cover
Contact Name
Itznaniyah Umie Murniatie
Contact Email
itznaniyahmurniatie@unisma.ac.id
Phone
+6281914794210
Journal Mail Official
jurnalbasa@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
BASA Journal of Language & Literature
ISSN : 27978524     EISSN : 27970663     DOI : -
BASA Journal of Language & Literatue is a journal that consistently contains the results of thoughts, research, and findings in the field of Education and Learning Language & Literature Indonesia, Java, Arabic and English. Periodically BASA Journal of Language & Literatue is published four times a year in April and October. BASA Journal of Language & Literatue is published by The Indonesian Language and Literature Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, Islamic University of Malang.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022): Bulan 04 Tahun 2022" : 6 Documents clear
KESALAHAN LOGIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PEMELAJAR JEPANG BIPA TINGKAT A1 Faridah Suciyatmi
BASA Journal of Language & Literature Vol 2, No 1 (2022): Bulan 04 Tahun 2022
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/basa.v2i1.15063

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan tataran sintaksis pada karangan siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kediri dalam penggunaan kalimat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengkajian pada penelitian ini dilakukan secara mendalam dan terperinci untuk memperoleh suatu deskripsi yang jelas terhadap kesalahan penggunaan kalimat dalam tataran sintaksis pada penulisan karangan siswa. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui teknik membaca, mencatat, dan mewawancarai guru serta siswa. Prosedur pengumpulan data terdiri dari tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Teknik analisis data meliputi identifikasi, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan penulisan pada struktur kalimat yang meliputi empat aspek. Berdasarkan hasil temuan tersebut, membuktikan bahwa faktor penyebab kesalahan berbahasa pada karangan siswa karena kurang memerhatikan penggunaan tata bahasa dalam menulis, minimnya kosakata yang dimiliki siswa, dan guru kurang memerhatikan dan memberikan latihan menulis kalimat.Kata Kunci: kesalahan berbahasa, tataran sintaksis, penulisan karangan siswa
TECHNOLOGY PEDAGOGY CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) (ANALISIS KONSEP & MODEL PEMBELAJARAN) Helda Kusuma Wardani
BASA Journal of Language & Literature Vol 2, No 1 (2022): Bulan 04 Tahun 2022
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/basa.v2i1.15529

Abstract

Analisis kepustakaan dilakukan terhadap TPACK untuk menguatkan konsep yang termasuk baru dalam praktik pembelajaran di Sekolah Dasar (SD). Prinsip pembelajaran ini sedang gencar disebarluaskan melalui berbagai forum ilmiah, dan yang paling terlihat ditonjolkan dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk guru kelas SD. TPACK merupakan pengetahuan yang meliputi pengetahuan teknologi atau Technology Knowledge (TK), pengetahuan pedagogi atau Pedagogy Knowledge (PK), dan pengetahuan konten/isi atau Content Knowledge (CK) sebagai 3 (tiga) unsur utamanya. Ketiga unsur ini saling berinterseksi yang memunculkan 4 (empat) unsur utama TPACK lainnya. Sehingga dalam praktik pembelajaran, seorang guru professional dituntut untuk mampu menerapkan 7 (tujuh) unsur utama TPACK. Implementasi prinsip pembelajaran TPACK harus ada dalam perancangan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran yang dilakukan guru.
DEWI SRI SEBAGAI FIGUR IBU MITOLOGIS: TINJAUAN NARASI DAN VISUAL FOLKLOR JAWA TIMUR Fitrahayunitisna Fitrahayunitisna
BASA Journal of Language & Literature Vol 2, No 1 (2022): Bulan 04 Tahun 2022
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/basa.v2i1.15080

Abstract

Dewi Sri is a character in Javanese mythology. This goddess is close to the Javanese community, especially the farming community. Dewi Sri as the goddess of rice is widely written in ancient literature as well as in oral literature (folklore). In practice, Dewi Sri is often mentioned in traditional rituals and beliefs of the Javanese people. The cult of Dewi Sri is proof of the existence of a deity in the form of mother in the belief system of patriarchal Javanese society. The research on Dewi Sri as a mythological mother figure is important as a source of creating works of art or digital literature based on local wisdom. So, the focuses of this research is to find the character of Dewi Sri based on narratives and visual review and to analyse Dewi Sri as a mythological mother. This is a qualitative research with a social representation  approach. The data is in the form of text or verbal speech. Sources of data are the people of East Java. Data collected by interview and literature study. The result shows that Dewi Sri has a feminine character as the positive mother archetype in Jung's concept. Visually, Dewi Sri is depicted with feminine symbols of adult women, which is visually different from the ancient art works. Meanwhile, the divine figure of Dewi Sri that found was a mythological mother and spiritual figure with a feminine opposition as "Mother Goddess". Javanese belief that Dewi Sri gives bless with fertility. The conclusion is that figure of Dewi Sri can be used as a source of creating art and literature based on local wisdom.
PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK USIA SD MELALUI KEGIATAN MENONTON SERIAL UPIN IPIN DI TELEVISI MARWANI MARWANI
BASA Journal of Language & Literature Vol 2, No 1 (2022): Bulan 04 Tahun 2022
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/basa.v2i1.15060

Abstract

Pemerolehan bahasa merupakan bagian penting dari kehidupan seseorang. Bahasa sebagai alat  komunikasi dan interaksi sosial yang harus dikuasai seseorang sejak dini. Penguasaan bahasa yang baik sejak dini akan menunjang kualitas hidup manusia, terutama dalam aspek interaksi sosial. Mengingat pentingnya penguasaan bahasa sejak dini, pemerolehan bahasa pada anak perlu dikaji. Pada artikel ini disajikan tinjauan ringkas mengenai pemerolehan bahasa (language acquisition) dari segi desain dan metode pemerolehan bahasa lewat media elektronik yaitu menonton serial animasi Upin Ipin di televisi. Serial “ Upin Ipin” dipilih sebagai sumber data karena serial ini banyak diminati oleh anak-anak. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui sejauh mana pemerolehan bahasa dan pengaruh psikologi terhadap anak-anak melalui tayangan serial “Upin Ipin” di tinjau dari segi kebahasaan fonologi, morfologi, sintaksis, berdasarkan metode kualitatif dengan metode pendukung studi kasus. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; dari segi fonologi anak-anak sudah lancar dalam pengucapan huruf vokal dan konsonan dengan jelas. Dari segi morfologi pembicaraan yang dilakukakan oleh anak-anak belum menggunakan kalimat yang sistematik. Secara sintaksis mereka sudah mampu menghasilkan frasa adjektif, nomina dan verba. Melalui kegiatan menonton Televisi serial Upin Ipin, anak-anak telah mampu menggunakan deiksis dalam penggunaan percakapan sehari-hari, baik dalam percakapan dengan orang tua ataupun dengan teman sebayanya.       Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, tayangan televisi, Upin Ipin.  
Aspek-Aspek Pembelajaran Sadar Wisata Keris Madura untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa di Kalangan Siswa dalam Mendukung Wisata Halal Fiyan Ilman Faqih
BASA Journal of Language & Literature Vol 2, No 1 (2022): Bulan 04 Tahun 2022
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/basa.v2i1.15228

Abstract

Wisata halal merupakan salah satu potensi Madura dan kini terus dikembangkan untuk menemukan tujuan utama, yakni meningkatnya kesejahteraan Masyarakat madura. Salah atu komponen untuk mencapai tujuan tersebut ialah pendidikan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek pembelajaran sadar wisata keris dalam sektor pendidikan, khususnya kebahasaan agar bisa menjadi pemahaman yang baru atau lebih di kalangan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang aspek-aspek penting yang hadir dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis pembelajaran sadar wisata. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan aspek-aspek yang menjadi penyebab persoalan pembelajaran guru-guru di sekolah terkait pembelajaran dasar wisata. Oleh karena itu, ada dua hal penting yang dihasilkan dari penelitian ini, yaitu penjabaran tentang persoalan pembelajaran yang berbasis kebudayaan dan aspek-aspek penting yang harus hadir dalam dalam pembelajaran sadar wisata untuk mendukung wisata halal yang dilakukan oleh guru.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSIS PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 KEDIRI Elsa Aprilia
BASA Journal of Language & Literature Vol 2, No 1 (2022): Bulan 04 Tahun 2022
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/basa.v2i1.15075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan tataran sintaksis pada karangan siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kediri dalam penggunaan kalimat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengkajian pada penelitian ini dilakukan secara mendalam dan terperinci untuk memperoleh suatu deskripsi yang jelas terhadap kesalahan penggunaan kalimat dalam tataran sintaksis pada penulisan karangan siswa. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui teknik membaca, mencatat, dan mewawancarai guru serta siswa. Prosedur pengumpulan data terdiri dari tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Teknik analisis data meliputi identifikasi, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan penulisan pada struktur kalimat yang meliputi empat aspek. Berdasarkan hasil temuan tersebut, membuktikan bahwa faktor penyebab kesalahan berbahasa pada karangan siswa karena kurang memerhatikan penggunaan tata bahasa dalam menulis, minimnya kosakata yang dimiliki siswa, dan guru kurang memerhatikan dan memberikan latihan menulis kalimat.Kata Kunci: kesalahan berbahasa, tataran sintaksis, penulisan karangan siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6