cover
Contact Name
Muhammad Anas Maarif
Contact Email
anasdt16@gmail.com
Phone
+6287763301998
Journal Mail Official
jurnalattadrib@gmail.com
Editorial Address
Kampus Staida Lt. 1 Jl. Kh, Syafi`i Gg Syaikuna Suci Manyar Gresik, Post Code, 61151, Phone: 087763301998 Email: attadrib.staida@gmail.com
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 25993194     EISSN : 27758109     DOI : https://doi.org/10.54069/attadrib
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is published by the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, STAI Daruttaqwa Manyar Gresik in collaboration with Indonesian Islamic Elementary Education Lecturers Association (Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia). Publishing twice a year, in April and October, and already have a registration number p-ISSN: 2599-3194 and e-ISSN: 2775-8109
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Pendidikan Dasar Anak" : 2 Documents clear
Peran dan Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa SD Kelas Rendah Jihan Fitri Syahrani; Danang Dwi Basuki
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 2 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i2.525

Abstract

The difficulty of learning to read is one of the problems in the learning of low-grade elementary school students. Difficulty in learning to read is a problem that teachers and parents should not take lightly. The role of the teacher is very important in overcoming this. The method used in this research is the descriptive qualitative method. Data collection was carried out through structured interviews to explore the data needed in the research. Based on the results of the study, it was shown that there were several factors that influenced students to experience difficulties in learning to read, including family factors, internal factors, cellphone factors, and environmental factors. In addition, students who have difficulty learning to read can have a negative impact on their academics. Efforts made by teachers vary, ranging from using interesting methods such as literacy methods, reading corners, and conducting additional classes to learn to read.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Karmila Rianda; Siskha Putri Sayekti
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 2 (2023): Pendidikan Dasar Anak
Publisher : Program Studi PGMI STAI Daruttaqwa Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54069/attadrib.v6i2.526

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode berbasis proyek digunakan oleh penulis sebagai model pembelajaran yang kooperatif dan dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa, dengan tujuan memfasilitasi proses berpikir yang bebas dan kreatif. Melalui partisipasi siswa, penelitian ini bertujuan untuk membantu mereka memahami realitas kehidupan dari tingkat konkret hingga abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai strategi yang efektif dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa pada setiap mata pelajaran Fiqih di Yayasan Mawthinu Aasyiqil Qur’an. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus PTK yang melibatkan siswa sebagai partisipan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Dalam pendekatan pembelajaran berbasis proyek, fokus diberikan pada penerapan konsep-konsep Fiqih melalui proyek nyata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan psikomotorik siswa setelah melalui beberapa siklus PTK. Dalam siklus 1 pertemuan ke-1 dan siklus 1 pertemuan ke-2 mengalami keningkatan keterampilan psikomotorik sebanyak 30%, dan pada siklus 2 pertemuan ke 2 mengalamu kenaikan keterampilan psikomotorik sebanyak 90%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran berbasis proyek ini berhasil dan dapat terlihat pada kenaikan siklus 1 dan siklus 2 mengalami kenaikan keterampilan psikomotorik siswa sebanyak 25%. Temuan ini memberikan bukti bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek pada metode PTK sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di Yayasan Mawthinu Aasyiqil Qur’an, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif di masa depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 2