cover
Contact Name
Muh Barid nizarudin Wajdi
Contact Email
baridnizar1@gmail.com
Phone
+6282232057858
Journal Mail Official
baridnizar1@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI An Najah Indonesia Mandiri
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
ISSN : 23552743     EISSN : 25493612     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan mitrabestari.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2020): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM" : 2 Documents clear
STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN CITRA PUBLIK LEMBAGA PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMIC COVID-19 Siti Faridah
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 7 No. 2 (2020): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v7i2.48

Abstract

Mewabahnya Covid-19 pada saat ini melanda hampir di seluruh belahan dunia. Kondisi tersebut memberikan berbagai dampak negatif bagi kehidupan manusia baik pada sektor politik, ekonomi dan pendidikan khsusnya mengalami dampat yang begitu besar. Berdasarkan permasalahan tersebut, tidak berarti lembaga pendidikan putus semangat untuk meningkatkan citra publik lembaga pendidikan. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui strategi HUMAS dalam meningkatkan citra publik lembaga pendidikan pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan yang merupakan teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap studi literature, buku dan laporan-laporan yang berkaitan dengan masalah yang akan dipecahkan. Berdasarkan hasil penelitain, didapatkan bahwa HUMAS dapat menggunakan beberapa strategi dalam meningkatkan citra publik lembaga pendidikan pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan melaksanakan 1) pameran lembaga pendidikan 2) Layanan konten website dan sosial media 3) Program virtual kehumasan (internal) dan Bimbungan konseling online. Sehingga dapat disimpulkan, Dengan adanya strategi tersebut, HUMAS diharapkan mampu meningkatkan citra publik lembaga pendidikan pada masa pandemi covid-19.
E-LEARNING QUIPPER SCHOOL SEBAGAI PLATFORM ONLINE DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH AMRIANA; Ayu Puspita Sari; Hawadis
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 7 No. 2 (2020): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v7i2.50

Abstract

Berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2018 penetrasi pengguna internet berdasarkan usia di Indonesia dengan jumlah yang sangat tinggi, diantaranya kelompok usia 15-19 sebesar 91%, diikuti usia 20- 24 dengan persentase 88,5%. Kemudian, kelompok usia 25- 29 tahun dengan penetrasi 82,7% serta kelompok usia 10-14 tahun sebesar 66,2%. Dengan penetrasi akses internet yang mencapai lebih dari 3/4 dari populasi, digital native (generasi millennial) tumbuh dengan kemudahan teknologi dan sumber informasi yang tak terbatas. Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan dikenalkan dengan E-learning (pembelajaran elektronik) sebagai media pembelajaran yang dapat diakses dengan jaringan internet. E-Learning Quipper School merupakan penghubung antar siswa dan guru dalam pembagian tugas mata pelajaran secara online dan sesuai dengan mata pelajaran yang diadaptasi dari kurikulum yang diterapkan di Indonesia. E-Learning Quipper School terdiri dari dua bagian yakni Quipper School Link adalah tempat di mana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa, dan Quipper School Learn adalah tempat di mana siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak E-learning Quipper School sebagai Platform Online atau media pembelajaran online dalam optimalisasi pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan metode studi literature. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-learning Quipper School mampu meningkatkan motivasi dan minat yang selaras dengan peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran sejarah. Sehingga, E-learning Quipper School sebagai Platform Online berdampak positif dalam optimalisasi pembelajaran sejarah.

Page 1 of 1 | Total Record : 2