cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Simpang Unimed, Jl. Williem Iskandar No.22/k, Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Education Achievement: Journal of Science and Research
Published by Pusdikra Publishing
ISSN : -     EISSN : 27742784     DOI : https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1
Core Subject : Education,
Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai perspektif, Manajemen Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum dan Strategi Pembelajaran serta hasil-hasil penelitian kontemporer dalam bidang Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Volume 2 Nomor 3 November 2021" : 12 Documents clear
Desain Pembelajaran IPA Melalui Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Kelas VI SD Eva Adelia, Ahmad Sukri Nasution
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 serta mengembangkan Desain Pembelajaran IPA melalui Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Kelas VI SD Materi Sifat-sifat Magnet dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation), namun penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101884 Limau Manis. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 validator. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi angket berupa desain pembelajaran dan media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi angket desain pembelajaran berupa RPP oleh guru kelas VI menunjukkan rata-rata total 90.5% dengan demikian desain pembelajaran menunjukkan kriteria “Sangat Baik”. Pada hasil validasi angket media pembelajaran berupa media gambar scrapbook oleh dosen ahli media menunjukkan rata-rata total 80% dengan demikian media pembelajaran menunjukkan kriteria “Baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah desain pembelajaran dan media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan atau diterapkan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan Media Video Animasi Berrbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus Fitriyani Hasibuan, Safrida Napitupulu
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus pada materi keliling persegi dan persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi ADDIE. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap analisis, b) tahap desain, c) tahap development, d) tahap implementasi, e) tahap evaluasi. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba produk adalah siswa kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus yang berjumlah 10 siswa. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 61 dengan persentase sebesar 82% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 43 dengan persentase sebesar 83,75% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”.sedangkan hasil dari responden siswa diperoleh skor sevara keseluruhan sebanyak 496 dengan persentase sebesar 90,42% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”.
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Biasa Di Kelas IV SD Negeri 101771 Tembung Jihan Yetama Dewi, Safrida Napitupulu
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 53 siswa. Sedangkan yang menjadi sampelnya berjumlah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prettest untuk kelas eksperimen adalah 54,67 dan perettest hasil belajar kelas kontrol adalah 45. Kemudian kedua kelas diberikan perlakukan yang berbeda, sehingga diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen adalah 89 dan kelas kontrol adalah 74,33. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung =4,35 > ttabel = 2,04 dengan dk = 28 dan taraf nyata ?= 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil kesimpulan penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan biasa di kelas IV SD Negeri 101771 Tembung.
Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Materi Indahnya Keragaman Budaya Di Indonesia SD Negeri 101884 Limau Manis Mutia Ramadhani, Beta Rapita Silalahi
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Materi Indahnya Keragaman Budaya Di Indonesia SD Negeri 101884 Limau Manis, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran Ular Tangga. Adapun hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan suatu produk berupa media ular tangga pada pembelajaran tematik kelas IV materi Indahnya Keragaman Budaya di Indonesia dengan menggunakan model ADDIE yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan) dan Development (Pengembangan). Hasil penelitian ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan bahwa media ular tangga sudah mengalami perbaikan sehingga media tersebut layak digunakan untuk siswa kelas IV SD berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh dari uji validasi.
Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di SD Negeri 105334 Penara Kebun Tanjung Morawa Dengan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar KEMDIKBUD Nurtia Aulia, Dara Fitrah Dwi
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui seberapa efektivitas pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 dengan pemanfaatan portal rumah belajar kemdikbud (2) Mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pembelajaran daring dengan pemanfaatan portal rumah belajar kemdikbud (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan portal rumah belajar. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian Kombinasi dengan menggabungkan teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Dengan subjek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas V SD Negeri 105334 Penara Kebun Tanjung Morawa. Dalam penelitian ini menggunakan berbagai instrumen untuk mengumpulkan data seperti : (1) Kuesioner respon peserta didik (2) Wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pada kuesioner respon peserta didik dalam penggunaan portal rumah belajar pada pembelajaran daring sudah sangat efektif dengan nilai rata-rata angket 41,6 (2) Pada sesi wawancara wali kelas V juga mengatakan dengan pemanfaatan portal rumah belajar ini juga sangat membantu dalam menyampaikan materi pelajaran.
Desain Pembelajaran KPK Dan FPB Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di SD Siti Mahdawani Ahmad Sukri Nasution
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.336

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Desain Pembelajaran KPK dan FPB Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian dilakukan pada SD Negeri 060939 JL.Turi Timbang Deli, Kec. Medan Amplas, kota Medan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R & D), Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations). Akan tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahapan saja yaitu Analysis, Design, dan Develoment, karena penelitian ini dilakukan dimasa pandemi covid 19. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: Pertama tahap Analysis yaitu peneliti menganalisis masalah apa yang melatar belakangi munculnya desain pembelajaran, seperti analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. kedua Tahap Design yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, metode dan model pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran sesuai model yang dipilih, dan instrumen penilaian. Ketiga tahap Development yaitu melakuakan pembuatan desain pembelajaran berupa RPP yang sesuai dengan struktur model pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil dari penelitian ini adalah Desain Pembelajaran KPK dan FPB Melalui Berbasis Masalah Berupa RPP. Berdasarkan hasil penelitian dengan skor 89,01% dan simpulan, maka saran dan rekomendasainya RPP ini dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD materi KPK dan FPB melalui pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengembangan Media Animasi Berbantuan Powtoon Melalui Pembelajaran Daring Pada Operasi Bilangan Tiga Angka Dikelas II SD Pani Nurpadilah Lubis, Hidayat
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.337

Abstract

Dalam Pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari media pembelajaran karena pembelajaran akan berjalan dengan lancar jika media yang digunakan tepat. Tapi sebaliknya pembelajaran tidak efektif media pembelajaran yang digunakan masih belum tepat karena dalam media pembelajaran akan mempengaruhi minat belajar siswa, khususnya pada pembelajaran matematika dikelas II SD. Dalam Penelitian ini animasi berbantuan powtoon dapat diterapkan dikelas II SD pada materi operasi bilangan. Penelitian ini penggunakan metode research and development (R&D), Model (ADDIE). Analisis (Analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dan tidak sanpai pada tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat penilaian untuk menguji pada kelayakan media melalui validasi ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian pengembagan pada media animasi berbantuan powtoon pada pembelajaran operasi bilangan tiga angka dilelas II SD. Setelah dapat penilain dari ahli materi dan ahli media dinyatakan “layak” digunakan. Dengan demikian media pembelajaran animasi berbantuan powtoon sudah layak dalam pembelajaran.
Penerapan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIS Cendikia Insani Alwashliyah Sukamandi Hulu Siti kumala wardhani, Nurmairina
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.338

Abstract

Peneliti bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIS Cendikia Insani Alwashliyah Sukamandi Hulu. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Metode Eksperimen merupakan penelitian yang berusaha mencari variabel tertentu terhadap variabel lain. Hsdil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan media audio visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fikis dikelas IV MIS Cendikia Insani Alwashliyah Sukamandi Hulu dapat peneliti ketahui peningkatan rata-rata. Didalam tes awal (pretest) diperoleh rata-rata dengan jumlah siswa. Dengan perbandingan pada tes akhir yaitu (postest) diperoleh rata-rata dengan jumlah siswa. Hal ini bisa dibandingkan bahwa siswa sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media audio visual.
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Whatsapp Pada Mata Pelajaran IPS Selama Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas VI SD Negeri 104211 Marindal I Siti Rahmawati, Umar Darwis
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.351

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan media audio visual melalui media whatsapp pada mata pelajaran IPS oleh siswa Kelas VI di SD Negeri 104211 Marindal I. Masalah dalam penelitian ini antara lain adalahmasih banyak peserta didik yang menganggap IPS adalah pelajaran yang sulit dipahami dan kurang menarik perhatian siswa, kesulitan yang ada dalam mata pelajaran IPS menuntut kreativitas guru untuk mengembangkan pembelajarannya, baik dalam hal metode maupun media yang digunakan, dan karena adanya pandemi covid 19, sehingga pola pembelajaran berubah menyebabkan pembelajaran tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan pembelajaran daring sehingga adanya perubahan pola belajar siswa.Nilai siswa pada pembelajaran jarak jauh terjadi penurunan ketuntasan belajar dari 78,57% menjadi 46,43% dan siswa yang mengalami tidak tuntas meningkat dari 21,43% menjadi 53,57%.Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan fokus penelitian deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran penggunaan media audio visual melalui whatsapp pada mata pelajaran IPS selama masa pandemi covid 19 di Kelas VI SD Negeri 104211 Marindal I diketahui bahwa penggunaan media dilakukan dengan dua kali simulasi. Pada simulasi awal dilakukan dengan memberikan rekaman guru menjelaskan pelajaran dengan disertai gambar pendukung.Sedangkan pada pembelajaran berikutnya guru menggunakan media audio visual dengan memberikan gambaran pebelajaran dengan lebih menarik.Pembelajran menggunakan media audio visual disimpulkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS, hal ini terbukti dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual yaitu dari 60,71% menjadi 89,29%, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam melaksanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran daring di Kelas VI SD Negeri 104211 Marindal 1 Kecamatan Patumbak.
Hubungan Sikap dan Sarana Prasarana Belajar Dengan Kelulusan Ujian Kompetensi Mahasiswa di Prodi D-III Keperawatan Universitas Imelda Medan Ratna Dewi
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i3.407

Abstract

Perawat yang melaksanakan asuhan keperawatan wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang diperoleh setelah lulus Uji kompetensi secara nasional karena merupakan alat ukur untuk menilai proses pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan sikap dan sarana prasarana belajar mahasiswa dengan kelulusan ujian kompetensi nasional. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Prodi D-III Keperawatan Universitas Imelda Medan. Populasi penelitian seluruh mahasiswa semester III sebanyak 29 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap Belajar mahasiswa Prodi D-III Keperawatan Universitas Imelda Medan dalam kategori baik (62,1%), dan sarana prasarana belajar dalam kategori baik (69,0%). Kelulusan uji kompetensi nasional dalam kategori kompeten (93,1%). Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan sarana prasarana belajar mahasiswa dengan kelulusan uji kompetensi nasional mahasiswa Prodi D-III Keperawatan Universitas Imelda Medan, dengan nilai signifikan (p) = 0,002 < 0,05. Disarankan kepada institusi dan dosen keperawatan untuk memfasilitasi dan memberi semangat mahasiswa agar lebih yakin dengan usaha aktif membahas soal-soal yang kemungkinan akan diujikan di ujian kompetensi nasional dengan memanfaatkan sarana prasarana agar kelulusan uji kompetensi tercapai seratus persen.

Page 1 of 2 | Total Record : 12