cover
Contact Name
Siti Junita
Contact Email
sitijunita16@gmail.com
Phone
+6281249800183
Journal Mail Official
leaderia.iainjember@gmail.com
Editorial Address
HMPS Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 27230651     EISSN : 27230732     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian MPI, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang MPI.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru dan Pegawai di SMP PGRI 03 Kencong Jember Nuriyah Fikri Wahyuni; Siti Fatikhah Nur Aini; Umul Ulfa Mufida; Abdul Muhith
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2021): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v2i1.41

Abstract

This study aims to identify and describe the role of principal leadership in improving the work discipline of teachers and employees and to find out what obstacles are the obstacles to the role of principal leadership in improving the work discipline of teachers and employees at SMP PGRI 03 Kencong, Jember Regency. Is a type of qualitative descriptive research and uses purposive sampling technique. There are five roles of the Principal and two obstacles faced by the Principal in improving the work discipline of teachers and employees. The results showed that the principal of SMP PGRI 03 Kencong, Jember Regency carried out the role of a leader by planning and deliberating; as a manager by creating collaboration between teachers and employees; as an educator by preparing a learning program plan; as an administrator by managing facilities and infrastructure as well as financial administration; motivator by providing motivation with a conducive school environment. The obstacles faced by the principal in improving the work discipline of teachers and employees are teachers and employees who are less disciplined in carrying out their duties so that it is also difficult to improve their work discipline, as well as obstacles in inadequate school facilities and infrastructure. Keywords: employees, leadership, principals, teachers, work discipline Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan pegawai dan untuk  mengetahui kendala apa saja yang menjadi penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan pegawai di SMP PGRI 03 Kencong Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik Purposive Sampling. Terdapat lima peran Kepala Sekolah dan dua kendala yang dihadapi oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan pegawai. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP PGRI 03 Kencong Kabupaten Jember melaksanakan peran sebagai pemimpin dengan membuat perencanaan dan bermusyawarah; sebagai manajer dengan menciptakan kerjasama antara guru dan pegawai; sebagai pendidik dengan menyusun rencana program pembelajaran;sebagai administrator dengan mengelola sarana dan prasarana serta administrasi keuangan; motivator dengan memberikan motivasi  dengan lingkungan sekolah yang kondusif. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan pegawai yaitu guru dan pegawai yang kurang disiplin dalam melaksanakan tugas sehingga kesulitan pula dalam meningkatkan disiplin kerjanya, serta kendala dalam sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai. Kata Kunci: disiplin kerja, guru, kepemimpinan, kepala sekolah, pegawai
Manajemen Manajemen Program Pendidikan Keagamaan Ke-Nahdlatul Ulama-an di SMA Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan Zumrotun Nafisah Ahmadan; Siti Aminah
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2021): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v2i1.55

Abstract

The Nahdlatul Ulama senior high school of Lekok, Pasuruan, is an education institution under the Nahdlatul Ulama whose religious education programs are based on the values of ahlussunah wal jamaah (Aswaja). The purpose of this study is to know the planning, organization, performance and evaluation of the religious education program about NU. The researcher went directly to the study using observation methods, interviews and documentation. The research findings are 1) the planning of religious educational activities program is carried out by viewing future needs, setting goals based on madrassa's mission vision, determining policies, by little cost and each activity has its own time to implement. 2) the organization of the religious activity program is carried out by performing what type of duty and responsibility identification based on each individual's abilities and qualifications. Continued by assessing the nature of the task and responsibility, determining and distributing the task and responsibility 3) executing this program of NU's religious activities consists of a) praying dhuha and reading the surah al-Waqiah and continuing with the book study being done daily by jamaah, b) praying dhuhur, which is ended by reading the surah al-Mulk and Asmaul Husna and administered daily, C) the madrasah program executed after the learning activity for students who do not follow the religious madrassa activity, d) reading the tahlil through a memorization system carried out each week, 4) the evaluation of the NU activities program is carried out each week by bringing small notes related to the activities being done in order to fit the plans. Keywords: religious education program management, Nahdlatul Ulama Lembaga pendidikan SMA NU Lekok Pasuruan merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang memiliki program pendidikan keagamaan ke-NU-an yang berlandaskan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan keagamaan ke-NU-an, penulis melakukan langsung ke tempat penelitian dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu 1) Perencanaan program kegiatan pendidikan keagamaan NU ini dilaksanakan dengan melihat kebutuhan masa depan, menetapkan tujuan yang berdasarkan pada visi misi madrasah, menentukan kebijakan, dengan sedikit  biaya dan setiap kegiatan mempunyai waktu pelaksanaan masing-masing. 2) Pengorganisasian program kegiatan keagamaan NU ini dilaksanakan dengan melakukan identifikasi jenis  tugas  dan tanggung jawab berdasarkan kemampuan masing-masing individu disertai kualifikasi ijazah. Dilanjutkan dengan menggolongkan jenis tugas dan tanggung jawab, menentukan dan mendistribusikan tugas dan tanggung jawab 3) Pelaksanaan program kegiatan   keagamaan NU ini terdiri dari   a)sholat   dhuha berjamaah dan membaca Surat al-Waqiah dan dilanjutkan dengan kajian kitab dilaksanakan setiap hari secara berjamaah,b) sholat dhuhur berjamaah yang diakhiri dengan membaca Surat al-Mulk dan Asmaul Husna dan dilaksanakan setiap hari, c) Program Madrasah Diniyah yang dilaksanakan usai kegiatan belajar bagi siswa yang tidak mengikuti Madin, d) membaca Tahlil melalui sistem setor hafalan yang dilaksanakan setiap minggu,  4) Evaluasi program kegiatan kegamaan NU ini dilaksanakan setiap minggu sekali dengan membawa catatan-catatan kecil terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan agar sesuai dengan yang direncanakan. KataKunci: Manajemen Program Pendidikan, Keagamaan NU  
Analisis Kepala Madrasah Sebagai Supervisor di Lembaga Pendidikan Islam Tio Ari Laksono
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2021): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v2i1.57

Abstract

This study discusses the managerial aspects of madrasah principals in supervising the preparation, implementation, and follow-up of learning carried out by teachers and madrasah personnel. The method of collecting data in this research is carried out through library research. The responsibilities of the madrasah principal as a supervisor in academic supervision activities include planning, implementation, and evaluation as well as follow-up. Academic supervision activities are carried out to improve the professional quality of teachers and all madrasah personnel. The techniques used in carrying out supervision by the head of the madrasah of teachers and madrasah employees can be done by using individual techniques and group techniques. Activities that include individual techniques are conducting class visits and individual observations, while group techniques include holding meetings or meetings with teachers to discuss various matters related to the teaching and learning process and outcomes.   Keywords: Principal of Madrasah, Supervisor, Supervision Penelitian ini membahas mengenai manajerial kepala madrasah dalam melakukan supervisi/pengawasan terhadap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan para personalia madrasah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka (Library Research).Tanggung jawab kepala madrasah sebagai supervisor dalam kegiatan supervisi akademik meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta tindak lanjut. Kegiatan supervisi akademik dilakukan untuk meningkatkan kualitas keprofesionalan guru dan seluruh personalia madrasah.Teknik yang digunakan dalam melaksanakan supervisi oleh kepala madrasah terhadap guru-guru dan pegawai madrasah dapat dilakukan dengan teknik perseorangan dan teknik kelompok. Kegiatan yang termasuk teknik perseorangan adalah mengadakan kunjungan kelas dan observasi perseorangan, sedangkan yang termasuk teknik kelompok adalah mengadakan pertemuan atau rapat dengan guru-guru untuk membicarakan berbagai hal yang berhubungan dengan proses dan hasil belajar mengajar.   KataKunci: Kepala Madrasah, Supervisor, Supervisi
Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru di SMK LPMD Adow Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Muliadi Mokodompit
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2021): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v2i1.59

Abstract

Principal's supervision is part of efforts to ensure the quality of academic activities. Through the supervision the principal can direct teachers to improve the quality of learning in schools. This study aims to: "analyze the implementation of Principal Supervision of Teachers at SMK LPMD Adow, Central Pinolosian District, South Bolaang Mongondow Regency". This research is a qualitative descriptive form with a field research approach. Research informants were teachers of SMK LPMD Adow Pinolosian Tengah, cocnsists of 10 teachers. The data were collected using interview and documentation techniques. The results showed that the implementation of the Principal's Supervision was carried out in a planned, organized and periodic manner. The supervision stage begins with forming a supervision team, then the team formulates supervision objectives, supervision objectives, and makes supervision instruments. Supervision of the Principal of SMK LPMD Adow uses a persuasive approach, namely prioritizing feelings and maintaining harmonization. Thus, Principal Supervision at SMK LPMD Adow improves teacher teaching quality and teacher motivation in developing teaching knowledge and skills. In conclusion, that Principal’s Supervision increases teacher motivation in improving teacher knowledge and skills comperehensively, so that it has an impact on the  teaching quality of teachers in the classroom.  Keywords: academic, motivation to teach a teacher, quality of Learning, supervision Supervisi Kepala Sekolah merupakan bagian dari upaya menjamin mutu kegiatan akademik. Melalui supervisi kepala sekolah dapat mengarahkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: “menganalisis pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru di SMK LPMD Adow Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan”. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan field research. Informan penelitian adalah Guru-Guru SMK LPMD Adow Pinolosian Tengah yang berjumlah 10 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dilakukan secara terencana, terorganisisr dan berkala. Tahapan supervisi dimulai dengan pembentuk tim supervisi, kemudian tim merumuskan tujuan supervisi, sasaran supervisi, dan membuat instrumen supervisi. Supervisi Kepala Sekolah SMK LPMD Adow menggunnakan pendekatan persuasif, yaitu mengutamakan perasaan dan menjaga harmonisasi. Dengan demikian, Supervisi Kepala Sekolah di SMK LPMD Adow meningkatkan kualitas mengajar Guru dan motivasi guru dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mengajar. Sebagai kesimpulan, bahwa Supervisi Kepala Sekolah meningkatkan motivasi guru dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru secara berkelanjutan, sehingga berdampak pada kualitas mengajar Guru di Kelas. KataKunci:  akademik, motivasi mengajar guru, kualitas pembelajaran, supervisi
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya, dan Peran Komite Sekolah terhadap Kepuasan Pelayanan Teddy Manueke; Deitje A. Katuuk; Viktory N. J Rotty; Jeffry S. J. Lengkong
LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2021): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : HMPS MPI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/leaderia.v2i1.60

Abstract

This study aims to measure two types of variables, independent variable consisting of the principal's leadership, school culture and school committees and the dependent variable, service satisfaction. The subjects of this study were teachers of SMK Negeri in Bitung totaling 241 with a sample of 71 people. The method used is a descriptive analytical survey method and uses correlational analysis. The analysis technique used is Pearson Product Moment Correlational Analysis. The results showed that there was a significant influence of principal's leadership on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 44.9%. There is an influence of school culture on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 49%. There is an influence of school committees on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 33.7%. There is an effect of principal leadership and school culture together on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 46.3%. There is an influence of the leadership of the principal and the school committee together on the service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 46.5%. There is an influence of school culture and school committee together on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City 45.4%. There is a joint influence of the principal's leadership, school culture and school committee on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 47.9%. Keywords: principal’s leadership, school culture, school committee, service satisfaction Penelitian ini bertujuan mengukur dua jenis variabel, yaitu: variabel bebas yang terdiri atas kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan komite sekolah serta  variabel terikat yaitu variabel kepuasan pelayanan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMK Negeri di Bitung yang berjumlah 241 dengan penarikan sampel sebanyak 71 orang. Metode yang digunakan adalah metode survey yang bersifat deskriptif analitis dan menggunakan analisis korelasional. Teknik analisa yang digunakan adalah Analisis Korelasional Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 44,9%. Terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 49%. Terdapat pengaruh komite sekolah terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 33,7%. Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 46,3%. Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komite sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 46,5%. Terdapat pengaruh budaya sekolah dan komite sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung 45,4%. Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan komite sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 47,9%. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kepemimpinan, Budaya, Komite, Kepuasan Pelayanan

Page 1 of 1 | Total Record : 5