cover
Contact Name
Muhammad Anas Maarif
Contact Email
anasdt16@gmail.com
Phone
+6287763301998
Journal Mail Official
jurnalattadrib@gmail.com
Editorial Address
Kampus Staida Lt. 1 Jl. Kh, Syafi`i Gg Syaikuna Suci Manyar Gresik, Post Code, 61151, Phone: 087763301998 Email: attadrib.staida@gmail.com
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 25993194     EISSN : 27758109     DOI : https://doi.org/10.54069/attadrib
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is published by the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, STAI Daruttaqwa Manyar Gresik in collaboration with Indonesian Islamic Elementary Education Lecturers Association (Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia). Publishing twice a year, in April and October, and already have a registration number p-ISSN: 2599-3194 and e-ISSN: 2775-8109
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak" : 7 Documents clear
Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Ulfatur Rizko; Muhammad Hifdil Islam; Choerul Anwar Badruttamam
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i1.346

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah mengetahui kegunaan barang bekas  yang bisa di manfaatkan untuk di jadikan media pembelajaran kreatif, dan untuk mengetahui kelebhan dan kekurangan dalam mengggunakan media dari Barang bekas, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan kreativitas guru. Dalam penelitian ini, barang bekas yang di gunakan adalah kardus, tutup botol, kertas dan plastik bekas. Media pembelajaran mempunyai peranan yang begitu penting. Dengan media pembelajaran guru dapat menggunakannya menjadi alat bantu untuk memberikan materi pembelajaran. Pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pengurangan dan perkalian pada siswa kelas II  MI Ihyaul Islam 1 membutuhkan adanya media pembelajaran. Sehingga dengan penggunaan media, siswa mampu memahami dan menghitung ketika dua bilangan bersusun. Penggunaan media Caseme P3 terbuat dari barang bekas yang tidak di pakai seperti kardus, tutup botol kertas dan plastik dapat meningkatkan kreativitas pada siswa. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ihyaul Islam 1 Kelas II Desa Puspan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo pada 11 Januari tahun pelajaran 2022/2023 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peenggunan media Caseme P3 dengan menggunakan barang bekas siswa dapat menguasai materi pembelajaran yang di berikan tenaga pendidik serta mampu meningkatkan minat belajar. selain itu media pembelajaran tersebut mengurangi sampah yang ada di sekitar lingkungan.
Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah Delfi Mufidatul Helwah; Kustiani Arisati; Nani Zahrotul Mufidah
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i1.354

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui solusi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan hambatan dan faktor pendukung .Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Adapun faktor pendukung terlaksananya kegiatan belajar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan adalah adanya minat belajar Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MI Nurul Islam Alaspandan  yaitu  Struktural Analitik Sintetik (SAS),membaca menggunakan papan belajar bergambar, strategi membaca  didalam kelas.
Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar Ervi Rahmadani; Muhammad Zuljalal Al Hamdany
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i1.368

Abstract

Permasalahan terkait penurunan nilai karakter yang terjadi di dunia pendidikan saat ini merupakan suatu fenomena yang harus segera diatasi diantaranya, hilangnya rasa patuh pada guru, kurangnya sikap disiplin dan mulai memudarnya sikap jujur. Oleh karena itu dibutuhkan program untuk mengembangkan dan mendidik karakter peserta didik, salah satunya melalui Program Penguatan Karakter (PPK) di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari lima nilai-nilai PPK di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas 5 di SDN 51 Sumarambu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terdapat pengimplementasian dari kelima nilai PPK di SDN 51 Sumarambu. Diantaranya, implementasi nilai religius melalui kegiatan rutin salat duha berjamaah setiap hari Sabtu. Implementasi nilai nasionalis melalui kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan peringatan hari nasional lainnya. Implementasi nilai gotong royong melalui kegiatan Jumat Bersih di lingkungan sekolah. Implementasi nilai integritas melalui kejujuran kepada peserta didik, serta implementasi nilai mandiri dengan pembiasaan mengerjakan ujian tanpa menyontek. Pengimplementasian kelima nilai PPK dilakukan melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru.
Analisis Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dengan Teknik Whole Brain Teaching (WBT) Siti Rohmah; Khusna Widhyahrini; Maslikhah Maslikhah
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i1.376

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui perencanaan penggunaan model VAK dengan Teknik WBT; melihat bagaimana keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran; serta bagaimana evaluasi kemandirian belajar melalui model pembelajaran VAK dengan teknik WBT dapat meningkat. Metode yang digunanakan yaitu desain deskriptif kualitatif melalui studi kasus. Data yang diteliti didapat melalui wawancara, observasi, tes/angket, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan hasil yaitu: Pertama, rencana dalam rancangan kegiatan belajar-mengajar berjalan dengan tahap-tahap yang sistematis sesaui diharapkan melalui model VAK dengan teknik WBT, tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua, Pelaksanaan dan penerapan dalam penyampaian materi ditunjukkan melalui video yang kemudian diliat, dibaca dan dipahami oleh siswa melalui power point, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Ketiga, Evaluasi dan peningkatan kemandirian dalam belajar dapat dilakukan dengan diskusi kelompok, pemberian tugas, praktik secara langsung, dan pemberian soal latihan. Hasil evaluasi pada kelas VA menunjukkan bahwa hasil belajar siswa memeroleh peningkatan yaitu dari yang semula 60% menjadi 85% setelah menggunakan model pembelajaran VAK dengan teknik WBT, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil evaluasi belajar yang sangat baik karena terlaksanaya kemandirian dalam belajar. Sedangkan hasil evaluasi selama proses pembelajaran pada kelas VB setelah menggunakan model VAK dengan teknik WBT terjadi penurunan dari yang semula 50% menjadi 45%, hal ini menjadi bukti bahwa adanya penggunaan model VAK dengan teknik WBT pada pembelajaran IPA tidak dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hasil perolehan belajar juga dilihat pada peningkatan rata-rata nilai hasil pre test 70,26 dengan persentase 60% dan 68,78 dengan persentase 50% siswa tuntas belajar dan hasil rata-rata nilai post test yaitu 93,25 persentase 85% dan 77,4 persentase 45% siswa selesai belajar.  
Gaya Kognitif Field Independent Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran Niken Septantiningtyas; Subaida Subaida
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i1.378

Abstract

The purpose of this study is to describe how the character of the field independent cognitive style of students as a control focus of their learning on aswaja learning at MI Miftahul Khoir. This study used a qualitative approach with a descriptive research type. The research data collection technique used 3 instruments, namely observation, and students' cognitive style tests through the GEFT (Group Embedded Figure Test) which included 16 items regarding control of student learning focus. The data analysis technique uses the Miles and Huberman Interactive Model with data reduction activities, data presentation, and drawing conclusions. Data validity with source and technique triangulation process. The results show that the independent field cognitive style identified by MI teacher Miftahul Khoir that out of 15 grade IV students, there are 13 students with the field independent cognitive style category and 2 students with the field dependent cognitive style category. So, it was concluded that classically as much as 86% of fourth grade students have a field independent cognitive style that is able to control student learning focus. The conditions and observations seen from students with field independent cognitive styles have characteristics in controlling the focus of their learning such as concentration of attention, verbal response, active giving statements, answering questions, and psychomotor responses. So, with this cognitive style, students are able to make it a focus control in learning and able to prove its position as a productive learning subject, not a passive-static object in learning.
Teacher Creativity in Classroom Management to Improve Students' Learning Ability Neng Lia Yulianengsih
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i1.383

Abstract

The purpose of this research is (1) to find out how much the correlation between the creativity of Islamic Religious Education teachers and student achievement. (2) To find out how big the correlation is between the ability to manage classes with student achievement. (3) To find out how big the correlation is between the creativity of Islamic Religious education teachers and the ability to manage classes with the learning achievement of class V Islamic Religious Education students at Lengkong Kuningan 3 Public Elementary School. The data collection techniques used were: Questionnaire Distribution, Observation, and Documentation, then after all the data was obtained, it was analyzed with SPSS 16.00 for windows. The results showed that the creativity of Islamic religious education teachers and the ability to manage classes had an effect of 30.56% on student achievement in the field of Islamic religious education at Lengkong Kuningan 3 Public Elementary School, while the other 60.54% based on observations were influenced by several factors, including internal and external factors.
The Effect of Using the Sharing Application (Tik-Tok) on the Character Development of Elementary School Children Fatmawati Nur Hasanah; Kristiyah Kristiyah
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 1 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i1.400

Abstract

The development of information technology has changed people's lives in all civilizations and cultures. One of the various and most favorite social media for elementary school children today is the sharing application "Tik-Tok". The use of the "Tik-Tok" application is felt as a means to prevent children from getting bored in between activities. Apart from eliminating boredom, the "Tik-Tok" application also has a big impact on children's character development. This study aims to determine the level of use of the Tik-Tok sharing application in elementary school-age children, to determine the level of character development of elementary-age children, and to determine the impact of using the Tik-Tok sharing application on the character development of elementary school-age children in Klidang Wetan Village, District Batang, Batang Regency. This research approach through a quantitative approach to the type of field research. This research data collection techniques through observation methods, survey methods and documentation methods. The number of samples consisted of 115 students in grades IV, V and VI of SDN Klidang Wetan, Batang District, from a total population of 161. The results showed that the use of the Tik-Tok Sharing Application in Klidang Wetan Village, Batang District, was included in the high criteria. Meanwhile, the level of character development of elementary school children in Klidang Wetan Village is included in the high criteria. In addition, the effect of using the Tik-Tok Sharing Application affects character development. The coefficient (R) obtained from the statistical test is 0.386 and the coefficient of determination R-square is 0.149. In short, the transformative effect of using the Tik-Tok Sharing Application on the character development of Elementary School-aged children is 14.9%, the remaining 85.1% is the influence of other factors.

Page 1 of 1 | Total Record : 7