reputasi, aktivitas mahasiswa berpengaruh secara simultan tehadap keputusan mahasiswa. Secara parsial bahwa variable akreditasi, lokasi, phisycal evidence, reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa sedangkan variabel alumni, referensi, dan aktivitas mahasiswa tidak berpengaruh signnifikan terhadap keputusan pembelian. Kemampuan prediksi ke-7 (tujuh) variable tersebut terhadap keputusan mahasiswa sebesar 0,766% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya Adjusted R square sebesar 76,6% sedangkan sisanya 23,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7