cover
Contact Name
Abu Lubaba
Contact Email
ecopreneur.bbc@gmail.com
Phone
+628995694484
Journal Mail Official
ecopreneur.bbc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Widarasari III –Tuparev-Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : -     EISSN : 27470237     DOI : 10.47453
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur merupakan merupakan jurnal yang menyediakan temuan –temuan penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah IAI Bunga Bangsa Cirebon. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Agustus
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam" : 11 Documents clear
Analisis Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatan Minat Beli Produk Abon Ikan Nur Fauziyyah; Toto Sukarnoto; Tarjono Tarjono
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine sharia marketing strategies in increasing consumer buying interest in shredded catfish products at Winny Shredded Fish Sukapura-Cirebon. In this study, the method used is a qualitative method with a descriptive study. Qualitative research is research that describes current events, and describes these images, systematically and relates to the phenomenon being studied. This method seeks to present data and facts about the analysis of strategies to increase consumer buying interest in shredded catfish products at Winny Shredded Fish Sukapura-Cirebon by way of observation, in-depth interviews, documentation and triangulation. The subjects studied were owners, marketing, and consumers of Winny Shredded Fish. Based on the results of the research, the sharia marketing strategy in increasing consumer interest in buying shredded catfish products at Winny Shredded Fish Sukapura-Cirebon applies a word of mouth system with door to door and online marketing with a 4p marketing strategy. The sharia marketing strategy in increasing consumer buying interest for shredded catfish products at Winny Shredded Fish Sukapura-Cirebon has been quite good by applying the characteristics of sharia marketing, it has been proven that it already has many customers and agents as well as resellers in the Cirebon area and outside the city of Cirebon.Keywords : Marketing, Interest, Shrdded and Catfish Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan minat beli konsumen produk abon ikan lele di Winny Abon Ikan Sukapura-Cirebon. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan peristiwa masa sekarang, dan mendeskripsikan gambaran tersebut, secara sistematis dan berhubungan dengan fenomena yang diteliti. Metode ini berusaha menyajikan data dan fakta-fakta tentang analisis strategi meningkatkan minat beli konsumen produk abon ikan lele di Winny Abon Ikan Sukapura-Cirebon dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Subjek yang diteliti yaitu owner, pemasaran, dan konsumen Winny Abon Ikan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan minat beli konsumen produk abon ikan lele di Winny Abon Ikan Sukapura-Cirebon ini menerapkan sistem word of mounth dengan dor to dor dan pemasaran lewat online dengan strategi pemasaran 4p. Strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan minat beli konsumen produk abon ikan lele di Winny Abon Ikan Sukapura-Cirebon sudah cukup baik dengan menerapkan karakteristik marketing syariah terbukti sudah memiliki banyak pelanggan dan agen-agen juga reseller di wilayah Cirebon dan diluar kota Cirebon. Kata kunci : Pemasaran, Minat, Abon dan Ikan lele
Pengaruh Financial Technology Dana Dan Ovo Terhadap Kepuasan Mahasiswa Berbelanja Di Tiktok Shop Dama Mustika; Anis Mahmudah Dariati
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of financial technology dana and ovo to the satisfaction of shopping students on tiktok shop. This type of research is quantitative. The population of this study amounted to 335 students with a sampling technique namely purposive sampling by 90 8th semester students. The data collected in this study through the spread of questionnaires with multiple linear regression analysis techniques using the 22 version of the SPSS program. The result of this research indicate that financial technology (fintech) danas have a positive effect on student satisfaction with a significance value of 0,000 < 0,05 and financial technology (fintech) ovos has a positive effect on student satisfaction with a significance value of 0,002 < 0,05. The simultaneous result of the independent variable dana and ovo is 38,474 > 3,101. Then the coefficient of determination (R2) is o,469 or 46,9%.Keywords : Financial Technology, Dana, Ovo, Satisfaction Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial technology dana dan ovo terhadap kepuasan mahasiswa berbelanja di tiktok shop. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 335 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling didapat 90 mahasiswa semester 8. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui penyebaran kuesioner dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial technology (fintech) dana berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan financial technology (fintech) ovo berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan nlai signifikan 0,002 < 0,5. Hasil simultan variabel independen dana dan ovo sebesar 38,474 > 3,101. Kemudian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,469 atau 46,9%.Kata Kunci : Financial Technology, Dana, Ovo, Kepuasan
Pengaruh Kemanfaatan, Efektivitas, Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan E-Money Ovo Dalam Perspektif Ekonomi Islam Mahmudatus Sa’diyah; Nadia Amelina
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the influence of Benefit, Effectiveness, and Risk factors on interest in using e-money. The presence of e-money application technology can facilitate the economy of life in society. This study aims to find out whether the benefits, effectiveness, and risks have a significant effect on the use of OVO e-money in Indonesia. The population used is people who use the OVO application. The sample in this research is people who use the OVO application and the type of sampling in this study is purposive sampling. The number of samples in this study were 96 respondents who were calculated using the ancient rao formula. The results of the study show that partially usefulness has no significant effect on interest in using OVO e-money. Effectiveness has partially and significantly influenced the interest in using OVO e-money. Risk partially and significantly influences the interest in using OVO e-money, while knowledge, security, and risks simultaneously have a significant effect on the intention to use OVO e-moneyKeywords: Expediency, Effectiveness, Risk and Intention to use Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari faktor Kemanfaatan, Efektivitas, dan Risiko terhadap minat penggunaan e-money. Hadirnya teknologi aplikasi e-money dapat mempermudah perekonomian kehidupan di masyarakat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahi bahwa apakah Kemanfaatan, Efektivitas, dan risiko berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money OVO di indonesia. Populasi yang digunakan yaitu masyarakat yang menggunakan aplikasi OVO. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna aplikasi OVO dan jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 96 responden yang dihitung menggunakan rumus rao purba. Hasil penelitian menunjukkan Kemanfaatan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVO. Efektifitas secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVO. Risiko secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVO, sedangkan pengetahuan, keamanan, dan risiko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVOKata Kunci: Kemanfaatan, Efektivitas, Risiko, dan Minat Penggunaan
Assets, Liabilities, and Owners’ Equity a Critical Review Nurhayati Siregar; Wahyu Purbo Santoso; Sarah Sumiati; Abdul Aziz
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to describe the three main factors in the basic concepts of accounting related to the reporting of a company's balance sheet, such as assets, liabilities, and capital ownership. Where an asset is something that is currently owned and has the ability to provide benefits both now and in the future. Meanwhile, a liability is a debt of the entity arising from past events, where its settlement causes an outflow of economic resources of the entity. Meanwhile, proprietorship ownership of the company is the sum of the company's assets minus the company's debt to creditors. The method used is descriptive analysis by reviewing various literatures relevant to the topic. The findings of this paper are that accounting reporting must include asset, liability and owner's equity reports as a form of accounting management accountability so that whatever form the organisation takes, it must at least meet these three principles..Keywords: Assets, Liabilities, Equity, Accounting, Management, Control Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tiga factor utama dalam konsep dasar akuntansi yang berhubungan pelaporan neraca suatu perusahan, seperti asset, liabilitas, dan kepemilikan modal. Dimana asset merupakan sesuatu yang dimiliki saat ini dan memiliki kemampuan untuk memberikan manfaat baik sekarang maupun di masa mendatang. Sedang, kewajiban meruapakan suatu utang entitas yang timbul dari peristiwa masa lalu, dimana penyelesaiannya menyebabkan adanya arus keluar sumber daya ekonomi entitas tersebut. Sementara, kepemilikan orang (proprietorship) atas perusahaan merupakan jumlah aset perusahaan dikurangi dengan utang perusahaan kepada kreditor. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan mengkaji berbagai literatur yang relevan dengan topik. Temuan dari tulisan ini adalah bahwa dalam pelaporan akuntansi harus mencantumkan laporan asset, kewajiban dan owener’s equity sebagai wujud dari akuntabilias manajemen akuntansi sehingga bentuk apa pun organisasinya, paling tidak harus memenuhi tiga prinsip tersebut.Kata Kunci : Aset, Liabilitas, Equity, Akuntansi, Manajemen, Pengendalian
Pemikiran Baqir Al-Sadr tentang Kelangkaan, Konsep Produksi dan Peran Pemerinatah Roudotul Jannah
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is to analyze Baqir Al Sadr's thoughts which are different from other Islamic Economics thoughts, how Baqir Al Sadr's thoughts in Islamic economics are about scarcity, the concept of production and the role of government. This research uses a literature study method. Books related to the title of this research are used as sources of literature. Baqir's thoughts tend to be rational and have a lot of contact with philosophy and sociology. His career as an absolute mujtahid and has basic Islamic economics, philosophy, interpretation and Hadith. With his intelligence, he is able to explore the works of classical and modern Islamic thinkers, leading him to become a contemporary thinker who has a strong footing.. it is proven that Baqir quotes a lot from the Qur'an, Hadith and the opinions of Shia imams, in response to Western thoughts. growing at that time. Although Baqir's traditional education background is responsive to global issues that are developing. Against classical economic problems, namely scarcity, Baqir refuted it with the argument of the Qur'an Al-Furqan verse 2 of Surah QS. Al-Qamar: 49 . According to Baqir, in production, it is not enough just the objective aspects which are formulated in 3 basic questions (The Three Fundamental Economic Problems) but also must be equipped with subjective aspects in the form of production motivation, evaluation of production activities and justice according to the adopted version.His thinking about multi-ownership, distribution of wealth in the form of pre-production and post-production is a concept of equitable distribution, then the government must have a role, if the government is not able to create jobs, the state must ensure the needs of its people with a minimum standard of decent living.Keywords: Production, Distribution, Ownership, Government, Thought Abstrak Penelitian ini untuk menganalisis pemikiran Baqir Al Sadr yang berbeda dengan pemikiran Ekonomi Islam lainnya, bagaimana Pemikiran Baqir Al Shadr dalam ekonomi islam tentang kelangkaan, konsep produksi dan peran pemerintah Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Buku-buku yang berhubungan dengan judul penelitian ini sebagai sumbernya. Pemikiran Baqir cenderung rasional dan banyak bersentuhan dengan filsafat dan sosiologi. Kariernya sebagai mujtahid mutlak dan kecerdasannnya terhadap banyak keilmuan, serta kemampuannya menyelami karya-karya pemikir Islam klasik maupun modern menghantarkannya menjadi seorang pemikir kontemporer yang memiliki dasar pijakan yang kuat, seperti ketika menanggapi pemikiran-pemikiran barat yang berkembang saat itu Baqir banyak mengutip dari Al-Qur’an, Hadits dan pendapat-pendapat imam Syi’ah. Meskipun berlatar pendidikan tradisional, Baqir responship terhadap isu-isu global, termasuk pada konsep kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi, Baqir menyanggahnya dengan argumentasi Al-Qur`an surat Al-Furqan ayat 2 dan Surat QS. Al-Qamar: 49 . Menurut Baqir dalam berproduksi tidak cukup hanya aspek objektif saja yang dirumuskan dalam 3 pertanyaan mendasar ( The Three Fundamental Economic Problem) tapi juga harus dilengkapi dengan aspek subjektif yang berupa motifasi berproduksi, evaluasi aktivitas produksi dan keadilan menurut versi yang dianut. Pemikiran Baqir tentang multiownership, distribusi kekayaan preproduction dan postproduction merupakan konsep distribusi yang berorientasi keadilan. Peran pemerintah di antaranya harus mampu menciptakan lapangan kerja, jika tidak maka negara harus menjamin kebutuhan dasar masyarakatnya secara layak. Kata Kunci: Produksi, Distribusi, Kepemilikan, Pemerintah, Pemikiran
Peran Majelis Ulama Indonesia dalam Penetapan Fatwa DSN-MUI Muchlis Muchlis
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The fatwa council of the National Assembly of the Shari’ah Scholars Indonesia Many provide contribution of positive legal regulation against the law especially in the field of finance, business, economic and shariah fatwa as the answer to a problem that happesn sometimes also resulting from the musyawaran DSN itself where over shadowing the power of the law not only by the MUI but also set in the Ordinance so that results of the Indonesia bank of fatwa DSN-MUI can have the force of law that are binding in the economic development of the muslims through the sharia very many are that economic system and the role of the tribunal contribution scholars Indonesia with some effective system. Then to achieve the vision and mission of the Shar’a is very economic growth requered a fatwa issued by the DSN-MUI.Keywords: Fatwa, DSN-MUI, Ekonomi Syariah Abstrak Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia telah banyak memberikan sumbangsih hukum terhadap regulasi hukum positif terutama dibidang keuangan, bisnis, dan ekonomi syariah, fatwa sebagai jawaban dari suatu permasalahan yang terjadi kadang pula juga dihasilkan dari musyawarah DSN itu sendiri di mana yang menaungi kekuatan hukum tidak hanya oleh MUI tetapi juga di atur dalam peraturan Bank Indonesia sehingga hasil fatwa DSN-MUI dapat mempunyai kekuatan hukum yang mengikat. Dalam perkembangan ekonomi umat melalui sistem ekonomi syariah sangat banyaklah sumbangsih serta peran dari Majelis Ulama Indonesia dengan beberapa sistem yang efektif. Maka untuk tercapainya visi misi utama dari pertumbuhan ekonomi syariah sangat dibutuhkan fatwa yang dikeluarkan oleh DSN-MUI.Kata Kunci: Fatwa, DSN-MUI, Ekonomi Syariah
Pengaruh Spiritual Branding, Consumer Protagonism Dan Integrated Marketing Communication Terhadap Keputusan Pembelian Fitria Yuni Astuti; Gilang Kharisma Putra
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the influence of spiritual branding, consumer protagonism, and integrated marketing communication in attracting consumer purchasing decisions muslim fashion shops were chosen as research objects because they sell religious clothes and knick-knack so that it is considered appropriate to be used as an object. Sampling using accidental sampling method, this method is a technique of determining sampling based on chance, that is, any consumer who meets the researcher by chance can be used as a sample. Obtained the number of sampling used in this study as many 203 respondent. Data were obtained by distributing questionnaires to consumers of muslim robes and clothing stores in kendal market directly to see respondents perceptions of spiritual branding, consumer protagonism, integrated marketing and purchasing decisions. The result showed that spiritual branding, consumers protagonism and integrated marketing communication statistically proved to have a positive and significant effect on consumer buying interest. The research result also prove that it simultaneously has a sig value of 0,000. The result indicate that the variables spiritual branding, consumer protagonism dan integrated marketing communication together are able to influence purchasing decision at the 1% level of confidence. In terms of R2 determination, the purchase decision variable can be explained by the spiritual branding, consumer protagonism and integrated marketing communication variable of 90,1% while the remaining 9,9% is explained by other variables not examined. Keywords : Spiritual Branding, Consumer Protagonism, Imc, Purchasing Decisions Abstrak Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh consumer protagonism, spiritual branding dan integrated marketing communication dalam menarik keputusan pembelian konsumen Toko busana muslim dipilih menjadi objek penelitian karena menjual pakaian dan pernak-pernik yang religi sehingga dirasa tepat untuk dijadikan objek. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental sampling. Metode ini adalah teknik penentuan sampling berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. didapatlah jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 203 responden. Data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada konsumen toko gamis dan pakaian muslim di pasar kendal secara langsung untuk melihat persepsi responden mengenai spiritual branding, consumer protagonism, integrated marketing communication dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukan, secara statistik spiritual branding, consumer protagonism dan integrated marketing communication terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa secara simultan memiliki nilai sig 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel spiritual branding, consumer protagonism dan integrited marketing communication secara bersama-sama mampu mempengaruhi keputusan pembelian pada tingkat kepercayaan 1%. Secara determinasi R2, variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel spiritual branding, consumer protagonism dan integrited marketing communication sebesar 90,1%. Sementara sisanya 9,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.Kata Kunci : Spiritual Branding, Consumer Protagonism, Imc, Keputusan Pembelian
Praktik Ngalak Paron Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Di Desa Gunung Sereng Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan Rifa’i Rifa’i; Sri Abidah Suryaningsih
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam is a complete and perfect religion as well. It governs human behavior in everything, including aqidah worship and muamalah. One of the muamalah practices is in terms of profit-sharing cooperation in agriculture. Ngalak Paron is a practice of cooperative production sharing in agriculture between landowners and sharecroppers with revenue sharing according to the agreement of both parties. In practice, Ngalak Paron is the same as a mukhabarah contract, where capital or seeds come from sharecroppers. This research was conducted with the aim of determining whether the practice of Ngalak Paron is in accordance with the Islamic economy. This study used descriptive qualitative research methods, data collection by observation, interviews, and documentation. The results of Ngalak Paron research conducted in Gunung Sereng Village have fulfilled the pillars and requirements of the mukhabarah contract so that the practice of Ngalak Paron carried out is in accordance with Islamic Law, so that the practice of Ngalak Paron using the mukhabarah contract can be carried out.Keywords: Ngalak Paron, Mukhabarah, Islamic Law Abstrak Islam adalah agama yang lengkap dan sempurna juga. Yang mengatur perilaku manusia dalam segala hal, termasuk aqidah, ibadah dan muamalah. Salah satu dari praktik muamalah yaitu dalam hal kerja sama bagi hasil di bidang pertanian. Ngalak Paron merupakan praktik kerjasama bagi hasil dalam pertanian antara pemilik lahan dengan petani penggarap dengan pembagian hasil sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Dalam praktiknya Ngalak Paron sama dengan akad mukhabarah, dimana modal atau benih berasal dari petani penggarap. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui praktik Ngalak Paron apakah telah sesuai dengan ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian Ngalak Paron yang dilakukan di Desa Gunung Sereng telah memenuhi rukun dan syarat dari akad mukhabarah sehingga praktik Ngalak Paron yang dilakukan telah sesuai dengan Hukum Islam, sehingga praktik Ngalak Paron menggunakan akad mukhabarah boleh dilakukan. Kata Kunci: Ngalak Paron, Mukhabarah, Hukum Islam
Studi Komparasi Gadai Emas Pegadaian Konvensional Dan Pegadaian Syariah Di Cabang Metro Nova Purnama Sari; Zulaikah Zulaikah; Estelee Elora Akbar
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to find out the comparison between gold pawnshops in conventional pawnshops and sharia pawnshops in Metro Lampung City. The research method used in this study is a qualitative research method with descriptive analysis. The results of the study show that there are three differences in pawning gold at conventional pawnshops and sharia pawnshops, namely in the contract, the calculation of pawning costs and the Financial Institution Supervisory Board. In Conventional Pawnshops the contract used for gold pawning is a pawn contract while in Sharia Pawnshops the contract used is Rahn and Ijarah. The next difference is in the calculation of mortgage costs, Conventional Pawnshops use capital leases with a percentage set by Conventional Pawnshops. At Sharia Pawnshops, the calculation of pawning costs uses contract mun'ah and maintenance mun'ah with the calculation method stipulated by Sharia Pawnshops which is guided by DSN Fatwa No.25/DSN-MUI/III/2002 concerning rahn in point 4 which reads “Big marhun maintenance and storage costs may not be determined based on the loan amount.” The next difference is that apart from being supervised by the Financial Services Authority (OJK), such as Conventional Pawnshops, Sharia Pawnshops are also supervised by the Sharia Supervisory Board (DPS) as supervisors of sharia compliance at Sharia Pawnshops.Keywords: Pawn Gold; Conventional Pawnshops; Sharia Pawnshop Abstrak Tujuan dilakukannya studi ini adalah untuk menemukan bagaimana perbandingan gadai emas yang ada di pegadaian konvensional dan pegadaian syariah yang terdapat di Kota Metro Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode penelitian kuualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa ada tiga perbedaan dalam menggadaikan emas di Pegadaian Konvensional dengan Pegadaian Syariah yaitu pada akad, perhitungan biaya gadai dan Dewan Pengawas Lembaga Keuangan. Pada Pegadaian Konvensional akad yang digunakan pada gadai emas adalah akad gadai sedangkan pada Pegadaian Syariah akad yang digunakan Rahn dan Ijarah. Perbedaan selanjutnya ialah pada perhitungan biaya gadai, pada Pegadaian Konvensional menggunakan sewa modal dengan presentase yang telah ditetapkan oleh Pegadaian Konvensional. Pada Pegadaian Syariah perhitungan biaya gadai menggunakan mun’ah akad dan mun’ah pemeliharaan dengan metode perhitungan yang ditetapkan oleh Pegadaian Syariah yang berpedoman pada Fatwa DSN No.25/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn pada poin ke 4 yang berbunyi “Besar biaya pemeliharaan dan penyimpanan marhun tidak boleh ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman.”. Perbedaan selanjutnya ialah Pegadaian Syariah selain diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Pegadaian Konvensioanal juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) sebagai pengawas sharia compliance pada Pegadaian Syariah.Kata Kunci: Gadai Emas; Pegadaian Konvensional; Pegadaian Syaria
Analisis Strategi Pemasaran Online Dalam Peningkatan Penjualan Toko Hazza Colection Berdasarkan Persepektif Ekonomi Islam Nukhyi Fajarudin; Ahmad Munajim; Toto Sukarnoto
Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah Vol 3 No 2 (2023): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine the marketing strategyimplemented by the HAZZA COLECTION ONLINE STORE in an effort advanced business development. As well as to know the strategy online marketing HAZZA COLECTION ONLINE STOREin review Islamic perspective. Researchers use a qualitative approach to the technique data collection in the form of in-depth interview guidelines and documentation. The analysis technique used is data reduction, presentation data and drawing conclusions. From the research results it can be concluded that The online marketing strategy used is concentrated marketing with marketing models through e-commerce and marketing using social media. The marketing strategy undertaken is to cooperate with Lazada to help offset promotional costs Review of Islamic business in online marketing that is done is good enough and in accordance with the characteristics of Shari'ah marketing. Principle and characteristics of sharia marketing strategies include: Theistic (Rabbaniyah), Ethical (Akhlakiyah), Realistic (Al-Waqiyyah), and Humanistic (Al-Insaniyyah).Keywords : Online Marketing Strategy, Business Development Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh TOKO ONLINE HAZZA COLECTION dalam upaya pengembangan usaha yang lebih maju. Serta untuk mengetahui strategi pemasaran online TOKO ONLINE HAZZA COLECTIONdalam tinjauan perspektif islam. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pedoman wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran online yang digunakan adalan concentrated marketing dengan model pemasaran melalui e-commerce dan pemasaran menggunakan sosial media. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan bekerjasama dengan Lazada untuk membantu meringankan biaya promosi Tinjauan bisnis islam dalam pemasaran secara online yang dilakukan sudah cukup baik dan sesuai dengan karakteristik pemasaran syari?ah. Prinsip dan karakteristik strategi pemasaran syariah meliputi : Theistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlakiyah), Realistis (Al-Waqiyyah), dan Humanistis (Al-Insaniyyah). Kata Kunci : Strategi Pemasaran Online, Pengembangan Usaha

Page 1 of 2 | Total Record : 11