cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
+6221231170
Journal Mail Official
jurnal.insantek@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No. 98, Senen, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
INSANtek – Jurnal Inovasi dan Sains Teknik Elektro
ISSN : -     EISSN : 2722547X     DOI : https://doi.org/10.31294/instk
INSANtek – Jurnal Inovasi dan Sains Teknik Elektro pertama publikasi tahun 2020, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia dengan Nomor 2722-547X. INSANtek – Jurnal Inovasi dan Sains Teknik Elektro adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal INSANtek diterbitkan dua kali setahun pada bulan Mei dan November dalam bentuk elektronik. Redaksi menerima naskah berupa artikel ilmiah dan penelitian pada bidang : Sistem Elektronika, Instrumentasi, Telekomunikasi, Kendali, Robotika dan Teknologi Informasi
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): November 2021" : 6 Documents clear
Model Waterfall Untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Pengadaan Mesin EDC Pada E-Channel Operations Perbankan Amrin Amrin; Muhammad Reza Aldiansyah
INSANtek Vol 2 No 2 (2021): November 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.646 KB) | DOI: 10.31294/instk.v2i2.668

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. E-Channel Operations Perbankan membutuhkan sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memudahkan bagi para karyawannya. Sistem pengadaan yang digunakan E-Channel Operations Perbankan masih dilakukan secara manual, yaitu dengan membuat surat permintaan setiap kali melakukan pengadaan mesin baru. Perancangan sistem informasi pengadaan mesin EDC berbasis web merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Metode yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi pengadaan mesin EDC, dapat mempermudah pegawai yang terkait dalam proses pengadaan secara real time, pembuatan laporan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.serta penyimpanan data menjadi lebih aman.
Perancangan Alat Kunci Pintu Pintar Menggunakan Master Card Berbasis Arduino Nano Ryo Andika Manrasul; Zahir Dwiyan Nugroho; Agung Yudantara; Sri Muryani
INSANtek Vol 2 No 2 (2021): November 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.305 KB) | DOI: 10.31294/instk.v2i2.793

Abstract

The crime rate, wich is increasing day by day, raises concerns about the security of storing data files and important documents of an educational institution. The number of data thefts and data file storage devices is due to the ease of the perpetrators of theft accessing an office room of the relevant agency caused by the weakness of the locking security systems in certain rooms. Over time, innovations began to be made to create a tool design that functions optimally. And an example of the applications in this case is a key that is connected to security. This is the security of a private room with a smart door lock wich is currently very diverse and growing, the type and level of security as well. In this case, an idea was created to make a smart door lock security design with a fairly capable level of securiy, namely using an RC552 RFID sensor syestem that can read teh UID master card. The system is connected to an arduino nano microcontroller that proccesses a user’s access door program with a specific purpose. With access that is only owned by certain users so that the privacy and security of a data storage room can be guaranteed that can minimize the level of crime and data theft in a educational institution room.
Perancangan Sistem Keamanan Brankas Menggunakan Metode Finger Print Berbasis SMS Gateway Sri Watmah; Hanggoro Aji Al Kautsar; Suryanto Suryanto
INSANtek Vol 2 No 2 (2021): November 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.612 KB) | DOI: 10.31294/instk.v2i2.907

Abstract

Abstract - For some people or companies need a means of storing valuables from the danger of theft / demolition. Tools commonly used to store valuables are usually in the form of a safe. Safe is a cupboard or metal box that is used to store valuables. Even though it is made of iron and has a special lock, the safe still needs to use technology for its security. Especially now that theft is rampant. As a solution to this problem, an integrated technology for storing valuables is needed. In this study, the authors create a safe security system using a finger print method based on sms gateway. With the implementation of a dual security system, namely with fingerprints as access to open doors and notifications via email if it is not the owner who opens access to the safe. Fingerprints that can be used to access the safe door are only fingerprints that have been recorded into the safe user system while the power or voltage used in this security uses 9 Volts, namely using a 9 Volt adapter. Keywords: Brankas, SMS gateway, finger print.
Rancang Bangun Aplikasi Sistem Peminjaman Unit Multimedia Menggunakan Metode Waterfall Ricki Sastra; Gugum Gumelar
INSANtek Vol 2 No 2 (2021): November 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.627 KB) | DOI: 10.31294/instk.v2i2.913

Abstract

Abstract - The Multimedia Unit Loan System in an agency is vital. Where each agency will need various items or other inventory to run and encourage the event to run. Multimedia items that are needed only for a moment in an event must function properly so that the event can run smoothly. So far the lending process is still not optimal, borrowing is still carried out conventionally by recording using book media and has shortcomings because there are still some errors. And in the process of borrowing goods, communication errors often occur between employees and owners with customers, considering the number of goods owned is complicated to regulate the availability of units of goods. In addition, the data collection process for multimedia goods still uses forms to fill in data so that recording errors can occur during the borrowing process. With the application of the goods lending system designed using the Agile method. expected to support the process of inputting employee goods applications, procurement of goods, checking stock, and reports of incoming goods so that the process can run well
Rancang Bangun Tong Sampah Limbah Padat Otomatis Menggunakan ARDUINO UNO 328 Pas Mahyu Akhirianto; Andri Fajar Pratama; Muhammad Ifan Rifan Ihsan
INSANtek Vol 2 No 2 (2021): November 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.081 KB) | DOI: 10.31294/instk.v2i2.921

Abstract

-
Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Berbasis Web Pada Kantor Urusan Agama Sungai Raya Dedi Saputra; Wahyu Hardianti Saputri; Fajar Akbar
INSANtek Vol 2 No 2 (2021): November 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.396 KB) | DOI: 10.31294/instk.v2i2.925

Abstract

Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan salah satu instansi yang harus mempunyai sistem informasi berbasis web untuk menunjang dan memberikan pelayanan yang efisien serta efektif kepada publik atau masyarakat. KUA saat ini masih menggunakan sistem manual untuk pendaftaran maupun penyimpanan berkas dan lain sebagainya seperti menggunakan lembar formulir untuk mengisi data-data yang diperlukan. Maka dari itu penulis mencoba membuat Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Berbasis Web pada Kantor Urusan Agama Sungai Raya yang sampai saat ini masih belum memiliki web untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi dengan mudah. Penulis ingin menerapkan sebuah aplikasi atau sebuah situs web yang dapat diakses oleh masyarakat. Seperti melakukan pendaftaran, masyarakat nantinya hanya perlu mengaksesnya melalui komputer yang terkoneksi dengan jaringan, melakukan registrasi, dan memilih metode pembayaran sesuai dengan yang tertera pada web. Kemudian untuk melengkapi berkas-berkas seperti lampiran surat, pass foto ataupun Kartu Tanda Penduduk, masyarakat hanya perlu memindai dan mengunggahnya pada kolom yang telah tersedia. Penulis menggunakan metode penelitian waterfall untuk merealisasikan program yang penulis buat. Hasil keseluruhan dari program ini adalah terciptanya sebuah website yang akan membuat informasi mengenai KUA lebih efisien untuk diakses oleh masyarakat. Jika sebelumnya untuk mengetahui apa saja pelayanan yang ada di KUA harus datang langsung ke Kantor Urusan Agama yang ada diwilayah tersebut, dengan adanya website ini masyarakat bisa melihat pelayanan-pelayanan yang ada melalui website.

Page 1 of 1 | Total Record : 6