cover
Contact Name
Didik Efendi
Contact Email
di2kefendi@gmail.com
Phone
+628970102345
Journal Mail Official
admin@ejurnalkotamadiun.org
Editorial Address
Dinas Pendidikan, Kota Madiun Jl. Mastrip 21 Madiun
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV)
ISSN : 27470792     EISSN : 27470806     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) dikelola dan diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun untuk mempublikasikan karya ilmiah dibidang pendidikan dan pembelajaran demi terwujudnya pendidikan yang maju yang mampu menjawab tuntutan dan perkembangan jaman.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022" : 12 Documents clear
Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mewarnai Gambar Alam Sekitar Pada Anak TK B 2 TK Negeri Pembina Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya kemampuan anak TKB 2 TK Negeri Pembina Rejoso Kabupaten Nganjukdalam ketrampilan mewarnai gambar alam sekitar: (1) siswa kurang latihan; (2) kemampuan guru yang kurang dalam penyampaian materi; (3) sistem kegiatan belajar mengajar yang monoton dan kurang menarik, sehingga siswa merasa bosan. Penggunaan metode pembelajaran demonstrasi merupakan sarana mempermudah siswa dalam memahami materi ajar agar tidak mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah melalui metode pembelajaran demonstrasi dapatmeningkatkan ketrampilan mewarnai gambar alam sekitar pada anak TK B 2 TK Negeri Pembina Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018?; (2) Bagaimana ketrampilan mewarnai gambar alam sekitar pada anak TK B 2 TK Negeri Pembina Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahuimetode pembelajaran demonstrasi dapatmeningkatkan ketrampilan mewarnai gambar alam sekitar pada anak TK B 2 TK Negeri Pembina Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018; (2) untuk mendeskripsikan ketrampilan mewarnai gambar alam sekitar pada anak TK B 2 TK Negeri Pembina Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi. Berdasarkan hasil observasi ketrampilan mewarnai gambar alam sekitar sebelum tindakan rata-rata persentase sebesar 44% dengan kriteria kurang, mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 65% pada siklus I berada pada kriteria cukup, pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata sebesar 72% dengan kriteria cukup dan pada siklus III mengalami kenaikan lagi dengan rata-rata 94%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ketrampilan mewarnai gambar alam sekitar anak mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan lebih dari 75% dengan kriteria Sangat Baik. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari penerapan metode pembelajaran demonstrasi dimana peneliti sebagai guru memberikan contoh kegiatan mewarnai yang akan dilakukan dan gambar yang diwarnai disesuaikan dengan tema yang sedang berlangsung pada anak TK B 2 TK Negeri Pembina Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018.
Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Koordinat Kartesius Menggunakan Whatsapp Group Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 Gusmiarti Gusmiarti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi koordinat kartesius di kelas VI SD Negeri 03 Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan empat tahapan yang lazim dilalui, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali tindakan. Subjek penelitian tindakan kelas ini sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi, teknik penilaian atau tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data pada setiap akhir siklus dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian membuktikan penggunaan metode kerja kelompok pada pembelajaran materi koordinat kartesius mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada kondisi awal terdapat 7 siswa atau 33,33% yang dinyatakan tuntas dan 14 siswa atau 66,67% dinyatakan belum tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi 16 siswa atau 76,19% dan 5 siswa atau 23,81% siswa belum tuntas, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 20 siswa tuntas atau 95,24% dan hanya terdapat 1 siswa atau 4,76% siswa yang dinyatakan belum tuntas. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenaikan hasil belajar siswa dari dengan rata-rata hasil belajar 57,14, meningkat menjadi 67,62 pada siklus pertama dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 78,10 dengan penjelasan ketuntasan belajar siswa dari 5 siswa atau 23,81% meningkat menjadi 57,14% atau 12 siswa dan 19 siswa atau 90,48% pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penggunaan whatsapp group pada pembelajaran materi koordinat kartesius terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 03 Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Materi Pecahan Biasa Dan Pecahan Desimal Siswa Kelas III SD Negeri 04 Sungai Rangeh Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 Dermani Wisda
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar nilai pecahan uang melalui penerapan metode kerja kelompok siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Rangeh Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komperatif dengan grafik yaitu membandingkan kondisi nilai tes awal siklus I dan nilai tes setelah siklus II. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada motivasi belajar dari 40% atau 10 siswa pada kondisi awal menjadi, 60% atau 15 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 24 siswa atau 96% siswa dan pada akhir siklus kedua serta peningkatan nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 58,80 pada kondisi awal menjadi 68,80 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 78,80 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 8 orang siswa (32%) pada kondisi awal, menjadi 64% atau 16 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 92% atau 23 siswa dari 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Rangeh Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.
Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di SD Negeri 04 Sungai Rangeh Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 Mursal syafri
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil pengamatan peneliti di SD Negeri 04 Sungai Rangeh Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam kemampuan guru dalam penggunaan alat peraga pembelajaran pada proses belajar mengajar masih sangat kurang, guru-guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan spidol dan papan tulis untuk mencatat materi pelajaran. Untuk itulah diperlukana upaya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan alat peraga pembelajaran khususnya di SD Negeri 04 Sungai Rangeh Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah melalui pelaksanaan supervisi klinis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah 6 guru kelas di SD Negeri 04 Sungai Rangeh Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam terdiri dari guru kelas I, s.d guru kelas VI. Alat pengumpulan data dalam PTS ini adalah dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data yang digunakan dalam penelitian adalah validitas demokratik, proses dan dialogik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan guru dalam penggunakan alat peraga pembelajaran, hal ini dibuktikan hasil penilaian kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga sebelum dilakukan tindakan sebesar 100%, pada siklus I meningkat menjadi 33,33% dan pada siklus II sebesar 100%, melampaui indikator yang ditetapkan sebesar 85% berdasarkan rata-rata penilaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 49,07 dengan kriteria kurang, pada siklus I meningkat menjadi 72,22dengan kriteria cukup dan pada siklus II menjadi 87,96 dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus terakhir semua guru dinyatakan meningkat kemampuannya dalam membuat dan menggunakan alat peraga karena telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu mendapat kriteria nilai >=75 dengan kriteria minimal baik.
Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Menyusun Perangkat Administrasi Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Di SD Negeri 21 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 Yenni Noviyanti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kinerja guru dalam menyusun perangkat Administrasi Pembelajaran masih kurang dan kepala sekolah belum melaksanakan tugas supervisi secara efektif dan berkesinambungan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan supervisi akademik dan peningkatan kinerja guru khususnya guru mata pelajaran matematika dan fisika di SD Negeri 21 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat SEMESTER 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam menyusun Administrasi Pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi) dan dokumentasi dan arsip. Peningkatan kinerja guru dalam penyusunan Administrasi Pembelajaran, di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun penyusunan Administrasi Pembelajaran dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 50,98 dan hanya masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat cukup signifikan terdapat 3 guru (50,00%) dalam kriteria baik dan 3 guru (50,00%) dalam kriteria cukup, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 74,18 dan masuk dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 88,56 dalam kriteria nilai baik dengan penjelasan 2 guru (33,33%) dalam kriteria sangat baik dan 4 guru (66,67%) dalam kriteria baik. Kesimpulannya adalah supervisi akademik dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 6 orang guru kelas di SD Negeri 21 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat SEMESTER 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 dinyatakan berhasil meningkatkan meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan perangkat Administrasi Pembelajaran.
Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning Pada Siswa Kelas VI SDN Babadan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 Haryati Haryati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika Operasi Hitung Campuran pada siswa kelas VI SDN Babadan 2. Nilai rata-rata siswa baru mencapai 66,15, sedangkan ketuntasan belajarnya juga baru mencapai 61,54%. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran Matematika Operasi Hitung Campuran pada siswa kelas VI SDN Babadan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Campuran dengan pada siswa kelas VI SDN Babadan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan tahapannya terdiri dari: (1) menyusun perencanaan (plan), (2) melaksanakan tindakan (act), (3) pengamatan (observe), dan (4) refleksi (reflect). Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunan Model Pembelajaran Problem Based Learning, terbukti: 1) dapat meningkatkan proses belajar Matematika Operasi Hitung Campuran pada siswa kelas VI SDN Babadan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan bahwa pada siklus I mencapai nilai 74,04 dengan klasifikasi Baik. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu telah mencapai 85,58 dengan kategori Sangat Baik, 2) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Operasi Hitung Campuran pada siswa kelas VI SDN Babadan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 74,62. Dengan presentase ketuntasan 76,92%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 78,46. Prosentase ketuntasan belajar juga meningkat secara signifikan menjadi 92,31%. Hasil belajar pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu < 85%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan telah berhasil.
Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar IPA Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN Babadan 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2018/2019 Lilis Suryani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mendasar hasil pengamatan sebelumnya diketahui bahwa hasil belajar IPA Pesawat Sederhanapada siswa Kelas V SDN Babadan 2 Kabupaten Ngawi masih rendah. Nilai rata-rata siswa baru mencapai 66,67, sedangkan ketuntasan belajar siswa baru mencapai 58,33%. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan proses pembelajaran IPA Pesawat Sederhana dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada siswa Kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2018/2019, 2) Peningkatan hasil belajar IPA Pesawat Sederhana pada siswa Kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2018/2019 dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan tahapannya terdiri dari: (1) menyusun perencanaan (plan), (2) melaksanakan tindakan (act), (3) pengamatan (observe), dan (4) refleksi (reflect). Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini antara lain: Hasil belajar pada siklus I, nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 75,83 dan ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 83,33% , pada akhir perbaikan pembelajaran siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 81,67 dan ketuntasan belajarnya naik secara siknifikan menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis kemukakan dalam bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat: 1) meningkatkan proses pembelajaran IPA Pesawat Sederhana pada siswa Kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya proses pembelajaran pada siklus II yaitu dengan nilai 65 dengan presentase ketercapaian 86,67% dengan kategri ketercapaian Sangat Baik, 2) meningkatkan hasil belajar IPA materi Pesawat Sederhana pada siswa Kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti telah terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I adalah 75,83 dan pada siklus II menjadi 81,67. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal prosentase pada siklus I adalah 83,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%. Dengan demikian pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada siswa kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan telah berhasil.
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Berorientasi Taqwa Melalui Ngaso Sehat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Nurul Afifah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar berorientasi taqwa melalui Ngaso Sehat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Best Practice. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik, lembar penilaian proyek, lembar penilaian sikap, angket motivasi belajar siswa, lembar observasi diskusi kelompok, angket respon siswa terhadap pembelajaran hots, lembar pre test dan post test, angket budaya membaca. Hasil Best Practice menunjukkan bahwa Ngaso Sehat merupakan praktik terbaik untuk pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Kelas VII-H SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022 Reny Yuhana
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada kelas VII-B SMP Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (b) tes, dan (c) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I keaktifan siswa mencapai 11,77 meningkat di siklus II sebesar 14,65 dan pada siklus III sebesar 16,84. Hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada siklus I meningkat dibandingkan sebelum dilaksanakannya penelitian, yaitu sebanyak 19 siswa atau 61% siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar minimal yaitu 75. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 69,4. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal sebanyak 23 siswa atau 74%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 73,5. Pada siklus III jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal sebanyak 25 siswa atau 81%. Nilai rata-rata kelas pada siklus III yaitu 79,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2021/2022.
Media Podcast Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas IX-A SMP Negeri 4 Madiun Tahun 2021-2022
Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) Vol 3 No 4 (2022): Volume 3 No.4 Tahun 2022
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran jarak jauh dengan media podcast pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 4 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan secara daring. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022, yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (b) tes, dan (c) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh dengan media podcast dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada siklus I meningkat dibandingkan sebelum dilaksanakannya penelitian, yaitu sebanyak 27 siswa atau 69% siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar minimal yaitu 65. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 67,7. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal sebanyak 27 siswa atau 84%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 76,4, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar sebesar 8,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran jarak jauh dengan media podcast dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022.

Page 1 of 2 | Total Record : 12