cover
Contact Name
Siti Junita
Contact Email
sitijunita16@gmail.com
Phone
+6281249800183
Journal Mail Official
leaderia.iainjember@gmail.com
Editorial Address
HMPS Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 27230651     EISSN : 27230732     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian MPI, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang MPI.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
Landasan Teologis Manajemen Pendidikan Islam Ahmad Jaelani; Nurwadjah Ahmad EQ.; Andewi Suhartini
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v1i2.5

Abstract

The purpose of writing this article is to find out the management of Islamic education in the perspective of Islamic education theology. The writing of this article uses a qualitative approach with data sources obtained from literature studies or literature studies. The results of the writing of the paper obtained is that the management of Islamic education is not only about studying how to plan, organize, actualize and supervise, but all the processes carried out in management must be sourced from aspects of revelation that are manifested through beliefs and thoughts by not displaying the existence and intervention of God. Almighty. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan Islam perspektif teologi pendidikan Islam.Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari kajian literature atau studi pustaka. Hasil penulisan makalah yang diperoleh adalah bahwasanaya manajemen pendidikan Islam bukan hanya mengkaji tentang bagaimana merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan dan mengawasi saja, akan tetapi seluruh proses yang dilakukan dalam pengelolaah harus bersumber pada aspek kewahyuan yang dimanifestasikan melalui keyakinan dan pemikiran dengan tidak menapikan eksistensi dan intervensi Allah Yang Maha Kuasa. Kata Kunci: manajemen pendidikan Islam, teologi
Model Kemitraan Sekolah dengan Pondok Pesantren dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Jasmani
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v1i2.17

Abstract

This study seeks to reveal, the partnership model, the implementation of partnerships, and the implications of school partnerships with in Islamic boarding school in Islamic education institutions development which has been conducted at MA Almaarif Singosari Malang. This study used a case study of qualitative approach.  Data analysis techniques from John W. Creswell by applying the coding process, identifying the core themes, cultural themes. The research informants were the head of the school. the caregiver of the boarding school, all the deputy head of the school, teachers and students. The results of the study showed that: 1) the partnership model that is established is a mutualistic partnership (mutualism partnership). This can be seen from the practices that are interrelated and need each other, and mutually beneficial, 2) the implementation of this partnership showed a good result, such as: input, process and output. the partnership implicated directly to the students’ achievement, the superiority of religion, and image positive. Penelitian ini berupaya untuk mengungkap, model kemitraan, implementasi kemitraan, dan implikasi kemitraan sekolah dengan pondok pesantren dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam yang dilakukan di MA Almaarif Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dari John W. Creswell dengan menerapkan proses coding, mencari tema inti, tema kultural. Informan penelitian adalah kepala madrasah, pengasuh pondok pesantren, semua wakil kepala madrasah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) model kemitraan yang terjalin adalah kemitraan mutualistik (mutualism partnership). Hal ini dapat dilihat dari praktik-praktik yang saling terkait dan saling membutuhkan, serta saling menguntungkan; 2) implementasi kemitraan sudah berjalan dengan baik meliputi: Input, proses, output. 3) kemitraan berimplikasi langsung pada prestasi siswa, keunggulan bidang keagamaan, dan image positive. Kata Kunci: model kemitraan, pengembangan lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren, sekolah
Komunikasi Pemasaran Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang Hidayat; Lindy
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v1i2.22

Abstract

This article discusses education marketing communication in Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. The research background is that marketing communication used by madrassas is only advertisements in the form of brochures, information about promotions written in brochures and sales salesperson or school marketers are less communicative in providing madrasa information and its services to prospective student guardians. The problems discussed in this study are: how is education marketing communication and what factors support and hinder education marketing communication in MI Nurul Qomar Palembang? This type of research was a qualitative descriptive. Data collection methods were observation, interview, and documentation. Data analysis used data reduction, data display, and data verification. The results of this study indicated that education marketing communication using four marketing communication mix, namely: 1) advertising, 2) sales promotions, 3) public relations, and 4) personal selling that was done quite well. The supporting factors of education marketing communication in MI Nurul Qomar Palembang were school products or services. While the inhibiting factors of education marketing communication were funding, the target market, and the situation of the school. Keywords: education marketing communication, madrasah ibtidaiyah Artikel ini membahas tentang komunikasi pemasaran pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. Hal ini dilatar belakangi oleh persoalan dalam komunikasi pemasaran yang digunakan oleh madrasah hanya dengan iklan berupa brosur saja, informasi megenai promosi ditulis dalam brosur tidak secara detail dan sales person/wiraniaga atau pemasar sekolah kurang komunikatif dalam memberikan informasi madrasah serta jasa nya kepada calon wali murid. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah komunikasi pemasaran pendidikan serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat komunikasi pemasaran pendidikan di MI Nurul Qomar Palembang? Jenis penelitian yang digunakan adalah deskrpitif kualitatif, dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi pemasaran pendidikan dengan menggunakan empat bauran komunikasi pemasaran yaitu: 1) iklan, 2) promosi, 3) public relation, dan 4) personal selling yang sudah dilakasanakan dengan cukup baik. Faktor pendukung komunikasi pemasaran pendidikan di MI Nurul Qomar Palembang adalah produk atau jasa sekolah, sedangkan faktor penghambat komunikasi pemasaran pendidikan yaitu, dana, pasara sasaran, dan situasi sekolah. Kata kunci: komunikasi pemasaran pendidikan, madrasah ibtidaiyah
Manajemen Program Pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II Jember Faridatul Jannah; Siti Aminah
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v1i2.25

Abstract

The purpose of this study is to know how the planning, organization, implementation, and supervision of the education program at Darul Arifin II Islamic Boarding School. This study belongs to field research by doing qualitative approach. The data is obtained by observation, interviews, and documentation techniques. The data analysis is done by data condescension, data display and conclusion drawing. The data are validated through sources and techniques triangulation. The results of this study are: 1) The planning of educational programs is done by setting goals, formulating present circumstances, identifiying ease and obstacles, and developing plans into long-term and short-term programs. 2)The organization of educational programs includes division of work, departementalization, and range of control. 3) The implementation of the educational programs is basically two programs, a routine and incidental programl. The routine program consists of yellow book education programs, development of foreign languages, tahfidz and tahsin al-Qur'an.  Whereas the incidental program consisted of the education program of the dzikir and sholawat groups, and the strengthening of the Aswaja. 4) Educational programs are supervised by setting standards, measuring work performance, adjusting work perfomance to standards, and taking corrective measures.    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program pendidikan di Pesantren Mahasiswi Darul Arifin II. 1) Perencanaan dilakukan dengan cara menetapkan tujuan, merumuskan keadaan sekarang, mengidentifikasi kemudahan dan hambatan, dan mengembangkan rencana ke dalam program jangka panjang dan program jangka pendek. 2) Pengorganisasian program pendidikan meliputi pembagian kerja, departementalisasi, dan rentang kendali. 3) Pelaksanan program pendidikan pada dasarnya terdapat dua program yaitu program rutinitas dan insidentil. Program rutinitas ini terdiri dari program pendidikan kajian kitab kuning, pengembagan bahasa asing, tahfidz dan tahsin al-Qur’an. Sedangkan program insidentil terdiri dari program pendidikan majelis dzikir dan sholawat, dan penguatan aswaja. 4) Pengawasan program pendidikan dilakukan dengan menetpkan standar, mengukur prestasi kerja, menyesuaikan prestasi kerja dengan standar, dan mengambil tindakan korektif. Kata Kunci: manajemen program pendidikan, pesantren mahasiswa
Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Ajung Jember Musleh Hamdani; Siti Aminah
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2020): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v1i2.28

Abstract

Extracurricular activities are activities that are carried out outside school, whether inside or outside the school with a view to enricing and broadening knowledge and ability of those students from the field of study already have. Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Qori'in Ajung Jember is one of the schools that have attention to the character issues of each student student. The study used a qualitative, descriptive approach lacated in premier MI Riyadlul Qori’in Ajung Jember. Collecting data in this study were observation, interview and documentation. The method of analysis in this study was the interactive descriptive analysis of Miles and Hubermans. The validity of data used was triangulation. The result of this study was (1) extracurricular activities planning to establish the religious character of each student, (2) the practice of the learning process was performed by the tutors and learners starting from the beginning of the opening to the conclusion, (3) assessments of activities wrere conducted every two weeks within the sumative assessment criteria, where the pass or no learner was known through the assessment.   Kegiatan Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam sekolah, baik yang dilakukan di dalam atau di luar sekolah dengan tujuan untuk memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki oleh peserta didik dari berbagai bidang studi. Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Qori’in Ajung Jember adalah salah satu sekolah yang memiliki perhatian terhadap masalah karakter setiap peserta didiknya.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  jenis deskriptif. Lokasi peneltian ini adalah MI Riyadlul Qori’in Ajung Jember. Data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interaktif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk membentuk karakter religius setiap peserta didik, (2) pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan oleh tutor dan peserta didik yakni dimulai dari awal pembukaan sampai penutup, dan (3) evaluasi kegiatan dilakukan setiap dua minggu sekali dalam kriteria penilaian sumatif, dimana lulus atau tidaknya peserta didik diketahui melalui penilaian tersebut. Kata kunci: manajemen kegiatan ekstrakurikuler, pembentukan karakter religius peserta didik

Page 1 of 1 | Total Record : 5