cover
Contact Name
Ridho Hilmawan
Contact Email
ridho.tif@gmail.com
Phone
+6282174477779
Journal Mail Official
ridho.tif@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No.7, Damon, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau 28784
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
ISSN : 26860295     EISSN : 27235653     DOI : -
Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan lapangan yang terkait dengan kurikulum, pengajaran, pembelajaran, penggunaan media teknologi, kepemimpinan dan program pengembangan profesi di berbagai tingkatan pendidikan baik formal maupun non-formal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif" : 7 Documents clear
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPS C SMA NEGERI 2 BENGKALIS Azrahwati
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan prestasi belajar siswa serta bagaimana persepsi siswa mengenai penerapan pembelajaran Ekonomi dengan materi pokok Pajak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2x pertemuan yang terdiri dari 2 x 45 menit. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS C berjumlah 33 orang siswa. Data penelitian berupa peningkatan aktifitas dan prestasi belajar serta persepsi siswa. Aktifitas belajar siswa diamati berdasarkan lima unsur dasar pembelajaran kooperatif, yaitu: (1) saling ketergantungan positif, (2) tanggung jawab perseorangan, (3) interaksi tatap muka, (4) komunikasi antar anggota dan, (5) evaluasi proses kelompok, yang dikumpulkan dari hasil observasi melalui lembar observasi. Prestasi belajar siswa didasarkan pada nilai tes prestasi belajar siswa yang dilakukan setiap akhir siklus. Sedangkan persepsi siswa diperoleh melalui pengisian angket siswa yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan data aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktifitas belajar siswa pada siklus I adalah 12.5% (tingkat kurang), 43% (tingkat cukup), dan 38.5% (tingkat baik). Perolehan skor rata-rata prestasi belajar siswa sebelum diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model Jigsaw adalah 57% dengan ketuntasan belajar klasikal 37.5%. setelah diajar setelah diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model Jigsaw perolehan skor rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 65.24% dengan ketuntasan belajar klasikal 75% sedangkan pada siklus II perolehan skor rata-rata adalah74.5% dengan ketuntasan belajar klasikal 87.5%. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis angket pada siklus II dapat diketahui bahwa 57.5% siswa merasa senang dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dibandingkan metode ceramah karena dapat mempermudah siswa untuk memahami materi dan konsep pelajaran Ekonomi. Maka disarankan para guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif dengan model-model pembelajaran lain yang lebih bervariasi mengingat pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa.
PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS VI SDN 42 BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019 Ngainah
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika berbantuan media gambar bagi siswa kelas VI SDN 42 Bengkalis, pada materi Bangun Ruang dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Metode diskusi kelompok mampu melibatkan siswa secara aktif di dalam kegiatan belajar dan mampu meningkatkan hasil belajar. Hal ini telah dibuktikan di kelas VI SDN 42 Bengkalis, dengan jumlah siswa 16 orang pada tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dan informasi pada penelitian ini dilakukan melalui pengamatan dari aktifitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa, yang selanjutnya dilakukan tindakan refleksi. Sementara nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus pertama sebesar 70, dengan daya serap klasikal sebesar 69%. Pada siklus kedua nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80, dengan daya serap klasikal sebesar 100%. Inilah bukti bahwa penerapan metode diskusi yang bersifat diskusi kelompok pada pembelajaran Matematika ini dikatakan berhasil.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PETA KONSEP; STUDI KASUS MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 5 BENGKALIS Wenni Nasri
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media peta konsep di kelas IX B di SMP Negeri 5 Bengkalis pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang berlangsung dalam 2 siklus. Penelitian berlangsung selama 3 bulan yaitu dari bulan Juli s.d September 2018. Untuk mendapatkan data olehan, teknik yang digunakan adalah pengamatan yang dilakukan oleh observer, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh Berdasarkan analisis data dari siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 79% dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 86%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Serta dari hasil observasi menunjukkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat. Disarankan kepada guru mata pelajaran IPA dan mata pelajaran lainnya untuk menggunakan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar.
PENGGUNAAN MEDIA PETA PIKIRAN UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Indriati Refiana
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajarbahasa Indonesia padaaspekketerampilanmenulis. Untukmengatasipermasalahantersebut, penulismenggunakan media petapikiranpada proses pembelajaranbahasa Indonesia. Penelitian yang dilaksanakanadalahPenelitianTindakankelasmelalui 4 tahapan, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, danrefleksimenggunakandaur/siklusdengan 2 kali pertemuansetiapsiklusselama3(tiga)bulandaribulanAprils.dJuni2018.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA ASMA Negeri 2 Bengkalis  Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 38 orang.HasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatanpadahasilbelajarsiswaKetuntasan klasikal pada siklus I hanya 87%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5%.Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, disarankankepada guru bahasa Indonesia khususnyauntukmenggunakan media petapikiran agar hasilbelajarmatapelajaranbahasa Indonesia meningkat.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI METODE DISKUSI Raja Mariani
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn melalui metode diskusi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada semester II TP. 2014/2015. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. PTK dilaksanakan dalam empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dan berlangsung dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari tujuh dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, 2) terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode dskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING GOOGLE CLASSROOM MELALUI KEGIATAN PELATIHAN DAN BIMBINGAN (LATBIM) DI SMPN 2 TALANG MUANDAU Aroma Yoshi
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untukmeningkatkan kompetensi guru dalam penerapan pembelajaran aplikasi google Classroom melalui kegiatan pelatihan dan bimbingan (LatBim) di SMPN 2 Talang Muandau. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru di SMPN 2 Talang Muandau yang berjumlah 17 orang. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan keaktifan guru sangat baik, ini terlihat dari kemampuan untuk membuat akun yang semula memiliki nilai rata-rata 2 dengan kategori cukup hingga menjadi rata-rata 3,41 dengan kategori sangat baik. Untuk kemampuan dalam membuat kelas pada aplikasi perubahan yang semula memperoleh rata-rata 1,70 kategori cukup menjadi 3,76 kategori sangat baik. Kemampuan guru dalam memberikan pengumuman juga mengalami peningkatan dari rata-rata 2,29 menjadi 3,65, sedangkan untuk kemampuan memasukkan materi semula memperoleh rata-rata 1,9 menjadi 3,70. Untuk kemampuan membuat absen kelas, semula 1,52 menjadi rata-rata 3,64, kemampuan dalam membuat tugas memperoleh rata-rata 1,88 menjadi 3,82 dan kemampuan guru dalam membuat quiz juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 1.82 menjadi 3,41. Dengan demikian penerapan pembelajaran aplikasi google Classroom melalui kegiatan pelatihan dan bimbingan (LatBim) di SMPN 2 Talang Muandau sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi guru.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 9 BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Jamilah
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII.2 SMPN 9 Bengkalis Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan model Discovery Learning yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan analisis data secara deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini dimulai pada tahun 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, daya serap siswa pada nilai UH sebelum PTK yaitu 74,86%, sesudah PTK siklus I daya serap siswa adalah 84,3% meningkat 9,44%. Pada siklus II daya serap siswa adalah  87,98% meningkat 3,68% dari siklus I. Ketuntasan klasikal nilai sebelum PTK adalah 59,09%, siklus I 68,18% meningkat 9.09% dan siklus II 86,36% meningkat 18,18%. Penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan  Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII.2 SMPN 9 Bengkalis Tahun Ajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 7