cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
EDITORIAL BOARD Journal MANAJERIAL (Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Editor in Chief Dr. Muhamad Suhardi, M.Pd (universitas Pendidikan Mandalika) Journal Editor Dr. Haromain, M.Pd (Universitas Pendidikan Mandalika) Dr. Ismail , M.Pd (Universitas Syiah Kuala) Section Editor Dr. Adisel, M.Pd (UIN Bengkulu) Reviewer/Mitra Bestari Dr. Zainal Abidin, M.Pd (Universitas Hamzanwadi) Dr. Hegar Harini, M.Pd (STKIP Kusuma Negara) Dr. Ahmad Gaudi, M.Pd (STKIP Lubuk Linggau) Lalu Hamdian Afandi, M.Pd ( Universitas Mataram) Nada Nazopah, M.Pd (STIT Al Aziziyah) Copy Editor Lalu Hamdian Afandi, M.Pd Online Journal System: https://www.jurnalp4i.com/index.php/manajerial/index Journal Coresponding e-mail: jurnal.P4I@gmail.com Phone: 085239967417/ 085236615827 Address: Lingkungan Handayani, Kel. Leneng, kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan
MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education Management and Supervision
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 13 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH BERBASIS KOMUNIKASI DI SMAN 11 TEBO TAHUN AJARAN 2019/2020 WITENTIRELI WITENTIRELI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1023

Abstract

This psychological social need can be in the form of good communication between researchers and head teachers, teachers and principals as leaders of educational institutions. In an effort to help solve these problems, the researchers offer a form of administrative communication supervision. The results of the implementation of this administrative communication supervision are suspected to make the school situation more conducive, especially if it is supported by an adequate work environment. This research is a school action research conducted in 3 cycles. Each cycle goes through stages of planning, action, observation and reflection. The purpose of this study was to increase the work motivation of SMA Negeri 11 Tebo teachers through Administration-Based Principal Supervision in Semester I of the 2019/2020 Academic Year. The fact proves that Administration-Based Principal Supervision can increase teacher work motivation, because it is able to clarify the teacher's duties in carrying out school management which will always be developed by teachers in carrying out their professional duties. This can be proven based on research data from cycle I to cycle III: Cycle I The highest score is 124. The lowest score is 86. The average score is 107.6. Cycle II The highest score is 140. The lowest score is 106. The average score is 127.7. Cycle III Highest score 172. Lowest score 140. Average score 160.6. ABSTRAKKebutuhan sosial psikologis ini bisa berupa komunikasi yang baik antara peneliti dengan kepala guru, guru dengan kepala sekolah selaku pimpinan lembaga pendidikan. Sebagai upaya membantu memecahkan masalah tersebut, maka peneliti menawarkan suatu bentuk supervisi komunikasi administrasi. Hasil dari pelaksanaan supervisi komunikasi administrasi ini ditengarai menjadikan situasi sekolah menjadi lebih kondusif apalagi jika didukung adanya lingkungan kerja yang memadai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus melalui penatahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi kerja guru SMA Negeri 11 Tebo melalui Supervisi Kepala Sekolah Berbasis Administrasi pada Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Kenyataan membuktikan bahwa Supervisi Kepala Sekolah Berbasis Administrasi dapat meningkatkan motivasi kerja guru, karena mampu memperjelas tugas guru dalam melaksanakan manajemen sekolah yang akan selalu dikembangkan guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data hasil penelitian dari siklus I sampai dengan siklus III: Siklus I Skor tertinggi 124. Skor terendah 86. Skor rata-rata 107,6. Siklus II Skor tertinggi 140. Skor terendah 106. Skor rata-rata 127,7. Siklus III Skor tertinggi 172. Skor terendah 140. Skor rata-rata 160,6.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI SUPERVISI TAHUN 2021 DI MTS IBNU TAIMIYAH SINGKAWANG SOBARI SOBARI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1035

Abstract

This study aims to obtain information on the extent of efforts to increase teacher competence in preparing lesson plans through academic supervision by the principal of MTs Ibnu Taimiyah Singkawang for the 2020/2021 academic year. The research subjects were teachers of MTs Ibnu Taimiyah with a total of 13 people. This research took place in 2 cycles. Based on the analysis of the first cycle, data regarding the quantity of RPP was 69.32% in terms of the quality of the RPP. The results of the RPP were analyzed by researchers, only 46.1% (6 people) of teachers who had RPP were considered good, while 23.1% (3 people) ) teachers who have good RPP quality and 30.8% (4 people) teachers who have poor RPP quality. From the reflection of the first cycle, it was obtained that the quality of the lesson plans had not yet reached the established research indicators, thus the research was continued to the second cycle and the results of the quantitative analysis were 100% of the teachers compiling the lesson plans, the assessment of the quality of the lesson plans had increased. This can be seen from the number of teachers who are able to prepare lesson plans properly and correctly, 92.31% (12 people) in the good category and teachers who are able to prepare lesson plans at 7.69% (1 person) in the sufficient category. From the results of the quality of lesson plans, it can be concluded that the implementation of continuous academic supervision can improve the ability of teachers in preparing lesson plans and the research indicators have been exceeded, namely 85.71% of teachers who have good quality lesson plans. In terms of analyzing/testing the authenticity of the RPP compiled by the teacher, the results show that the RPP collected by the teacher is original. This can be seen by the large number of teachers who are able to carry out learning according to the plan made with a percentage of 92.31% in the category according to the average value of 85.00. Through the reflection of cycle II, the results have reached the indicators of success in this research. Thus, continuous academic supervision can improve teacher competence in preparing lesson plans at MTs Ibnu Taimiyah for the academic year 200/2021 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi sejauh mana upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui supervisi akademik oleh kepala sekolah MTs Ibnu Taimiyah Singkawang Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru MTs Ibnu Taimiyah dengan jumlah 13 orang. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Berdasarkan analisis siklus I diperoleh data mengenai kuantitas RPP sebesar 69,32% dari segi kualitas RPP diperoleh hasil RPP-nya dianalisa oleh peneliti, hanya 46,1% ( 6 orang) guru yang memiliki RPP dinilai baik, sedangkan 23,1% (3orang) guru yang memiliki kualitas RPP cukup baik dan 30,8% (4 orang) guru yang memiliki kualitas RPP kurang baik Dari refleksi siklus I diperoleh hasil kualitas RPP yang belum mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dengan demikian penelitian dilanjutkan ke siklus II dan diperoleh hasil analisis secara kuantitas 100% guru menyusun RPP ,penilaian secara kualitas RPP mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari jumlah guru yang mampu menyusun RPP dengan baik dan benar sebesar 92,31% (12 Orang) kategori baik dan guru yang cukup mampu menyusun RPP sebesar 7,69% (1 Orang) kategori cukup. Dari hasil kualitas RPP dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan indikator penelitian telah terlampaui yaitu 85,71% guru yang mempunyai kualitas RPP dengan kategori baik. Adapun dari segi menganalisa/menguji keaslian RPP yang disusun oleh guru diperoleh hasil bahwa RPP yang dikumpulkan guru adalah bersifat original. Hal ini terlihat dengan cukup besarnya guru yang mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang dibuat dengan persentase 92,31% kategori sesuai dengan nilai rata-rata 85,00. Melalui refleksi siklus II diperoleh hasil yang sudah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Dengan demikian supervisi akademik yang berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP di MTs Ibnu Taimiyah Tahun Pelajaran 200/2021.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI EVALUASI MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI ANWAR MUSADDAD
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1067

Abstract

This study aims to improve teacher competence in compiling evaluation administration through academic supervision at SMA Negeri 9 Jambi City Jambi Province for the 2019/2020 academic year. The type of research used is school action research with four stages of research, namely planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected using observation and documentation methods and then analyzed using descriptive quantitative methods. The results of observations on the administration of the assessment were obtained in the sufficient category. In the first cycle the value is in the good category. In the second cycle is in the very good category. It can be concluded that the implementation of academic supervision has been proven to improve the ability of teachers at SMA Negeri 9 Jambi City, Jambi Province for the 2019/2020 academic year in preparing evaluation administration. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi evaluasi melalui supervisi akademik di SMA Negeri 9 Kota Jambi Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah dengan empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil observasi terhadap administrasi penilaian diperoleh berada pada kategori cukup. Pada siklus I nilai masuk dalam kategori baik. Pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru SMA Negeri 9 Kota Jambi Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menyusun administrasi evaluasi.
UPAYA PENINGKATAN KETERLAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN MELALUI OPTIMALISASI PERAN KOMITE SEKOLAH DAN ORANG TUA DI SMAN 9 TEBO TAHUN AJARAN 2019/2020 MULYADI MULYADI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1068

Abstract

This study aims to find out how to improve the implementation of the school and guardian partnership program by optimizing the role of the school committee and evaluating the role of student guardians and homeroom teachers in the program at SMA Negeri 9 Tebo in the odd semester of the 2019/2020 school year. This research can be classified in the type of School Action Research (PTS) with descriptive analysis of data with the following results: there is an increase in the percentage of program implementation in cycle 1 47.62%, cycle 2 85.71% with optimization of the role of the School Committee from 37, 50% in cycle 1 to 87.50% in cycle 2. The results of the evaluation of the role of the guardian of students also experienced an increase from the criteria of good enough to very good, as well as the evaluation of the role of the homeroom teacher, it was found that the score with the criteria was very good. Based on these results, it can be concluded that optimizing the role of the School Committee can improve the implementation of the School and Guardian Partnership program, and this activity has a positive impact on the relationship between schools and guardians. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterlaksanaan program kemitraan sekolah dan wali dengan mengoptimalkan peran komite sekolah serta mengevaluasi peran wali murid dan wali kelas dalam program tersebut di SMA Negeri 9 Tebo semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan analisis data secara analisis deskriptif dengan hasil sebagai berikut: terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan program pada siklus 1 47,62%, siklus 2 85,71% dengan optimalisasi peran Komite Sekolah dari 37,50% pada siklus 1 menjadi 87,50% pada siklus 2. Hasil evaluasi peran wali murid juga mengalami peningkatan dari kriteria cukup baik menjadi sangat baik, demikian pula halnya dengan evaluasi peran wali kelas didapati skor dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa optimalisasi peran Komite Sekolah dapat meningkatkan keterlaksanaan program Kemitraan Sekolah dan wali, dan kegiatan ini berdampak positif terhadap hubungan antara sekolah dan wali.
UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMAN 4 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 ENIZA ENIZA
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1069

Abstract

This study aims to improve the learning process and increase students' motivation to learn mathematics through the application of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model for students of SMAN 4 Jambi City in the 2017/2018 academic year. The subjects of this study were 44 students of class XI IPA 1 of SMA Negeri 4 Jambi City, consisting of 20 male students and 24 female students. The form of this research is Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles, each cycle consisting of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Data collection in this study was carried out using observation sheets of teacher and student activities and learning motivation questionnaires. Observation actions were carried out during the learning process, while learning motivation questionnaires were distributed three times, namely before the action, after the first cycle and after the second cycle. Based on the data obtained from the motivation questionnaire, the overall motivation of students before the action was 68.10%, while the motivation after the first cycle was 72.47% and after the second cycle was 76.38%. The learning process in the classroom shows improvement and the teacher is no longer the only source in learning, students pay attention when the teacher explains learning and student activity in class has begun to increase. From the results of the research and discussion, it is concluded that the application of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model can improve the learning process and increase students' motivation to learn mathematics in class XI IPA 1 SMA Negeri 4 Jambi City. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk siswa SMAN 4 Kota Jambi tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Kota Jambi yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan angket motivasi belajar. Tindakan pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan angket motivasi belajar disebar sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 68,10%, sedangkan motivasi setelah siklus I adalah 72,47% dan setelah siklus II adalah 76,38%. Proses pembelajaran di kelas menunjukan perbaikan dan guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber dalam belajar, siswa memperhatikan saat guru menerangkan pembelajaran dan keaktifan siswa di kelas sudah mulai meningkat. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)dapat memperbaiki proses pemmbelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Kota Jambi.
UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU MELALUI PEMBERIAN PENGHARGAAN DAN HUKUMAN DI SMPN 19 KABUPATEN TEBO TAHUN AJARAN 2017/2018 USMAN USMAN
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1070

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of giving rewards and punishments in increasing the discipline of attendance in teaching, as well as measuring the magnitude of the increase in the discipline of teacher attendance in teaching in the classroom after the application of rewards and punishments. This type of research is School Action Research (PTS) with two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The results of this study are the percentage of teacher delays in class less than 10 minutes obtained in the pre-cycle of 10% increased to 50% in the first cycle, and increased again to 80% in the second cycle. This has exceeded the specified target, which is 80% of teachers are not late for class more than 10 minutes. While the percentage of teachers leaving the class according to the schedule in the pre-cycle is 0%, which means that 16 teachers who are the subjects of the study left the class earlier than the specified schedule, in the first cycle there was an increase of 50% of teachers increasing the discipline of attendance in teaching by leaving the class on schedule, and increased again to 100% in cycle II. This has reached the specified target of 100% of teachers leaving the class according to the lesson schedule. Based on the results of this study, it can be concluded that the application of rewards and punishments to teachers can improve teacher discipline at SMP Negeri 19 Tebo Regency for the 2017/2018 academic year. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemberian penghargaan dan hukuman dalam meningkatkan disiplin kehadiran dalam mengajar, serta mengukur besarnya peningkatan disiplin kehadiran guru dalam mengajar di kelas setelah diterapkan penghargaan dan hukuman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah persentase keterlambatan guru masuk kelas kurang dari 10 menit yang didapat pada prasiklus sebesar 10% meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II. Hal ini sudah melebihi dari target yang ditentukan yaitu sebesar 80% guru tidak terlambat masuk kelas lebih dari 10 menit. Sedangkan persentase guru meninggalkan kelas sesuai jadwal pada prasiklus sebesar 0% yang artinya 16 orang guru yang menjadi subyek penelitian meninggalkan kelas lebih awal dari jadwal yang ditentukan, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 50% guru meningkatkan kedisiplinan kehadiran dalam mengajar dengan meninggalkan kelas sesuai jadwal, dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus II. Hal ini sudah mencapai target yang ditentukan yaitu sebesar 100% guru meninggalkan kelas sesuai jadwal pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan penghargaan dan hukuman pada guru dapat meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo tahun ajaran 2017/2018.
SUPERVISI TENAGA KEPENDIDIKAN SMA NEGERI 5 SEKAYU NUR’AINI NUR’AINI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1101

Abstract

This best practice study aims to determine the effect of supervision on improving the performance of education personnel at SMA Negeri 5 Sekayu. Implementation of activities from October 2021-December 2021. Research activities start from planning, implementing, observing, and reflecting as well as following up on the results of the activities. Data collection techniques started from interviews with instruments of supervision, documentation, observation and reflection. The data analysis technique was carried out descriptively. The results of the study indicate that the supervision of educational staff can improve the performance of education personnel and increase the professionalism of education personnel. Supervision carried out in addition to performance appraisal activities is also a coaching and mentoring activity carried out by school principals. The follow-up stage is carried out in addition to collecting data that has not been completed, correcting data that is lacking and needs improvement, also through self-development activities such as seminars, in-house training, and other self-development activities related to the duties of educational staff. The follow-up process for supervision of the time period cannot be determined because it aims to improve administrative competence for school administrative staff. ABSTRAKPenelitian ini best practice bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi terhadap peningkatan kinerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 5 Sekayu. Pelaksanaan kegiatan dari bulan Oktober 2021-Desember 2021. Kegiatan penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta tindak lanjut hasil kegiatan. Teknik pengumpulan data dimulai dari wawancara dengan instrumen supervisi, dokumentasi, observasi serta refleksi. Teknik analisa data dilakukan secara deskrptif. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan supervisi tenaga kependidikan dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidikan serta meningkatkan profesioanalitas tenaga kependidikan. Supervisi dilaksanakan selain kegiatan penilaian kinerja juga merupakan kegiatan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan kepala sekolah. Tahap tindak lanjut yang dilakukan selain kegiatan mengumpulkan data-data yang belum terlengkapi, memperbaiki data yang kurang dan perlu perlu perbaikan juga melalui  kegiatan pengembangan diri seperti seminar, in house training, serta kegiatan pengembangn diri lain yang berhubungan dengan tugas tenaga kependidikan. Proses tindak lanjut supervisi jangka waktu tidak dapat ditentukan karena bertujuan meningkatkan kompetensi administrasi bagi tenaga administrasi sekolah.
SUPERVISI TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 JAKARTA UTARA ADE KURNIA
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1102

Abstract

This study aims to describe: (1) planning for the supervision of education personnel at MAN 5 North Jakarta, (2) implementing the supervision of education personnel at MAN 5 North Jakarta, (3) evaluating the implementation of supervision of education personnel at MAN 5 North Jakarta, (4) follow-up further evaluation results of the implementation of the supervision of education personnel at MAN 5 North Jakarta. This type of research is a qualitative research with an ethnographic research design. The location of this research is MAN 5 North Jakarta. Data collection techniques were carried out by observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out by grouping and selecting data from research based on the quality of their truth, then describing and concluding the results to answer the existing problems. The results of this research are planning activities including: (1) formulation of legal basis, objectives, and indicators, (2) preparation of supervision program carried out by the internal supervision team, (3) setting targets and schedules for supervision of education personnel, (4) determining approaches and the technique used, and (5) the selection and determination of the instrument. The supervision instrument is in accordance with the main tasks and functions of each educational staff. Implementation activities include (1) presentation of performance results focused on instrument components, (2) observation of physical evidence carried out by visits, (3) confirming and asking for explanations of performance results, (4) recording the results of supervision that has been carried out in the form of reports. results of supervision, (5) submitting the results of supervision notes. The evaluation activities include (1) the head of the madrasah obtaining basic considerations about the implementation of supervision, (2) the head of the madrasa knowing the implementation of effective supervision in improving performance, (3) the head of the madrasa knowing the difficulties and obstacles experienced by education staff. Follow-up activities include: (1) making improvement programs, (2) general coaching as a form of improvement programs, (3) implementing improvement programs with in-house training and inviting resource persons from outside the madrasa. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan supervisi tenaga kependidikan di MAN 5 Jakarta Utara, (2) pelaksanaan supervisi tenaga kependidikan di MAN 5 Jakarta Utara, (3) evaluasi pelaksanaan supervisi tenaga kependidikan di MAN 5 Jakarta Utara, (4) tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan supervisi tenaga kependidikan di MAN 5 Jakarta Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini di MAN 5 Jakarta Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengelompokkan dan menyeleksi data dari penelitian berdasarkan kualitas kebenarannya, kemudian menggambarkan dan menyimpulkan hasilnya untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini adalah pada kegiatan perencanaan meliputi: (1) perumusan landasan hukum, tujuan, dan indikator, (2) penyusunan program supervisi yang dilakukan tim supervisi internal, (3) penetapan sasaran dan jadwal supervisi tenaga kependidikan, (4) penetapan pendekatan dan teknik yang digunakan, dan (5) pemilihan dan penetapan instrumen. Instrumen supervisi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing tenaga kependidikan. Pada kegiatan pelaksanaan meliputi (1) pemaparan hasil kinerja difokuskan pada komponen instrumen, (2) pengamatan bukti fisik yang dilakukan dengan kunjungan, (3) melakukan konfirmasi dan meminta penjelasan hasil kinerja, (4) melakukan pencatatan hasil supervisi yang telah dilaksanakan dalam bentuk laporan hasil supervisi, (5) menyampaikan hasil catatan supervisi. Pada kegiatan evaluasi meliputi (1) kepala madrasah memperoleh dasar pertimbangan tentang pelaksanaan supervisi, (2) kepala madrasah mengetahui pelaksanaan supervisi yang efektif dalam meningkatkan kinerja, (3) kepala madrasah mengetahui kesulitan dan hambatan yang dialami tenaga kependidikan. Pada kegiatan tindak lanjut meliputi: (1) membuat program perbaikan, (2) pembinaan umum sebagai bentuk program perbaikan, (3) melaksanakan program perbaikan dengan in house training dan mengundang narasumber dari luar madrasah.
PENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGAJAR MELALUI PENERAPAN KOMPETENSI KETERAMPILAN ABAD 21 MARSUDI MARSUDI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1103

Abstract

The purpose of this study was to determine the teacher's ability in the learning process using 21st century skills for teachers at SDN 003 Behind Padang. The subjects of this study were 18 teachers. This research is a school action research (school action research) which is carried out in a collaborative and participatory manner. This study uses an instrument that is an observation sheet for teachers. This study uses quantitative data analysis. The results of the study indicate that the application of 21st century skills can improve the ability of teachers in the learning process through 21st century skills. The results of school action research show that (1) teachers who apply 21st century skills) in the first cycle has increased with an average value of 66. (2) in the second cycle teachers who use 21st century skills increased by a value of 77. Based on the results of this study, it can be believed that increasing the ability of teachers to teach by applying 21st century skills can improve teaching abilities they. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam proses pembelajaran menggunakan kompetensi keterampilan abad 21 (21st century skills) pada guru SDN 003 Belakang padang. Subjek penelitian ini adalah guru yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (school action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu lembar observasi untuk guru. Penelitian ini menggunakan analisa data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kompetensi keterampilan abad 21 (21st century skills) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran melalui keterampila abad 21. Hasil penelitian tindakan sekolah (school action research) menunjukkan bahwa (1) guru yang menerapkan keterampilan abad 21 (21st century skills) pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata rata 66. (2) pada siklus II guru yang menggunakan keterampilam abad 21 meningkat dengan nilai 77. Berdasarkan hasil penelitian ini sudah dapat diyakini bahwa peningkatan kemampuan guru mengajar dengan menerapkan keterampilan abad 21 dapat meningkatkan kemampuan mengajar mereka.
SUPERVISI KLINIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSUASI, IDENTIFIKASI SERTA SOLUSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TENAGA PENDIDIK DINO LESMANA HADI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v2i1.1179

Abstract

The purpose of this study was to determine the improvement of the quality of teaching for teaching staff through clinical supervision using a persuasion, identification and solution approach at SMKS Bina Dharma Jakarta. The subjects of this study were 8 educators. Data collection techniques through learning activity documents and learning observations carried out by researchers using clinical supervision instruments, learning implementation plan evaluation sheets and learning implementation assessment sheets. The results of the study show that all educators can prepare the design and implementation well and have neatly presented learning documents. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran tenaga pendidik melalui supervisi klinis menggunakan pendekatan persuasi, identifikasi dan solusi di SMKS Bina Dharma Jakarta. Subyek penelitian ini adalah 8 orang tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data melalui dokumen aktivitas pembelajaran serta observasi (pengamatan) pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti dengan memakai instrumen supervisi klinis, lembar evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan, semua tenaga pendidik bisa menyiapkan rancangan serta pelaksanaan dengan baik dan mempunyai dokumen pembelajaran yang tersaji rapih.

Page 1 of 2 | Total Record : 13