cover
Contact Name
Ahmad Saeroji
Contact Email
saeroji@mail.unnes.ac.id
Phone
+6281391501189
Journal Mail Official
baejpeunnes@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi Gedung L lantai 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Business and Accounting Education Journal
ISSN : 27234487     EISSN : 27234495     DOI : -
BAEJ- Business and Accounting Education Journal adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan atau kajian pustaka dalam bidang ilmu Bisnis, kewirausahaan, administrasi perkantoran, Pendidikan Administrasi Perkantoran dan pendidikan akuntansi maupun bidang ilmu akuntansi dengan fokus dan ruang lingkup pembahasan tentang : Bisnis dan Kewirausahaan Manajemen Perkantoran Otomatisasi Perkantoran Pendidikan Administrasi Perkantoran Akuntansi Pendidikan Akuntansi
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal" : 10 Documents clear
Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Disiplin Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.61568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan 62 siswa sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan antara motivasi belajar, gaya belajar, dan disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 83%. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 18,92%. Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 11,15%. Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 13,54%. Penelitian ini diharapkan mampu memperdalam pengetahuan mengenai faktor-faktor internal yang mempengaruhi kemandirian belajar.
Pengaruh Fraud Diamond Terhadap Kecurangan Akademik Dimoderasi Oleh Religiusitas Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.67913

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fraud diamond terhadap kecurangan akademik dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2019 yang berjumlah 348 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 186 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik anaisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan moderated regression analysis. Hasil pengujian hipotesis membuktikan tekanan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik, kesempatan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik, rasionalisasi tidak berpengaruh pada kecurangan akademik, kemampuan tidak berpengaruh pada kecurangan akademik, religiusitas mampu memperlemah pengaruh tekanan terhadap kecurangan akademik, religiusitas mampu memperlemah pengaruh kesempatan terhadap kecurangan akademik, religiusitas tidak mampu memperlemah pengaruh rasionalisasi terhadap kecurangan akademik, religiusitas tidak mampu memperlemah pengaruh kemampuan terhadap kecurangan akademik. Saran dari penelitian ini adalah mengupayakan untuk memperkecil tekanan, kesempatan, rasionalisasi serta mengarahkan kemampuan atau potensi mahasiswa ke arah yang lebih positif.
Pengaruh Kemudahan Belanja Online dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.67964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan belanja online dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif pada Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sejumlah 706 yang terdiri dari kelas XI dan XII siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel sejumlah 256 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert empat poin. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Analisis dilakukan dengan Uji T. Hasil penelitian didapatkan bahwa kemudahan belanja online (0,353) dan pengendalian diri (0,601) tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif karena kedua variabel menunjukkan nilai Sig > 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,04%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi pengetahuan mengenai pengaruh kemudahan belanja online dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif.
The Effect of Boarding School and Learning Discipline Towards Economic Achievement of MA Al-Mawaddah Students
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.68213

Abstract

This research aims to determine the effect of boarding school and learning discipline on economic achievement of MA Al-Mawaddah students. This research classified as ex-post facto research with quantitative method. The population was students of MA Al-Mawaddah grades X, XI, and XII from social major. The sampling technique was proportionate random sampling with total sample 134 students. Data collection techniques was questionaries and documentation. The documentation taken from Economic grade of end-semester assessment. The validity test used Pearson Product Moment test and the reliability test used Cronbach Alpha test. The hypothesis tested with linear regression test. The results show that boarding school and learning discipline has positive and significant effect on economic achievement, it showed with Fcount>Ftable (15,901>3,06)
The Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Mata Kuliah Ekonomi Pendidikan Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.68214

Abstract

The focus of the objectives of this study were to 1) determine the effectiveness of conventional learning models on understanding the concepts of educational economics courses; 2) determine the effectiveness of the Flipped Classroom learning model for understanding the concepts of educational economics courses; 3) find out the comparison of the effectiveness of learning using conventional learning models and Flipped Classroom towards understanding the concepts of educational economics courses in Economics Education students at FKIP Jambi University. The researcher determined that the control class was class R002 with 37 students and the experimental class was class R001 with 39 students. The data analysis technique used is descriptive analysis and Ancova test analysis. Prior to the Ancova test stage, the classical assumption test was carried out first, namely the normality test, uniform homogeneity and linearity. The results of this study are 1) the use of conventional learning models (lectures) is not effective for students' understanding of the learning concepts in educational economics courses, because the average scores obtained by students do not experience a significant increase; 2) the use of the Flipped Classroom learning model is quite effective for students' understanding of the concept of learning in educational economics courses, because the average scores obtained by students have increased quite significantly; and 3) the results of the Tests of Between-Subjects Effects obtained a significance level in the "class" line of 0.000 <0.05 so that it was stated that Ho was rejected and Ha was accepted.
Pengaruh Pinjaman P2P Terhadap Kredit Perbankan untuk UMKM Dan Non UMKM Saat Pandemi COVID-19
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.68223

Abstract

Pinjaman P2P telah bertumbuh pesat di Indonesia sehingga kehadiran pinjaman P2P dapat berpotensi sebagai substitusi, komplementer, atau mempengaruhi kinerja kredit perbankan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pinjaman P2P terhadap kredit UMKM dan Non UMKM di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan regresi panel karena data yang digunakan pada penelitian ini melibatkan data cross section dan time series. Data cross section yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 33 provinsi di Indonesia dan data time series dari penelitian ini yaitu dari bulan Januari-Desember 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pinjaman P2P dan dana pihak ketiga secara signifikan positif mempengaruhi kredit UMKM serta kredit Non UMKM.
PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.69420

Abstract

This study aims to analyze the effect of parents' socioeconomic level (TSE) on children's education in Baru Village, Muaro Jambi Regency. The population in this study were heads of families (KK) in Baru Village, Muaro Jambi Regency, totaling 166 families. Using the Simple Random Sampling sampling technique, the number of samples was 62 families. The data analysis used is multiple linear regression. The results showed that partially and simultaneously the socio-economic level of parents seen from the level of education and income of parents had an effect on children's education in Baru Village, Muaro Jambi Regency.
Dampak Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru, Media Pembelajaran, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Elsa Putri Rahayu; M Fathur Rahman; Ahmad Saeroji
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.69126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, penggunaan media pembelajaran, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Grobogan yang mendapatkan mapel peminatan ekonomi berjumlah 72 siswa dan menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, 2) penggunaan media pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, 3) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi.
Peran Gender Dalam Memoderasi Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Sikap Uang, Teman Sebaya Terhadap Literasi Keuangan Selawati Septianingtyas; Ahmad Nurkhin
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.74631

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of socioeconomic status, education on family financial management, attitudes towards money and peers on the financial literacy of 2019 students of Economic Education (Accounting) Semarang State University. The population of this research were students of Economic Education (Accounting) UNNES 2019 totaling 115 students, the number of samples in this study was determined by the saturation sampling technique so that the number of samples was 115 students.The data analysis method used is descriptive statistical analysis and Moderated Regression Analysis (MRA). The results of this study indicate that socio-economic status, family financial management education, money attitudes and peer groups have a significant positive affect on financial literacy, gender variables are able to moderate the effect of socioe-conomic status and money attitude on financial literacy, gender variables are not able to moderate the influence of family financial management education and peer groups on financial literacy
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota Dan Motivasi Berkoperasi Terhadap Sisa Hasil Usaha Anggota Nur Amilatus Saadah; Rusdarti Rusdarti
Business and Accounting Education Journal Vol 4 No 1 (2023): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/baej.v4i1.74632

Abstract

This research aims to describe service quality, member’s participation, cooperative motivation to member’s surplus of Koperasi Gema Sejahtera Tembalang Semarang, to analyze the influence of service quality, member’s participation and cooperative motivation to member’s surplus of Koperasi Gema Sejahtera 2018 both simultaneously and partially. The population in this study were all members of Koperasi Gema Sejahtera Tembalang Semarang as many as 214 people. The sample used in this study were 68 people chosen by proportional random sampling technique. Methods of data collection used were questionnaires. Then the data was analyzed using descriptions and multiple regression analysis using SPSS 21 program. The result showed that the service quality belong to fine category, the member’s participation belong to high category, cooperative motivation belong to high category, and member’s surplus belong to fine category with Y regression equation = 1,044 + 0,254 X1+ 0,230 X2+ 0,201X3 . The amount of the influence of service quality, member’s participation and cooperative motivation to the member’s surplus simultaneously was 34,5%, the remaining 65,5% was influenced by other variables not examined in this study, while partially, the influence of service quality was 13,62%, the member’s participation was 7,78%, and cooperative motivation was 6,66% to the member’s surplus of Koperasi Gema Sejahtera Tembalang Semarang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10