cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
gtm_jd@yahoo.co.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
indonesianjournalofsport@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Journal of Sport & Tourism
ISSN : 26155923     EISSN : 26155931     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/ijst.v1i1
This article is devoted to sports tourism. The purpose of this article is to examine theoretical material on sports tourism, to analyze sports tourism in Indonesian and to search for promising areas for the study of sports tourism in our country.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): December" : 5 Documents clear
Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli Bagus Pangestu; I Gusti Lanang Agung Parwata; Made Agus Wijaya
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol. 3 No. 2 (2021): December
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.31937

Abstract

Kurangnnya fasilitas yang memadai dan dukungan dari orang tua mempengaruhi minat dan motivasi berprestasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Upaya mencapai prestasi yang baik maka pembinaan prestasi harus di lakukan sejak usia dini dan atlet muda berbakat sangat menentukan tercapainya prestasi atau kualitas pendidikan yang optimal dalam cabang olahraga dan bibit atlet yang unggul perlu mendapat pengelolaan yang ilmiah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui mendeskripsikan secara faktual minat dan motivasi berprestasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri se-Kecamatan Sukasada. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Sukasada. Data intrumen dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes yaitu kuesioner berjumlah 20 minat dan 20 motivasi. Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hal ini menunjukan minat dan motivasi berprestasi peserta didik berpengaruh positif pada ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri se-Kecamatan Sukasada. Sampel berjumlah 67 orang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Hasilnya bahwa (1) minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri se-kecamatan sukasada kabupaten buleleng tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 10 orang (14,9%)  mempunyai minat sangat tinggi, 16 orang (23,9%) tinggi, 22 orang (32,8%) sedang, 19 orang (28,4%) rendah, 0 orang (0%) sangat rendah. (2) Motivasi berprestasi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri se-kecamatan sukasada kabupaten buleleng tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 11 orang (16,4%) masuk kategori sangat tinggi, 14 orang (20,9%) tinggi, 23 orang (34,3%) sedang, 19 orang (28,4%) rendah, 0 orang (0%) sangat rendah. Kata Kunci : Minat,  Motivasi dan Ekstrakurikuler Bolavoli
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola Ahmad Muhlisin; Made Agus Wijaya; I Gusti Lanang Agung
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol. 3 No. 2 (2021): December
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.31939

Abstract

Rendahnya aktifitas belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajarn yang digunakan guru cenderung monoton  menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam dan luar dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas berjumlah 5 kelas dengan populasi 170 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes  urian dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan signifikansi a=0.05. Data penelitian menunjukkan rata-rata gain skor ternormalisasi pada  kelompok eksperimen adalah 77,00, dengan standar deviasi 14.36, sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 60.00, dengan standar deviasi 16.50. Data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.003<0.05. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam dan luar. Disarankan untuk guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar sisiwa. Kata Kunci : Model pembelajaran STAD, hasil teknik dasar passing sepakbola
Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Daniel Mikhael Kune KUNE
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol. 3 No. 2 (2021): December
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.34862

Abstract

Sarana prasarana merupakan fasilitas pendukung yang dapat menunjang proses kegiatan dalam organisasi apa saja termasuk di dalamnya adalah satuan pendidikan atau sekolah. Sehingga sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang baik untuk keeberlangsungan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di Tingkat SMA se-Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, dengan menggunakan metode Survei. Subjek penelitian seluruh populasi SMA se-Kecamatan Buleleng yaitu berjumlah 10 populasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar instrument. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Ketersediaan sarana penunjang pembelajaran PJOK di SMA se-Kecamatan Buleleng berjumlah  2604 dan yang berkondisi baik 2388 sarana dengan presentase 91.71%  yang berkondisi rusak 215 sarana presentase 8.29%. Dan dari segi kepemilikan sebanyak 2604 yang milik sendiri 2597 dengan preentase 99.73% dan yang menyewa/meminjam 7 dengan presentase 0.27% (2) Ketersediaan prasarana berjumlah yaitu 43 dan yang berkondisi baik 42 prasarana dengan prsentase 97.67% yang berkondisi rusak 1 prasarana dengan presentase 2.33%. Dan dari segi status kepemilikan milik sendiri 37 dengan presentase 86.05% dan yang meminjam/menyewa berjumlah 6 dengan presentase 13.95%. Kata Kunci: Sarana, Prasarana, Survei
Motivasi Peserta Didik Berolahraga pada Masa Pandemi Covid-19 I Gede Ari Suandiana; I Wayan Artanayasa; I Ketut Semarayasa
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol. 3 No. 2 (2021): December
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.35429

Abstract

Olahraga menjadi suatu kebutuhan yang penting ditengah pandemic covid-19. Olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatan daya tahan tubuh dan jugameingkatkan konsentrasi belajar siswa. Disisi lain olahraga dapat membentuk sel tubuh yang berguna untuk mencegah penyakit seperti kanker, diabetes, cedera, serta menurunkan tingkat stres. Persebaran virus covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kegiatan olahraga pada siswa.  Hal ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam melakukan kegiatan olahraga. Dengan begitu peneilitian ini bertujuan untuk meneliti motivasi peserta didik dalam berolahraga pada masa pandemic covid-19 di SMP Negeri satu atap 1 Gerokgak. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII, VIII, IX dengan menggunakan non-random sampling yaitu quota sampling sebesar 25%. Sehingga, sample yang digunakan yaitu 32 siswa dari total siswa di SMP Negeri satu atap 1 Gerokgak. Hasil yang didapat menunjukan bahwa motivasi siswa SMP Negeri satu atap 1 gerokgak dalam berolahraga di masa pandemi yaitu sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan skor yang dicapai yaitu sebesar 61.Kata Kunci: Motivasi, Pandemi Covid-19, Olahraga 
Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19 Putu Agus Widiutama; I PT Panca Adi; I K. Semarayasa
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol. 3 No. 2 (2021): December
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.35433

Abstract

Efek pandemi yang terjadi sekarang ini menyebabkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran PJOK semakin rendah. Selain itu kurangnya pengawasan saat pembelajaran daring menyebabkan siswa tidak sungguh-sungguh saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi peserta didik kelas dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian adalah peserta didik dengan jumlah keseluruhan 237 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 59. Data dianalisis menggunakan statistik deskritif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pada motivasi intrinsik memperoleh skor 88,1 jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik memperoleh skor 83,6 jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dari kedua indikator pada faktor motivasi memperoleh skor 83.6. Jika dikonversikan ke dalam interval kategori, termasuk dalam kategori sangat tinggi.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peserta didik memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi covid-19

Page 1 of 1 | Total Record : 5