cover
Contact Name
Nazamuddin
Contact Email
nazambs@yahoo.com
Phone
+6281360049074
Journal Mail Official
asmawati_husaini@yahoo.co.id
Editorial Address
Gedung Majelis Pendidikan Aceh Jl. T. Nyak Arief No. 221 Kota Banda Aceh, Aceh 24415
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
PENCERAHAN
ISSN : 1693777     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan Cakupan Pencerahan adalah jurnal double-blind peer review yang mempublikasikan artikel ilmiah yang terkait dengan semua aspek tentang pendidikan di Indonesia dan negara-negara berkembang. Pencerahan menganjurkan para dosen, guru, dan praktisi pendidikan lainnya untuk mempublikasikan hasil penelitian, ulasan, pengalaman, dan gagasan di bidang pendidikan. Topik-topik yang terkait dengan jurnal ini termasuk tetapi tidak terbatas pada: Kebijakan Pendidikan Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Pengawasan Pendidikan Sumber Daya Pendidikan Implementasi, Evaluasi & Pengembangan Kurikulum Metode Pengajaran dan Pembelajaran Aplikasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2019): PENCERAHAN" : 3 Documents clear
AKREDITASI SEKOLAH, NILAI UNBK DAN ULASAN ONLINE MENGHADAPI GLOBALISASI DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI ACEH M. Iqbal
PENCERAHAN Vol. 13 No. 1 (2019): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi digital berkembang begitu cepat dan terus merubah kebiasaan manusia dalam menyelesaikan permasalahannya dalam berbagai bidang. Begitu juga dalam bidang pendidikan, semakin banyak pendidikan di luar sekolah secara online yang mampu memberikan solusi yang bermanfaat dan kreatif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam menunjang proses belajar. Badan Akreditasi Nasional sebagai pelaksana akreditasi di Indonesia telah melakukan banyak hal dalam melakukan pengembangan dalam proses penilaian sebuah lembaga pendidikan sesuai dengan standar penilaian akreditasi. Nilai ujian nasional juga terkadang menjadi ukuran keberhasilan sebuah institusi pendidikan. Namun dengan hadirnya perkembangan revolusi industri 4.0, dalam bidang pendidikan juga ikut mempengaruhi publik untuk menilai suatu institusi pendidikan dengan cara baru. Perangkingan sebuah lembaga pendidikan memasuki era baru dengan hadirnya penilaian publik dalam aplikasi tertentu dan memiliki fitur ulasan online yang memudahkan masyarakat dalam menentukan penilaian lembaga publik di suatu daerah. Kehadiran fitur tersebut semakin memudahkan dan mendorong berbagai pihak untuk terus mengembangkan diri dengan cara baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara nilai akreditasi sekolah dan nilai ujian nasional dengan ulasan online, dengan fokus pada sekolah di Aceh sebagai studi kasus serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam menghadapi penilaian publik dalam bentuk ulasan online seiring dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Untuk membangun sistem penilaian publik yang baik terhadap sekolah, kita perlu melakukan pengembangan pada Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar PTK, Standar Sarpras, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian sesuai dengan prinsip akreditasi sekolah sehingga terus meningkatkan partisipasi dan penilaian ulasan online untuk seluruh sekolah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat erat antara nilai akreditasi sekolah, nilai ujian nasional dan ulasan online. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah harus segera berbenah sebelum memperoleh ulasan yang kurang baik dari publik, sebuah institusi pendidikan akan dinilai oleh publik secara langsung tanpa dijembatani oleh organisasi tertentu seperti sebelumnya, masyarakat dapat langsung mengakses setiap informasi secara mendetail tentang sebuah institusi dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya. Sebuah masukan publik menjadi masukan yang sangat berarti untuk sebuah institusi disamping proses akreditasi yang juga harus terus dilakukan dengan kualitas yang semakin baik.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN IPS Tata Aprianita; Nana Suraiya; Nazaruddin
PENCERAHAN Vol. 13 No. 1 (2019): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki tanggapan siswa terhadap penggunaan LKPD berbasis PBL dalam mata pelajaran IPS yang telah dilakukan di SMP 8 Banda Aceh serta efektivitas penggunaan LKPD berbasis PBL pada bidang social. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari lembar kerja peserta didik (LKPD), kuesioner untuk tanggapan siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan menggunakan observasi, validasi LKPD, dan melakukan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi analisis validasi LKPD, analisis tes hasil belajar, kuisioner untuk respons siswa serta analisis efektivitas menggunakan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan LKPD berbasis PBL dalam proses pembelajaran, mereka merasa senang menggunakan LKPD. Disamping itu, siswa mengklaim menggunakan LKPD dalam proses pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan dan lelah serta memudahkan siswa untuk memahami dan menerima materi yang diberikan oleh guru. Selanjutnya penggunaan LKPD efektif dalam mata pelajaran IPS di SMP 8 Banda Aceh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan LKPD sangat baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu sebesar 87,05.
DODAIDI: BUDAYA MENGAYUNKAN ANAK DALAM MASYARAKAT ACEH (PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA) Tuti Marjan Fuadi; Riki Musriadi; Usman; Syarifah Farissi
PENCERAHAN Vol. 13 No. 1 (2019): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap anak yang lahir ke dunia ini dibekali dengan akal yang sempurna. Namun dalam perjalanan hidup anak-anak mengalami beragam intervensi dari lingkungannya yang berpengaruh signifikan dalam proses perkembangannya. Oleh karena itu, pendidikan dari dalam rumah merupakan langkah awal yang dibutuhkan untuk membentuk karakter yang baik. Dalam tradisi masyarakat Aceh, kehidupan seorang anak pada masa-masa awal kelahirannya diwarnai oleh syair-syair yang dilantunkan oleh ibunya pada saat dalam ayunan. Syair-syair ini digunakan untuk memperhalus rasa dan budi pekerti mereka. Syair-syair itu biasanya berisi nasehat yang mendidik seperti syair lagu dodaidi. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan makna syair dodaidi, memaparkan aspek pedagodis yang terkandung di dalamnya, dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan menurut perspektif Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka menggunakan metode hermeneutika filosofis dengan tahapan-tahapan, pertama, mengumpulkan data dan literatur terkait seperti muatan syair-syair dodaidi dan butir-butir pemikiran Ki Hadjar Dewantara, kedua, menganalisis dan menstrukturkan hasil analisis secara sistematis berbasis pada metode deskriptif, interpretatif dan reflektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa syair-syair dodaidi mengandung pesan-pesan penting yang berguna untuk membentuk karakter yang baik, dan diyakini memiliki pengaruh dalam proses pembentukan karakter anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 3