cover
Contact Name
I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa
Contact Email
p3m@ppb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
p3m@ppb.ac.id
Editorial Address
Jl. Dharmawangsa, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis Hospitaliti
ISSN : 23028343     EISSN : 25812122     DOI : https://doi.org/10.52352/jbh
Core Subject : Science,
This journal is dedicated to the dissemination of research on the exploration and optimization of the hospitality business. Firstly published in 2012, this journal invites contribution from scholars around the world for the following interdisciplinary scope: Hospitality management Marketing management in the hospitality industry Human resources management in the hospitality industry Hotel finance management Information and telecommunication technology in the hospitality industry Education and trend in the hospitality industry
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti" : 10 Documents clear
FRONT MATTER VOL. 3 NO 1 2014 Editorial Team
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.132

Abstract

-
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PROGRAM PELATIHAN BAGI PEKERJA SEKTOR INFORMAL DI KAWASAN WISATA PANTAI PANDAWA DESA KUTUH, KECAMATAN KUTA SELATAN, KABUPATEN BADUNG Anak Agung Istri Ratna Sari Wulan; Ni Kade Juli Rastitiati; I Gusti Ayu Sucitadewi; Ni Made Suastini; Putu Diah Sastri Pitanatri
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.133

Abstract

Pantai Pandawa merupakan objek wisata baru di Bali. Pantai ini dibuka untuk umum pada Desember 2012. Faktor lokasi merupakan salah satu pertimbangan dasar dalam membuka daerah tersebut pada bulan Desember 2012. Obyek wisata ini sangat unik karena terletak di belakang bukit kawasan Nusa Dua. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bidang pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat Kutuh sebagai pekerja informal yang terletak di daerah sekitar pantai Pandawa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa keterampilan yang sesuai diberikan kepada masyarakat Kutuh yang terlibat sebagai pekerja informal di pantai Pandawa. Berbagai macam pekerjaan dikembangkan setelah pantai Pandawa dibuka untuk umum dalam memenuhi berbagai kebutuhan wisatawan seperti sebagai pedagang makanan dan minuman, pedagang souvenir, tukang pijat, manajer payung pantai, pengelola kursi kano panjang, penjaga pantai dan petani rumput laut.
PERILAKU BELANJA OLEH - OLEH WISATAWAN CHINA DI BALI I Gusti Ayu Dewi Hendriyani
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.134

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menginvestigasi perilaku belanja wisatawan China sebagai pasar kedua terbesar di Bali. Kuesioner penelitian ini terdiri dari 3 bagian yaitu personal data, pola belanja dan pengalaman belanja. Metode penelitian menggunakan frekuensi jawaban responden dengan menggunakan skala likert. Sampel penelitian ini adalah wisatawan China yang menginap di Bali dengan metode purposive sampling. Dari total 109 responden diketahui pola belanja wisatawan diantaranya sebagai berikut; menyukai berbelanja pada pusat oleholeh, banyak membeli produk wallet, memperoleh informasi dari pramuwisata, berbelanja selama 3 hari, dengan uang rupiah dan berbelanja berdasarkan rekomendasi dari teman dan keluarga. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa wisatawan China dalam melaksanakan kegiatan berbelanja di Bali selama liburan mereka secara umum sangat spesifik yaitu senang berbelanja dan mengutamakan layanan dari pramuwisata dan pramuniaga yang baik saat bertransaksi.
PERANAN PENERIMA TAMU DALAM MENANGANI KELUHAN TAMU DI KERATON RESORT & SPA JIMBARAN BALI I Gusti Ayu Sucitadewi
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.135

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan fungsi dari penerimaan dalam menangani keluhan tamu. Jimbaran merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat potensial dan sangat terkenal di kuliner. Salah satu hotel di Jimbaran adalah Keraton Bali Resort & Spa. Hotel ini diperoleh untuk memberikan pelayanan prima untuk membuat tamu puas. Data dikumpulkan dengan menggunakan satu set wawancara dan studi dokumen kepada petugas penerimaan dan data keluhan tamu. Data yang dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori 10 aturan bagaimana penanganan keluhan (Sugiarto, 1998). Penelitian ini menemukan bahwa masih banyak keluhan tentang kualitas layanan. Namun beberapa aspek yang membuat keluhan tamu harus diikuti dengan cepat oleh manajemen untuk mengurangi situasi, berdasarkan dilatih karyawan bagaimana membuat tamu puas.
DEVELOPING ENGLISH COMMUNICATION SKILLS IN HOSPITALITI AND TOURISM INDUSTRY THROUGH COMMUNICATIVE APPROACH-BASED LEARNING I Ketut Surata
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.136

Abstract

Keberhasilan usaha pariwisata dan hospitaliti sangat tergantung pada kualitas pelayanan yang tersedia. Oleh karena itu, usaha pariwisata yang menekankan pada pelayanan memerlukan keterampilan komunikasi untuk dapat menyampaikan pelayanan yang efektif dan selanjutnya mencapai kepuasan wisatawan. Pariwisata menuntut adanya proses komunikasi antara wisatawan dan penyedia pelayanan. Makalah ini dimaksudkan untuk mengkaji pentingnya mengembangkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris melalui penerapan pendekatan komunikatif dalam proses pembelajaran. Pendekatan komunikatif telah terbukti menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan peserta didik (mahasiswa) dalam terlibat dalam komunikasi nyata dalam industri pariwisata. Keterampilan komunikasi peserta didik dapat dikembangkan melalui pembelajaran komunikatif dengan menerapkan teknik-teknik pembelajaran yang merefleksikan aktifitas bisnis pariwisata, seperti role play, interview, kerja kelompok, dan diskusi.
PARIWISATA DAN PERATURAN PEMERINTAH DI BIDANG PERPAJAKAN (PENGHASILAN TIDAK KENA PAJ[AK BAGI PEGAWAI TETAP) I Putu Arnawa
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.137

Abstract

Artikel ini diangkat untuk menemukenali peraturan pemerintah terhadap kewajiban wajib pajak baik Intansi pemerintah, swata ( hotel ,restoran dan sejenisnya ) , dan pegawai yang berangkutan sebagai pedoman didalam menjalankan kewajiban perpajakan berdasarkan asas Self Assesment System dalam hal menghitung, memperhitungkan, memungut, menyetor dan melaporkan kewajiban perpajakan melaluij SPT. Masa maupun SPT.Tahunan). Dengan pemahaman peraturan pemerintah yang baru diharapkan semua wajib pajak menyadari akan -pentingnya kewjiban dan manfaat PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) dalam peghitungan hutang pajak terhadap kewajiban wajib pajak PPh pasal 21 yang harus disetor ke kas negara sebagai akibat kebijakan pemerintah menaikan besaran PTKP melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 162/KMK.011/2012 yang berlaku mulai Januari tahun 2013. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa hutang pajak PPh pasal. 21 bagi pegawai/wajib pajak pada tahun 2013 menunjukkan hutang pajak berpotensi mengalami keringanan kalau dibandingkan dengan utang pajak tahun 2012. Dengan kata lain apabila penghasilan neto wajib pajak dikenakan tarif terendah dan atau PTKP besar karena status wajib pajak, maka kemungkinan wajib pajak tidak membayar pajak atau ( Take Home Pay) nya 100 % dapat digunakan untuk kesejahteraan wajib pajak yang bersangkutan.
KUALIFIKASI BUTLER DI BULGARI HOTELS & RESORTS BALI I Wayan Seniartha
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.138

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualifikasi Butler secara spesifik di Bulgari Hotels & Resorts Bali. Melalui penelitian ini akan diketahui kurangnya pengetahuan Butler akan standar pelayanan dasar, tidak adanya kualifikasi butler secara spesifik, kurangnya penguasaan bahasa asing yang dimiliki oleh Butler dan tidak sesuainya pelayanan yang diterima dengan yang diharapan oleh tamu. Konsep dan teori yang digunakan sebagai acuan pada umumnya beberapa kualifikasi dasar dalam seleksi pegawai, yaitu Keahlian, Pengalaman, Umur, Jenis kelamin, Pendidikan, Keadaan fisik, Tampang, Bakat, Tempramen, Karakter. Untuk memperoleh data, diterapkan teknik Observasi dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan operasional fleksi Guest Service, Wawancara teknik pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab langsung kepada pihak-pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum masih ada beberapa kompetensi yang harus ditingkatkan oleh seorang Butler diantaranya: Butler mampu menjelaskan fasilitas dan layanan, menjual produk hotel, Butler harus memiliki pengetahuan produk yang baik dalam menjelaskan produk pelayanan makanan dan minuman.
EVALUASI PERKEMBANGAN KAWASAN PARIWISATA CANDIDASA DI KABUPATEN KARANGASEM Luh Putu Citrawati
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan Kawasan Pariwisata Candidasa ditinjau dari aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek budaya di Kabupaten Karangasem. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan keterangan tentang kawasan pariwisata Candidasa dan permasalahan-permasalahannya, sehingga akan memudahkan menemukan solusi yang perlu -dilakukan untuk menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke Bali khususnya di kawasan pariwisata Candidasa. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan kawasan pariwisata Candidasa yang dievaluasi dari aspek ekonomi, aspek sosial, dan aspek budaya.
PENGARUH TINGKAT HUNIAN KAMAR TERHADAP PENDAPATAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA ARWANA RESTORAN DI THE LAGUNA RESORT & SPA NUSA DUABALI Ngakan Putu Sudiarta
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.140

Abstract

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Deskriftif Kuantitatif dengan tahapan analisis t: a) Analisi Korelasi, b) Uji Hipotesa t-test c).Analisis Determinasi d) Analisis Regresi Linier Sederhana e) Kesalahan Standar Estimasi Sampel f), Uji Signifikan Regresi, Dari analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat hunian kamar dengan pendapatan makanan dan minuman Arwana Restaurant di hotel The Laguna Resort & Spa dan bukan karena faktor kebetulan.
IMPLIKASI MOTIVASI DAN PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA (STUDI KASUS : OKA AGROWISATA BANGLI) Ni Made Tirtawati
JURNAL BISNIS HOSPITALITI Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti
Publisher : Pusat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jbh.v3i1.141

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan baru perilaku wisatawan untuk memperoleh pengalaman wisata yang berkualitas dan lebih menghargai lingkungan (back to nature), yang telah memberi peluang yang besar bagi pengembangan wisata minat khusus seperti agrowisata. Dalam pengembangan Oka agrowisata di Desa Penglumbaran Kabupaten Bangli memerlukan data dasar yang dapat dijadikan dasar pijakan perencanaan produk ke depan dari perspektif motivasi dan persepsi wisatawan sebagai konsumen. Hasil penelitian ini dapat diidentifikasi bahwa motivasi kunjungan wisatawanmancanegara yang datang ke Oka agrowisata meliputi motivasi budaya, motivasi fisik, dan motivasi status dan martabat. Wisatawan mancanegara memiliki persepsi yang positif terhadap tujuh aspek daya tarik yang dimiliki oleh Oka agrowisata.Pengembangan Oka agrowisata ke depan harus mengedepankan program pengembangan yang berpihak pada alam, budaya dan masyarakat lokal, sehingga dapat berkelanjutan (sustainable) dengan memperhatikan potensi yang dimiliki dan keinginan pasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10