cover
Contact Name
Muh Barid Nizarudin Wajdi
Contact Email
baridnizar1@gmail.com
Phone
+6282232057858
Journal Mail Official
anifaujiah99@gmail.com
Editorial Address
STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Ekosiana : Jurnal Ekonomi Syariah
ISSN : 23552735     EISSN : 25984276     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah is a Journal that is published twice a year in the months of March and September. This journal has been indexed on Google Scholar. The aim of this journal is to promote a principled approach to research on Sharia Economy-related concerns by encouraging enquiry into relationship between theoretical and practical studies.
Articles 76 Documents
PENERAPAN LAYANAN AMANAH PADA PERGANTIAN JARINGAN KABEL FIBER OPTIK PT. TELKOM AREA INJOKO SURABAYA Adi Priyoso
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.742 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i1.21

Abstract

Produk apapun yang dihasilkan tidak terlepas dari unsur pelayanan, baik itu jasa sebagai produk inti, maupun sebagai produk pelengkap. Dewasa ini perhatian terhadap kepuasan pelanggan semakin besar dan ditingkatkan lagi olehmasing-masing perusahaan. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana penerapan pelayanan yang amanah PT. Telkom Injoko Surabaya dan cara cara untuk menimimalisir terjadinya komplain dari pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan PT. Telkom Injoko Surabaya dan cara untuk menimimalisir terjadinya komplain dari pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah PT. Telkom Injoko Surabaya.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan PT. Telkom Injoko Surabaya sudah cukup memuaskan bagi para pelanggan. Namun, masih terdapat beberapa faktor yang bisa dibenahi seperti jaringan intenet yang sering gangguan. Dilain pihak, PT. Telkom Injoko Surabaya telah melakukan perbaikan setiap tahunnya terhadap fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada nasabah seperti merubah program progam baru untuk meminimalisir gangguan.
STRATEGI OPTIMALISASI BANK WAKAF MIKRO (BWM) AL FITHRAH WAVA MANDIRI SURABAYA Ali Hamdan
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.134 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i1.22

Abstract

Bank Wakaf Mikro (BWM) merupakan sebuah program pendirian Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui LAZNAS Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSM Umat) dalam rangka mengatasi permasalahan ketimpangan dan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi umat dengan menjalankan fungsi pendampingan. Pendirian Bank Wakaf Mikro di pesantren juga bertujuan agar para santri bisa belajar mengelola lembaga keuangan, sehingga Bank Wakaf Mikro (BWM) dapat tumbuh besar dan ekonomi umat dapat berjalan dengan baik. Ciri utama Bank Wakaf Mikro dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya adalah pembiayaan diberikan tanpa agunan dengan nilai maksimal Rp 3 juta dan margin setara tiga persen pertahun. Selain itu, disediakan pelatihan dan pendampingan serta pola pembiayaan yang dibuat per kelompok dengan sistem tanggung renteng. Lembaga tersebut tidak diperkenankan mengambil simpanan dari masyarakat karena memiliki fokus pemberdayaan masyarakat melalui pembiayaan disertai pendampingan usaha. Lembaga ini juga berstatus sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang diberi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Banyaknya regulasi dari OJK yang mengatur lembaga ini menyebabkan pendapatan operasionalnya kecil dan hanya mengandalkan pendapatan non operasional dari bagi hasil deposito. Hal ini membutuhkan strategi khusus sehingga penerima dana program murah ini bisa lebih banyak lagi. Diantara strategi tersebut adalah perubahan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kerjasama dengan LAZNAS, pengurusan nadzir wakaf, penambahan dana hibah dan efisiensi biaya BWM.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SD NURUL HUDA II SURABAYA DITINJAU DARI PSAK NO.1 (PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN) Nur Fadilah
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.298 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i1.24

Abstract

Laporan keuangan merupakan produk akhir dari proses akuntansi suatu entitas yang menjadi bahan informasi bagi para pemakainya sebagai salah satu bahan dalam proses pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan antara penyajian laporan keuangan pada laporan keuangan SD Nurul Huda II dengan laporan keuangan yang sesuai PSAK No.1. metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menggambarkan teori yang terdapat pada PSAK No.1 tentang penyajian laporan keuangan pada SD Nurul Huda II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan SD Nurul Huda II menyajikan laporan keuangan sesuai aturan dan cara yang telah berlaku di Yayasan Nurul Huda. Yaitu terdiri dari waktu dan komponen pembuatan laporan keuangan. Dengan kata lain, laporan keuangan yang ada di SD Nurul Huda II tidak sesuai dengan PSAK No.1 (penyajian laporan keuangan)
PEMBERDAYAAN EKONOMI PADA LAZNAS YATIM MANDIRI SIDOARJO MELALUI BUNDA BISA SEJAHTERA (BISA) Nur Mala Hayati
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.157 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i1.26

Abstract

Meningkatnya jumlah kelahiran pada suatu daerah yang tidak di imbangi dengan meningkatnya jumlah produksi akan menjadi masalah yang serius bagi sebuah negara. Dan untuk menanggulangin masalah kemiskinan salah satunya yaitu dengan adanya program Pemberdayaan Masyarakat. Berdasarkan hal tersebut penulis merumuskan masalah di penelitian ini mengenai bagaimana pemberdayaan ekonomi pada LAZNAS yatim mandiri bisa dijalankan dan juga bagaimana hasil pemberdayaan ekonomi ini.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan ekonomi pada LAZNAS Yatim Mandiri melalui program bunda BISA ini bisa dijalankan dan juga untuk mengetahui hasil dari pemberdayaan ekonomi ini. Obyek di dalam penelitian ini adalah LAZNAS Yatim Mandiri Sidoarjo, sedangkan subjeknya adalah Bunda BISA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendayagunaan dana LAZNAS terhadap program Bunda Bisa Sejahtera (BISA). Selain memberikan bantuan berupa dana modal usaha, Yatim Mandiri juga memberikan pembinaan tentang wirausaha dan juga pembinaan spiritual yang dengan tujuan untuk memperkuat keimanan dan juga mengganti pola berfikir untuk menjadi pengusaha yang mempunyai jiwa spiritual baik. Untuk menjadi anggota BISA maka Program BISA ini selain mendapatkan dana bergilir juga mendapatkan dana bantuan setiap bulannya untuk kebutuhan sehari-harinya sebesar Rp 50.000 per bunda bisa yang dimana sumbangan itu bisa berupa sembako yang senilai lima puluh ribu rupiah juga, untuk sedikit membantu meringankan kebutuhan sehari-hari bunda yatim.
MANAJEMAN AKAD SALAM DALAM LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH Sri Sofiana Amni; Ani Faujiah
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.494 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i1.28

Abstract

Akad Salam merupakan salah satu jenis akad jual beli, dimana pembeli membayar terlebih dahulu atas suatu barang yang spesifikasi dan kuantitasnya jelas, sedangkan barangnya baru akan diserahkan pada saat tertentu dikemudian hari. Dengan demikian, akad salam dapat membantu produsen dalam penyediaan modal sehingga ia dapat menyerahkan produk sesuai dengan yang telah dipesan sebelumnya. Sebaliknya, pembeli mendapat jaminan memperoleh barang tertentu, pada saat ia membutuhkan dengan harga yang disepakatinya di awal. Akad salam biasanya digunakan untuk pemesanan barang tertentu. Dalam penerapana akad salam di Lembaga keuangan syariah, akad salam menggunakan dasar PSAK 103 dijelaskan alat pembayaran modal salam dapat berupa uang tunai, barang atau manfaat, tetapi tidak boleh berupa pembebanan utang penjual atau penyerahan piutang pembeli dari pihak lain. Oleh karena tujuan dari penyerahan modal usaha salam adalah sebagai modal kerja sehinnga dapat digunakan oleh pembeli untuk menghasilkan barang (produksi) sehingga dapat memenuhi pesanan. Manfaat akad salam bagi pembeli adalah jaminan memperoleh barang dalam jumlah dan kualitas tertentu pada saat ia membutuhkan dengan harga yang telah disepakatinya diawal. Sementara manfaat bagi penjual adalah diperolehnya dana untuk melakukan aktifitas produksi dan memenuhi sebagian kebutuhan hidupnya.
TINGKAT HARGA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN MASYARAKAT SEHARI-HARI Lindri Fransiska Diana
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 2 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.679 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i2.33

Abstract

Harga merupakan salah satu elemen terpenting dalam kegiatan perekonomian masyarakat. Harga terbentuk dan kompetensi produk untuk memenuhi tujuan dua pihak, yaitu produsen dan konsumen. Produsen memandang harga sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat keuntungan atas biaya produksinya (atau tujuan lain misalnya keuntungan). Konsumen memandang harga sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat atas pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
IMPLEMENTASI SIFAT-SIFAT NABI SAW DALAM BISNIS SYARIAH Dewi Riza Lisvi Vahlevi
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 2 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.679 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i2.39

Abstract

Produk apapun yang dihasilkan tidak terlepas dari unsur pelayanan, baik itu jasa sebagai produk inti, maupun sebagai produk pelengkap. Dewasa ini perhatian terhadap kepuasan pelanggan semakin besar dan ditingkatkan lagi olehmasing-masing perusahaan. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana penerapan pelayanan yang amanah PT. Telkom Injoko Surabaya dan cara cara untuk menimimalisir terjadinya komplain dari pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan PT. Telkom Injoko Surabaya dan cara untuk menimimalisir terjadinya komplain dari pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah PT. Telkom Injoko Surabaya.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan PT. Telkom Injoko Surabaya sudah cukup memuaskan bagi para pelanggan. Namun, masih terdapat beberapa faktor yang bisa dibenahi seperti jaringan intenet yang sering gangguan. Dilain pihak, PT. Telkom Injoko Surabaya telah melakukan perbaikan setiap tahunnya terhadap fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada nasabah seperti merubah program progam baru untuk meminimalisir gangguan.
Optimalisasi Fintech di Sektor Filantropi Islam untuk Pengembangan ZISWAF Isabela; Muslihul Umam
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 2 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.816 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i2.40

Abstract

Potensi ZISWAF yang besar di Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim, pemanfaatanFinancial Technology dalam upaya pengembangan ZISWAF sudah menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Dengan kemudahan penggunaan layanan pembayaran digital, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berderma. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur dengan menggunakan sumber data sekunder, peneliti melakukan penelitian dengan cara penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penggunaan platform digital seperti e-commerce, Apps, Social Media, dan Online Payment Chanel memudahkan muzaki untuk membayar ZISWAF. Literasi teknologi merupakan kunci utama terlaksananya manajemen zakat berbasis fintech tersebut.
WAKAF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI Achmad Sjamsudin
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 2 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.473 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i2.41

Abstract

Penelitian tentang perspektif ekonomi wakaf ini berangkat dari kajian-kajian teoritik yang bersumber dari buku-buku wakaf modern, misalnya al-Waqf al-Islamiy: Tathawwuruhu, Idaratuhu, Tanmiyatuhu dan Iqtishadiyat al-Waqf. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui perspektif ekonomi wakaf, Adapun Metode Penelitian yang digunakan adalah library research. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perspektif ekonomi (iqtishadiyah) wakaf adalah manfaat wakaf di bidang ekonomi, di antaranya mengentas fakir miskin dan meningkatkan pemahaman umat terhadap wakaf. Adapun harapan akhir dari penelitian ini adalah mendorong umat rajin berwakaf sehingga perolehan wakaf semakin besar dan ketimpangan ekonomi teratasi.
PERAN GENERASI MILENIAL DALAM KEWIRAUSAHAAN YANG BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI Nur Fauziah
EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 2 (2020): Jurnal Ekosiana
Publisher : EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.808 KB) | DOI: 10.47077/ekosiana.v7i2.42

Abstract

Dalam perkembangan zaman saat ini generasi milenial merupakan pemegang aspek ekonomi yangdiharapkan di kalangan masyarakat. Dikarenakan generasi milenial dapat menjadi seorang ekonom muda yangmemiliki jiwa entrepreneur dan kreatifitas serta inovasi dalam bidang ekonomi. Dalam hal ini generasi milenialdiharapkan dalam berwirausaha memiliki moral dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Islami. Denganadanya nilai-nilai Islami dalam pelaksanaannya, maka diharapkan dapat menjalin hablumminallah danhablumminannas. Perkembangan kewirausahaan sebenarnya sudah ada sejak zaman Nabi, Sahabat, dan paraUlama dikarenakan Kewirausahaan merupakan bentuk kerja keras dengan mempraktikkan di kehidupan nyata.Kewirausahaan saat ini juga dapat dikatakan sebagai Social Oriented bukan hanya sekedar Profit Oriented,dikarenakan Social Oriented sekarang ini dapat dijadikan metode untuk pemecahan masalah perekonomian.Generasi milenial dalam menjalankan kewirausahaan tidak hanya sebatas dibidang itu saja, akan tetapi juga dijadikansebagai alternatif untuk menyampaikan islam dari berbagai sudut pandang kehidupan dan dapat berpikir kedepanuntuk kemajuan bangsa, negara dan agama.