cover
Contact Name
Galuh Aditya
Contact Email
galuhaditya@itbsemarang.ac. id
Phone
+6285702222889
Journal Mail Official
jbe@itbsemarang.ac.id
Editorial Address
https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
ISSN : 25021818     EISSN : 26157918     DOI : https://doi.org/10.54066/jbe2515
https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/about Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) is a scientific journal in the field of economics which is published by the Publishing Division of Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang. Jurnal Bingkai Ekonomi is a scientific journal to publish and develop economic sciences, published 2 times periodically (every 6 months) January and August. The editors receive submissions from authors (researchers, professors, professionals and other observers) in the field of economics. The editor has the right to change the text without altering the content and substance of the text.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)" : 14 Documents clear
Pengukuran Keberhasilan Penggunaan Pengukuran Keberhasilan Penggunaan e-Ticketing PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Modified Delone MCleane-Ticketing PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Modified Delone Mclean Akhmad Afnan
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.58 KB)

Abstract

PT Kereta Api Indonesia (KAI) perlu mengembangkan electronic ticketing (e-ticketing) dan aplikasi berbasis smartphone yaitu KAI-Access, karena meskipun penggunaannya sudah tinggi namun masih terdapat beberapa kekurangan. Penelitian ini menganalisis keberhasilan penggunaan e-ticketing KAI. Objek penelitian yaitu konsumen PT. KAI. Penelitian ini bersifat kuantitatif, menggunakan model penelitian kesuksesan sistem informasi Delone Mclean. Peneliti mengembangkan model Delone Mclean dengan menambah variabel dari model penelitian UTAUT, yaitu variabel habit dan kondisi-kondisi pemfasilitas. Penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada 381 penumpang Kereta Api yang telah mengunakan sistem tiket elektronik. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan Smartpls 2. Dapat disimpulkan bahwa model yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan, penggunaan dan net benefit e-ticketing PT KAI meskipun ada beberapa konstruk yang tidak terdukung. Dapat disimpulkan bahwa hal-hal yang memengaruhi kepuasan adalah kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, habit, penggunaan, dan net benefit. Net benefit dengan kepuasan memiliki hubungan timbal balik. Sedangkan yang memengaruhi penggunaan adalah kualitas, informasi, kondisi-kondisi pemfasilitas, habit dan net benefit. Net benefit dengan penggunaan memiliki hubungan timbal balik.
Sistem Pelayanan yang Berorientasi Pelanggan Aprih Santoso
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.585 KB)

Abstract

Di tahun 2013 Sesuai Perda No. 10 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Semarang No. 9 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi, Kedudukan dan Tugas Pokok Lembaga Teknis Daerah, maka pada Januari 2014 resmi menjadi Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT). Pada akhirnya bulan Februari tahun 2017 Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) berubah menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (DPMPTSP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pelayanan yang berorientasi pelanggan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (DPMPTSP). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dasar penelitiannya adalah wawancara kepada narasumber/informan yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai hal yang berhubungan dengan rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sistem pelayanan yang berorientasi pelanggan pada DPMPTSP Kota Semarang sudah baik. Adapun simpulannya adalah model COSES sudah dilakukan seperti identifikasi pelanggan yang perlu dimaksimalkan, sarana yang harus memadai, e-service dan sistem insentif karyawan serta perlunya perhatian lebih terhadap service recovery/pelayanan pengaduan.
Pengaruh Profitabilitas terhadap Kebijakan Keuangan dan Nilai Perusahaan Sutrisno Sutrisno
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.475 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan keuangan dan nilai perusahaan. Kebijakan keuangan yang diteliti adalah kebijakan dividen dan kebijakan pendanaan. Ada tiga indikator dari variabel profitabilitas yakni return on equity (ROE), return on assets (ROA), dan net profit margin (NPM). Kebijakan dividen diformasikan oleh dividen payout ratio (DPR), dividend per share (DPS), dan earning per share (EPS), sedangkan kebijakan pendanaan terdiri dua indikator yakni debt to equity ratio (DER) dan debt to total assets (DTA), sementara indikator nilai perusahaan terdiri dari harga saham dan market to book value ratio (MBVR). Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada pasar modal syariah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 perusahaan yang diambil secara purposive sampling dengan periode pengamatan selama tahun 2015. Alat analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dibantu dengan program pemrosesan data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan dan terhadap kebijakan dividen tetapi tidak signifikan terhadap kebijakan pendanaan. Kebijakan dividen berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Demikian pula dengan kebijakan pendanaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan.
Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Fitri Dwi Jayanti
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.129 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, struktur modal, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 perusahaan atau 224 data selama empat tahun. Setelah melakukan uji normalitas, terdapat beberapa data yang harus dihilangkan atau outlier, data yang digunakan menjadi 211. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Linier Berganda dengan tingkat signifikansi α=5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas yang diukur dengan rasio Return On Equity (ROE) dan variabel ukuran perusahaan yang diukur dengan rasio Log natural (Ln) dari total aset berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV). Sedangkan variabel struktur modal yang diukur dengan rasio Debt to Equity Ratio (DER) dan likuiditas yang diukur dengan rasio Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV).
Strategi Formulasi untuk Membangun IT Entrepreneurship Berinovasi di Perguruan Tinggi Endang Supriyati; Mohammad Iqbal; Tutik Khotimah
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.426 KB)

Abstract

Perguruan tinggi memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan startup-startup baru di bidang teknologi. Sifat teknologi informasi yang mampu diimplementasikan di segala bidang berpotensi menyulitkan mahasiswa IT untuk mencari bidang kerja yang sesuai, karena sudah diisi oleh jurusan lain. Salah satu masalah yang terjadi adalah sulitnya mencari ide usaha TI yang kreatif, inovatif, dan menjanjikan secara finansial. Tujuan PPK (Program Pengembangan Kewirausahaan) Fakultas Teknik - Universitas Muria Kudus adalah mencetak technopreneurship sedangkan targetnya adalah mencetak wirausahawan teknologi informasi (IT entrepreneurship). Metode PPK mempunyai 4 (empat) tahap yaitu (1) tahap review, (2) tahap pengembangan inovasi, (3) tahap coaching dan commitment, dan ke (4) tahap workshop dan evaluasi. Beberapa usaha di bidang IT yang prospektif antara lain e-commerce, desainer grafis, animator, desainer web, customer relationship management (CRM), system software companies, e-education, dan e-administration, SEO (search engine optimation), dan lain-lain.
Pengaruh Karakteristik Keuangan dan Tata Kelola Perusahaan terhadap Web Based Corporate Reporting Mutiara Tresna Parasetya
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik keuangan perusahaan (profitabilitas, leverage, dan likuiditas) dan tata kelola perusahaan (struktur kepemilikan publik, kompetensi komite audit, dan ukuran auditor) terhadap web-based corporate reporting. Penelitian ini merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Aly, Simon, dan Hussainey (2010). Berdasarkan hipotesa teori agensi dan teori sinyal, karakteristik keuangan dan tata kelola perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap web-based corporate reporting. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk menguji pengaruh karakteristik keuangan dan tata kelola perusahaan terhadap web-based corporate reporting. Penelitian ini juga menggunakan uji normalitas untuk memenuhi uji regresi. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa karakteristik keuangan dan tata kelola perusahaan yang menjelaskan variasi tingkatan web-based corporate reporting pada perusahaan publik non keuangan di Indonesia. Profitabilitas, struktur kepemilikan publik, dan ukuran auditor sebagai faktor penentu web-based corporate reporting.
Studi Kasus Analisa Penyebab dan Proses Terjadinya Kecurangan pada Saat Ujian Akhir Semester (UAS) Eko Prasetyo
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v3i2.61

Abstract

Tujuan penelitian studi kasus ini adalah untuk mengetahui alasan dan proses terjadinya kecurangan akademik berupa menyontek pada saat UAS. Objek penelitian studi kasus ini yaitu mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang dilaksanakan dengan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian studi kasus ini yaitu mahasiswa melakukan kecurangan akademik dengan cara bertanya langsung kepada teman dan dengan cara membuka handphone pada saat ujian. Kecurangan akademik ini pada saat ujian ini disebabkan karena adanya kesempatan, rasionalisasi, dan tekanan.
Studi Kasus Analisa Penyebab dan Proses Terjadinya Kecurangan pada Saat Ujian Akhir Semester (UAS) Eko Prasetyo
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v3i2.61

Abstract

Tujuan penelitian studi kasus ini adalah untuk mengetahui alasan dan proses terjadinya kecurangan akademik berupa menyontek pada saat UAS. Objek penelitian studi kasus ini yaitu mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang dilaksanakan dengan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian studi kasus ini yaitu mahasiswa melakukan kecurangan akademik dengan cara bertanya langsung kepada teman dan dengan cara membuka handphone pada saat ujian. Kecurangan akademik ini pada saat ujian ini disebabkan karena adanya kesempatan, rasionalisasi, dan tekanan.
Pengukuran Keberhasilan Penggunaan Pengukuran Keberhasilan Penggunaan e-Ticketing PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Modified Delone MCleane-Ticketing PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Modified Delone Mclean Akhmad Afnan
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Kereta Api Indonesia (KAI) perlu mengembangkan electronic ticketing (e-ticketing) dan aplikasi berbasis smartphone yaitu KAI-Access, karena meskipun penggunaannya sudah tinggi namun masih terdapat beberapa kekurangan. Penelitian ini menganalisis keberhasilan penggunaan e-ticketing KAI. Objek penelitian yaitu konsumen PT. KAI. Penelitian ini bersifat kuantitatif, menggunakan model penelitian kesuksesan sistem informasi Delone Mclean. Peneliti mengembangkan model Delone Mclean dengan menambah variabel dari model penelitian UTAUT, yaitu variabel habit dan kondisi-kondisi pemfasilitas. Penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada 381 penumpang Kereta Api yang telah mengunakan sistem tiket elektronik. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan Smartpls 2. Dapat disimpulkan bahwa model yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan, penggunaan dan net benefit e-ticketing PT KAI meskipun ada beberapa konstruk yang tidak terdukung. Dapat disimpulkan bahwa hal-hal yang memengaruhi kepuasan adalah kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, habit, penggunaan, dan net benefit. Net benefit dengan kepuasan memiliki hubungan timbal balik. Sedangkan yang memengaruhi penggunaan adalah kualitas, informasi, kondisi-kondisi pemfasilitas, habit dan net benefit. Net benefit dengan penggunaan memiliki hubungan timbal balik.
Sistem Pelayanan yang Berorientasi Pelanggan Aprih Santoso
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di tahun 2013 Sesuai Perda No. 10 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Semarang No. 9 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi, Kedudukan dan Tugas Pokok Lembaga Teknis Daerah, maka pada Januari 2014 resmi menjadi Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT). Pada akhirnya bulan Februari tahun 2017 Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) berubah menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (DPMPTSP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pelayanan yang berorientasi pelanggan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (DPMPTSP). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dasar penelitiannya adalah wawancara kepada narasumber/informan yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai hal yang berhubungan dengan rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sistem pelayanan yang berorientasi pelanggan pada DPMPTSP Kota Semarang sudah baik. Adapun simpulannya adalah model COSES sudah dilakukan seperti identifikasi pelanggan yang perlu dimaksimalkan, sarana yang harus memadai, e-service dan sistem insentif karyawan serta perlunya perhatian lebih terhadap service recovery/pelayanan pengaduan.

Page 1 of 2 | Total Record : 14