cover
Contact Name
Abu Lubaba
Contact Email
ecopreneur.bbc@gmail.com
Phone
+628995694484
Journal Mail Official
ecopreneur.bbc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Widarasari III –Tuparev-Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : -     EISSN : 27470237     DOI : 10.47453
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur merupakan merupakan jurnal yang menyediakan temuan –temuan penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah IAI Bunga Bangsa Cirebon. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Agustus
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam" : 9 Documents clear
Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam Gama Pratama; Nur Muh. Faiz Amin; Yola Fitriyah
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.309 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.264

Abstract

The influence of the Directorate General of Taxation (Sidjp) information system application program on employee performance is reviewed in the Islamic economic perspective at the Cirebon One Primary Tax Office. This study is motivated by the Financial Institutions Directorate General of Taxes in gaining excellence that guarantees the quality of human resources who are able to provide satisfactory services for tax depositors and prospective tax depositors. aims to determine the effect of the Directorate General of Taxation's information system application program on employee performance reviewed in an Islamic economic perspective (a case study of the Pratama Cirebon One Tax Service Office). This research uses quantitative methods. The results of the research from respondents' answers regarding the sidjp application program (X) obtained an average score of 228.6 and employee performance (Y) obtained an average score of 232.6. Furthermore, based on the results of data analysis using statistical methods, namely simple linear regression. Obtained the coefficient of determination of 02.8% with an R Square value of 0.028. Based on these results it can be concluded that the sidjp application program affects the performance of employees at the Cirebon One Primary Tax Office. Abstrak pengaruh program aplikasi sistem informasi direktorat jendral pajak (sidjp) terhadap kinerja pegawai di tinjau dalam prespektif ekonomi islam di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cirebon Satu. Kajiannya dilatarbelangi oleh Lembaga Keuangan Direktorat Jendral Pajak dalam meraih keunggulan yang menjamin kualitas sumber daya manusia yang mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para penyetor pajak dan calon penyetor pajak. bertujuan untuk mengetahui pengaruh program aplikasi sistem informasi direktorat jendral pajak terhadap kinerja pegawai di tinjau dalam prespektif ekonomi islam (studi kasus kantor pelayanan pajak pratama cirebon satu). penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian dari jawaban responden mengenai program aplikasi sidjp (X) diperoleh rata-rata skor nilai sebesar 228,6 dan kinerja pegawai (Y) diperoleh rata-rata skor nilai sebesar 232,6. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik yaitu regresi linear sederhana. Diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 02,8% dengan nilai R Square sebesar 0,028. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa program aplikasi sidjp berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cirebon Satu.
Akuntansi Dalam Pencapaian Tujuan Rumah Tangga Islami Dwiya Endah Pandu Probowati
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.14 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.328

Abstract

As stated by Allah in Surah Al Baqarah 282, Islam views accounting as a mandate that must be carried out in muamalah activities. From a scientific point of view, accounting is a science, art and technique of financial recording of business entities which includes the process of recording, journaling, and reporting. In a business entity, accounting is a tool that can help achieve the goals of a business entity, namely profit, accounting provides financial report output that can be a source of information related to the performance of business entity managers, seeing profitability and business performance trends from period to period and so on. In general, the use of accounting will simplify the accountability process, assist in performance appraisal and facilitate the achievement of business entity objectives. The household is the smallest social entity that has a goal, in Islam the goal of the household is to achieve sakinah mawaddah and wa rokhmah, in order to achieve this goal, special well-planned steps are needed. In household accounting plays a very important role in the process of recognizing what household resources are, budgeting household needs both in the short and long term, further accounting also helps implementers of household activities to see the realization and household budgets. This research is a qualitative research using library research method. In this study, the researcher revealed the important role of accounting for the achievement of household goals in an Islamic economic perspective. The purpose of this study is to provide an understanding of "the importance of accounting in household management, so that the objectives of the Islamic household of Sakinah Mawaddah Warokhmah can be achieved." Abstrak Sebagaimana dinyatakan Allah dalam Surah Al Baqarah 282, Islam memandang akuntansi sebagai amanah yang harus dijalankan dalam kegiatan muamalah. Dari sudut pandang keilmuan, akuntansi adalah ilmu, seni dan teknik pencatatan keuangan badan usaha yang meliputi proses pencatatan, penjurnalan, dan pelaporan. Dalam suatu badan usaha, akuntansi merupakan suatu alat yang dapat membantu mencapai tujuan suatu badan usaha yaitu laba, akuntansi memberikan keluaran laporan keuangan yang dapat menjadi sumber informasi yang berkaitan dengan kinerja pengelola badan usaha, melihat profitabilitas dan trend kinerja usaha. dari masa ke masa dan seterusnya. Secara umum penggunaan akuntansi akan mempermudah proses pertanggungjawaban, membantu dalam penilaian kinerja dan memudahkan pencapaian tujuan badan usaha. Rumah tangga adalah entitas sosial terkecil yang mempunyai tujuan, dalam Islam tujuan rumah tangga adalah mencapai sakinah mawaddah dan wa rokhmah, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan langkah-langkah khusus yang terencana dengan baik. Dalam akuntansi rumah tangga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengenalan apa itu sumber daya rumah tangga, penyusunan anggaran kebutuhan rumah tangga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, selanjutnya akuntansi juga membantu pelaksana kegiatan rumah tangga untuk melihat realisasi dan anggaran rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Dalam penelitian ini, peneliti mengungkapkan peran penting akuntansi untuk pencapaian tujuan rumah tangga dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang “pentingnya akuntansi dalam pengelolaan rumah tangga, sehingga tujuan rumah tangga islami Sakinah Mawaddah Warokhmah dapat tercapai”.
Strategi Pemasaran Syariah Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Kerajinan Rotan Di Cv. Karyabakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon Agus Karjuni; Faisal Faisal
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.232 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.269

Abstract

Islamic marketing strategy in an effort to increase sales of rattan handicrafts at CV. Karya Bakti, Babadan Village, Gunungjati District, Cirebon Regency. The background of his study is that there are still many entrepreneurs who have not implemented sharia marketing in their business. In fact, by implementing sharia marketing in its business, what is obtained is not only profit, but the pleasure of Allah and the company's name in the community will look good. Not a few entrepreneurs who deviate from running their business, they only think about profit for themselves without thinking about their customers. This study aims to determine how sharia marketing in an effort to increase sales of rattan handicrafts in CV, Karya Bakti, Babadan Village, Gunungjati District, Cirebon Regency, is in accordance with the Islamic marketing concept or not. This research is a descriptive qualitative research. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Sources of research data obtained from primary data sources and secondary data sources. Primary data sources were taken from interviews with owners, employees of CV. Community service and several buyers. Meanwhile, secondary data sources were obtained from documentation such as: letters, articles, journals, documents and others related to research data. Data processing and analysis techniques are carried out in three stages, namely: data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the way of doing business by the owner of CV. Karya Bakti in its marketing activities has implemented sharia marketing in every step of the marketing process so that sales are increasing. Abstrak Strategi pemasaran syariah dalam upaya peningkatan penjualan kerajinan rotan di CV. Karya Bakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh masih banyaknya para pengusaha yang belum menerapkan pemasaran syariah dalam usahanya. Padahal dengan menerapkan pemasaran syariah dalam usahanya maka yang didapat bukan hanya keuntungan semata melainkan ridha Allah dan nama perusahaan dimasyarakat pun akan terlihat baik. Tidak sedikit pengusaha yang menyimpang dalam menjalankan bisnisnya, mereka hanya memikirkan keuntungan untuk dirinya semata tanpa memikirkan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran syariah dalam upaya peningkatan penjualan kerajinan rotan di CV, Karya Bakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon sudah sesuai dengan kosep pemasaran syariah atau belum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian didapat dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil dari hasil wawancara dengan pemilik, karyawan CV. Karya bakti dan beberap pembeli.Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi seperti: surat-surat, artikel, jurnal, dokumen-dokumen dan lain-lain yang berhubungan dengan data penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa cara berbisnis yang dilakukan pemilik CV. Karya Bakti dalam kegiatan pemasarannya telah mengimplementasikan pemasaran syariah di setiap langkah-langkah proses pemasaran sehingga penjualan semakin meningkat.
Implementasi Praktik Pembiayaan KPR dengan Akad Murobahah dan Musyarakah Mutanaqisah Perspektif Fatwa DSN-MUI Safika Maranti; Zulfatus Sadiah
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.201 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.303

Abstract

The finance of House Ownership Loan (locally abbreviated as KPR or Kredit Pemilikan Rumah) is a finance product in Muamalat Bank of Branch Office Surakarta using a contract of murobahah and musyarakah mutanaqisah. In its implementation, there is a difference in characteristic between two contracts. The contract of murobahah is only designed for the customers proposing the finance of house construction or renovation. Meanwhile, the contract of musyarakah mutanaqisah is designed for the customers proposing the finance of the finished house. This is a field research using the analytical-evaluative qualitative method. The researcher here attempted to make a clarification between the concept and the implementation. The result of the research showed that not all clause of the practice of KPR finance either with the contract of murobahah or with musyarakah mutanaqisah has been in accordance with the fatwa DSN-MUI. The contract of murobahah practiced was murobahah represented not with pure murobahah. This then has triggered the element of riba (excessive interest) in the transaction. Meanwhile in the contract of musyarakah mutanaqisah the bank does not divide the portion of hishshah into the units of hishshah ((taj’ziatul hishshah) share capital. In fact, the clause is the characteristic in the finance of musyarakah mutanaqisah that must be appeared as the distinguishing with other contract. Abstrak Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (secara lokal disingkat KPR atau Kredit Pemilikan Rumah) adalah produk pembiayaan di Bank Muamalat Kantor Cabang Surakarta dengan akad murobahah dan musyarakah mutanaqisah. Dalam implementasinya terdapat perbedaan karakteristik antara kedua kontrak tersebut. Akad murobahah hanya diperuntukkan bagi nasabah yang mengajukan pembiayaan pembangunan atau renovasi rumah. Sedangkan akad musyarakah mutanaqisah diperuntukkan bagi nasabah yang mengajukan pembiayaan rumah jadi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif analitik-evaluatif. Peneliti disini mencoba untuk membuat klarifikasi antara konsep dan implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua klausul praktik keuangan KPR baik dengan akad murobahah maupun musyarakah mutanaqisah telah sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Akad murobahah yang dipraktikkan adalah murobahah yang direpresentasikan bukan dengan murobahah murni. Hal inilah yang kemudian memicu unsur riba (bunga berlebih) dalam transaksi tersebut. Sedangkan dalam akad musyarakah mutanaqisah bank tidak membagi porsi hishshah menjadi unit modal saham hishshah ((taj'ziatul hishshah). Padahal klausul tersebut merupakan ciri dalam pembiayaan musyarakah mutanaqisah yang harus dimunculkan sebagai yang membedakan dengan kontrak lainnya.
Pelaksanaan Akad Pembiayaan Qardh di Koperasi Baiturrahim Syariah Kopo Sayati Bandung Yudi Khoeri Abdillah
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.181 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.290

Abstract

This research begins with the existence of Islamic financial institutions, namely Baiturrahim Sharia Cooperation, qardh financing contract practices are intended for education financing that applies commission / ujrah, The purpose of this research is to determine the mechanism and review of Islamic economic law on the qardh’s contract. The methodology that used in this reaserch uses a qualitative descriptive method by explaining and describing the problems that occur in the field with direct interviewing technique the respondent. The result of the research obtained is the mechanism that begins with submitting financing and ends with disbursement that reviewed by sharia economic law, it contains additional elements that are obtained and allotmented for incentives of Baiturrahim Sharia Kopo Sayati Bandung Cooperation. Abstrak Penelitian ini diawali hadirnya lembaga keuangan syariah yaitu Koperasi Baiturrahim Syariah, praktik akad pembiayaan qardh diperuntukan untuk pembiayaan Pendidikan yang menerapkan biaya komisi/ujrah, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mekanisme dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap akad qardh. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjelaskan dan menggambarkan persoalan yang terjadi dilapangan dengan teknik wawancara langsung kepada pihak responden. Hasil penelitian yang diperoleh ialah mekanisme yang diawali pengajuan pembiayaan dan diakhiri pencairan ditinjau dengan hukum ekonomi syariah hal tersebut mengandung unsur tambahan yang diperoleh dan diperuntukan untuk insentif Koperasi Baiturrahim Syariah kopo Sayati Bandung.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Memilih SMK Farmasi YPIB Cirebon Dewi Pranita Motik
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.506 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.341

Abstract

The purposes of this research are: (1) to determine the factors that affecting interest students in decision-making choose in SMK Farmasi YPIB Cirebon, (2) to determine which factor that has the greatest or most dominant to interest students in decision-making choose in SMK Farmasi YPIB Cirebon. To be able to determine the factors that affect interest decision-making choose of accounting, then a research was conducted using factor analysis and descriptive analysis methods.The population of this study were all students class X amounting to 116 students. The samples were 53 members chosen using proportional random sampling technique. The variables of this study were the talent, potential self, intelegent, family, school, peers group, employments opportunities, lack of participation, lack of representation, treatment not fair, dimensions access, dimensions of learning process, dimensions mastery, dimensions control, and dimensions of benefits. The data collection method used was questionnaires, then analyzed by factor analysis with SPSS 17 for windows.Based on the results of the factor analysis, from the 15 items there is 1 variables that should be dropped, while the remaining 14 variables formed 3 new factor, namely the internal factor students, the external factor students, and gender difference. Third new factors have a totl value of the coefficients variant 58,19%. The dominant factor influential namely gender difference which embeds in it values the coefficients variant 27,157%. Dimensions control with load factor of 0.674, lack of partisipation with load factor 0.671, dimensions of benefits with load factor of 0.740, dimensions of learning process with load factor of 0.612, dimensions mastery with a load factor of 0.610, with a load factor of lack of representation 0,823, and the unjust treatment with a charge with load factor of 0.597. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam pengambilan keputusan memilih di SMK Farmasi YPIB Cirebon, (2) untuk mengetahui faktor mana yang paling besar atau paling dominan terhadap minat siswa dalam pengambilan keputusan. pilih di SMK Farmasi YPIB Cirebon. Untuk dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam pengambilan keputusan memilih sekolah, maka penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis faktor dan metode analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang berjumlah 116 siswa. Sampel adalah 53 anggota yang dipilih menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel penelitian ini adalah bakat, potensi diri, intelegen, keluarga, sekolah, teman sebaya, peluang kerja, kurangnya partisipasi, kurangnya keterwakilan, perlakuan yang tidak adil, dimensi akses, dimensi proses pembelajaran, dimensi penguasaan, dimensi kontrol, dan dimensi manfaat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, kemudian dianalisis dengan analisis faktor dengan SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil analisis faktor, dari 15 item ada 1 variabel yang harus dibuang, sedangkan 14 variabel sisanya membentuk 3 faktor baru , yaitu faktor internal siswa, faktor eksternal siswa, dan perbedaan gender. Faktor baru ketiga memiliki nilai total dari koefisien varian 58,19%. Faktor dominan yang berpengaruh yaitu perbedaan jenis kelamin yang tertanam di dalamnya nilai varian koefisien 27,157%. Kontrol dimensi dengan faktor muatan 0,674, kurangnya partisipasi dengan faktor muatan 0,671, dimensi manfaat dengan faktor muatan 0,740, dimensi proses pembelajaran dengan faktor muatan 0,612, dimensi penguasaan dengan faktor muatan 0,610, dengan faktor muatan kurang representasi 0,823, dan perlakuan tidak adil dengan muatan dengan load factor 0,597.
Uang Dalam Tinjauan Ekonomi Islam Mawar Jannati Al Fasiri; Abdul Aziz
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.227 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.296

Abstract

Humans in their lives need a tool for transactions to meet their daily needs. The transaction tool is money. The view of money in economics differs between Islamic economics and conventional economics. The problem in this study is how money is viewed in an Islamic economy, so that we as Muslims can use money as it has been taught in Islamic economics. The purpose of this research is to know the history of money; To find out money in the Al-Qur'an and Hadith; To know the various definitions of money; This is to determine the function and role of money in an Islamic economic perspective. The research results show that the Islamic economy views the function of money as a medium of exchange, not as a commodity that is traded as adopted by capitalism. So money is not allowed to be used for commodities. The reason is because it can damage the monetary stability of a country. Abstrak Manusia dalam hidupnya membutuhkan sebuah alat untuk bertransaksi guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Alat transaksi tersebut adalah uang. Pandangan uang dalam ekonomi berbeda antara ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana uang dipandang dalam ekonomi Islam, sehingga kita sebagai umat Islam dapat menggunakan uang sebagaimana mestinya yang telah diajarkan dalam ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejarah uang; Untuk mengetahui uang dalam Al-Qur’an dan Hadis; Untuk mengetahui macam-macam definisi uang; Untuk mengetahui fungsi dan peranan uang dalam perspektif ekonomi Islam. Adapun hasil penelitian menyebutkan bahwa ekonomi islam memandang sebaiknya fungsi uang hanya digunakan sebagai alat tukar, bukan sebagai barang dagangan (komoditas) yang di perjual belikan seperti yang dianut oleh kapitalisme. Maka uang tidak diperkenankan untuk digunakan untuk komoditi. Alasannya adalah karena dapat merusak kestabilan moneter sebuah negara.
Hutang Bersyarat Dalam Bentuk Pemberian Modal Pada Sektor Pertanian Perspektif Etika Bisnis Islam Miftah Falahul Aqil
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.888 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.263

Abstract

This receivable is a contract that aims to help, not as capital development. So that the additional conditions set by the receivable are not allowed. The practice of debt and credit carried out by the people of Karangsong Village is conditional debt. This practice of debt and credit has been carried out by the local community for a long time. With the guarantee of rice fields ownership and using a belief system, so that the implementation of accounts payable is very accessible compared to borrowing money from financial institutions. Seeing the problems that occur, researchers are interested in examining the main problem as follows: how is the conditional debt in providing capital in the agricultural sector with the perspective of Islamic business ethics in Karangsong Village, Indramayu Regency? Sources of data in this study use primary data and secondary data sources. Data collection techniques using interviews and documentation. Interviews were conducted with investors and farmers. Meanwhile, the documentation was carried out in the village of Karangsong Village, Indramayu district. All of the data is analyzed qualitatively with the inductive thinking method. Based on the research that has been conducted in Desa Karangsong, Indramayu Regency, it can be seen that where the capital provider provides capital loans to farmers on the condition that the harvest from the farmer is sold to the capital provider and gives a discount per kilos of the harvest. Supposedly, in giving capital or debt to farmers, it is not because they only want to make profits, but must prioritize Islamic business ethics in accordance with Islamic law. So that neither party feels disadvantaged. Thus the practice of conditional debt in Karangsong Village, Indramayu Regency is not in accordance with the principles of Islamic business ethics, namely the principles of divine values, helping, and the value of justice. So that neither party feels aggrieved.. Abstrak Hutang piutang ini merupakan sebuah akad yang bertujuan untuk tolong-menolong, bukan sebagai pengembangan modal. Sehingga syarat tambahan yang ditetapkan pihak piutang itu tidak diperbolehkan. Praktek hutang piutang yang dilakukan oleh masyarakat Desa karangsong adalah hutang bersyarat. Praktik hutang piutang ini sudah cukup lama dilakukan oleh masyarakat setempat. Dengan jaminan kepemilikan sawah dan menggunakan sistem kepercayaan, sehingga pelaksanaan hutang piutang sangat mudah diakses dibandingkan meminjam uang di lembaga keuangan. Melihat permasalahan yang terjadi peneliti tertarik untuk meneliti pokok masalahnya sebagai berikut: bagaimana hutang bersyarat dalam pemberian modal pada sektor pertanian perspektif etika bisnis Islam di Desa Karangsong kabupaten indramayu?Adapun jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemberi modal dan petani. Sedangkan dokumentasi dilakukan di Desa Desa Karangsong kabupaten indramayu. Semua data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan metode berpikir induktif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Desa Desa Karangsong kabupaten indramayu dapat diketahui bahwa dimana pemberi modal memberikan pinjaman modal kepada petani dengan syarat hasil panen dari petani tersebut dijual kepada si pemberi modal dan memberikan potongan harga per kilo dari hasil panennya. Seharusnya dalam melakukan pemberian modal atau hutang kepada petani bukan karena semata-mata ingin mencari keuntungan saja, tetapi harus mengedepankan etika bisnis Islam yang sesuai dengan syariat Islam. Sehingga tidak ada salah satu pihak yangmerasa dirugikan. Dengan demikian praktik hutang bersyarat di Desa Karangsong kabupaten indramayu belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip nilai ketuhanan, tolong-menolong, dan nilai keadilan. Sehingga tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Secara Online Budiana Budiana; Nur Muhammad Faiz Amin
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2021): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1048.135 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v2i1.302

Abstract

The development of technology allows humans to do various things easily and practically. This encourages humans to be able to do various things at the same time. Not only does time become efficient, but the communication relationship is maintained even though it is a long distance. It is not only the social value that has been facilitated, but from an economic point of view, especially trade, that has been made easier. The seller only needs to be at the house or shop and the buyer doesn't need to come to the shop. This interaction via the internet is where the online shopping model occurs. The increasing demand online has resulted in the emergence of many online shopping service provider applications or what we usually call e-commerce. In e-commerce, sellers and buyers interact to sell and buy products and services. One thing that is interesting is how consumers make decisions to buy a product even though the product is not actually just an image. This is a curiosity to research further. In this research, the researcher conducted an investigation by conducting observations, interviews, and theoretically exploring the students of IAI Bunga Bangsa Cirebon Islamic Economics Study Program, semester 3. The results obtained were that on average they shop online at Shopee compared to other e-commerce. The products that consumers often buy in online shopping are fashion and shoes. The main reasons consumers buy goods online are low prices, practicality, and time efficiency. Abstrak Perkembangan teknologi memungkinkan manusia melakukan berbagai hal secara mudah dan praktis. Hal tersebut mendorong manusia mampu melakukan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan. Tak hanya waktu yang menajadi efesien namun hubungan secara komunikasi tetap terjaga meski dalam jarak yang jauh. Bukan hanya pada nilai sosial yang dipermudahkan, namun pada segi ekonomi terutama perdagangan pun dipermudahkan. Penjual hanya cukup berada di rumah atau toko dan pembeli pun tidak perlu datang ke toko. Interaksi melalui internet inilah model pembelanjaan online terjadi. Semakin tingginya permintaan secara online mengakibatkan banyaknya bermunculan aplikasi penyedia jasa belanja secara online atau yang biasa kita sebut dengan ecommerce. Di ecommerce inilah penjual dan pembeli berinteraksi untuk menjual dan membeli produk dan jasa. Satu hal yang menarik adalah bagaimana konsumen membuat keputusan untuk membeli suatu produk padahal produk tersebut tidak secara nyata hanya dalam bentuk gambar. Inilah yang menjadi keingintahuan untuk meneliti lebih jauh. Dalam penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti adalah mencari tahu dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan menggali secara teori pada mahasiswa IAI Bunga Bangsa Cirebon Prodi Ekonomi Syariah semester 3. Hasil yang di dapat adalah rerata mereka berbelanja online di Shopee dibandingkan dengan ecommerce yang lain. Adapun produk yang sering dibeli oleh konsumen di belanja secara online adalah fashion dan sepatu. Alasan utama konsumen membeli barang secara online adalah harga yang murah, praktis, dan efesiensi waktu.

Page 1 of 1 | Total Record : 9