cover
Contact Name
siswadi
Contact Email
siswady12smile@gmail.com
Phone
+6285358389013
Journal Mail Official
pendidikan.matematikauniva@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No.10, Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara, Indonesia 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 26232332     EISSN : 27985474     DOI : https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.78
Core Subject : Science, Education,
FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan mempublikasikan laporan penelitian atau artikel tinjauan pustaka (hanya untuk kontributor yang diundang) tentang pendidikan matematika dan instruksionalnya untuk penulis dan pembaca di seluruh dunia FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian berikut, tetapi tidak terbatas pada bidang penelitian survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, penelitian tindakan kelas, Graph Theories and aplikasinya, Operation Research and aplikasinya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): FARABI" : 15 Documents clear
Penerapan Metode Backward untuk Menentukan Persamaan Regresi Linier Berganda pada Dugaan Tindak Pidana di Kota Binjai Vira Nevriza Yulianti; Pasukat Sembiring
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.425

Abstract

Tindak pidana pada hakikatnya adalah perilaku yang bertentangan dengan hukum, undang-undang, norma-norma sosial, dan nilai-nilai dalam masyarakat yang dapat merugikan dan mengancam keselamatan dan jiwa orang lain baik secara material maupun immaterial. Adapun yang termasuk dalam tindak pidana adalah penganiayaan, pencurian dengan pemberatan, KDRT, pencurian motor, penggelapan dokumen, dan penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan variabel-variabel bebas terhadap dugaan tindak pidana di Kota Binjai sehingga diperoleh persamaan regresi linier berganda dengan menggunakan Metode Backward. Metode Backward adalah metode eliminasi dimana semua variabel bebas diregresikan dengan variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis, penduga yang diperoleh adalah . Dengan Y merupakan jumlah dugaan tindak pidana, X2 merupakan pencurian dengan pemberatan, X4 merupakan pencurian motor. Hasil tersebut menunjukkan kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap dugaan tindak pidana di Kota Binjai, sehingga model regresi yang digunakan cukup baik untuk menduga dugaan tindak pidana di Kota Binjai.
Pengoptimalan Antrean Pelayanan Pasien Menggunakan Metode Monte Carlo di Puskesmas Labuhan Ruku Kabupaten Batubara Elma Peren Sirait; Suyanto Suyanto
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.427

Abstract

Antrean merupakan suatu kejadian seseorang harus menunggu gilirannya untuk mendapatkan pelayanan. Hampir semua pelayanan mengalami suatu antrean, termasuk pada pelayanan pasien BPJS Puskesmas Labuhan Ruku Kabupaten Batubara. Solusi untuk mengatasi waktu tunggu pasien dibagian pelayanan registrasi menggunakan model simulasi Metode Monte Carlo. Dalam model ini menggunakan aturan First Come First Service (M/M/2) : (FCFS/∞/∞) dan proses antrean yang digunakan adalah Multichannel - SinglePhase. Pengolahan data yang dilakukan adalah data selama 5 hari pada, 2 September 2020, 3 September 2020, 8 September 2020, 9 September 2020, 17 September 2020. Di penelitian ini terdapat 2 (dua) pelayanan. Total rata-rata waktu tunggu pasien yang diperoleh sebelum penerapan model simulasi Metode Monte Carlo selama 5 hari yaitu: 87,9442 menit. Dan setelah melakukan penerapan model simulasi Metode Monte Carlo dengan penambahan 1 dokter, total rata-rata waktu tunggu pasien dibagian registrasi yaitu: 7,9941 menit. Dari hasil analisis penelitian dengan simulasi Metode Monte Carlo di bagian pelayanan registrasi selama 5 hari dengan melakukan penambahan 1 dokter maka waktu tunggu pasien mendapatkan pelayanan menjadi lebih minimum.
Pencarian Rute Terbaik Pendistribusian BBM dari Terminal BBM ke SPBU Wilayah Kota Medan Menggunakan Algoritma Dijkstra dengan Logika Fuzzy sebagai Penentu Bobot pada Graf Muhammad Arif; James Piter Marbun
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.428

Abstract

Penelitian ini mengkaji sebuah permasalahan optimasi untuk masalah pencarian rute. Algoritma Dijkstra adalah salah satu varian bentuk algoritma popular dalam pemecahan persoalan terkait masalah optimasi pencarian lintasan terpendek sebuah lintasan yang mempunyai panjang minimum dari verteks a ke z dalam graf berbobot positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh rute terbaik jalur pendistribusian BBM dari terminal BBM menuju ke beberapa SPBU di Kota Medan. Data diambil berdasarkan data primer berupa data Terminal BBM, SPBU, peta jalan Kota Medan dari Google Maps dan survei kepadatan setiap jalan dapat disusun gambar jaringan jalan dan membentuk sebuah graf. Selanjutnya dari gambar graf dapat diperoleh rute terbaik menggunakan algoritma Dijkstra. Terdapat 2 parameter yaitu panjang jalan dan kepadatan jalan untuk menghasilkan bobot berupa kemacetan yang dihasilkan menggunakan logika Fuzzy. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh 7 rute terbaik untuk masing-masing SPBU yang direkomendasikan.
Metode IPA Sebagai Analisis Kepuasan Penggunaan BPJS Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Faskes di Lubuk Pakam Retno Budiarti; Asima Manurung
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.431

Abstract

Metode Importance Performance Analysis (IPA) ialah metode pengukuran kepuasan yang diterima oleh konsumen serta dapat digunakan untuk menganalisis performa suatu badan usaha maupun badan organisasi. Penelitian berikut dilakukan guna mengetahui tingkat kepuasan para pengguna BPJS Kesehatan pada pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan di Lubuk Pakam. Penelitian dilakukan di pusat-pusat fasilitas kesehatan yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan di Lubuk Pakam seperti Rumah Sakit, Klinik dan Apotik dengan menyebar kuesioner penelitian sebanyak 70 kuesioner kepada para pengguna BPJS Kesehatan yang mendapatkan pelayanan pada Fasilitas Kesehatan di Lubuk Pakam. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa hasil skor adalah sebesar 3.35 untuk kepuasan konsumen maka berdasarakan indeks kepuasan konsumen pada skor ini konsumen yaitu para pengguna BPJS Kesehatan merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan di Lubuk Pakam bagi para pengguna BPJS Kesehatan. Didapat pula hasil skor nilai harapan konsumen (expected service) lebih besar dibanding dengan nilai pelayanan yang diterima (perceived service) yang menandakan pelayanan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan tergolong belum ideal serta belum memuaskan konsumen sepenuhnya.
Analisis Regresi Logistik untuk Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten/Kota di Pulau Nias rahel herina situngkir; Pasukat Sembiring
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.432

Abstract

Regresi logistik adalah metode yang mendeskripsikan korelasi antara satu atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel terikat yang bersifat binary. Kesejahteraan masyarakat merupakan konsep multi indikator yang menunjukkan ukuran keberhasilan pembangunan suatu wilayah. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator yang digunakan dalam mengukur kesejahteraan dan keberhasilan pembangunan. Menurut data BPS pada tahun 2020, wilayah di kepulauan Nias memiliki angka IPM yang rendah bila dibandingkan dengan wilayah lain di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di Pulau Nias dengan menggunakan regresi logistik biner. Metode regresi logistik dipilih karena variabel terikat pada penelitian ini bersifat kategori yaitu tidak sejahtera (0) dan sejahtera (1). Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemiskinan (X1), gini ratio/ketimpangan pendapatan (X2), pengangguran (X3), keluhan kesehatan (X4), pertumbuhan ekonomi (X5). Dari hasil penelitian faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat yang ada di Pulau Nias adalah ratio gini atau ketimpangan pendapatan, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi. Dengan model regresi logistik yang terbentuk adalah g(x) = 2,781 - 0,022 X1 - 1,901 X2 - 2,783 X3 - 0,701 X4 + 1,654 X5. Dalam regresi logistik, cara untuk menginterpretasikan koefisien adalah odds ratio. Pada penelitian ini, odds ratio yang paling besar dihasilkan oleh variabel pertumbuhan ekonomi, maka dapat dikatakan pertumbuhan ekonomi merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat di Pulau Nias.
Analisis Statistik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat dalam Menggunakan Layanan PT Pos Indonesia (PERSERO) Elvin Juliani Gulo; Asima Manurung; Parapat Gultom; Open Darnius
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.433

Abstract

Analisis faktor adalah salah satu metode multivariat yang digunakan untuk menemukan faktor-faktor yang menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen dengan menganalisis variabel-variabel yang diduga memiliki keterkaitan satu sama lain. Pada penelitian ini, analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat Kota Gunungsitoli dalam menggunakan layanan PT Pos Indonesia (Persero) berdasarkan konsep Service Marketing Mix (Bauran Pemasaran Jasa) 7P. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 6 faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat dalam menggunakan layanan PT Pos Indonesia (Persero) yaitu Faktor Promosi (19,935%), Faktor Harga (13,544%), Faktor Produk (11,493%), Faktor Kurlog (8,214%), Faktor Lokasi (7,102%) dan Faktor Proses (6,410%). Keenam faktor tersebut memberikan proporsi keragaman kumulatif sebesar 66,968% artinya keenam faktor tersebut dapat mempengaruhi minat masyarakat Kota Guunungsitoli sebesar 66,968% dan sisanya dapat dipengaruhi faktor-faktor lainnya yang tidak teridentifikasi dalam model ini.
Penentuan Strategi Pemasaran Optimum dengan Teori Permainan pada Marketplace (Studi Kasus: Persaingan Shopee dan Lazada) Nanda Febri Yani Sitio; Zahedi Zahedi
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.434

Abstract

Gaya belanja masyarakat mengalami pergeseran ditandai dengan marketplace dan e-commerce yang mengalami pertumbuhan. Sangat banyak pilihan marketplace yang dapat diakses masyarakat dengan mudah. Dengan banyaknya marketplace ini, banyak yang harus dipersiapkan oleh setiap marketplace agar memenangkan suatu persaingan dan selalu mempertahankan eksistensinya. Dengan demikian, setiap marketplace harus memikirkan dan menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Teori permainan merupakan satu cara yang digunakan dalam menganalisa strategi pemasaran tersebut. Teori permainan merupakan model matematika yang dipergunakan pada situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Pada dasarnya teori permainan adalah suatu studi interaksi strategi antara pemain dalam menentukan strategi terbaik dan nilai yang akan diterima. Salah satu unsur dasar dalam teori permainan adalah pemecahan setiap kasus teori permainan, yaitu matriks pay off ditampilkan pada tabel matriks permainan. Dengan menggunakan program linier dan dibantu aplikasi POM QM 5.3, maka didapatkan nilai permainan optimal antara Shopee dan Lazada adalah sebesar 4,6666. Dimana strategi optimum untuk Shopee dengan menggunakan strategi campuran, yaitu strategi promosi, strategi voucher diskon, dan strategi kemudahan transaksi. Dan strategi optimum untuk Lazada dengan menggunakan strategi campuran, yaitu strategi harga, strategi promosi, dan strategi voucher diskon.
Model Goal Programming Untuk Mengoptimasi Penjadwalan Perawat Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Eiby Valentine; Syahriol Sitorus
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.436

Abstract

Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara memiliki bagian pelayanan keperawatan yang mengemban tanggung jawab untuk meningkatkan kinerja pelayanan rumah sakit dan sering dianggap sebagai salah satu sektor terpenting dari keseluruhan pelayanan kesehatan pada rumah sakit tersebut. Baik buruknya pelayanan keperawatan dapat dikatakan sangat berkaitan dengan baik buruknya sistem penjadwalan kerja. Sebagaimana terlihat pada sistem penjadwalan di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara dimana pada awalnya hanya mengandalkan kemampuan kepala perawat untuk membuat penjadwalan secara manual sehingga terdapat beberapa kekurangan yaitu ketidakseimbangan jadwal dan timbulnya kecemburuan di antara perawat yang mempengaruhi kinerja pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan solusi dalam mengatasi masalah penjadwalan manual dengan menerapkan model nonpreemptive goal programming yang dapat menyusun jadwal perawat berdasarkan pertimbangan aturan rumah sakit (kendala utama) dan preferensi perawat (kendala tambahan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah goal programming dimana aturan-aturan penjadwalan dimodelkan dalam bentuk persamaan dan pertidaksamaan matematika untuk diselesaikan dengan model nonpreemptive goal programming melalui proses komputasi menggunakan software LINGO 18.0. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya jadwal yang optimal untuk periode waktu 31 hari kerja sesuai dengan aturan rumah sakit dan preferensi perawat dengan meminimalkan variabel deviasi pada ketiga kendala tujuan.
Implementation of the Just In Time Method to Efficient Production Costs (Literature Review Study) Gita Shyntia Lumbantobing; Putri K Nasution
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.438

Abstract

In production activities, the problem of inventory is one thing that must be considered in order to avoid waste in the production process. This study shows the control of raw material inventory in a production to get the optimal level of inventory. The just in time (JIT) method reduces the amount of inventory so that it can reduce costs as efficiently as possible. Inventory control with the just in time (JIT) method is the development of the economic order quantity (EOQ) method by reducing shipping lots. Based on this research, it is known that with the same data, using just in time (JIT) the costs incurred are smaller than the costs incurred previously. Costs previously incurred were Rp. 14,019,680.00 using economic order quantity (EOQ) the costs incurred were Rp. 8,497,593,00 while using just in time (JIT) the costs incurred were Rp. 3,800,239, 00 From these results it can be seen that with the just in time (JIT) method the production costs incurred are more efficient. The solution using the just in time (JIT) method is done with the help of MATLAB software.
Analysis of Patient Satisfaction on Disease Polyclinic Services in Pirngadi General Hospital with Fuzzy Service Quality Method Maisria Yela; Suyanto Suyanto
FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2023): FARABI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/farabi.v6i1.439

Abstract

The needs and demands of patients for health services are one of the basic needs. The hospital must know the extent of patient satisfaction with the services provided by the hospital. The purpose of this study was to determine patient expectations for the services received and find out what are the priority improvements to improve the quality of service at Pirngadi Hospital. The method used in this study is the servqual approach combined with fuzzy theory so that the measurement of perceptions and expectations of patients can be measured accurately. The highest gap value is the reliability dimension of -28,17. Thus it can be seen that the reliability dimension is a concern to be able to improve the quality of service especially in ways and attitudes of health workers in serving patients which has the highest gap value of -31,25 of all question variables.

Page 1 of 2 | Total Record : 15