cover
Contact Name
Dina
Contact Email
libtech@uin-malang.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
libtech@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144 Email: libtech@uin-malang.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
LibTech : Library and Information Science Journal
ISSN : -     EISSN : 27237605     DOI : DOI: 10.18860/libtech.v1i2.11922
Core Subject : Science, Education,
1. Ilmu Perpustakaan 2. Ilmu Informasi 3. Dokumentasi 4. Manajemen rekod dan Arsip 5. Knowledge Manajement 6. Literasi Informasi 7. Perilaku informasi 8. Teknologi Pengelolaan Informasi, serta bidang-bidang lainnya yang terkait 9. Data science 10. Data mining 11. Bibliometrik
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 39 Documents
Analisis Konsep Green Library di Kota Malang Firma Sahrul Bahtiar
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 1 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i1.9470

Abstract

Perpustakaan menjadi bagian hal yang penting dalam siklus dunia pendidikan di Kota Malang. Perpustakaan di Kota Malang sudah selayaknya dapat menerapkan Konsep Green Library secara keseluruhan. Konsep Green Library ini tidak hanya melakukan penghijauan di area sekitar Perpustakaan, tetapi juga menerapkan sistem yang ramah lingkungan di sekitar Perpustakaan. Meminimalisir polusi adalah tujuan utama dari Konsep Green Library ini, beberapa contoh polusi seperti polusi suara, polusi udara dan polusi bau akan sangat mengganggu aktifitas yang ada di dalam perpustakaan. Penggunaan kendaraan yang bebas polusi di area perpustakaan juga merupakan salah satu konsep dari Green Librar
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (Studi Kasus: MAN 1 Blitar) Dewi Maratul Karomah
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i2.13096

Abstract

Perpustakaan digital merupakan bentuk perkembangan informasi dari perpustakaan konvensional. Tak hanya mengefektifkan kegiatan atau perjalanan menuju perpustakaan, perpustakaan digital juga hadir dengan kemudahannya untuk mengakses informasi dimana pun dan kapan pun dengan koleksi yang tentunya lebih lengkap dan mudah dicari. Akan tetapi, berbagai inovasi-inovasi yang telah dikembangkan, perpustakaan digital belum mampu untuk menarik minat pemustaka untuk mengimplementasikannya. Terutama terlihat dari kalanganpeserta didik, yang belum terlalu banyak untuk datang atau bahkan sekedar mengakses perpustakaan dalam bentuk digital tersebut yang justru kehadirannya lebih memudahkan dalam mencari literatur informasi. Mengambil studi kasus dari MAN 1 Blitar, dalam artikel jurnal berikut ini saya akan memaparkan tentang apa saja yang menjadi penyebab masih rendahnya minat peserta didik dalam mengimplementasikan perpustakaan digital. Kemudian, dari sana akantercetus strategi mengenai persoalan tentang bagaimana cara untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mengimplementasikan perpustakaan digital. Kata Kunci: faktor-faktor, implementasi, peserta didik, perpustakaan digital
TES CRAAP SEBAGAI INDIKATOR EVALUASI INFORMASI Nita Siti Mudawamah
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i2.12284

Abstract

Evaluasi informasi merupakan salah satu elemen standar dalam literasi informasi. Tes CRAAP menjadi salah satu cara untuk mengevaluasi informasi, mengidentifikasi informasi dan menilai keabsahan informasi. Kriteria yang terdapat dalam CRAAP ini banyak digunakan untuk menilai informasi yang terdapat dalam situs web sehingga informasi palsu atau pun berita bohong akan mudah diidentifikasi. Dengan adanya kemampuan dalam menerapkan tes CRAAP ini pada akhirnya masyarakat akan dapat menentukan mana informasi yang layak untuk digunakan mana informasi yang tidak perlu digunakan. Tulisan ini merupakan sebuah artikel konseptual. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi pustaka yang dipilih berdasarkan sumber informasi yang relevan. Penulis mengumpulkan data dan informasi menggunakan beragam sumber referensi diantaranya buku, jurnal ilmiah, serta situs web yang dinilai kredibel. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana cara mengevaluasi informasi dengan kriteria Tes CRAAP (Currency, Relevance, Authority, Accuracy, Purpose)
Mendekonstruksi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Vokasi Berbasis Makerspace Model Melalui Perspektif Teori Sosial Postmodern Jacques Derrida Ach. Nizam Rifqi
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 1 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i1.10035

Abstract

Abstrak - Artikel ini mengkaji bagaimana perpustakaan perguruan tinggi memposisikan dirinya di tengah-tengah perkembangan fenomena makerspace. Perpustakaan dituntut bukan hanya sebagai pusat sumber informasi secara pasif, namun juga untuk dapat menciptakan sebauah ruang publik yang didalamnhya terdapat suatu kolaborasi dan berbagai pengetahuan (knowledge sharing) guna menciptakan sebuah produk karya yang bermanfaat. Berpijak dari konsep teori dekonstruksi Jacques Derrida mengenai dekonstruksi yaitu mencoba lepas dari rutinitas biasa yang dilakukan dengan mencoba hal yang anti mainstream. Akhirnya perpustakaan mencoba menjawab tantangan tersebut dengan menerapakan proses pelayanan menggunakan makerspace model. Studi kasus diambil pada salah satu perpustakaan perguruan tinggi negeri Politeknik Negeri Malang (Polinema), di mana perpustakaan perguruan tinggi dengan basis pendidikan vokasi yang secara kurikulum sistem pembelajaran menitik beratkan kepada 70% praktek dan 30% teori (konsep). Sebagai hasil akhir mahasiswapun dituntut untuk membuat suatu produk. Hal tersebut sejalan dengan konsep layanan menggunakan makerspace model yang coba diterapkan di perpustakaan. Pada implementasi pelayanan menggunakan makerspace model, pihak Perpustakaan Polinema langkah yang ditempuh yaitu unsur-unsur visi, misi dan tujuan perpustakaan yang jelas, anggaran dalam proses implementasi, ruang untuk mewadahi kegiatan makerspace diperpustakaan, ketrampilan pustakawan sebagai motor penggerak dan jejaring sebagai pihak penunjang kegiatan makerspace. Adapun kegiatan makerspace yang telah dilakukan dengan bekerjasama dengan mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir tercipta beberapa produk di perpustakaan antara lain Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dengan SMS Gateway, Loker Elektronik Terintegrasi dan Integrasi Security Gate dengan Sistem Otomasi. Secara keseluruhan proses implementasi telah berjalan dengan baik, walapun belum secara intens dilakukan. Kedepan pihak perpustakaan akan terus konsisten menerapakan sistem pelayanan makerspace model tersebut dengan meningkatkan konsistensi apa yang menjadi visi, misi dan tujuan melalui penerapan SOP yang jelas, peningkatan anggaran secara berkala, penambahan fasilitas ruang gerak kegiatan makerspace, dan penambahan jejaring perpustakaan untuk mendukungnya. Kata kunci: Perpustakaan Perguruan Tinggi Vokasi, Postmodern, Makerspac
KONDISI MUSEUM BRAWIJAYA KOTA MALANG SELAMA PANDEMI COVID-19 Amalia Setya Rostanti
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i2.13088

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi dan perawatan koleksi di Museum Brawijaya Kota Malang selama pandemic Covid-19, dimana terdapat koleksi yang harusnya diperbarui tetapi hingga saat ini masih belum diperbarui, dan beberapa perubahan akibat dampak dari pandemic Covid-19 terhadap Museum. Selain untuk pemenuhan tugas Ujian Akhir Semester Genap tahun 2020/2021 mata kuliah Penulisan Ilmiah, penelitian ini juga bertujuan agar harapan meningkatnya jumlah pengunjung Museum Brawijaya Kota Malang di masa Pandemi Covid-19 dan keberlangsungan museum untuk seterusnya dapat terwujudkan. Semoga dengan ditulisnya penelitian dengan judul “Kondisi Museum Brawijaya Malang Selama Pandemi Covid-19” membuat pembaca mengerti kondisi perkembangan Museum Brawijaya Malang baik dari segi perawatan koleksi, perubahan peraturan, fasilitas, dan terhentinya kegiatan rutin yang diadakan oleh Museum Brawijaya, dan juga menjadi motivasi Museum Brawijaya agar terus menjaga eksistensi yang telah ada, semakin bermanfaat dalam dunia militer dan masyarakat sekitar. Kata Kunci : Pengembangan Koleksi, Museum Brawijaya Malang, Kondisi Selama Pandemi, Museum
Geliat Pustakawan Di Tengah Pandemi Dan Berita Hoaks Ganis Chandra Chandra Puspitadewi
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 1 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i1.10036

Abstract

Abstrak - Adanya virus COVID-19 yang berdampak serius bagi manusia menyebabkan banyak informasi yang tersebar di kalangan masyarakat yang belum tentu terbukti kebenaranya. Akibatnya, banyak masyarakat yang dirugikan baik secara langsung maupun tidak langsung, serta menimbulkan kecemasan tersendiri. Peran pustakawan sebagai penyedia informasi bagi pemustaka dan masyarakat umum bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan informasi yang terpercaya untuk masyarakat. Pemberlakuan peraturan PSBB, WFH, social distancing, hingga lockdown (karantina area) yang menjadi kebijakan pemerintah Indonesia di masa pandemic ini membuat segala aktivitas beralih melalui jaringan media (daring), tak terkecuali perpustakaan sebagai tempat rujukan utama. Penanganan dalam pelayanan informasi digital di tengah merebaknya wabah Corona Virus 2019 atau Covid-19 membuat tenaga ahli perpustakaan(pustakawan) harus mengambil langkah besar dalam pengembangan perpustakaan virtual bagi pengguna informasi. Pustakawan menjadi mata tombak literasi Indonesia dalam membagikan virtual information for peoples. . Dengan banyaknya berita yang beredar mendorong pustakawan untuk lebih meningkatkan pelayanan kebutuhan informasi yang terpercaya, salah satunya dengan memberikan pelayanan referensi virtual yang diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat serta menekan peredaran berita hoaks yang beredar.Kata Kunci: Pustakawan, Layanan Perpustakaan, Pandemi Covid-19, Hoaks   
Layanan Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Era Pandemi Covid-19 Laudia Saronyx
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i2.13089

Abstract

 Adanya pademi covid 19 menyebabkan masyarakat melakukan aktifitas dirumah dengan melalui media online. Hal tersebut juga berdampak pada kegiatan di perpustakaan yang awalnya dilakukan secara langsung kini harus mengunakan media online. Yang mengharuskan seorang pustakawaan memutar otak untuk membuat inovasi baru guna keberlanjutas proses layanan perpustakaan di masa pandemi covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah metode pengembangan konsep pengembangan dari layanan perpustakaan proklamator bung karno yang telahmelayani perpustakaan selama masa pandemi ini. Ada setiap pertemuan yang kita miliki adalah metode deskripsi, yang menggambarkan atau menggambarkan penelitian terkini tentang suatu topik atau objek berdasarkan fakta dalammembandingkan kasus-kasus ilmiah terkonsentrasi di bidang perpustakaan dan informasi di . Riset kepustakaan terkait dengan pelayanan saat pandemi COVID-19 sedang berlangsung. Basis data ini diperoleh melalui pengamatan ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno serta layanan perpustakaan online yang disediakan oleh situs Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Data merupakan proses dan disajikan dalam deskripsi sudah merupakan proses penyajian. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian sosial dalam pemanfaatan teknologi informasi yang berupa layanan online dengan mengunakan internet sebagai layanan digital. Perpustakaan Proklamator Bung Karno memiliki beberapa layanan digital yang disediakan diantaranya layanan keanggotaan, layanan referensi dan peminjaman. Dalam masapandemic covid-19 perpustakaan Proklamator Bung Karno menerapkan program SILAKAN dan SISKARLING yang bertujuan untuk mempermudah pemustakanya Kata Kunci : Perpustakaan, Pandemi Covid 19, Teknologi informasi, Layanan digital
Bagaimana Membuat Desain Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Ergonomis di Perpustakaan Universitas Firman Jati Pamungkas; Firma Sahrul Bahtiar; Ganis Chandra Puspitadewi
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 1 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i1.10091

Abstract

Abstrak - Perpustakaan adalah mendukung dalam kegiatan akademik di universitas. Selain itu, keberadaan perpustakaan juga vital dalam mendukung pembelajaran dan penelitian sebuah universitas. Layanan dan kenyamanan perpustakaan dinilai dari beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan teknologi informasi. Menggunakan teknologi informasi yang tepat di perpustakaan akan meningkatkan kepuasan pengguna perpustakaan. Pendekatan melalui aspek ergonomi dalam penggunaan teknologi informasi di lingkungan perpustakaan memberikan dasar yang kuat tentang bagaimana teknologi informasi dan fitur-fiturnya dapat digunakan secara optimal oleh pengguna dan meminimalkan ketidakcocokan teknologi informasi yang disiapkan. Dengan aspek ergonomis, diharapkan menjadi standar untuk bagaimana menggunakan teknologi informasi yang valid. Jadi, di masa depan, perpustakaan universitas akan menjadi tempat yang dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan tinggi bagi pengguna perpustakaan.Kata kunci: ergonomi, perpustakaan, teknologi informasi, universitas
Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan di MAN 1 Kota Kediri Adam Dwi Nur Fikry M
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i2.13094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan danfasilitas perpustakaan terhadap kepuasan para siswa di MAN 1 kota Kediri. Padapenelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, terdapat responden yang ditujukan kepada para siswa MAN 1 kota Kediri untuk mengetahui langsung tanggapan dari mereka. Perpustakaan sekolah merupakan tempat yang disediakan oleh pihak sekolah, di kelola, dan diberdayakan di lingkungan sekolah. Keberadaan perpustakaan di lingkungan sekolah memiliki peran yang penting untuk menunjang para siswa untuk mampu berkembang dan meningkatkan kulitas literasi di lingkungan sekolah. Manajemen perpustakaan sekolah yang ada pada dasarnya adalah proses mengoptimalkan kontribusi manusia, material, anggaran untuk mencapai tujuan perpustakaan di bawah institusi sekolahan, di dalam manajemen tersebut terdapat aspek pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada para siswa. Pelayananan yang diberikan memilii dampak besar terhadap tingkat kunjungan para siswa untuk datang ke perpustakaan sekolah. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Perpustakaan, dan Tingkat Kepuasan Siswa
OPTIMALISASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MELALUI TEORI DELONE MCLEAN Wahyu Hariyanto
LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): LIBTECH: LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE JOURNAL
Publisher : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/libtech.v1i2.11922

Abstract

Dalam beberapa tahun kebelakang ini penggunaan sistem informasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi kegiatan di perpustakaan. Penerapan Sistem informasi di perpustakaan dianggap mempengaruhi layanan perpustakaan terhadap pengguna. Dalam penelitian ini fokus pembahasannya adalah untuk memperdalam variable-variabel yang ada di dalam teori kepuasan pengguna sistem informasi yang dikemukaan oleh Delone Mclean. Proses pengambilan data menggunakan sampel yaitu Pegawai SMK Negeri 5 Kota Malang sejumlah 106 orang yang didasarkan pada perhitungan menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna. Kualitas Layanan merupakan variabel paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pengguna.

Page 1 of 4 | Total Record : 39