cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Simpang Unimed, Jl. Williem Iskandar No.22/k, Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Education Achievement: Journal of Science and Research
Published by Pusdikra Publishing
ISSN : -     EISSN : 27742784     DOI : https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1
Core Subject : Education,
Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai perspektif, Manajemen Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum dan Strategi Pembelajaran serta hasil-hasil penelitian kontemporer dalam bidang Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 104 Documents
Manajemen Mutu Pendidikan: Perspektif Al-Quran dan Tafsir Muhammad Fuad, Rahmat Hidayat, Muhammad Fadhli, Mansur Hidayat Pasaribu
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v1i1.14

Abstract

Penelitian memaparkan kajian manajemen mutu pendidikan melalui perspektif al-qur’an dan tafsir” dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode tematik (maudu’iy) hasil penelitian Sistem penjaminan mutu pendidikan di Indonesia sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 tahun 2009, meliputi banyak hal, antara lain tentang batasan mutu, tujuan penjaminan mutu dan acuan tingkatan mutu, yang tertuang dalam beberapa pasal, antara lain Tujuan akhir penjaminan mutu pendidikan adalah tingginya kecerdasan kehidupan manusia dan bangsa sebagaimana dicita-citakan oleh Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dicapai melalui penerapan SPMP. (Pasal. 2 ayat 1). Berdasarkan tafsir ayat dalam upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan antara lain: mengintensifkan kegiatan bimbingan dan penyuluhan, menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi seperti hadiah dan beasiswa, mengikutsertakan pegawai yang bersangkutan pada pendidikan dan pelatihan kepegawaian, bekerja sama dengan berbagai pihak/instansi terkait dan menerapkan sistem absensi elektrik terhadap guru dan pegawai.
Implementasi Manajemen Kesiswaan di MTs Negeri 3 Medan Muhammad Rizki Syahputra
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v1i1.18

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi manajemen kesiswaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan rencana dan evaluasi di dalam manajemen kesiswaan di MTs Negeri 3 Medan, Implementasi Manajemen Kesiswaan di MTs Negeri 3 Medan, 1) Untuk mengetahui bagaimana Perencanaan, pelakasanaan, pengorganisasian dan pengawasan manajemen kesiswaan di MTs Negeri 3 Medan. 2) Untuk mengetahui implementasi manajemen kesiswaan di MTs Negeri 3 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, untuk mendeskriptifkan perilakuk-perilaku obyek-obyek yang diteliti berdasarkan rencana yang telah ditetapkan. menggambarkan secara deskripsi, meringkas berbagai macam kondisi yang ditemukan di lapangan atau obyek penelitian. Sumber data primer yang dijadikan sebagai data pokok dalam penelitian diperoleh dari wawancara dengan Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, guru, dan lainya. Sumber data sekunder yang menjadi pelengkap dalam penelitian ini yang diperoleh dari dokumen dan buku-buku yang bisa dijadikan sebagai pendukung untuk mencapai hasil penelitian. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penelaahan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Proses perencanaan implementasi manajemen kesiswaan yang dilakukan di Negeri 3 Medan yaitu dirancang oleh pihak wakil kepala madrasah bagian kesiswaan dan dibantu oleh guru dan staf lainya melalui intruksi kepala madrasah secara langsung telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Perencanaan mengenai manajemen kesiswaan disusun dengan dasar kemampuan madrasah dan memenuhi kebutuhan siswa dan tuntutan zaman, 2) Proses pengorganisasian implementasi pembinaan kesiswaan di Negeri 3 Medan dilakukan dengan memberikan pembinaan bimbingan dan layanan khusus serta tanggung jawab terhadap diri siswa, dengan cara memantau dan melatih kegiatan-kegiatan pada pemberdayaan dan potensi-potensi yang dimiliki siswa agar tujuan siswa tercapai dan mencintai lingkungan Madrasah, 3) Proses pelaksanaan pembinaan kegiatan kesiswaan ekstrakurikuler dan intrakurikuler di Negeri 3 Medan yaitu dilakukan dengan melakukan pembinaan khusus terhadap siswa yang mempunyai minat dan bakat keterampilan yang khusus, dan langsung dipandu oleh tenaga ahli keterampilan yang professional dalam setiap minat bakat siswa, 4) Pengevaluasian dan pengawasan hasil kegiatan siswa manajemen kesiswaan yang dilakukan di Negeri 3 Medan dilakukan langsung oleh kepala madrasah dan Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan dan dibantu guru staf lainya, dengan tujuan untuk menjamin terlaksananya program perencanaan kesiswaan yang telah dijalankan, dan memantau penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.
Hakikat Guru (Pendidik) Dalam Pandang Islam Mukhlis Mukhlis
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v1i1.48

Abstract

Tulisan ini membahas bagaimana guru (pendidik) dalam pandangan islam, bagaimana seharusnya guru (pendidik) bertindak memdidik murid sesuai dengan aturan islam. Pendidik adalah orang-orang yang mengarahkan manusia kepada kehidupan baik sehingga terangkat derajat kemanusiaannya sesuai dengan kemampuan dasar yang dilimiliki oleh manusia. Pendidik dalam Islam adalah setiap orang dewasa yang karena kewajiban agamanya bertanggung jawab atas pendidikan dirinya dan orang lain. Guru adalah figur yang menarik perhatian semua orang, entah dalam keluarga, dalam masyarakat atau sekolah. Tidak ada seorang pun yang tidak mengenal guru. Hal ini dikarenakan figur guru itu bermacam-macam seperti, guru silat, guru mengaji, guru music, guru sekolah dan lain-lain. Pendidik dalam keluarga adalah orang tua. Mereka adalah pendidik yang pertama dan utama dalam keluarga, dimana secara alami anak-anak pada masa-masa awal kehidupannya berada di tengah-tengah ayah dan ibunya. Dari mereka lah anak mulai mengenal pendidikannya. Pendidik dalam ajaran Islam sangatlah dihargai kedudukannya. Pendidik adalah bapak rohani (spiritual father) bagi anak didik yang memberikan santapan jiwa dengan ilmu, pembinaan akhlak mulia dan meluruskannya. Oleh karena itu, pendidik mempunyai kedudukan tinggi. Pekerjaan atau profesi di dalam Islam dilakukan untuk atau sebagai pengabdian kepada dua objek : pertama, pengebdian kepada Allah dan kedua, sebagai pengabdian atau dedikasi kepada manusia atau kepada orang lain sebagai pekerjaan itu, begitu pula dalam pendidikan. semua yang dilakukan dalam pendidikan harus sesuai dengan pandanngan islam.
Hubungan Antar Manusia Dalam Administrasi Dan Bentuk-bentuk Kemitraan Strategis Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Arba'atun Arba'atun; Nurul Saniah
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v1i1.49

Abstract

Tujuan penulisan ini yaitu untuk mengkaji mengenai hubungan antar manusia dalam administrasi dan bentuk-bentuk kemitraan strategis pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia. Administrasi pendidikan merupakan ilmu pendidikan yang membahas pendidikan dari sudut pandang kerjasama dalam proses pencapaian tujuan pendidikan. semua proses usaha kerjasama dalam mencapai tujuan pendidikan dilakukan dengan melibatkan semua aspek yang dipandang perlu dan dianggap positif dan alam usaha pencapaian keberhasilan tujuan organisasi. Dilihat dari sudut administrasi pendidikan akan ditemui dua tataran yaitu : 1. Pada suatu pendidikan seperti administrasi sekolah dasar, sekolah menengah, perguruan tinggi serta kursus-kursus, 2. Administrasi pendidikan pada pemerintahan. Hubungan manusia dalam organisasi dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu: dalam organisasi formal dan organisasi informal. Ada enam kegiatan pokok manajemen kaitannya dengan hubungan antar manusia dalam administrasi yaitu : 1. Membuat keputusan 2. Merencanakan. 3. Mengorganisir 4. Mengkomunikasikan. 5. Mengewasi. 6. Penilaian. Kemitraan diartikan sebagai hubungan kooperatif antara orang atau kelompok orang yang sepakat untuk berbagi tanggung jawab untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan. Manfaat yang dapat diperoleh dari program kemitraan sekolah dengan pihak eksternal, diantaranya: 1. Mendapatkan informasi terkini. 2. Memperoleh bantuan perlatan, tenaga ahli, tenaga sukarela. 3. Mendapat kesempatan berbagi pengalaman 4. Melaksanakan proyek bersama 5. Mendapatkan beasiswa. 6. Meningkatkan kreativitas. Bentuk-bentuk kemitraan yang ada yaitu ada 3: kemitraan formal, kemitraan informal, dan kemitraan formal dan informal. Dengan adanya makalah ini semoga dapat bermanfaat bagi Para pembaca, dan dan diterapkan pada lembaga yang ia pimpin.
Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidika Sarkawi Sarkawi
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v1i1.65

Abstract

Tujuan penulisan ini yaitu untuk membahas mengenai perencanaan SDM dalam lembaga pendidikan. Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut. Perencanaan sumber daya manusia (Human Resource Planning) merupakan salah satu fungsi dalam Manajemen Sumber daya manusia yang mengorientasi pada bagaimana menyusun langkah-langkah strategi menyiapkan sumber daya manusia (pegawai/karyawan) dalam suatu organisasi secara tepat dalam jumlah dan kualitas yang diperlukan. Perencanaan SDM sebagai proses manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari posisinya saat ini menuju posisi yang diinginkan di masa depan dengan menggunakan data sebagai pedoman perencanaan di masa depan . Dalam pelaksanaannya, perencanaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan strategi tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisikan adanya kesenjangan agar tujuan dengan kenyataan dan sekaligus menfasilitasi keefektifan organisasi dapat dicapai. Perencanaan sumber daya manusia harus diintegrasikan dengan tujuan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang organisasi.
Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Agus Salim Salabi
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v1i1.177

Abstract

Implementasi kurikulum merupakan terjemahan kurikulum dokumen menjadi kurikulum sebagai aktivitas atau kenyataan. Implementasi kurikulum diwujudkan dalam bentuk pengalaman belajar dengan prinsip-prinsip yang menjadikannya lebih mudah dan lebih efektif untuk dikomunikasikan ke berbagai pihak seperti pimpinan sekolah, pendidik, pengawas sekolah, dan staf pendukung lainnya. Metode dan jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library reseach) dengan mengumpulkan buku-buku, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung tema penelitian, di antaranya literatur tentang Kurikulum: Prespektif dan praktik, implementasi kurikulum, dan Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum serta literatur lainnya yang terkait. Temuan dalam penelitian ini adalah: 1) Implementasi kurikulum yang efektik memiliki prinsip: (a) perolehan kesempatan yang sama, (b) berpusat pada anak, (c) pendekatan dan kemitraan, (d) kesatuan dalam kebijakan dan keberagaman dalam pelaksanaan. 2) Tahapan-tahapan Implementasi Kurikulum, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum adalah: (a) perencanaan, (b) substansi (isi) kurikulum, (c) pendidik, (d) iklim dan budaya sekolah, (e) sarana dan prasarana, (f) peran kepala sekolah. 4) Model implementasi kurikulum, di antaranya: (a) Concern-Based Adoption Model (CBAM), b) The Innovation Profile Model, dan c) TORI Model (Trust, Opening, Reallization dan Independency)
Desain Pembelajaran IPA Melalui Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Kelas VI SD Eva Adelia, Ahmad Sukri Nasution
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 serta mengembangkan Desain Pembelajaran IPA melalui Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Kelas VI SD Materi Sifat-sifat Magnet dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation), namun penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101884 Limau Manis. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 validator. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi angket berupa desain pembelajaran dan media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi angket desain pembelajaran berupa RPP oleh guru kelas VI menunjukkan rata-rata total 90.5% dengan demikian desain pembelajaran menunjukkan kriteria “Sangat Baik”. Pada hasil validasi angket media pembelajaran berupa media gambar scrapbook oleh dosen ahli media menunjukkan rata-rata total 80% dengan demikian media pembelajaran menunjukkan kriteria “Baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah desain pembelajaran dan media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan atau diterapkan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan Media Video Animasi Berrbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus Fitriyani Hasibuan, Safrida Napitupulu
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus pada materi keliling persegi dan persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi ADDIE. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap analisis, b) tahap desain, c) tahap development, d) tahap implementasi, e) tahap evaluasi. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba produk adalah siswa kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus yang berjumlah 10 siswa. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 61 dengan persentase sebesar 82% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 43 dengan persentase sebesar 83,75% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”.sedangkan hasil dari responden siswa diperoleh skor sevara keseluruhan sebanyak 496 dengan persentase sebesar 90,42% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”.
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Biasa Di Kelas IV SD Negeri 101771 Tembung Jihan Yetama Dewi, Safrida Napitupulu
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 53 siswa. Sedangkan yang menjadi sampelnya berjumlah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prettest untuk kelas eksperimen adalah 54,67 dan perettest hasil belajar kelas kontrol adalah 45. Kemudian kedua kelas diberikan perlakukan yang berbeda, sehingga diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen adalah 89 dan kelas kontrol adalah 74,33. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung =4,35 > ttabel = 2,04 dengan dk = 28 dan taraf nyata ?= 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil kesimpulan penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan biasa di kelas IV SD Negeri 101771 Tembung.
Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Materi Indahnya Keragaman Budaya Di Indonesia SD Negeri 101884 Limau Manis Mutia Ramadhani, Beta Rapita Silalahi
Education Achievement: Journal of Science and Research Volume 2 Nomor 3 November 2021
Publisher : Pusdikra-Publishing.com

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jsr.v2i1.334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Materi Indahnya Keragaman Budaya Di Indonesia SD Negeri 101884 Limau Manis, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran Ular Tangga. Adapun hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan suatu produk berupa media ular tangga pada pembelajaran tematik kelas IV materi Indahnya Keragaman Budaya di Indonesia dengan menggunakan model ADDIE yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan) dan Development (Pengembangan). Hasil penelitian ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan bahwa media ular tangga sudah mengalami perbaikan sehingga media tersebut layak digunakan untuk siswa kelas IV SD berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh dari uji validasi.

Page 1 of 11 | Total Record : 104