cover
Contact Name
Eka Cahya Maulidiyah
Contact Email
haabib.rohman@gmail.com
Phone
+6281332338820
Journal Mail Official
jp2kgaud@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung PLB - PG PAUD UNESA Jl. Lidah Wetan, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Kota SBY, Jawa Timur 60213
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini)
ISSN : -     EISSN : 25992910     DOI : -
Focus and Scope Focus and Scope Journal: This journal focuses on early childhood education, care, health and nutrition, with the following details: 1. Education: Early Childhood Curriculum, AUD Learning Media, Child Art Learning, Evaluation and Evaluation of Early Childhood Learning. 2. Parenting: Child Development and Stimulation, Child Education in the Family, Effective Communication with Children. 3. Health and Nutrition: Clean and Healthy Life Behavior (PHBS), Child Growth Detection, First Aid, Fulfilling Balanced Nutrition for Children.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021)" : 6 Documents clear
PENGARUH YOUTUBE KONTEN MUSIK ANAK TERHADAP KECERDASAN MUSIKAL PADA USIA 4-5 TAHUN DI MASA PANDEMI COVID-19 Lailatul Ifadloh; Sri Widayati
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : PG PAUD Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.107-116

Abstract

This study aims to determine the effect of Youtube, especially the children's music content "Super Jojo" on the musical intelligence of children aged 4-5 years during the COVID-19 pandemic. This is based on the use of gadgets that are generally used by children during the pandemic and Youtube content that continues to grow rapidly. The research subjects were 25 children using the experimental approach method of one group posttest design with data analysis using simple linear regression analysis. Through data validity testing or validity testing, the significance level of all statements is below 5% and the reliability of all statements is more than 0.6. Based on the test using simple linear regression analysis with a significance level of 0.031 below 0.05 and t-count 2.303 below t-table 2.06, it can be concluded that there is an effect of Youtube music content on children's musical intelligence for children aged 4-5 years in TK Muslimat NU 04 Tambaksumur Waru Sidoarjo during the COVID-19 pandemic. Youtube children's music content is one of the recommendations for educators and parents as a medium to stimulate musical intelligence.  Keywords: Youtube, music content, musical intelligence, COVID-19.
PERAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI Misselina Madya Gerda; Novianti Puspitasari; Reni D. Septiani; Nurul Kusuma Dewi
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : PG PAUD Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.97-106

Abstract

Maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur saat ini sudah memprihatinkan bahkan dapat dikatakan dalam kondisi kritis dan darurat. Penelitian ini bertujuan menggambarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Indonesia maupun di luar negeri terkait pendidikan seks (kesehatan reproduksi) usia dini dan metode pendekatan pendidikan seks untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan analisis masalah dan kebutuhan. Metode yang akan digunakan dalam studi ini adalah suatu tinjauan literatur (literature review). Pencarian hasil penelitian dilakukan secara sistematis melalui database yang terkomputerisasi dari google cendekia (google scholar), science direct, Research gate dari tahun 2010-2021 terhadap hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal, prosiding maupun naskah ilmiah skripsi/thesis. Hasil dari studi literature yang dilakukan diperoleh rekomendasi bahwa tanggungjawab memberikan pendidikan seks pada anak usia dini tidak hanya tanggungjawab sekolah tapi juga masyarakat terutama orang tua. Dengan adanya pendidikan seks sejak dini diharapkan anak-anak dapat melindungi dirinya dari kekerasan seksual
IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISONAL SENAPAN BAMBU UNTUK KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI Silfia Ningsih; Nina Khayatul Virdyna
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : PG PAUD Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.57-70

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui bagaimana Implemetasi permaianan tradisional senapan bambu untuk kemampuan sosial anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana Implemetasi permaianan tradisional senapan bambu untuk kemampuan sosial anak usia dini. Kedua, manfaat apa saja dari Implemetasi permaianan tradisional senapan bambu untuk kemampuan sosial anak usia dini. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam Implemetasi permaianan tradisional senapan bambu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa implementasi permainan tradisional senapan bambu sangat sederhana. Kedua, Media pembelajaran yang efektif, kreativitas guru, antusias peserta didik dan tekhnik mengajar yang menarik, sedangkan faktor penghambat dari implementasi permainan senapan bambu yaitu, anak yang tidak patuh dan tidak mau mengikuti aturan,sifat anak yang masih agresif, usia anak yang masih terbilang dini dan Pemalu.
PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGAJAR AL-QUR’AN DENGAN METODE WAFA PADA ANAK USIA DINI Saiful Hukamak; S. Sumihatul Ummah
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : PG PAUD Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.71-82

Abstract

Dalam pendidikan agama Islam Al-Qur’an merupakan dalil sumber yang dijadikan sebagai landasan. Karena begitu pentingnya Al-Qur’an dalam membimbing, membina, memperbaiki dan mengarahkan kehidupan manusia, maka wajib bagi setiap muslim untuk mempalajari, memahami, menghafal dan membacanya dalam kehidupan sehari-hari. Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini adalah problematika yang dihadapi guru dalam mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA, faktor yang mempengaruhi terjadinya problematika mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA, upaya yang dilakukan saat menghadapi problematika mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui non keikutan serta, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, problematika yang dihadapi dalam mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA guru kurang menguasai lagu hijaz dan makhorijul huruf yang digunakan dalam metode WAFA. Kedua : faktor yang mempengaruhi terjadinya problematika yang dihadapi dalam mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA guru belum siap menghadapi metode baru dan masih belum bisa meninggalkan kebiasaan atau metode yang lama dan Wali murid menjadi salah satu Faktor yang mempengaruhi problematika yang dihadapi guru dalam megajar Al-Qur’an dengan menggunakan metode Wafa. Ketiga : upaya yang dilakukan dalam menghadapi problematika mengajar Al-Qur’an dengan metode WAFA mewajibkan kepada semua guru mengikuti kegiatan program tahsin dan memberikan program bimbingan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sebaik-baiknya metode dan kesuksesan metode sangat berhubungan dengan peran guru dan tim tahsin dalam mencari solusi saat menghadapi problem.
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MANASIK HAJI NURUL AFIYAH; JAMILUDIN USMAN
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : PG PAUD Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.83-96

Abstract

Perkembangan nilai agama dan moral adalah pondasi utama yang harus ditanamkan pada anak sejak dini, untuk mengembangkan nilai agama dan moral anak di RA Mabdaus Sholah diterapkanlah kegiatan manasik haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan manasik haji, faktor pendukung dan faktor penghambat serta dampak dari pengimplementasian pengembangan nilai agama dan moral anak kelompok B melalui kegiatan manasik haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, yang bersumber dari kepala sekolah dan guru, untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kegiatan manasik haji dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu pembukaan, inti, penutup melalui langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari semua pihak baik kepala sekolah, guru, orangtua, serta semangat anak dalam belajar. Dan adapun faktor yang menjadi penghambat kegiatannya diantaranya kurangnya tenaga guru, sifat anak yang sangat aktif, kurangnya daya konsentrasi pada anak, anak yang tidak mengikuti aturan, lingkungan sekolah. Ketiga, adapun yang menjadi dampak positif kegiatan manasik haji ini adalah anak bisa mengetahui rukun islam yang ke lima, anak bisa memahami tatacara manasik haji sejak dini, anak mampu mengenal tentang agamanya sejak dini, anak akan terbiasa melakukan hal-hal yang baik, mempermudah guru untuk mengajar. Dan yang menjadi dampak negatif dari kegiatan manasik haji ini adalah timbulnya rasa ingin memiliki yang tinggi, anak minim pengetahuan tentang manasik
Pendampingan Akreditasi PAUD dan PNF di Kabupaten Tulungagung Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana
JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini) Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : PG PAUD Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.117-124

Abstract

Community participation in advancing education can be seen from the proliferation of establishment of PAUD and PNF institutions in the community. The application for accreditation is also carried out as an effort to obtain quality recognition from the government and the community. However, institutional managers often do not have enough information regarding the application procedure to improve the quality of the institution based on the accreditation criteria. This community service program is carried out in order to provide assistance to PAUD and PNF managers to apply for and obtain superior accreditation results. This program is intended for. The target of this activity is aimed at managers of PAUD institutions and other non-formal education institutions such as PKMB and LKP, especially those who do not yet have institutional accreditation or plan to reaccredit. This community service program is attended by representatives from 32 institutions, which are currently and will apply for accreditation. The mentoring process is carried out through seminars on urgency, stages, assessment criteria, and strategies for obtaining superior accreditation. As well as consulting assistance during the application process.

Page 1 of 1 | Total Record : 6