cover
Contact Name
Febblina Daryanes
Contact Email
febblina.daryanes@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282382700578
Journal Mail Official
biogenesis@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Kampus Bina Widya Km 12,5 Panam Pekanbaru Riau 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
BIOGENESIS
Published by Universitas Riau
Biogenesis menerbitkan artikel dengan fokus bidang kajian Pendidikan Biologi dan Biologi. Biogenesis menerbitkan artikel dengan frekuensi terbitan 2 kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2023): FEBRUARI" : 6 Documents clear
RANCANGAN E-POSTER MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN BIOLOGI SMA BERBASIS PENELITIAN ANALISIS TINGKAT KESUBURAN PERAIRAN PESISIR DUMAI Ashifa Putri Zirly; Sri Wulandari
Biogenesis Vol 19, No 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.19.1.1-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancangan e-poster materi perubahan lingkungan Biologi SMA berbasis penelitian analisis tingkat kesuburan Perairan Pesisir Dumai. Manfaat penelitian ini yaitu memberikan informasi kepada akademisi terkait pemanfaatan data hasil penelitian tingkat kesuburan Perairan Pesisir Dumai menggunakan parameter konsentrasi klorofil-a serta menghasilkan media belajar materi perubahan lingkungan Biologi SMA berbasis hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di perairan pesisir Dumai dan di Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau pada bulan Maret hingga April 2022 dan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau pada bulan April hingga Mei 2022.  Jenis Penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survey dan perancangan e-poster menggunakan model ADDIE. Alat dan bahan yang digunakan meliputi GPS, Thermometer, pH meter, Water checker, Stopwatch, Ice box, Bola Pimpong, Water sampler, Plankton net, Botol sampel, Secchi disk, Centrifuge tube, Spectrophotometer UV-VIS, Centrifuge, Cuvette, Kamera, Pipet tetes, Gelas ukur, personel computer dan Hard disk. Analisis terbagi dalam dua tahap, tahap pertama yaitu analisis tingkat kesuburan Perairan Pesisir Dumai menggunakan parameter konsentrasi klorofil-a menggunakan citra satelit Sentinel-2A dan tahap kedua perancangan e-poster materi perubahan lingkungan Biologi SMA dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tingkat kesuburan perairan pesisir Dumai tergolong rendah (oligotrofik) yaitu hanya berkisar antara 0,171 – 0,672 mg L-1 dan e-poster konsentrasi klorofil-a dapat dijadikan media belajar pada materi perubahan lingkungan mata pelajaran biologi SMA kelas X.
RANCANGAN POSTER EKSTRAK DAUN RUMPUT TEKI SEBAGAI BIOHERBISIDA TERHADAP GULMA BANDOTAN UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA Ira Wulandari; Yuslim Fauziah; Irda Sayuti
Biogenesis Vol 19, No 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.19.1.70-83

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merancang poster berbasis pengaruh ekstrak daun rumput teki sebagai bioherbisida terhadap gulma bandotan pada materi ekosistem kelas X Biologi SMA. Penelitian dilakukan pada bulan Juli - November di Laboratorium Alam Pendidikan Biologi Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan 2 tahapan, penelitian tahap I menggunakan metode eksperimen dengan RAL yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan dengan perlakuan P1, P2, P3, P4 dan P5 berturut – turut menggunakan larutan ekstrak daun rumput teki sebanyak 3500 ppm, 4000 ppm, 4500 ppm dan 5000 ppm. Parameter penelitian meliputi panjang akar, berat basah, berat kering, tinggi tanaman dan jumlah daun. Analisis hasil menggunakan ANOVA dan uji lanjut DMRT pada taraf 5%. Penelitian tahap II rancangan poster menggunakan 3 tahapan yaitu tahap analisis, desain dan pengembangan. Hasil penelitian tahap eksperimen, ekstrak daun rumput teki berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan gulma bandotan. Perlakuan P5 konsentrasi 5000 ppm memiliki kemampuan paling tinggi dalam menekan pertumbuhan dengan panjang akar 3,37 cm, berat basah 0,34 gr, berat kering 0,085 gr, tinggi tanaman 2,7 cm dan jumlah daun 7 helai. Berdasarkan hasil validasi poster menunjukkan hasil sangat valid dengan rata-rata penilaian 3,51 yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, tampilan dan kegrafisan. Hasil rancangan poster dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA/MA Indah Putri Agustina; Fitra Suzanti; Mariani Natalina Linggasari
Biogenesis Vol 19, No 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.19.1.17-32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berbasis literasi sains pada materi ekosistem di kelas X SMA/MA yang berkualitas sehingga bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dan SMAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis yaitu analisis kurikulum, analisis konsep, analisis peserta didik, dan analisis butir soal. Selanjutnya pada tahap desain yaitu merancang perangkat pendukung yang terdiri dari silabus dan rpp dan merancang instrumen tes berbasis literasi sains pada materi ekosistem. Tahap pengembangan yaitu merealisasikan apa yang telah dirancang pada tahap desain dengan melakukan pengembangan terhadap instrumen tes berbasis literasi sains. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi yang meliputi aspek materi, konstruksi, bahasa dan literasi sains serta angket respon yang meliputi aspek materi, aspek bahasa dan aspek literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas instrumen tes berbasis literasi sains pada materi ekosistem kelas X SMA/MA yang dikembangkan sangat baik dengan nilai kualitas 3.71, dengan rincian yaitu nilai validasi 3.79 dengan kategori sangat valid dan nilai uji coba terbatas 3.62 dengan kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes berbasis literasi sains pada materi ekosistem kelas X SMA/MA yang dikembangkan berkualitas sangat baik sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran biologi di sekolah.
KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN TUMBUHAN IKLIM KERING DI TAMAN MEKSIKO KEBUN RAYA BOGOR Hatipah Salamah; Savira Nurani; Siti Dela Oktavia; Evi Muliyah
Biogenesis Vol 19, No 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.19.1.33-42

Abstract

Tumbuhan iklim kering merupakan tumbuhan yang dapat beradaptasi di lingkungan kering. Taman Meksiko yang terletak di Kebun Raya Bogor mempunyai spesies tumbuhan iklim kering yang sangat beragam. Penelitian dilakukan di Kebun Raya Bogor yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi, khususnya tumbuhan sukulen yang tergolong pada spesies tumbuhan iklim kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan tumbuhan iklim kering di Taman Meksiko, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhan iklim kering yang dapat tumbuh di Kebun Raya Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode eksplorasi langsung dengan membuat tiga petak yang berukuran 5m x 5m, 10m x 5m, dan 10m x 10m. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman dan kelimpahan tumbuhan iklim kering di Taman Meksiko Kebun Raya Bogor ditemukan 15 spesies dengan total keseluruhan sebanyak 120 individu. Indeks Nilai Penting (INP) dari tumbuhan iklim kering pada semua petak pengamatan diperoleh nilai sebesar 2,8667%, dimana INP tertinggi adalah spesies Rhoeo discolor, sehingga keanekaragaman dan kelimpahan dari tumbuhan iklim kering di Taman Meksiko Kebun Raya Bogor dapat dikategorikan sedang. Tumbuhan iklim kering dapat tumbuh di Kebun Raya Bogor karena Taman Meksiko ini buat sangat mirip dengan habitat aslinya, sehingga nutrisi dan unsur iklim inilah yang mempengaruhi faktor pertumbuhan tumbuhan iklim kering di Taman Meksiko Kebun Raya Bogor.
VALIDITAS E-HANDOUT BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS XI SMA Rahmi Gemila Sari; Siska Nerita; Elza Safitri
Biogenesis Vol 19, No 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.19.1.43-52

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa ini menuntut guru untuk dapat merancang dan menggunakan perangkat pembelajaran yang mencerminkan kemajuan teknologi. Kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung umumnya siswa telah menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan LKS. Namun bahan ajar yang digunakan masih terdapat kekurangan yaitu keterbatasan jumlah dan kurang efiesien. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi hendaknya perlu ada keterbaruan bahan ajar yang dikemas dengan menarik dan informatif salah satunya dapat berupa bahan ajar yang dapat diakses menggunakan link yang terhubung menggunakan koneksi internet dengan tampilan berbentuk flipbook sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun serta memudahkan siswa dalam proses belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-handout berbasis mind mapping pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas XI SMA yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 3D yaitu Define, Design, Develop. Tahap Develop salah satunya uji validitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil uji validitas dinyatakan sangat valid (98,35%) yang terdiri dari aspek tampilan, pemograman, isi, dan penyajian. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa e-handout berbasis mind mapping pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas XI SMA yang dihasilkan sangat valid.
POTENSI CADANGAN KARBON NEKROMASA KAYU MATI PADA LAHAN GAMBUT PASCA KEBAKARAN SEBAGAI RANCANGAN POSTER ELEKTRONIK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA Cikita Aisyah Fauziah; L.N Firdaus; Sri Wulandari
Biogenesis Vol 19, No 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.19.1.53-69

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi cadangan karbon nekromasa kayu mati pada lahan gambut pasca kebakaran di Desa Tuah Indrapura, Siak dan menghasilkan media pembelajaran poster elektronik cadangan karbon nekromasa kayu mati yang valid untuk materi pencemaran udara kelas X SMA. Jenis penelitian ini terdiri dari dua tahapan yaitu tahapan survei dengan observasi lapangan lahan gambut pasca kebakaran. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu kompas, meteran, tali, alat tulis, kertas label, kamera, plastik ukuran 5 kg, spidol, tally sheet, parang, pahat kayu, gergaji, martil dan gunting. Kedua, tahapan perancangan poster elektronik meliputi tiga tahapan yaitu Analisis, Perancangan produk poster elektronik dan Pengembangan produk poster elektronik dari hasil uji validasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cadangan karbon nekromasa kayu mati pada lahan gambut pasca kebakaran di Desa Tuah Indrapura, Siak 0,414 kg/ha yang dikategorikan sangat rendah. Rendahnya nilai kandungan karbon yang didapat dipengaruhi oleh adanya proses dekomposisi dan berat jenis pada kayu mati yang diperoleh. Hasil poster elektronik cadangan karbon nekromasa kayu mati pada lahan gambut pasca kebakaran dikategorikan sangat valid dengan nilai 3,55, yang diukur dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, tampilan dan perancangan. Nilai cadangan karbon nekromasa dapat dijadikan sebagai tambahan data bagi Dinas Kehutanan Kabupaten Siak dalam upaya mitigasi pencemaran udara. Hasil rancangan poster elektronik yang telah dikembangkan dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif pengayaan media pembelajaran elektronik dalam proses pembelajaran biologi di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6