cover
Contact Name
Galuh Aditya
Contact Email
galuhaditya@itbsemarang.ac. id
Phone
+6285702222889
Journal Mail Official
jbe@itbsemarang.ac.id
Editorial Address
https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
ISSN : 25021818     EISSN : 26157918     DOI : https://doi.org/10.54066/jbe2515
https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/about Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) is a scientific journal in the field of economics which is published by the Publishing Division of Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang. Jurnal Bingkai Ekonomi is a scientific journal to publish and develop economic sciences, published 2 times periodically (every 6 months) January and August. The editors receive submissions from authors (researchers, professors, professionals and other observers) in the field of economics. The editor has the right to change the text without altering the content and substance of the text.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)" : 7 Documents clear
Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Pemoderasi Ari Dwi Astono; Bambang Widjanarko Susilo Susilo
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v8i2.282

Abstract

Industri perbankan merupakan sektor ekonomi yang memiliki peran tertentu dalam pertumbuhan ekonomi. Industri perbankan harus memainkan peran promosi dan penyampaian layanan untuk memuaskan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan sebagai variabel pemoderasi. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil uji F menunjukkan bahwa promosi dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun kualitas pelayanan tidak dapat menjadi variabel moderating antara pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, 2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, dan 3) kualitas layanan tidak dapat mengurangi pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dampak kesimpulannya, ASB BPRS harus mengedepankan kualitas layanan yang baik dan memberikan sosialisasi yang bermanfaat dan menarik dalam rangka meningkatkan kepuasan pengguna. Studi selanjutnya telah digeneralisasi ke fasilitas dan lokasi yang berbeda dan menambahkan variabel lain di luar studi ini.
Pengaruh Readiness for Change dan Transformational Leadership terhadap Kinerja Karyawan pada PT Waskita Karya (Persero), Tbk Anisza Willy Dewanti; Suhaji; Retno Ginanjar
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v8i2.284

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh readiness for change dan transformational leadership terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Waskita Karya (Persero), Tbk yang berjumlah 115 pegawai. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 90 karyawan. Metode analisis data menggunakan SPSS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa readiness for change berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Transformational leadership berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan: (Studi Kasus pada Matahari Department Store Java Supermall Semarang) Tjandra Tirtono; Lita Apriani Rustian; Citha Bella Rawani
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v8i2.286

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Matahari Department Store Java Supermall cabang Semarang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karir dan motivasi kerja masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.
Kajian Tata Kelola UMKM Kabupaten Purworejo Menuju Daya Saing Internasional Rusmiyatun; Firdaus; Adi Sucipto
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v8i2.293

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tata kelola UMKM yang telah melakukan ekspor produk gula semut, dimana produk gula semut merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Purworejo. Responden dari penelitian ini adalah UKM yang pernah diekspor, antara lain Kopwan Srikandi, CV Tiga Putri dan Koperasi Karmatera. Metode pengumpulan data dengan wawancara dari ketiga responden, wawancara dan pengkajian data dari DINKUKMP Purworejo, melihat media yang mempublikasikan ketiga sumber data tersebut. Hasil penelitian ini, Koperasi Srikandi merupakan satu-satunya eksportir murni sedangkan Koperasi CV Tiga Putri dan Karmatera merupakan trader atau hanya menyediakan produk gula semut kualitas ekspor kepada perusahaan lain sebagai eksportir. Eksportir yang sudah memiliki pasar tidak melakukan promosi melalui media dan publikasi lain. Hasil lain dari penelitian ini ditemukan standar mulai dari standar lahan, pohon, alat produksi, standar prosedur pengolahan, standar keamanan taper hingga standar produk jadi gula aren kualitas ekspor.
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Audit Delay Rossi Saputri; Utami Puji Lestari
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v8i2.296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021 berjumlah 72 perusahaan. Selama proses penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang diolah sejumlah 26 perusahaan data perusahaan manufaktur. Data yang digunakan adalah data sekunder, serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil uji hipotesis, penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage tidak berpengaruh terhadap Audit Delay.
Pengaruh Pengaruh Intellectual Capital, Solvabilitas, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Pariwisata dan Rekreasi Muhamad Ridzki Maulana Okte; Ade Sobariah Hasanah
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v8i2.300

Abstract

Nilai perusahaan menjadikanya sangat penting dikarenakan memberikan pengaruh dari persepsi yang dimiliki investor pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan dalam rangka mengetahui pengaruh intellectual capital, solvabilitas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penggunaan teknik penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan 110 laporan keuangan dari industri pariwisata dan rekreasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2021. Uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis, serta koefisien determinasi pengujian tersebut digunakan dengan alat uji statistik SPSS versi 26.0. Berdasarkan pengujian hipotesis, ditemukan bahwa intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Solvabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Intellectual capital, solvabilitas, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Pendekatan Theory of the Firm: Dalam Pengujian Market to Book Value Melalui Mediasi Struktur Modal Dwi Astutik; Sukirman; Ninik Dwi Atmini
Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) Vol 8 No 2 (2023): Agustus : Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/jbe.v8i2.301

Abstract

Kajian ini bertujuan menguji market to book value melalui mediasi struktur modal dengan mendasarkan pada theory of the firm. Data utama bersumber dari sekunder yang listing di BEI. Objek sekaligus menunjukkan populasi dari industri manufaktur tahun 2017-2021 sebanyak 179 perusahaan, yang selanjutnya dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 74 perusahaan, dengan metode pengujian path analysis. Simpulan: peningkatan struktur modal yang bersumber dari leverage dipengaruhi secara signifikan oleh struktur aset. Sebaliknya, struktur aset tidak mampu mempengaruhi market to book value secara langsung, namun dibutuhkan mediasi dari struktur modal.

Page 1 of 1 | Total Record : 7