cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
EDITORIAL BOARD Journal MANAJERIAL (Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Editor in Chief Dr. Muhamad Suhardi, M.Pd (universitas Pendidikan Mandalika) Journal Editor Dr. Haromain, M.Pd (Universitas Pendidikan Mandalika) Dr. Ismail , M.Pd (Universitas Syiah Kuala) Section Editor Dr. Adisel, M.Pd (UIN Bengkulu) Reviewer/Mitra Bestari Dr. Zainal Abidin, M.Pd (Universitas Hamzanwadi) Dr. Hegar Harini, M.Pd (STKIP Kusuma Negara) Dr. Ahmad Gaudi, M.Pd (STKIP Lubuk Linggau) Lalu Hamdian Afandi, M.Pd ( Universitas Mataram) Nada Nazopah, M.Pd (STIT Al Aziziyah) Copy Editor Lalu Hamdian Afandi, M.Pd Online Journal System: https://www.jurnalp4i.com/index.php/manajerial/index Journal Coresponding e-mail: jurnal.P4I@gmail.com Phone: 085239967417/ 085236615827 Address: Lingkungan Handayani, Kel. Leneng, kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan
MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education Management and Supervision
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 105 Documents
MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA SMA NEGERI 1 ELAR KABUPATEN MANGGARAI TIMUR LEONARDUS JAFAR
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan di SMA Negeri 1 Elar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Elar yang berjumlah 27 orang. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi kerja guru di SMA Negeri 1 Elar.Pelaksanaan penelitian ini dikembangkan terbatas pada masalah bentuk-bentuk dan proses pelaksanaan pemberian supervisi akademik oleh kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kerja guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan intensitas motivasi kerja guru melalui pelaksanaan supervisi akademik pada guru di SMA Negeri 1 Elar tahun 2018.Hasil penelitian membuktikan bahwa, jumlah skor penilaian pada prasiklus sebesar 437 dengan rata-rata 67,43 kategori cukup, pada siklus I, jumlah skor meningkat menjadi 498 dengan rata-rata 77 kategori baik, dan pada siklus II kembali meningkat dengan jumlah skor pada siklus II sebesar 578 dengan rata-rata 89 kategori amat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan motivasi kerja guru SMA Negeri 1 Elar.
PENERAPAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SMP NEGERI 1 BANJARANGKAN I NENGAH SURADNYA
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang disempurnakan menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dimana setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal wajib melakukan penjamian mutu pendidikan. Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 1 Banjarangkan adalah belum tercipta budaya mutu pada warga sekolah hal ini dibuktikan dengan masih rendahnya standar mutu pada 8 (delapan) standar nasional Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem penjaminan mutu internal di SMP Negeri 1 Banjarangkan. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Banjarangkan, yang merupakan penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan teknik observasi atau pengamatan dan kuisioner. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan lembar kuisioner dan data dianalisis dengan statistik sederhana dengan membandingkan dan menginterpretasikan data yang diperoleh. Dari hasil penelitian diperoleh hasil positif penerapan SPMI di SMPN 1 Banjarangkan pada bidang organisasi, kebijakan dan proses, rapor mutu sekolah, hasil penilaian kinerja sekolah (PKS), prestasi akademik dan non akademik dan evaluasi dari LPMP Bali tentang efektivitas program SPMI di Provinsi Bali.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI GORONTALO DINARWATI DINARWATI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i1.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 pegawai pada Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan model kuesioner serta teknik obervasi. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Analysis of Moment Structures (AMOS) versi 4.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi dan motivasi kerja namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai pada Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
EVALUASI REAKSI DAN PENGETAHUAN PESERTA TERHADAP MATA PELATIHAN ETIKA PUBLIK MUNAWAR SHODIQ
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i1.229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Evaluasi Mata Pelatihan Etika Publik dengan menggunakan Model Evaluasi Kirkpatrick pada Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta pelatihan berjumlah 40 orang. Data dalam penelitian ini dijaring dengan menggunakan angket dan evaluasi akademik. Penilaian pada level reaction didapatkan hasil peserta merasa puas terhadap proses pembelajaran, dan penilaian pada level Learning, peserta mendapatkan rata-rata nilai baik. Dengan demikian, hasil penelitian menggambarkan bahwa evaluasi model Kirkpatrick pada Mata Pelatihan Etika Publik diperoleh nilai efektif.
PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 SUWARDI SUWARDI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i1.230

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada permasalahan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan selama pandemi Covid 19. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu studi literatur (Literature Study). Berdasarkan uraian di atas, selama pandemi Covid 19, pembelajaran daring merupakan hal mutlak yang harus dilakukan baik dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun mengevaluasi pembelajaran. Semua ini dilakukan untuk mencapai tujuan, metode, materi, dan evaluasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Kegiatan evaluasi inilah yang membuat guru bertindak sebagai perantara untuk mencapai tujuan pendidikan selama pandemi. Guru harus memahami tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran selama pandemi sehingga mampu menyiapkan metode strategis yang andal dalam pembelajaran daring sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, dan menarik, sehingga kegiatan evaluasi berfungsi dengan baik. Pada kenyataannya, ada guru yang tidak peduli tentang hal ini. Dalam pembelajaran, yang terpenting adalah guru masuk ke dalam kelas, mengajar, melakukan evaluasi monoton, mengutamakan nilai akhir, melaksanakan waktu evaluasi sesuai dengan keinginan dan kenyamanan guru terlepas dari konsep dasar evaluasi untuk keperluan pendidikan. Asumsi terpenting guru di akhir semester adalah ia telah mencapai target kurikulum. Hal ini menunjukkan bahwa ada ketidakcocokan antara evaluasi pembelajaran dengan tujuan pendidikan di era pembelajaran mandiri.
UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI MTs NEGERI 3 BANDUNG BARAT KABUPATEN BANDUNG BARAT YADI TEMBONG MUAYAD
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i1.259

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran disekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah penerapan budaya sekolah kearah peningkatan mutu. Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah tanpa merasa terpaksa. Budaya sekolah yang harus dipertahankan salah satunya adalah masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di MTs Negeri 3 Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.
STRATEGI PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLA WISATA PANTAI BERBASIS PELATIHAN (STUDI KASUS PADA KELOMPOK POKDARWIS MELKA DESA MALAKA) KABUPATEN LOMBOK UTARA SULAEMAN SULAEMAN
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i1.260

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi pengembangan sumber daya manusia di Bidang Pariwisata dikaji dari sudut pandang peningkatan kapasitas pengelola wiata daerah pesisir (wisata pantai). Keberadaan SDM khususnya Anggota Pokdarwis Melka Desa Malaka memegang peranan penting dalam pengelolaan dan pengembagan Obyek wisata pantai khususnya pantai pandana, namun pengelolaan wisata pantai pandanan saat ini mmasih belum maksimal dikelola dengan baik, hal ini disebabkan karena masih minimnya pengetahuan anggota pokdarwis seklaku pengelola obyek wisata terkait dengan ekosisstem terumbu karang yang ada yang mmerupakan obyek andalan dan tujuan bagai wisatawan yang berwisata di pantai Pandanan. Berdasarkan masalah yang dihadapi, maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pelatihan bagi anggota pokdarwis Melka Kabupaten Lombok Utara khusunya terkait dengan pelatihan Pengenalan ekosistem terumbu karang for Guiding serta mekanismme promosi obyek wisata Pantai Pandanan berbasis media online. Keberadaan SDM pengelola obyek wisata berperanan penting dalam pengembangan pariwisata. SDM pariwisata mencakup wisatawan/pelaku wisata (tourist) atau sebagai pekerja (employment). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang bersifat induktif. Jenis penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan bagi anggota Pokdarwis khususnya pelatihan terkait ekosistem terumbu karang, sangat berperan penting dalam peningkatan kapasitas pengetahuan dari pengelola obyek wisata pantai pandanan sehingga Anggota Pokdarwis selaku pengelola obyek wisata pantai yang ada, dapat merumuskan strategi pengelolaan dan pengebangan obyek wisata pantai yang berwawasan lingkungan, dengan harapan obyek wisata plantai pandanan dapat berkembang dengan tetap terjaga kelestarian ekosistem nya. Pelatihan ini juga dapat memberikan peningkatan pengetahuan bagi pengelola wisata dalam peningktan kapasaitas memiliki keunggulan kompetitif, handal serta efektif dan efisien.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK ASMAN BANDERA
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i1.268

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik dan (b) aktivitas guru kelas dalam menggunakan media tekhnologi komunikasi informasi, digunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK Melalui Supervisi Akademik Pada Guru Kelas Madrasah Tsanawiyah 1 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus 1 yang mencapai nilai 119, berada pada katagori baik, dan hasil penilaian pada siklus kedua yang mencapai nilai 151, berada pada katagori sangat baik, dan (b) aktivitas guru dalam pelaksanaan pemebelajaran pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam proses pembelajaran selama pada siklus kesatu yang mencapai nilai 30 atau tergolong baik, dan pada sikulus kedua mencapai nilai 36, yang berati tergolong sangat baik. Dimana hasil akhir yang diperoleh dari Siklus I skor 119 dan Siklus II skor 151 dalam penelitian ini dengan prosentase naik 25,8 % adanya peningkatan.
SUPERVISI INDIVIDUAL DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS DALAM MENYUSUN RPP DI MTsN 2 BUTON TENGAH SULAWESI TENGGARA KARIM KARIM
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i1.271

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru kelas di MTsN 2 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan karena peneliti merasa kinerja guru masih cenderung tidak stabil. Hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain adalah rendahnya motivasi guru, dan kompetensi guru yang belum sepenuhnya dikuasai oleh semua guru. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pendampingan terhadap guru melalui supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Prosedur penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu Pererncanaan; Pelaksanaan; Observasi; dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan: 1) peningkatan presentase kinerja guru kelas MtsN 2 Buton Tengah dari refleksi awal 52,5%, setelah dilakukan tindakan siklus I naik menjadi 67,7%, dan pada tindakan siklus II menjadi 77,8%; 2) Supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru kelas di MTsN 2 Buton Tengah.
UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 5 LHOKSEUMAWE SRI ARYATI
MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/manajerial.v1i2.464

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik. Melalui pengelolaan administrasi sekolah melalui supervise akademik dan manajerial pada setiap unit kegiatan. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah Guru Sekolah SMP Negeri 5 Lhokseumawe, yang berjumlah 23 orang guru, dengan rincian 20 orang guru perempuan, dan 3 orang guru laki-laki. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020, yang dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan yaitu dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2019 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus I, pelaksanaan tindakan siklus I, pengamatan siklus I, refleksi siklus I, perencanaan siklus II, pelaksanaan tindakan siklus II, pengamatan siklus II, dan refleksi siklus II. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan instrumen yang dilaksanakan pada setiap akhir penelitian pada setiap siklus dengan menggunakan instrumen. Data dianalisis dengan cara statistic persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kondisi awal penelitian dengan jumlah guru 23 Orang, guru baik sekali berjumlah 10 orang yaitu 43,47%, guru baik berjumlah 11 orang yaitu 47,82%, dan guru cukup 2 orang yaitu 8,71%. Pada saat pelaksanaan supervisi admistrasi pembelajaran didapatkan hasil penilain jumlah guru baik sekali berjumlah 16 Orang yaitu 69,56%, guru baik berjumlah 6 Orang yaitu 26,08% dan guru cukup 1 orang yaitu 4,36%. Oleh karenanya, penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme guru SMP Negeri 5 Lhokseumawe tahun pelajaran 2019/2020.

Page 1 of 11 | Total Record : 105