cover
Contact Name
Irma Arifah
Contact Email
zonalinguafranca@gmail.com
Phone
+6285649164910
Journal Mail Official
diklastri@stkippgritrenggalek.ac.id
Editorial Address
Jl. Supriyadi 22 Trenggalek Jawa Timur – Indonesia Kode Pos 66319
Location
Kab. trenggalek,
Jawa timur
INDONESIA
DIKLASTRI
Published by STKIP PGRI TRENGGALEK
ISSN : -     EISSN : 27743160     DOI : -
Core Subject : Education, Art,
DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia particularly focuses on the main problems in the development of the areas as follows:1. Indonesian; 2. Indonesian literature; 3. Linguistics; 4. Education & learning of Indonesian language & literature
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan " : 5 Documents clear
ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM ACARA “INI TALK SHOW” DI NET TV PERIODE JANUARI-FEBRUARI TAHUN 2019 Fitriari Setyaningrum; Agus Hariadi
DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia memiliki keragaman bahasa sehingga menyebabkan masyarakat Indonesia menggunakan dua bahasa atau lebih saat berkomunikasi atau dapat disebut dengan masyarakat bilingual atau multilingual. Hal ini menyebabkan alih kode dan campur kode. Alih kode banyak macamnya, seperti alih kode intern dan alih kode ekstern. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan alih kode intern, alih kode ektern, dan campur kode. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Hal ini dikarenakan hasil data penelitian ini berbentuk deskripsi dan tidak berupa angka-angka. Sumber data penelitian ini adalah percakapan dalam acara “Ini Talk Show” di NET TV. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis tekstual dan kontekstual. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan objektif. Untuk pengecekan keabsahan data dengan tiga cara, yaitu: meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan pembahasan dengan personal yang lebih kompeten. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) sebagian besar alih kode intern disebabkan oleh lawan tutur, baik dari segi diksi, dialek, dan pengulangan kata 2) sebagian besar alih kode ekstern disebabkan oleh lawan tutur, baik dari segi dialek ataupun pengulangan kata 3) campur kode disebabkan oleh identifikasi peranan, identifikasi ragam, dan keinginan untuk menjelaskan dan menafsirkan, baik dari segi kata ataupun frase.
MOTIVASI TOKOH DALAM NOVEL “SIRKUS POHON” KARYA ANDREA HIRATA Mus Tamiul Nadiroh; Fahrudin Fahrudin
DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di antara kajian psikologi sastra terdapat psikologi kepribadian salah satunya berupa motivasi. Motivasi yang secara umum dimiliki oleh manusia, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif kedua lingkup sasaran tersebut. Penelitian yang berjenis kualitatif dan bersifat deskriptif ini menggunakan metode penelitian dokumentasi untuk mengumpulkan data yang akan diteliti. Hasil penelitian ini adalah (1) motivasi internal tokoh utama persepsi individu mengenai diri sendiri terkait dengan berpikir, terdapat data kebahagiaan, alasan, kerja dan perasaan. Persepsi individu terhadap diri sendiri terkait dengan kemauan ditemukan data bermimpi dan berjanji. Sedangkan motivasi internal tokoh utama berupa harapan terkait dengan tangguh, ditemukan data bertahan dan keberhasilan. Motivasi internal terkait dengan sikap, ditemukan data belajar. (2) motivasi eksternal tokoh utama kelompok kerja terkait kebenaran ditemukan data motto hidup, kejujuran ditemukan data inspirasi, dan terkait kebajikan ditemukan data keinginan, rasa hormat dan mandor. Sedangkan motivasi ekternal tokoh utama berupa situasi lingkungan terkait dengan kepercayaan diri ditemukan data janji, bekerja, pekerjaan dan masa depan. Motivasi eksternal berupa situasi lingkungan terkait interaksi ditemukan data kagum.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM “JEMBATAN PENSIL” KARYA EXAN ZEN Aji Wisnu Atmoko; Suprapti Suprapti
DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini betujuan memperoleh gambaran objektif tentang nilai pendidikan karakter kejujuran, kedisiplinan, dan peduli sosial pada tokoh utama dalam film “Jembatan Pensil” karya Exan Zen. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data penelitian berupa percakapan dalam bentuk transkrip teks dalam film “Jembatan Pensil” karya Exan Zen yang mencerminkan pokok masalah dalam variabel penelitian. Hasil penelitian ini meliputi nilai pendidikan karakter kejujuran pada tokoh utama dalam perkataan, kejujuran berupa amanah dan tidak ada kemunafikan. Nilai pendidikan karakter dalam tindakan tokoh utama, yaitu kejujuran dan tidak berkhianat. Nilai pendidikan karakter kedisiplinan pada tokoh utama dalam segi waktu, kedisiplinan dalam mengatur waktu dan meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat. Nilai pendidikan karakter kedisiplinan pada tokoh utama pada segi peraturan, terdapat menaati peraturan diri sendiri dan peraturan sekolah. Nilai pendidikan karakter peduli sosial pada tokoh utama dalam suka menolong, terdapat suka menolong teman dan sedikit data menolong masyarakat. Nilai pendidikan karakter peduli sosial pada tokoh utama segi kedermawanan, terdapat rasa ikhlas dan empati.
MAJAS PERBANDINGAN DALAM KUMPULAN PUISI SAUDARA SEPERGURUAN KOPI KARYA EVAN MOCH., DKK Cindy Marisca Nur Farida
DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi objektif tentang majas perbandingan yang terdapat dalam kumpulan puisi Saudara Seperguruan Kopi karya Evan Moch., Dkk. Penelitian ini berjenis kualitatif dan bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian dokumentasi untuk mengumpulkan data yang akan diteliti. Data penelitian berupa teks-teks atau kalimat dalam puisi. Hasil penelitian meliputi penggunaan majas simile (menunjukkan kesamaan perbandingan) yaitu, bagaikan dan bagai. Penggunaan majas simile (menunjukkan kesamaan kata serupa) yaitu, seperti dan laksana, terdapat data seperti rinduku, dan laksana bergembira. Penggunaan majas personifikasi (menggambarkan benda-benda mati selayaknya benda hidup yang melakukan suatu tindakan seperti manusia) yaitu, bertindak dan berbicara seperti manusia, terdapat data menyingkap, menggamit, lari, berbaris rapi, menyentuh, menari, dan menyapa. Penggunaan majas personifikasi (menggambarkan benda-benda hidup nonmanusia selaknya benda hidup seperti manusia) yaitu, hewan dan tumbuhan terdapat data kumbang, dan daun-daun. Penggunaan majas simbolik (simbol benda alam) yaitu, langit dan malam, terdapat data langit dan malam. Penggunaan majas simbolik (simbol panca indra) yaitu mata, gelapnya hidup, dan bunga terdapat data mata dan bunga.
INTERFERENSI KOSAKATA BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA PADA MAJALAH AULA BULAN JANUARI SAMPAI MARET TAHUN 2017 Anis Nur Kudori; Irma Arifah
DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran objektif tentang interferensi kosakata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia pada majalah Aula bulan Januari sampai Maret tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi, dan ahasa untuk menganalisis data menggunakan ahasa tekstual, karena dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai intsrumen pengumpul data. Untuk memeroleh data yang akurat dan sesuai kenyataan yang ada, maka dalam penelitian ini perlu diadakan pengecekan keabsahan data. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketekunan, pemeriksaan teman sejawat dan konsultasi dengan dosen pembimbing. Simpulan dari penelitian pada majalah Aula diperoleh bentuk-bentuk interferensi kosakata ahasa Arab dalam ahasa Indonesia, yaitu: (1) kosakata kata kerja meliputi: kata kerja asal dan kata kerja turunan. (2) kosakata kata benda meliputi: kata benda dasar umum dan khusus, kata benda turunan, kata benda konsep dan kata benda penyebut orang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5