cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
gtm_jd@yahoo.co.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
indonesianjournalofsport@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Journal of Sport & Tourism
ISSN : 26155923     EISSN : 26155931     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/ijst.v1i1
This article is devoted to sports tourism. The purpose of this article is to examine theoretical material on sports tourism, to analyze sports tourism in Indonesian and to search for promising areas for the study of sports tourism in our country.
Articles 55 Documents
Ketersediaan Sarana dan Prasarana PJOK di Sekolah Dasar Giri Cahya, I Kt. B.P Candra; Agung Parwata, I Gusti Lanang; Aguswijaya, Made
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.697 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v1i1.34828

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah melihat dari hasil obserasi yang menunjukkan kurangnya sarana dan prasarana di SD se-Kecamatan Tembuku, hal tersebut menyebabkan proses balajar mengajar terhambat. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana dalam pembelajaran PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli, Penelitia ini berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan dan menggambarkan peristiwa secara natural yang dilakukan dengan menganalisis data dan hasil dari data tersebut dengan menggunakan hasil data yang diperoleh dari proses yang sudah berlangsung. Pnelitian ini menggunakan instrument PDPJOI. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan menggunakan lembar instrument PPJOI. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan dari penelitian survei sarana dan prasarana PJOK yang dilakukan di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Dapat disimpulkan bahwa mengenai sarana dan prasarana yang ada di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli , masih kategori kurang “D” sekolah masih belum memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai sehingga tidak mampu menunjang proses pembelajaran PJOK itu berlangsung. Kata Kunci: Sarana dan Prasarana PJOK, Instrumen PDPJOI
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola Muhlisin, Ahmad; Wijaya, Made Agus; Agung, I Gusti Lanang
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.096 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.31939

Abstract

Rendahnya aktifitas belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajarn yang digunakan guru cenderung monoton  menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam dan luar dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas berjumlah 5 kelas dengan populasi 170 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes  urian dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan signifikansi a=0.05. Data penelitian menunjukkan rata-rata gain skor ternormalisasi pada  kelompok eksperimen adalah 77,00, dengan standar deviasi 14.36, sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 60.00, dengan standar deviasi 16.50. Data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.003<0.05. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam dan luar. Disarankan untuk guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar sisiwa. Kata Kunci : Model pembelajaran STAD, hasil teknik dasar passing sepakbola
Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasaan Karyawan di Hotel Grand Zuri Padang Monica, Shinta; Asnur, Lise
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 3, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.272 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v1i1.32272

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi oleh berbagai permasalahan diantaranya: tidak adanya promosi jabatan untuk karyawan, terjadinya konflik antara sesama rekan kerja, karyawan yang merasa terbebani oleh waktu mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan, dan karyawan yang komplain mengenai jam istirahat yang tidak sesuai dengan yang diharapkan menyebabkan kurangnya kepuasaan karywan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh beban kerja  terhadap kepuasan kerja karyawan di Hotel Grand Zuri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Data yang digunakan data primer yaitu jumlah karyawan. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh karyawan yang ada di Hotel Grand Zuri Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket dengan memakai metode skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja berada pada kategori baik (59,72%) kepuasan kerja berada pada kategori baik (52,78%) didapatkan nilai F 28,083, nilai t 5.299 dan nilai R square 0,286.Kata Kunci : Beban Kerja, Kepuasan Kerja
Motivasi Peserta Didik terhadap Kebugaran Jasmani di Masa Pandemi Covid 19 Molo, Valerianus; Agung Parwata, I Gusti Lanang; Semarayasa, I Ketut
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 3, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.097 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v3i1.34861

Abstract

Pada massa pandemi covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap pola hidup mayarakat serta berpengaruh terhadap aktivitas pembelajaran peserta didik dalam kebugaran jasmani sehingga peran guru dan orang tua serta motivasi sangat diperkukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik terhadap kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19. Jenis penlitian ini menggunakan metode penelitian deskriptiv kualiatif dengan jenis penelitian survey dan intrumen penelitian ini meliputi test. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode survey kuisioner. Sampel yang digunakan terdiri dari 106 peserta didik  dengan populasi sebayak 270 peserta didik. Kemudian pada tahap pelaksanaan penelitian dilakukan pengambilan data menggunakan intrumen dengan pertanyaan 20 butir yang akan di jawab oleh peserta didik yang sudah disiapkan pada tahap perencanaan. Test diberikan kepada kelas sampel yang ditentukan secara non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 39% dari jumlah total populasi. Setelah pemberian test data yang dikumpul akan ditabulasi dan dianalisis. Kemudian kegiatan pada tahap pelaporan meliputi analisis data secara keseluruhan dan perumusan simpulan, serta pembuatan laporan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu pada faktor instrinsik motivasi peserta didik terhadap kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19 memperoleh skor 71,8% Dari hasil analisis 10 pernyataan motivasi intrinsik bila dirata-ratakan memperoleh rata-rata skor 74.4. Sedangkan hasil analisis 10 pernyataan motivasi ekstrinsik bila dirata-ratakan memperoleh rata-rata skor 69.2 dari hasil penelitian ini motivasi peserta didik di kategorikan sangat tinggi. Dengan demikian saran kepada peserta didik agar mempertahankan dan meningkatkan motivasi dalam mempertahakan kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19..Kata Kunci : Pendidikan Jasmani, Aktivitas Jasmani, Motivasi
Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 Suryawan, I Putu Hendra; Panca Adi, I.Pt.; Semarayasa., I.K.
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.966 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v2i2.34856

Abstract

Berdasarkan hasil observasi masih banyak ditemukan  peserta didik yang terlihat kurang menikmati atau kurang termotivasi terhadap pembelajaran PJOK secara online atau daring. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Motivasi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Selamadeg tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah total sebanyak 159 orang. Metode pemilihan sampel menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 37% dari jumlah total populasi, sehingga jumlah sampel sebanyak 59 orang. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil dari penelitian ini yaitu pada faktor intrinsik motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 memperoleh skor 81,0% jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada faktor ekstrinsik motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19  memperoleh skor 79,03%  jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori  tinggi. Berdasarkan kedua indikator pada variabel, motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 apabila di rata-ratakan memperoleh skor 80,015%. Jika dikonversikan ke dalam interval kategori, motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 termasuk dalam kategori  tinggi. Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19 
Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) KUNE, Daniel Mikhael Kune
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.247 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.34862

Abstract

Sarana prasarana merupakan fasilitas pendukung yang dapat menunjang proses kegiatan dalam organisasi apa saja termasuk di dalamnya adalah satuan pendidikan atau sekolah. Sehingga sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang baik untuk keeberlangsungan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di Tingkat SMA se-Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, dengan menggunakan metode Survei. Subjek penelitian seluruh populasi SMA se-Kecamatan Buleleng yaitu berjumlah 10 populasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar instrument. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Ketersediaan sarana penunjang pembelajaran PJOK di SMA se-Kecamatan Buleleng berjumlah  2604 dan yang berkondisi baik 2388 sarana dengan presentase 91.71%  yang berkondisi rusak 215 sarana presentase 8.29%. Dan dari segi kepemilikan sebanyak 2604 yang milik sendiri 2597 dengan preentase 99.73% dan yang menyewa/meminjam 7 dengan presentase 0.27% (2) Ketersediaan prasarana berjumlah yaitu 43 dan yang berkondisi baik 42 prasarana dengan prsentase 97.67% yang berkondisi rusak 1 prasarana dengan presentase 2.33%. Dan dari segi status kepemilikan milik sendiri 37 dengan presentase 86.05% dan yang meminjam/menyewa berjumlah 6 dengan presentase 13.95%. Kata Kunci: Sarana, Prasarana, Survei
Tingkat Pengetahuan Kesehatan Pribadi di Masa Covid 19 pada Remaja Antara, Kadek Yogi
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.652 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v1i1.34829

Abstract

Dewasa ini, dunia sedang diguncang oleh pandemik hebat bernama Covid-19 (Corona Virus Disease). Peningkatan dari hari kehari jumlah pasien terinfeksi virus Covid-19 sudah sulit dikendalikan diperlukannya suatu perencanaan yang jelas dan lugas dari pemerintah untuk menangulangi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja pada Desa Banjar Tengah Kecamatan Negara Kabupaten tentang kesehatan pribadi dimasa Covid19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel bebas, yaitu pengetahuan tentang kesehatan pribadi. Populasi adalah remaja Desa Banjar Tengah Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana  berjumlah  100 orang remaja. Instrumen penelitian dalam bentuk teknik tes tertulis dengan model tes obyektif dan hasilnya berupa skor. Pengujian instrumen model contruct validity, dengan instrument yang sudah mendapatkan pengujian dari ahli (judgment experts). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Didapatkan kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan kesehatan pribadi dimasa Covid19 pada remaja Desa Banjar Tengah Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana dengan jumlah populasi 100 orang remaja, adalah untuk 18 remaja kategori tinggi atau sebesar 18%; 62 remaja kategori sedang atau sebesar 62%; dan 20 remaja kategori rendah atau sebesar 20%. Adapun saran untuk penelitian ini adalah sebaiknya peningkatan tentang pengetahuan kesehatan pribadi tidak hanya melibatkan remaja, tetapi semua masyarakat dengan menggunakan sampel yang lebih banyak sehingga diharapkan hasil penelitian yang di dapat akan lebih maksimal hasilnyaKata Kunci: Pengetahuan, Kesehatan Pribadi, Remaja Desa Banjar Tengah
Minat Peserta Didik dalam Berolahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 Pangestu, Rakha Candra; Artanayasa, I Wayan; Satyawan, I Made
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 3, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.645 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v3i1.34860

Abstract

Rendahnya minat siswa dalam berolahraga di masa pandemi sekarang ini berpengaruh terhadap kesehatan siswa. Sehingga diperlukan kiat guna meningkatkan minat siswa dalam berolahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan dalam berolahraga di masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan dengan jumlah keseluruhan 255 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor ekstrinsik minat peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan dalam berolahraga pada masa pandemi covid-19 mendapatkan nilai 74% dalam interval kategori dinyatakan  tinggi. Pada faktor intrinsik minat peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan dalam berolahraga pada masa pandemi covid-19 mendapat nilai 80% dalam interval kategori dinyatakan tinggi. Dari kedua indikator pada variabel, minat peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan memperoleh skor 77%. Pada interval kategori tergolong kategori sangat tinggi. Saran yang dapat disampaikan adalah peserta didik tetap melakukan kegiatan olahraga di masa pandemi covid-19 agar daya tahan tubuh semakin kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat berolahraga peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan pada masa pandemi covid-19 sangat tinggi. Peneliti menyarankan agar peserta didik tetap berolahraga walaupun masa pandemi covid-19 telah selesai. Kata Kunci :Minat, Berolahraga, Pandemi covid-19
Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pasek Wiguna, I Nyoman Tos; Parwata, I Gst Lanang Agung; Semarayasa, I Ketut
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.864 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v2i2.34857

Abstract

Ketersedian sarana dan prasarana yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Sehingga tiap sekolah perlu memiliki saran dan prasarana yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran PJOK tingkat SMP se-Kecematan Banjar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei karena penelitian ketersediaan sarana dan prasarana ini mendata beberapa sekolah yang mempunyai sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yaitu khususnya mata pelajaran PJOK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi di SMP se-Kecamatan Banjar. Jumlah populasi  yang digunakan adalah 7 (tujuh) sekolah yaitu SMPN 1 Banjar, SMPN 2 Banjar, SMPN 3 Banjar, SMPN 4 Banjar, SMPN Satu Atap 1 Banjar, SMPN Satu Atap 2 Banjar, SMPN Satu Atap 3 Banjar. Pengumpulan data pada sarana dan prasarana dilakukan dengan cara mensurvei dari masing-masing sekolah, dan mengecek ketersediaan sarana dan prasarana sesuai dengan lembar observasi yang sudah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Ketersediaan sarana penunjang pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kecamatan Banjar jumlah total keseluran dari 7 sekolah tersebut yaitu 605 berkondisi baik 554 dengan rata-rata persentasenya 60,13%, yang berkondisi buruk yaitu berjumlah 51 dengan rata-rata persentasenya 4.72 %. Kemudian dari segi status kepemilikan dari total keseluruhan jumlahnya 605 dengan rata-rata persentase 100% milik sendiri;  (2) Ketersediaan prasarana penunjang pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kecamatan Banjar jumlah total keseluruhan dari 7 sekolah tersebut yaitu 36 dengan persentase 100% baik, dari segi status kepemilikan milik sendiri berjumlah 19 dengan rata-rata persentase 0,37% dan yang meminjam/menyewa berjumlah 17 dengan rata-rata persentase 25%. Kata Kunci: Sarana dan Prasarana PJOK, Instrumen PDPJOI
Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19 Widiutama, Putu Agus; Adi, I PT Panca; Semarayasa, I K.
Indonesian Journal of Sport & Tourism Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.105 KB) | DOI: 10.23887/ijst.v3i2.35433

Abstract

Efek pandemi yang terjadi sekarang ini menyebabkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran PJOK semakin rendah. Selain itu kurangnya pengawasan saat pembelajaran daring menyebabkan siswa tidak sungguh-sungguh saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi peserta didik kelas dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian adalah peserta didik dengan jumlah keseluruhan 237 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 59. Data dianalisis menggunakan statistik deskritif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pada motivasi intrinsik memperoleh skor 88,1 jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik memperoleh skor 83,6 jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dari kedua indikator pada faktor motivasi memperoleh skor 83.6. Jika dikonversikan ke dalam interval kategori, termasuk dalam kategori sangat tinggi.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peserta didik memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi covid-19